Table of Content

9 Rekomendasi Emulator Android Ringan Terbaik untuk PC

Rekomendasi emulator Android yang ringan dan bagus untuk PC laptop berspesifikasi rendah, memainkan game Android di laptop tetap lancar.

Emulator Android merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk memainkan game hp di PC dan laptop. Bila kamu ingin menikmati game-game hp di layar yang lebih luas seperti laptop atau PC, beberapa jenis emulator Android dapat kamu instal. Akan tetapi, spesifikasi laptop yang terbatas akan menyebabkan emulator terasa berat ketika menjalankan game Android.

Menginstal emulator Android ringan adalah solusi terbaik bila kamu tetap ingin memainkan game Android di PC atau laptop berspesifikasi rendah.

Tapi, apa emulator Android terbaik dan ringan untuk Pc? Sebelum mengetahuinya, yuk kita kenali lebih dekat tentang apa itu emulator Android dan cara kerjanya.

Mengenal Apa Itu Emulator Android dan Fungsinya

emulator android di PC

Emulator Android adalah perangkat lunak yang memungkinkan program pada perangkat berplatform Android dapat dijalankan/diemulasikan pada perangkat berplatform lain seperti laptop Windows dan Mac.

OS Android yang terus mengalami pembaharuan, memungkinkan aplikasi-aplikasi di hp dapat dibuka dan dikelola dari perangkat lain, contohnya android TV Toshiba, atau berbagai jenis game yang bisa dijalankan di PC melalui emulator.

Mengutip situs developer.android:

Emulator menyediakan (hampir) seluruh kemampuan perangkat Android, menyimulasikan perangkat Android di komputer, serta menguji aplikasi di berbagai perangkat dan API level Android tanpa harus memiliki setiap perangkat fisik.

Berdasarkan statement tersebut, maka emulator Android memiliki fungsi dan kegunaan sebagai berikut:

  1. Membantu meringankan kerja developer aplikasi
  2. Meningkatkan produktivitas pengguna smartphone
  3. Memudahkan dan memuluskan kerja perangkat ketika menjalankan aplikasi Android di komputer.

Menilik fungsi dan kegunaan emulator Android, seharusnya laptop atau PC lancar ketika menjalankan aplikasi smartphone seperti game game Mobile Legend.

Namun nyatanya PC dan laptop berjalan lambat ketika digunakan mengoperasikan emulator Android. Ini bisa disebabkan spek laptop yang rendah sehingga terasa berat ketika emulator Android dijalankan.

Meskipun demikian, kamu tidak harus mengganti laptop yang bagus dengan beli baru. Sebab, ada beberapa emulator Android ringan untuk Pc dan laptop berspesifikasi kentang.

Rekomendasi Emulator Android Yang Ringan Untuk PC Laptop

Apa saja aplikasi emulator ringan untuk memainkan game-game Android di PC Windows dan Mac? Berikut ini adalah daftar emulator Android yang terbaik dan ringan di komputer kamu.

Leapdroid

emulator android yang bagus dan ringan
Leapdroid | Emulator Android Terbaik Selain Bluestack Yang Ringan untuk PC

Emulator android ringan untuk Pc yang spesifikasinya rendah, salah satunya adalah Leapdroid. Meskipun tergolong emulator Android terbaru, Leapdroid menjadi salah satu aplikasi emulator yang banyak digunakan gamer untuk memainkan game-game smartphone di laptop.

Kelebihan emulator Leapdroid terdapat pada banyaknya tweak dan sudah teroptimasi dengan baik sehingga bisa berjalan lancar. Selain itu secara default Leapdroid sudah memiliki akses root Android. Leapdroid juga emulator Android yang ringan dan gratis didwonload di PC.

Youwave

emulator android ringan terbaik
Youwave | Emulator Android Ringan dan Gratis Terbaik Buat PC Windows 7 8 10 Selain Bluestacks

Rekomendasi emulator Android yang ringan untuk memainkan game Android di PC dan laptop berikutnya adalah Youwave. Emulator android Youwave punya kapasitas file app kecil (150MB), sehingga cukup ringan untuk diinstal di laptop berspesifikasi kentang.

Kelebihan emulator Youwave terdapat pada kinerjanya yang cepat, smooth, responsif dan mudah dioperasikan. Saat menjalankan Youwave di PC akan tersaji dua sisi user interface, dimana pada sebelah kiri merupakan daftar aplikasi yang diinstal, sementara sebelah kanan merupakan potret layar.

Namun untuk menggunakan emulator Android gratis, pengguna Youwave hanya mendapatkan versi OS Android Ice Cream Sandwich (Android v4.4.0 ICS), karena emulator PC full versionnya berbayar.

Nox

aplikasi emulator android gratis terbaik untuk pc
Emulator Android Untuk PC/laptop Ringan

Nox juga direkomendasikan sebagai emulator Android ringan terbaik untuk PC dan laptop berspesifikasi menengah ke bawah. Bagi gamer-gamer Free Fire dan PUBG, Nox adalah emulator Android yang bagus karena pengoperasiannya cepat di komputer.

Kelebihan emulator Android Nox terdapat pada utilitas dan interfacenya sehingga para gamer bisa mengendalikan game menggunakan keyboard dan mouse dengan antarmuka yang bersih. Adanya charm bar di sebelah kanan layar monitor juga mempermudah pengguna mengakses fitur Nox (mirip tablet dengan OS Android 4.4.2 Kitkat).

Droid4x

emulator android ringan dan gratis terbaik
Droid4x | Aplikasi Android Emulator Gratis Terbaik Yang Ringan Di PC

Bila kamu menggunakan laptop lawas, Droid4x yang sudah support add-on adalah salah satu rekomendasi aplikasi emulator terbaik dan ringan untuk menjalankan game.

Gamer dapat mengontrol game-game maupun aplikasi-aplikasi android di PC hanya dari smartphone, karena memungkinkan smartphone dikonfigurasikan sebagai pengontrol (Joystick simulation), dengan fitur "Shake it" (menggoyang UI) pada emulator.

Keunggulan emulator Droid4x terletak pada instalasinya yang mudah, hanya dengan drag and drop. Interface emulator android gratis yang sudah terintegrasi dengan Google Play Store ini dibekali grafis bagus dan dilengkapi tools canggih. Dengan tampilan menyerupai tablet (tab desktop) bisa menampilkan seluruh game android maupun aplikasi-aplikasi android untuk Pc yang telah diinstal.

Alternatif Emulator Android Ringan Terbaik Untuk PC Lainnya

Selain emulator android ringan untuk PC yang sudah disebutkan tadi, kamu juga bisa kok menginstal emulator yang ringan dan cepat lainnya di laptop. Berikut ini adalah rekomendasi emulator terbaik yang cepat untuk PC.

Emulator Android Studio

Android Studio bisa jadi pilihan emulator android gratis buat PC kamu. Cukup banyak pengembang yang menggunakan emulator Android Studio ini karena fitur-fiturnya tergolong lengkap.

Genymotion

Emulator Genymotion adalah emulator Android terbaik untuk para profesional. Artinya buat kamu yang memang berkutat sebagai pengembang profesional maka Genymotion layak dipasang. Kelebihan Genymotion terletak pada utilitasnya yang ramah pengguna dan fiturnya lebih lengkap dibandingkan Android Studio. Sayangnya emulator Android terbaik untuk PC ini bukanlah emulator android gratis karena untuk mendapatkannya kamu harus beli softwarenya.

Bliss

Emulator Bliss juga cocok menyandang predikat emulator Android terbaik buat PC dan layak kamu pasang. Bliss bisa digunakan pada mode dual boot. Selain itu Bliss sudah bisa didapatkan gratis melalui Google Play Store dan terus diupdate.

MEmu Emulator

Kamu juga bisa coba Memu App Player sebagai emulator terbaik dan cepat di laptop. Instalasi yang cepat dan pengoperasian yang ringan membuat Memu cocok dipasang di PC spesifikasi rendah. Interfacenya juga ramah pengguna.

Andy App Player

Aplikasi Andy juga emulator android gratis yang terbaik buat kamu pasang di PC. Kelebihan utama emulator android buat PC yang satu ini adalah bisa mengganti keyboard PC dengan ponsel sebagai joystick atau remotenya saat main game.

BlueStacks: Emulator Android Tercanggih Saat Ini

emulator android terbaik
Bluestacks | Emulator Android Terbaik Paling Populer Saat Ini

Emulator Bluestacks tak bisa dipungkiri adalah salah satu emulator Android terbaik yang sering digunakan saat ini. Bukan hanya untuk pengguna biasa, tapi juga oleh para developer aplikasi. Kelebihan Bluestacks terutama adalah pada pengaturannya yang cukup mudah, interface sederhana, mudah digunakan untuk siapa saja, terdapat opsi pengaturan ukuran layar, serta minim bug. Saat menginstal maupun saat mengoperasikannya di PC terbilang.

Bluestacks memang emulator android ringan untuk developer. Namun Bluestacks tidak cocok sebagai emulator untuk laptop RAM 2GB karena Bluestacks hanya bisa dioperasikan normal pada komputer dengan RAM 4GB ke atas.

Bagaimana Menjalankan Emulator Android di PC Spek Rendah

Cara menjalankan emulator di komputer cukup mudah. Namun sebelumnya kamu harus mendownload dan menginstal terlebih dahulu aplikasi emulator tersebut di PC. Tutorialnya : Cara Instal Aplikasi Emulator Android di PC, silakan diikuti panduannya dari awal sampai selesai.

Nah, itulah rekomendasi emulator Android ringan terbaik untuk PC atau laptop spek rendah buat kamu yang ingin memainkan game Android.

Suka Teknologi