Table of Content

10 Tips Bijak Memilih Laptop Yang Bagus dan Berkualitas

Ingin mendapatkan laptop yang bagus spesifikasinya? Berikut adalah panduan memilih laptop baru dan bekas yang bagus dan berkualitas.

Cara Memilih Laptop -Di era modern kini laptop adalah sarana penting untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan harian. Namun tidak sedikit yang merasa telah salah membeli laptop. Seperti apa kiranya laptop yang bagus itu ? Lalu bagaimana cara memilih laptop yang baik ? Bila anda adalah salah satu yang pernah mengalami hal demikian maka berikut ini adalah tips memilih laptop yang bagus spesifikasinya dan kualitasnya baik yang wajib dipertimbangkan sebelum membelinya.

Tips Memilih Laptop Baru dan Bekas : Laptop Yang Bagus Seperti Apa ?

cara memilih laptop yang bagus dan berkualitas

Laptop yang bagus apa ya ? Mungkin banyak diantara kamu yang sering bertanya-tanya tentang kriteria laptop yang baik saat akan membeli laptop baru ataupun bekas. Misalnya bila anda pemilik usaha, apa laptop bisnis terbaik yang sebaiknya anda miliki ?

Saat ini tersedia banyak jenis laptop baru dan second yang bisa didapatkan di toko fisik maupun toko online. Namun seringkali orang merasa menyesal setelah membelinya. Bisa jadi karena spesifikasinya yang rendah, atau karena beberapa hardwarenya tidak berfungsi. Sering pula karena orang tidak mengetahui apa tujuan dan kegunaan laptop untuk dirinya.

Laptop yang bagus adalah laptop yang bisa mendukung aktivitas harian dan dapat memberikan efisiensi waktu serta efektivitas kerja sehingga anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Cara Memilih Laptop Yang Bagus Spesifikasinya dan Berkualitas Baik

Orang sering mengasumsikan bahwa laptop yang bagus itu ditandai dengan harga yang mahal dan sebaliknya laptop murah spesifikasinya pastilah biasa saja. Padahal nyatanya tidak demikian.

Nah bila kamu tidak ingin terjebak dengan asumsi tersebut dan akhirnya salah beli, berikut ini adalah tips bagaimana cara memilih laptop yang bagus sebelum membeli laptop baru dan laptop bekas.

1. Memilih Laptop Sesuai Tujuan Penggunaan

Ada sangat banyak laptop yang bagus untuk kita gunakan sehari-hari. Tapi laptop yang bagus itu untuk apa ? Laptop yang bagus untuk main game ? Atau laptop untuk kerja ? Atau mungkin laptop terbaik untuk pekerja kantoran ? Tujuan dan minat sangat mempengaruhi jenis laptop dibutuhkan sesuai kebutuhan kamu.

Laptop Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Bagaimana cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa ? Biasanya mahasiswa lebih sering berkutat dengan tugas dan skripsi, mengolah data, dan tugas-tugas membuat gambar. Mahasiswa juga lebih mobile dan fleksibel. Kinerja perangkat dan dukungan untuk mobilitas tinggi adalah hal yang wajib diperhatikan saat memilih memilih laptop yang bagus untuk mahasiswa. Anda bisa memilih laptop yang baik untuk mahasiswa seperti ASUS X550IK atau ASUS X555QG.

Laptop apa yang bagus untuk pelajar ? Biasanya pelajar membutuhkan laptop untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, membuat tugas menulis, atau sekedar main game ringan untuk mengisi kebosanan, dan sering juga untuk nonton video Youtube, misalnya ASUS X555BP bisa dilirik.

Laptop Untuk Pekerja Kantoran

Karyawan biasanya serba fleksibel dan praktis, tidak suka yang ribet-ribet. Laptop yang bagus untuk pekerja kantoran adalah yang mendukung aktivitas hariannya seperti menyelesiakan dokumen dan surat menyurat, serta presentasi, meskipun sesekali bermain game dan nonton multimedia untuk mengusir kejenuhan. Nah bila anda bingung memilih laptop untuk kerja, rekomendasi laptop 2020 yang bagus untuk menyelesaikan tugas kantor misalnya ASUS Vivobook Ultra A412DA.

Laptop Untuk Gaming

Bila kamu doyan bermain game hingga berjam-jam tentu saja wajib memilih laptop gaming yang performanya baik. Cara memilih laptop gaming yang baik performanya sebenarnya cukup mudah. Laptop yang bagus untuk gaming adalah yang spesifikasinya tinggi, kinerja processornya mumpuni, dan RAM-nya besar. Contoh laptop yang bagus untuk gaming misalnya varian ASUS ROG.

Laptop Untuk Desain Grafis

Bila anda adalah seorang editor gambar dan yang berkutat dengan software desain grafis sejenis Corel Draw maka memilih laptop desain grafis sangat direkomendasikan. Rekomendasi laptop untuk desain grafis misalnya Dell XPS 15 9575 dan laptop ASUS Zenbook Pro Duo, atau laptop ASUS 14x OLED.

2. Memilih Sistem Operasi Untuk Laptop

Cara berikutnya memilih laptop yang bagus dan berkualitas adalah mempertimbangkan sistem operasi yang digunakan. Saat ini ada beberapa tipe laptop baik yang menggunakan OS maupun non OS. Sejumlah produsen OS merilis beberapa OS yang bisa dipasang di laptop. Menginstal OS di laptop juga mengharuskan syarat minimal.

Baca Juga : Sejarah Sistem Operasi Windows

Laptop Windows (OS Windows 7, 8, 10)

OS Windows 7, Windows 8 umumnya masih digunakan hingga sekarang. Carilah laptop dengan OS Windows premium atau original. OS Windows 7 bisa mengoperasikan sejumlah software baik game maupun aplikasi-aplikasi terbaru. Tapi sangat disarankan menggunakan OS Windows 10 karena sudah lebih canggih, dengan syarat spesifikasi perangkatmu harus mendukung.

Laptop OS Windows 10. Sistem Operasi yang satu ini sudah cukup canggih dibandingkan versi OS sebelumnya dan dilengkapi fitur Digital Assistant.

Laptop OS Mac

Sistem Operasi ini ada di laptop Mac milik Apple. Punya fitur canggih dan performanya mumpuni diserta antivirus yang ampuh melindungi perangkat dari sejumlah malware. Laptop dengan OS Mac sangat baik untuk kamu yang suka editing, multimedia. Harganya lebih mahal dibandingkan OS Windows.

Laptop Chrome

Chrome OS belakangan ini semakin berkembang karena kompatibel untuk menjalankan sejumlah aplikasi android di laptop.

3. Cara Memilih Processor Laptop

cara memilih processor yang bagus untuk laptop

Spesifikasi teknis adalah kunci performa perangkat. Semakin tinggi spesifikasinya, semakin baik kinerja dan kualitasnya. Intinya, semakin canggih processor maka semakin bagus performa laptop. Ada beberapa jenis processor yang biasanya terdapat dalam laptop. Tapi rekomendasi laptop yang bagus performa dan kinerjanya adalah dengan memilih laptop Intel atau AMD.

Laptop Intel

Laptop dengan processor Intel sebagai dapur pacunya dikenal punya kelebihan dalam hal performa. Ada banyak jenis processor intel yang bisa dibeli. Bila berkutat dengan pekerjaan berat seperti bermain game, atau multimedia anda bisa memilih laptop Intel yang bagus untuk gaming dengan processor Intel Core i5 minimal generasi ke 8 hingga generasi 10 di dalamnya.

Laptop Intel

Laptop berprocessor AMD umumnya lebih baik dalam hal grafis. Bila anda berkutat dengan pembuatan gambar desain maka sebaiknya anda memilih laptop AMD. Rekomendasi laptop yang bagus untuk editing gambar dan editing video adalah yang berprocessor AMD Ryzen 5 dan 7 generasi terbaru.

Perlu diketahui bahwa memaksakan laptop standar yang spesifikasinya pas-pasan untuk mengoperasikan banyak software justru menjadi penyebab laptop lemot bahkan lebih fatal lagi laptop rusak. Sehingga mau tidak mau alternatif mengatasi laptop lemot dan sering mati dikarenakan spesifikasi laptop yang rendah adalah dengan membawanya ke tempat servis komputer, atau bahkan harus menggantinya dengan laptop baru.

4. Memilih Laptop Dengan Ukuran Layar Yang Tepat

Layar monitor juga termasuk dalam daftar wajib untuk dipertimbangkan saat memilih laptop yang baik. Kalau kamu ingin yang simpel dan mudah bergerak, laptop layar minimalis cocok dimiliki. Tapi kalau ingin nyaman, anda bisa memilih laptop yang layarnya lebih luas.

Laptop 16-17 Inchi

Tips memilih laptop gaming adalah layar yang lebih luas, misalnya yang berukuran 16 inchi dan 17 inchi. Layar dengan ukuran luas akan membuat gamer lebih nyaman dan leluasa.

Laptop 15 Inchi

Laptop dengan ukuran layar 15 inchi direkomendasikan sebagai laptop untuk pekerja kantoran. Tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu kecil.

Laptop 14 Inchi

Salah satu rekomendasi laptop yang bagus untuk mahasiswa, karena ukurannya cocok untuk aktivitas mobile dan muat dalam tas mahasiswa.

Laptop 11 - 13 inchi

Laptop berukuran 11 inchi hingga 13 inchi direkomendasikan sebagai laptop untuk pelajar dan mahasiswa karena bobotnya lebih ringan. Ukuran laptop ini juga cocok untuk pekerja lapangan.

5. Memilih Hardisk Laptop

Ruang penyimpanan adalah salah satu spesifikasi yang mesti dipertimbangkan sebelum membeli laptop. Khususnya ketika anda membeli laptop bekas bila anda tidak cermat mempertimbangkan kondisi dan kualitas hardisk internal yang dipakai pastinya akan merugikan. Salah satu contoh misalnya laptop Blue Screen karena hardisk yang bermasalah.

memilih hardisk internal laptop yang bagus
2 tipe hardisk yang wajib dipertimbangkan saat memilih laptop : HDD vs SSD

Saat ini trend memilih laptop yang bagus adalah yang punya ruang penyimpanan besar. Cukup wajar mengingat belakangan ini orang semakin suka menonton film di laptop, atau menyimpan software berkapasitas besar.

Cara memilih hardisk internal laptop yang bagus yaitu memilih hardisk berkapasitas besar. Anda bisa memilih model HDD (hard disk drive) atau SSD (solid state drive). Bila anda memilih hardisk laptop type HDD sebaiknya kapasitas penyimpanannya adalah 500GB ke atas. Namun memilih model SSD juga sangat direkomendasikan karena kecepatannya lebih baik dibandingkan HDD. Bedanya anda harus mengeluarkan biaya lebih besar bila memilih laptop SSD.

6. Laptop Dengan Konektivitas Lengkap dan Cepat Membaca Data

memilih laptop bekas yang bagus dan berkualitas

Laptop tidak digunakan sebagai alat ketik saja. Bagi kamu pekerja atau profesional yang harus sering-sering presentasi, pasti laptopmu harus terhubung ke proyektor sehingga bisa menampilkan slide ke layar.

Laptop yang bagus adalah yang memiliki port untuk disambungkan ke berbagai media atau perangkat lainnya. Pastikan bahwa di laptop punya port USB sehingga flash disk dan eksternal device seperti smartphone juga bisa tersambung. Laptop yang bagus sekarang setidaknya punya port USB 3.0 yang 10 kali lebih dalam mentransfer file masuk atau keluar, dan USB 2.0.

7. Memilih Laptop Yang Baterainya Bagus dan Tahan Lama

memilih laptop berkualitas baik
Laptop yang bagus adalah laptop yang baterainya tahan lama. Ada beberapa jenis baterai yang umumnya dipakai dalam laptop.

Baterai Laptop Nickel Cadmium (Ni-Cd)

Pada era lawas baterai NiCs umum digunakan di laptop. Namun banyak kekurangannya, antara lain karena tipe baterai laptop NiCd mengandung senyawa Cadmium yang beracun, bobotnya lebih berat, dan rentan terhadap memory effect.

Baterai Laptop Nickel Metal Hydride (Ni-Mh)

Tipe baterai Ni-Mh lebih baik dari pada Ni-Cd bila dipasang dalam laptop, karena kerapatan energinya dua kali lebih baik dan lebih tahan lama. Namun kelemahannya sering menyebabkan laptop bermasalah pada temperatur yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Baterai Lithium-Ion (Li-Ion)

Model lain baterai untuk laptop adalah Li-Ion. Umumnya laptop terbaru sudah memakai tipe baterai ini. Baterai laptop mode Li-Ion energinya lebih baik dari pada Ni-Mh dan minus zat beracun sehingga cocok dipakai pada laptop-laptop kekinian. Namun ketika laptop tidak terpakai lagi jangan meletakkan atau membuangnya sembarangan karena mudah tersulut api.

Agar tidak salah beli, cara memilih baterai laptop yang bagus adalah laptop Li-Ion yang kapasitasnya besar lebih dari 8000mAh, jumlah cell nya banyak, dan tegangannya sesuai dengan tegangan listrik di rumah anda.

Pastikan pula dalam paket pembelian laptop yang anda pilih sudah lengkap dengan adaptornya.

8. Mau Material dan Desain Laptop Seperti Apa ?

Tebal tipisnya laptop dipengaruhi oleh komponen-komponen yang tersemat di dalamnya. Semakin besar komponennya tentunya membutuhkan ruang yang lebih luas. Jenis baterai, RAM, Processor serta kipas processor, Hard Disk adalah beberapa komponen yang membutuhkan ruang tertentu sehingga berdampak pada ketebalan laptop.

Ada banyak laptop yang tipis tapi memberikan dampak tertentu pada dimensi komponen yang harus dipangkas. Biasanya komponen yang menyediakan lebih tipis tapi kapasitas besar akan lebih mahal harganya. Contohnya pada laptop ASUS AMD tipe processor 7th Gen APU cukup tipis tapi besar baterai dipangkas. Untuk mengakalinya AMD menyematkan teknologi tertentu pada processor sehingga lebih hemat daya.

Material juga sangat mempengaruhi berat laptop. Material plastik tentu lebih ringan dibandingkan alumunium, tapi lebih rentan dengan cacat atau retak. Material alumunium lebih berat dibandingkan plastik, tapi lebih tahan benturan. Umumnya berat laptop paling tipis saat ini sekitar 2 Kg.

9. Pertimbangkan Harga Laptop : Murah Tapi Berkualitas Baik

Sebelum membeli laptop, kamu juga harus mempertimbangkan harganya. Anda bisa mencari referensi spesifikasi laptop kemudian menyiapkan dana, atau menyiapkan budget dulu baru mencari laptop incaran. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan.

Kalau kamu menyediakan budget dana Rp 3000.000 sementara harga laptop yang bagus sesuai pilihanmu harganya 5 juta, maka pilihannya cuma 2. Mengumpulkan uang sembari menunggu harga laptop turun, atau membeli laptop second.

Tapi kalau kamu memang punya rencana untuk membeli di waktu tertentu dan mengincar terlebih dulu kamu masih bisa mengumpulkan uang.

10. Mau Beli Laptop Di Outlet Resmi Atau Toko Online ?

Salah satu keuntungan membeli produk yang ada outlet/gerai resmi di tempatmu adalah mudah berkonsultasi, dan bisa mengganti komponen atau melakukan upgrade dengan barang yang lebih orisinil.

Kalau spesifikasi laptop yang pas dengan keinginanmu ternyata ada pada laptop Acer, maka kamu bisa ke gerai resmi Acer. Tapi kalau tidak ada, pastikan bahwa tempatmu untuk membeli laptop adalah toko yang resmi menjual produk-produk Acer. Pastikan ada garansi-garansi tertentu sehingga laptopmu bisa dipertanggungjawabkan. Opsi ini berlaku untuk produk laptop lainnya, entah itu laptop ASUS, laptop DELL atau Zyrex.

Baca Juga : Antivirus Gratis Terbaik Di Dunia Untuk Laptop Windows 10, Windows 8, Windows 7

Merk Laptop Paling Bagus Apa ?

Pertanyaan seputar merk laptop yang paling bagus cukup banyak berseliweran di sejumlah forum. Kalau menurut TeknoPlug, tidak ada ukuran atau indikator apa merk laptop yang bagus.

Indikator merk laptop yang bagus tergantung pada spesifikasinya. Saat ini bisa dibilang Acer, ASUS, Sony, Toshiba, DELL adalah merk-merk laptop yang selama ini rutin mengeluarkan produk-produk keren. Laptop Zyrex atau laptop Axioo juga tidak ketinggalan.

Masalahnya adalah, tidak semua produsen laptop menyediakan spesifikasi yang bagus sesuai keinginan penggunanya pada budget yang sama. Lalu bagaimana cara memilih merk laptop yang bagus ?

Cara Memilih Merk Laptop : Baru vs Bekas

  1. Kalau kamu punya budget Rp 5juta, dan kamu penggemar produk-produk laptop dari ASUS, maka carilah referensi mengenai laptop ASUS yang budgetnya sesuai dengan yang kamu sediakan. Ada banyak laptop baru dari ASUS harga 5 jutaan. Tapi apakah spesifikasinya sesuai dengan yang kamu inginkan ?
  2. Kalau akhirnya kamu menemukan laptop ASUS pilihanmu yang spesifikasinya sesuai kebutuhan tapi ternyata tidak sesuai di harga, maka kamu punya 2 opsi. Mengumpulkan uang agar tetap bisa membeli laptop ASUS yang baru, atau membeli laptop ASUS bekas. Atau mungkin kamu ingin mencicil ? Tidak masalah juga, karena laptop ASUS saat ini juga banyak dijual dengan cara kredit.
  3. Kalau ternyata kamu bertahan di angka 5 jutaan, maka mau tidak mau kamu harus mengalihkan pilihan ke merk laptop lainnya. Kamu bisa mencari laptop Acer 5 Jutaan dengan spesifikasi yang sama. Atau merk laptop DELL yang harganya 5 jutaan. Bahkan ada juga merk laptop harga terjangkau dengan spesifikasi bagus seperti keluaran Zyrex. Pilih mana, merk atau spek ?

Apa Merk Laptop Terbaik Yang Bagus Spesifikasinya

ASUS, Acer, DELL akhir-akhir ini cukup bersaing secara signifikan. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

  • ASUS punya kelebihan pada body build, harganya juga lebih murah.
  • Acer punya kelebihan karena berkali-kali pernah menjadi produsen dengan produk laptop paling laris.
  • DELL punya kelebihan pada desain yang elegan, apalagi belakangan ini DELL menyematkan komponen-komponen berspesifikasi tinggi.

Pertanyaannya adalah, apa merk laptop yang menyediakan spesifikasi perangkat yang sesuai dengan keinginanmu dan pas dengan budget yang kamu sediakan ?

Akhir Kata

Nah sob, itulah 10 Tips Memilih Laptop. Sebelum membeli laptop, pilihlah laptop sesuai tujuan penggunaan, spesifikasi yang sesuai dan pas dengan budget yang kamu sediakan. Jangan paksakan beli laptop baru kalau kamu tidak punya budget yang cukup, kecuali kalau kamu memilih opsi beli baru dengan mencicil dan opsi beli laptop bekas.

Suka Teknologi