test

Cara Download, Instal, Menjalankan Aplikasi Android Di PC Dengan Emulator

Aplikasi/emulator android untuk PC laptop merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengemulasikan apk android sehingga bisa dijalankan di perangkat komputer. Terdapat banyak emulator android yang bisa didownload untuk menjalankan aplikasi android di PC Windows, tetapi setiap software tersebut mengharuskan syarat minimal spesifikasi perangkat. Selain itu cara download dan cara menjalankannya pun membutuhkan trik jitu agar aplikasi android bisa berjalan maksimal di PC. Lalu bagaimana langkah-langkah untuk download, instal dan menjalankan apk android tersebut di PC menggunakan emulator ?

cara download dan instal aplikasi android di pc dengan emulator


Cara Instal, Download serta Cara Menjalankan Aplikasi Android Di PC Dengan Emulator 


Aplikasi android untuk PC/laptop paling populer berikut ini adalah adalah aplikasi emulator terbaik paling direkomendasikan oleh TeknoPlug. Tolak ukur aplikasi android terbaik untuk PC ini antara lain yaitu pada seberapa banyak fitur yang tersedia, kemudahan mengakses fitur-fitur pada emulator, tampilan emulator sehingga mempermudah pengguna untuk mengakses apk android PC, kemampuan aplikasi android di PC untuk meningkatkan user experience, kompatibilitas dan kesesuaian perangkat PC dengan versi android berikut spesifikasi aplikasinya.

Ini syarat-syarat agar aplikasi android di PC bisa berjalan dengan lancar :

  • Harus responsif
  • Sesuai dengan spesifikasi komponen perangkat
  • Sesuai dengan versi OS perangkat
  • Aplikasi/emulator android sudah update versinya

Lalu apa saja emulator android terbaik untuk bisa menjalankan aplikasi android untui PC / laptopp Windows ? Ada banyak. Tetapi yang saat ini paling populer dan paling sering digunakan oleh para gamer atau tukang root dan tukang flash smartphone adalah berikut ini :

Aplikasi Android Untuk PC/Laptop Windows Terbaik Paling Populer yaitu :
  • Leapdroid
  • Bluestacks
  • Nox
  • Youwave
  • Droid4x
Setiap aplikasi emulator untuk apk android di PC tersebut memiliki fitur-fitur dan kelebihan masing-masing. Tetapi ada juga beberapa kekurangan yang dihadirkan oleh aplikasi android untuk PC tersebut. Kekurangan tersebut umumnya berupa error. Apa penyebab error saat menjalankan aplikasi-aplikasi android seperti Mobile Legend atau Line menggunakan emulator tersebut ? Biasanya permasalahannya berupa ketidaksesuaian perangkat laptop dengan versi apk tersebut, baik versi OS Windows dengan versi Androidnya, atau spesifikasi RAM PC / Laptop Windows-nya yang rendah sehingga tidak memenuhi syarat minimal yang diminta aplikasi tersebut. Atau bisa juga disebabkan oleh kesalahan pada saat melakukan download, set up maupun menjalankannya.

Nah, agar kamu bisa menjalankan apk android di PC / laptop kamu menggunakan emulator dengan hasil yang maksimal, berikut ini adalah langkah-langkah dan cara instal serta cara menjalankan aplikasi android di PC menggunakan emulator terbaik tersebut.

Cara Download Aplikasi Android Di PC Dengan Leapdroid


Untuk mendownload dan menjalankan sejumlah aplikasi android di PC / laptop kamu, terlebih dahulu kamu harus download emulator android bernama Leapdroid.

Leapdroid cukup kompatibel dan full support pada lebih dari 98% aplikasi keren android, dimana tim developernya aktif memfasilitasi para pengguna melalui thread pada forum. Melalui thread di forum diskusi tersebut para pengguna bisa mengetahui lebih banyak tentang download aplikasi PC, download aplikasi android for PC windows 7,  cara menginstal aplikasi android di laptop, macam-macam emulator android untuk PC spek rendah, emulator android untuk pc ringan, dan macam-macam aplikasi keren android yang bisa dijalankan di laptop beserta tutorialnya.

LeapDroid Android Emulator ini sudah menggunakan sistem android kitkat yang sudah sangat stabil serta mendukung banyak game maupun aplikasi android saat ini. Kelebihan lain Leapdroid Emulator for Android ini yaitu tidak mengharuskan spesifikasi perangkat yang tinggi-tinggi amat. Bisa dikatakan Leapdroid ini cocok mengoperasikan aplikasi android untuk PC ringan. 


Cara Download Leapdroid di PC /Laptop


Cara download aplikasi emulator android Leapdroid di PC sangat simpel. Salah satu situs tempat download gratis Leapdroid atau langsung ke situs resminya. 
  • kunjungi situs Bagas31 atau Gigapurbalingga, Jalan Tikus lalu pada kolom pencarian ketik "download aplikasi android leapdroid untuk PC".
  • Kamu akan dibawa menuju halaman download. 
  • Ikuti petunjuk download hingga download selesai, file download nantinya dalam bentuk RAR.

Cara Instal Leapdroid di PC / Laptop Untuk Menjalankan Apk Android

Cara instal atau cara memasang aplikasi android Leapdroid di PC / laptop ini sangat mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Setelah selesai download, buka folder tempat menyimpan hasil download tersebut.
  • Matikan terlebih dahulu koneksi internet, karena cara instalasinya akan menggunakan offline installer.
  • Akan ada file RAR, klik dua kali. Didalamnya tersedia file ekstensi berikut petunjuk instalasi.
  • Lakukan instalasi hingga selesai sesuai petunjuk tersebut.

Cara Instal Serta Cara Menjalankan Aplikasi Android Di PC / Laptop Dengan Leapdroid Melalui Sharing Windows

Untuk mengoperasikan Leapdroid kamu harus sudah sharing file dari laptop Windowsmu ke Leapdroid. Namun pastikan terlebih dulu PC / laptopmu sudah terinstal VirtualBox melalui instalasi Leapdroid tadi.
  • Buka direktori hasil instalasi Leapdroid, seperti ini : Local Disk C > Program Files > Leapdroid> VM
  • Pada direktori VM, cari dan buka file Virtualbox, seperti ini : VM>VirtualBox. 
  • Klik file tersebut dan Virtualbox akan terbuka. Secara default Leapdroid yang telah terpasang di komputer Windows menyediakan dua mesin virtual, dimana kamu bisa menggunakan satu atau keduanya yang akan diberikan file sharing dari Windows
  • Setelah itu klik kanan, pilih Settings dan buka menu Shared Folders : Virtual>Settings>Shared Folders>Klik ikon berbentuk + dan klik ikon dropdownnya.
  • Pilih Other dan arahkan atau seret ke folder di Windows yang akan dishare ke Leapdroid. Klik OK
  • Kemudian centang opsi Auto Mount. Auto Mount berfungsi untuk melakukan copy, paste, delete dalam folder sharing tersebut. Lalu klik OK.
  • Buka Leapdroid, lalu instal aplikasi X-plore yang bisa didownload melalui Playstore.
  • Buka apk X-plore. Untuk melihat file sharing dari Windows, masuk ke direktori>mnt>share>folder tempat kamu sharing file dan folder tadi.
  • Berhasil. Silakan mencoba.

Cara Instal Aplikasi Android Di PC OS Windows Dengan Bluestacks

Bluestacks merupakan aplikasi android untuk PC/laptop paling populer saat ini. Bluestacks terintegrasi dengan Google, sehingga untuk menjalankannya mengharuskan kita log dengan akun Google.

Kelebihan aplikasi bluestacks adalah pengaturannya cukup mudah, interface sederhana, mudah digunakan untuk siapa saja, terdapat opsi pengaturan ukuran layar, serta minim bug. Artinya baik ketika proses download bluestacks for PC, cara menginstal aplikasi android di PC hingga saat mengoperasikan aplikasi android di komputer akan berjalan dengan lancar dan nyaman.

Agar bisa mendownload dan menginstal serta menjalankan sejumlah aplikasi android di PC, pertama-tama kamu harus download Bluiestack lalu memasangnya di laptop / PC.

Syarat Minimal Perangkat Untuk Menjalankan Bluestack di PC

  • OS : Windows XP Service Pack 3, Windows Vista Service Pack 2, Windows 7 Service Pack 1 / Windows 8 / Windows 8.1 dan Windows 10 ( x86 /x 64 ).
  • RAM : Minimal 2 GB ( Disarankan 3 GB atau Lebih ).
  • Ruang Hardisk : Minimal 4 GB.
  • DirectX 9c
  • Driver VGA yang paling update ( untuk mencegah black screen ).

Cara Download BlueStack di PC/Laptop Windows

Cara download Bluestack cukup mudah. Syarat utama tentu saja harus terkoneksi ke internet, itu artinya kamu harus memastikan terlebih dahulu PC atau laptopmu terhubung ke internet.

Cara download aplikasi android untuk PC dengan BlueStack langsung ke webnya. Beberapa situs download app, misalnya Jalan Tikus juga menyediakan file download. Dari Google Search kamu bisa ketik kalimat "Download aplikasi android Bluestack untuk PC " yang akan menuju ke situs tersebut.  
Pada halaman download app Jalan Tikus tersebut, klik tombol biru yang ada tulisan 13 Mb lalu tunggu hingga proses download Bluestack di laptopmu selesai.

Cara Instal Serta Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC Windows Dengan Bluestack

Setelah download Bluestack selesai, langkah berikutnya yaitu memasang atau menginstal aplikasi android terbaik Bluestack buat PC atau laptopmu.
  • Masuk ke folder tempat dimana file hasil download aplikasi Bluestack tersimpan.
  • Klik dua kali file tersebut, berikutnya pada jendela yang terbuka klik "Continue". PC atau laptopmu akan melakukan instalasi secara otomatis. 
  • Perlu diingat, cara memasang aplikasi android di PC yang satu ini bisa dilakukan dengan offline installer dan online installer. Agar lebih mudah, sebaiknya pilih saja opsi offline installer sehingga tidak perlu repot-repot mesti log in akun. Pada jendela kamu harus memilih 4 download app. Kalau kamu mau download langsung, pilih app 1mobile dan Getjar. Tapi kalau kamu memilih menggunakan Google Play atau Amazone, kamu harus terhubung dengan akun Gmail-mu.
  • Kecepatan instalasi berbeda-beda, tergantung spek perangkat laptop Windows kamu. Setelah selesai, pada tampilan jendela Bluestack kamu tinggal pilih.

Cara Download, Instal dan Menjalankan Aplikasi Android di PC dengan Nox


Kelebihan aplikasi android untuk PC Nox ini terletak pada utilitas dimana terdapat penambahan-penambahan sehingga sangat membantu para gamer mengendalikan game menggunakan keyboard dan mouse. Bisa dikatakan Nox ini cukup baik sebagai aplikasi android untuk mengendalikan/mengontrol PC, mematikan PC, meremote komputer sekaligus juga aplikasi android untuk maen game PC (game android di PC/laptop). Nox juga merupakan  aplikasi android PC yang performanya bagus dan stabilitas tinggi.

Pengoperasian Nox bisa mendukung perangkat input, output serta gamepad, dimana pengguna diberikan pilihan pengaturan resolusi, CPU maupun RAM. Spesifikasi minimal perangkat untuk instalasi Nox yaitu sudah memiliki OS Windows XP atau lebih tinggi (PC Windows 7, Windows 8, Windows 10) dengan processor minimal dual core. RAM yang tersedia paling tidak 1,5 GB dengan dukungan OpenGL 2.0 dan hardisk kosong minimal 1,5 GB.

Nox App Player sendiri sekarang tersedia untuk dua sistem operasi, yaitu Windows dan macOS. Versi Windows yang didukung adalah Windows 7, 8, 8.1 dan Windows 10. Sedang macOS bisa digunakan di versi terbaru.

Minimum Requirement Perangkat Untuk Mengoperasikan Nox App Player :
  • Sistem operasi : Windows XP SP3 / Vista / 7 / 8 / 10 dan DirectX 9.0c, paling disarankan Windows 7 / 8 / 10
  • Prosesor : Dual core Intel atau AMD, paling disarankan processor multiple core yang mendukung VT-x atau AMD-V
  • Video : Mendukung Open GL 2.0 atau diatasnya. Lebih tinggi lebih baik.
  • Memori : 1.5 GB RAM, paling disarankan 4GB RAM
  • Hardisk : 2,5 GB

Cara Download dan Set Up Aplikasi Nox Untuk Menjalankan Aplikasi Android di PC


Cara download/ cara instalasi aplikasi emulator android Nox di PC / laptop, kamu bisa mengunjungi situs resmi bignox .
  • Cari menu download, lalu klik tombol Download atau Unduh
  • Tunggu proses download hingga selesai.
  • Nonaktifkan terlebih dahulu antivirus. Lalu buka lokasi penyimpanan file download Nox, dan klik file tersebut. Jangan lupa centang opsi " I have read and agre...". Tunggu proses instalasi selesai. 
  • Saat proses pemasangan selesai, klik tombol Start yang muncul dan kemudian akan loading. 
  • Biasanya akan muncul tampilan perkenalan Nox saat pertama kali menggunakan Nox. Lalu tekan tombol Next (biasanya 2 kali muncul). Setelah itu tombol Got It. 

Cara Download, Instal dan Menjalankan Aplikasi Android Di PC Dengan Nox App Player

Hampir sama dengan cara pengoperasian pada emulator android lainnya untuk menjalankan aplikasi android di PC, cara download dan instal apk android di PC dengan Nox juga mudah. 

Setelah Nox terinstal, aplikasi ini akan terbuka. Tampilannya cukup familiar mirip-mirip smartphone android, dimana terdapat aplikasi bawaan seperti Google, Setting, Play Store, Play Games, Browser, File Manager dan sebagainya. 
  • Untuk download apk android seperti game kamu bisa klik ikon Play Store dan kamu akan dibawa menuju halaman login akun Google. Kalau sudah punya kamu bisa lanjut dengan klik tombol “Existing". Kalau belum, kamu harus buat akun baru.
  • Setelah klik "Existing", biasanya ada notifikasi "Term of Service", klik saja OK, dan selesai.
  • Nah, kamu sudah bisa download apk android untuk PC Windows, misalnya Mobile Legend.   
  • Kamu juga bisa melakukan sejumlah pengaturan agar Nox lebih optimal mengemulasi sekaligus menjalankan aplikasi-aplikasi android untuk PC dan laptop kamu. Misalnya pengaturan alokasi RAM, CPU, GPU/VGA dengan klik icon gear pada NOX multi instance manager atau icon gear pada saat NOX berjalan (Kanan atas).

Cara Download, Cara Instal dan Cara Menjalankan Aplikasi Android di Laptop / PC Windows Dengan Youwave

Aplikasi OS android untuk PC Youwave memiliki dua versi, yaitu aplikasi android PC gratis dan versi aplikasi android PC berbayar.

Sayangnya, aplikasi android untuk pc free download atau yang gratis pengguna hanya mendapatkan versi ICS (Ice Cream Sandwich). Artinya kalau ingin mendapatkan aplikasi android untuk PC full version harus mengeluarkan biaya alias berbayar (diperkirakan sekitar $28 hingga $30). Tapi yang versi berbayar ini hanya bisa dioperasikan pada laptop PC 64 bit saja.

Oke, Youwave versi gratisan juga tidak masalah. Meskipun versi trial, Youwave tetap bisa dioperasikan untuk menjalankan sejumlah game android atau aplikasi-aplikasi android lainnya di PC / laptop Windows kamu. 

Cara Download Dan Instal Youwave Untuk Menjalankan Apk Android di PC / Laptop

Sebagai uji coba, kamu bisa download Youwave 4.4.1. Aplikasi android untuk PC ini masih dilengkapi dengan OS Gingerbread. Akan tetapi, pada versi ini jauh lebih stabil dari versi versi sebelumnya. Lebih ringan digunakan dan bug sudah tidak terlalu banyak. 


Fitur dan Spesifikasi - Key Technical Features Aplikasi Youwave Untuk PC/Laptop
  • Supports Android 4.0 ICS (Home Version (new)) and 2.3 Gingerbread (Basic Version)
  • Simulated SD card functionality – enables game saving
  • Saved State – enables fast restart
  • Enables multi-player online games
  • Dynamic rotating – phone-like instant response (new)
  • Volume control buttons (new)
  • Retractable control panel (new)
  • OS : Windows XP, Vista, Windows 7 or 8 32/64 bit
  • Language : Multilingual
Cara Download dan Instalasi Youwave Supaya Bisa Menjalankan Aplikasi Android di PC / laptop
  • Download dan ekstrak file youwave for android premium. Untuk download aplikasi emulator android Youwave di PC kamu bisa kunjungi situs tempat download gratis seperti gigapurbalingga.com, dengan mengetik cara download aplikasi android untuk PC di google search. 
  • Setelah masuk ke halaman situs tersebut, Instal aplikasi youwave for android premium ke laptop atau pc anda.
  • Setelah proses instalasi selesai silahkan anda tutup aplikasi youwave tersebut.
  • Ekstrak file crack dan copy pastekan file youwave for android yang berada di dalam folder crack tersebut ke folder instalasi youwave for android di laptop anda. Pilih copy and replace.
  • Buka program youwave for android dari file crack yang anda copy tadi.
Bagaimana cara download, cara instal dan cara menjalankan apk android untuk PC dengan Youwave ? Ikuti langkah berikut ini :

Cara Instal dan Menjalankan Aplikasi Android  di PC / Laptop Dengan Youwave

Cara instal Youwave versi trial atau free version di PC atau laptop ini simpel saja. 
  • Setelah download aplikasinya yang berekstensi .apk , pindahkan aplikasi apk tersebut ke tempat instal Youwave. Kamu bisa ikuti langkah ini : Directory C>Document and Setting>Youwave>android apps. Ganti nama User dengan nama account Windows kamu.
  • Lalu buka Youwave, kemudian klik aplikasi pada sebelah kiri. Copy apk lalu paste di situ, Instal aplikasinya dan ikuti instruksinya.
  • Kemudian refresh Youwave (tutup terlebih dahulu, kemudian buka lagi).
  • Setelah terinstal, kamu bisa mencoba memainkan sejumlah aplikasi android di PC. Aplikasi seperti BBM, Whatsapp, Line, atau COC mungkin ? Silakan saja. 

Cara Instal Serta Cara Menjalankan Aplikasi Android Di PC Dengan Droid4x


Kelebihan salah satu android untuk laptop ini yaitu sudah support add-on sehingga pengguna bisa mengontrol game maupun aplikasi aplikasi android untuk pc lainnya lewat smartphone. Android emulator untuk PC ini sudah mengusung fitur-fitur kekinian, apalagi sudah dilengkapi dengan Google PlayStore sehingga bisa download aplikasi android apk secara bebas.

Beberapa utilitas dan kemampuan-kemampuan pada aplikasi android canggih dan keren ini antara lain memungkinkan pengguna merekam emulator secara real time (Video Recording), pengguna bisa memilih layar standar maupun full screen untuk mendapatkan game experience yang lebih baik (Full Screen). Selain itu Droid4x memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasikan tombol keyboard pada area tertentu (Keys Simulation).

Syarat Minimal Perangkat Untuk Memasang Aplikasi Droid4x Di PC

  • OS : Windows XP SP3
  • Processor : Intel ( Virtualisasi Support )
  • RAM : 2 GB
  • Ruang Kosong Hardisk : 1 GB


Cara Download Dan Instalasi Droid4x Di PC / Laptop Untuk Menjalankan Aplikasi Android

Droid4x bisa diinstal dengan dua cara, yaitu melalu online installer serta dengan offline installer. Versi Droid4x yang bisa didownload untuk PC/Laptop yaitu Droid4x v0.8.1 (untuk offline installer) dan v0.8.2 (untuk online installer). 

Droid4x Offline Installer lebih disarankan dibandingkan instalasi langsung (online installer). Hal ini karena untuk cara online installer membutuhkan koneksi internet yang cepat untuk mendownload dan menginstalasi file yang 2 ratusan MB secara online. 

Pada cara instalasi offline, kita cukup download file saja sementara setup bisa dilakukan tanpa koneksi internet. Saat file setup komplit tidak akan temukan error apapun saat menginstallnya. 
  • Download terlebih dahulu file Droid4x ke komputer PC/laptop kamu.
  • Setelah proses download selesai, sekarang lakukan instalasi. Akan muncul jendela yang meminta direktori untuk menyimpan program instalasi. 
  • Pilih lokasi yang dimaksud dengan menekan tombol Browse. Setelah itu, klik Install lalu klik Next untuk menuntaskan proses instalasi tersebut. Lakukan langkah-langkah dan instruksi yang diminta
  • Setelah itu tekan Finish. Emulator android Droid4x secara otomatis akan terbuka di PC / Windows kamu, siap untuk menginstal serta menjalankan apk android di komputermu. 

Cara Menjalankan Aplikasi Android Di PC dengan Droid4x

Untuk menginstal dan menjalankan apk android atau game android di laptop PC kamu ternyata cukup mudah. Droid4x adalah emulator android yang terintegrasi dengan Google Playstore. Sehingga cara menginstal apk android di PC cukup dengan mengisi kolom pencarian pada Droid4x tersebut dan apk android akan didownload.

Alternatif lain cara download aplikasi android di laptop dengan Droid4x ini yaitu melalui download file Droid4x lewat situs kuyhaa, di google search bisa kamu ketik "cara instal aplikasi android di PC dengan Droid4x" untuk Droid4x v0.10.0.

Cara menjalankan aplikasi-aplikasi android di PC dengan Droid4x ini juga sangat simpel. Setelah apk android terdownload di Droid4x, kamu tinggal pilih aplikasi mana yang akan kamu buka atau mainkan. 

Kamu bisa menjalankan aplikasi android di PC dengan Droid4x dengan cara sharing folder PC / laptop Windows kamu ke Droid4x. 
  • Pada Droid4x buka File Manager dan pilih Setting. 
  • Pada General Setting akan diarahkan ke menu Advance Acces Mode, lalu pilih Root Acces Mode. 
  • Setelah itu buka logo Setting, pilih Other Setting kemudian klik Share Folder.
  • Langkah-langkahnya seperti ini : "Droid4x>File Manager>Setting>Advance>Acces Mode>Root Acces Mode" kemudian logo Setting>Other Setting>Share Folder
Nah, dengan langkah-langkah untuk menjalankan aplikasi android di PC dengan Droid4x tersebut, apk Android seperti Line, Whatsapp sampai game online sekelas COC atau bahkan Mobile Legend sudah siap untuk dimainkan. 
Labels: Android, Komputer, Trik Komputer

Thanks for reading Cara Download, Instal, Menjalankan Aplikasi Android Di PC Dengan Emulator. Please share...!

0 Comment for "Cara Download, Instal, Menjalankan Aplikasi Android Di PC Dengan Emulator"

Back To Top