Table of Content

Review ASUS X555QA, Laptop Multimedia & Gaming Murah Buat Pelajar

Spesifikasi dan performa ASUS X555QA AMD A10 Windows 10 sangat cocok sebagai laptop multimedia terbaik dan terjangkau untuk pelajar dan mahasiswa.

Laptop ASUS multimedia terbaru dengan layar 15,6 inch resmi dirilis oleh ASUS melalui ASUS Indonesia akhir tahun lalu. X555QA, salah satu dari empat notebook ASUS Seri X terbaru yang ditenagai processor AMD APU generasi ketujuh diyakini cukup mumpuni performanya sebagai alat komputasi sehari-hari yang bisa multitasking dan menikmati konten multimedia bahkan editing.

ASUS X555QA, Laptop ASUS Multimedia Terbaru Untuk Mahasiswa dan Pelajar

laptop gaming terbaik terbaru asus

4 Laptop ASUS terbaru 2017 yang dirilis oleh ASUS dengan processor 7th Gen AMD APU dan grafis Radeon tergolong laptop yang spesifikasinya mantap. Laptop ASUS terbaru tersebut antara lain X550IK, X555QG, X555BP dan X555QA. Harga laptop AMD ASUS X Series tersebut tergolong laptop harga terjangkau.

X555QA, salah satu dari empat laptop ASUS terbaru tersebut tergolong laptop untuk desain grafis dan multimedia. Pada laptop X555QA ini sudah ditanamkan processor AMD APU model A10 generasi ketujuh. Harga laptop ASUS AMD A10 ini tergolong lebih terjangkau dibandingkan harga laptop ASUS i5 atau laptop ASUS core i3 generasi terbaru yang spesifikasi dan performanya hampir setara.

X555QA juga menyasar pengguna laptop ASUS gaming karena grafis Radeon yang dimilikinya yaitu Radeon R5 Graphics yang juga besutan AMD bisa menjalankan sejumlah game terbaru.

Selain mendongkrak produktifitas, laptop AMD APU processor dari Seri X terbaru varian ini juga sangat ideal untuk hiburan. Aktivitas santai, refreshing yang entertain minded dan personal seperti nonton film, video musik dan download video Youtube di ASUS X555QA akan terpenuhi dengan memuaskan tanpa kendala.

Spesifikasi Harga dan Kelebihan Laptop ASUS Multimedia Terbaru X555QA

Spesifikasi Notebook ASUS X555QA tergolong bagus sebagai laptop multimedia terbaru yang menyasar pada pengguna mid end level dan ;low end level. Didukung processor AMD A10 7th Gen dan Radeon R5 Graphics, kemampuannya juga cukup handal sebagai salah satu laptop gaming terbaru.

Laptop ASUS X555QA memiliki kinerja cukup apik dengan grafis tinggi untuk aplikasi-aplikasi multitasking dengan harga lebih terjangkau.

Berikut adalah spesifikasi internal Notebook ASUS X555Q A10 7th Gen APU :

  • CPU 7th Gen AMD APU A10-9620P, 2M cache, 2.5GHz – 3.4GHz
  • Operating System Windows 10 64-bit
  • Memory 4GB DDR4 2133MHz up to 16GB (Dual Channel Support)
  • Storage 1.000GB SATA HDD
  • Disk Drive Super-Multi DVD-RW 8x
  • Display 15.6" HD 1366x768 (16:9) LED Backlit 60Hz Glare Panel with 45% NTSC
  • Graphics AMD Radeon™ R5 Graphics, clock speed 720MHz
  • Input/Output 1 x RJ45 LAN, 1 x USB 2.0 port, 1 x VGA port, 1 x SD card reader, 2 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x COMBO audio jack, 1 x HDMI
  • Camera VGA Web Camera
  • Connectivity Dual-band 802.11 b/g/n or 802.11ac (optional), 10/100/1000/Gigabits Base T, Bluetooth 4.0
  • Audio Built-in Stereo 2W Speakers and Microphone, ASUS SonicMaster Technology,
  • Support for Windows 10 Cortana
  • Dimension 38.2 x 25.6 x 2.58cm (WxDxH)
  • Weight 2.3Kg with Battery
  • Battery 37 Whrs Battery, up to 10 hours web browsing
  • Garansi 2 tahun (global)
  • Harga Rp 6.099.000

Apa saja fitur dan kelebihan yang ada dalam laptop multimedia terbaru ASUS ini ?

#1 Layar Luas Viewing Bikin Puas Dengan Splendid Technology

Laptop dengan layar luas tentunya akan memberikan kepuasan lebih dalam hal viewing. ASUS X555QA adalah laptop ASUS 15 inch terbaru beresolusi HD (1366x768) berukuran 15,6 inch sehingga memberikan keleluasan bagi penggunanya untuk melihat gambar, serta cukup nyaman saat berinteraksi dengan konten multimedia seperti menonton film maupun editing foto dan video. Apalagi teknologi Splendid yang dapat dipergunakan untuk memberikan kualitas tampilan layar lebih mengasyikan.

Tim ASUS Golden Eye mengembangkan teknologi ASUS Splendid yang sangat ekslusif untuk memberikan warna yang cerdas dan temperatur warna yang akurat melalui pengaturan dan melalui parameter fine-tuning display. Untuk menyetel layar supaya aman, ASUS juga memberikan pilihan Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode dan Manual Mode sehingga sesuai dengan fleksibelitas dan kemampuan indra penglihatan pengguna.

#2 Body Build Kokoh

ASUS AMD X Series terbaru didesain secara menarik dengan body build yang tahan kondisi karena dibuat dengan kombinasi material terbaik. Cocok untuk mahasiswa dan pelajar jaman now yang stylish minded dan eksis di berbagai aktivitas.

#3 Tipis dan Ringan

Laptop ringan memberikan keuntungan tersendiri khususnya bagi kamu yang mobilitasnya tinggi. X555QA adalah laptop ASUS tipis dan ringan yang sangat mudah dijinjing dan dibawa kemanapun karena bobotnya tidak berat sekitar 2,3 Kg termasuk baterai.

#4 Interface Responsif

Sebagai laptop ASUS untuk multimedia, X555QA menghadirkan Touchpad cukup luas dan responsif dengan fitur multi point dikolaborasikan dengan teknologi ASUS Smart Gesture sehingga lebih intuitif dan alami, memberikan pengalaman yang berbeda serta memudahkan pengguna menggerakkan cursor secara leluasa.

Ditambah keyboard yang didesain sesuai standar game membuat gamer lebih gampang menggunakannya. Apalagi keyboard di laptop ini sangat fleksibel dan lembut. Pengguna akan sangat terbantu untuk urusan ketik mengetik atau input data menggunakan office karena penempatan huruf dan angka sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak membingunkan pengguna untuk mencari tombol-tombol angka.

Kelebihan lain dalam laptop ASUS model X555QA Series terbaru adalah fitur Instant On yang bisa menghidupkan kembali komputer ketika berada pada mode sleep hanya dalam beberapa detik.

Interface yang oke ini sangat mendukung aktivitas kamu yang suka mengoprek-oprek multimedia meskipun tanpa mouse.

Laptop ASUS AMD X555QA seperti halnya laptop ASUS X555BP dirancang dengan kemampuan konektivitas tinggi dan mumpuni untuk multimedia, sehingga cocok sebagai alat komputasi sekaligus media hiburan sehari-hari.

#5 Dukungan Teknologi Tinggi

Laptop ASUS multimedia yang satu ini kemampuannya setara dengan beberapa notebook multimedia core i3 bahkan core i5. Ini tentunya terkait dengan processor dan graphic card yang tersemat di dalamnya. Sangat wajar bila laptop ASUS multimedia 2017 ini sebagai pilihan laptop ASUS multimedia terbaik untuk pelajar dan mahasiswa.

Kemampuan untuk menjalankan konten-konten multimedia serta konektivitas antar device yang tinggi tidak lain disebabkan oleh terobosan ASUS menyediakan komponen dan perangkat dengan menerapkan teknologi tinggi.

#6 Teknologi Suara Canggih Dan Jernih Dengan ASUS SonicMaster

Kualitas suara dengan efek-efek bombastis untuk mendukung multimedia juga terdongkrak karena adanya Audio Built-in Speakers And Microphone dan SonicMaster. Bagi pengguna yang suka dengar musik atau nonton video dengan efek menggelegar seperti bioskop laptop ini sangat pantas menemani keseharian pengguna dengan menggunakan koneksi antar device.

#7 Transfer Data File Cepat dan Mendukung Koneksi Antar Device

Buat pengguna yang sering menyimpan data atau berbagi file dari dan menuju laptop prosesnya sangat cepat karena tersedia port USB 3.0 yang 10x lebih cepat ketika melakukan transfer file. Selain itu juga terdapat port USB 2.0 untuk menghubungkan berbagai macam device ke laptop.

Selain itu pengguna juga tetap dimudahkan menyimpan atau mentransfer file dalam bentuk kepingan disk karena meskipun slim ASUS menyediakan Disk Drives DVD yang lebih cepat.

Koneksi dengan perangkat lain contohnya antara laptop dengan laptop/komputer lain, atau antara laptop dan speaker bahkan dengan media visual lain telah didukung dengan port audio jack, VGA port dan RJ45 LAN.

Performa ASUS X555QA

Model Notebook ASUS terbaru gaming dan multimedia terbaik untuk mahasiswa maupun pelajar ini didukung oleh model processor APU A10 besutan AMD generasi ketujuh. Kemampuan laptop ASUS multimedia dan gaming ini juga terlihat dari grafisnya yang tinggi karena Radeon R5 yang juga buatan AMD.

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh processor APU A10 di dalam laptop ASUS terbaru multimedia dan gaming untuk mahasiswa dan pelajar ini ?

Processor APU A10 (7th Gen AMD APU A10-9620)

Dual memory channel pada memory controller di ASUS AMD A10-9620P memberikan keuntungan besar karena RAM yang tersemat sudah 4GB masih bisa ditingkatkan performa dan kecepatannya dengan menambahkan RAM lagi. Ini berdampak pada kecepatan akses memori yang turut meningkat.

Peningkatan AMD dalam performa processornya untuk menjalankan konten multimedia juga dipengaruhi oleh sudah tersedianya L2 Chace Memory sebesar 2MB.

Prosessor APU yang tersemat didalamnya memiliki TDP rendah tapi clockspeed tinggi. Sementara prosesor grafis juga dibekali teknologi hemat daya. Ini berarti laptop ini memiliki efisiensi tinggi dengan penggunaan daya yang bisa dihemat.

Clock speed tinggi dan kemampuan multi task lebih baik dibandingkan versi sebelumnya karena jumlah core yang banyak disokong kemampuan multi threading. Kondisi ini berdampak pada kemampuan laptop untuk memainkan game serta konten-konten hiburan. Ditopang dengan kehadiran teknologi HDMI (High Definition Multimedia Interface) di laptop ASUS memberikan kontribusi nyata terhadap kemampuan multimedianya.

Untuk sejenis laptop tipis, laptop ASUS tipis dan ringan yang satu ini memiliki keuntungan tersendiri untuk urusan efisiensi daya dan hemat baterai. Seperti yang diketahui, luas atau besar bidang sebuah media penghantar listrik berbanding lurus terhadap luas rambatan, sehingga panas juga jadi lebih luas yang berdampak pada overheating apabila tidak ditangani dengan pendingin yang memadai. Ditopang oleh teknologi pendingin IceCool, laptop ini tidak mudah panas. Ini berpengaruh pada baterainya yang memiliki long life yang lama hingga 37 jam.

Dalam terobosannya memberikan banyak pilihan laptop berkualitas tinggi, ASUS menggandeng prosesor APU sebagai duet pendongkrak performa. APU (Accelerated Processing Unit) merupakan teknologi besutan AMD yang menggabungkan teknologi CPU dengan kartu grafis (GPU).

Seperti halnya ASUS X555QG yang dirilis dalam berbagai varian tergantung jenis processor yang ditanam, ASUS X555QA juga dirilis dengan penyematan chip yang variatif. Varian ASUS yang sudah dirilis yaitu ASUS dengan model AMD® Bristol Ridge A12-9700P Processor, AMD® Bristol Ridge FX-9800P Processor, AMD® Bristol Ridge A10-9600P Processor.

Varian laptop X555QA yang sudah dirilis di Indonesia adalah ASUS AMD A10-9620P (model terbaru A10-9600P).

ASUS AMD A10-9620P merupakan laptop ASUS dengan processor generasi ketujuh keluarga APU AMD Processor mainstream arstitektur Bristol Ridge yang dirilis pada 2017.

Prosesor ini merupakan prosesor empat inti (menggunakan 2 modul Excavator) dengan clockspeed 2,5 GHz hingga mencapai 3,4 GHz. Bahkan dalam keadaan tertentu bisa mencapai 3,6 GHz.

7th Gen APU Bristol Ridge lebih fituristik karena fiturnya lebih banyak dan sudah teroptimisasi dibandingkan generasi Carrizo sebelumnya. TDP-nya juga lebih hemat dengan penggunaan daya 15W. Prosesor ini lebih cepat dari pada prosesor model AMD FX-8800 pada TDP yang sama.

Memori pada processor A10-9620P sebesar 4GB telah menggunakan teknologi dual channel memory DDR4. Ini berarti laptop ASUS X555QG bisa ditambah chip lagi sehingga RAM. Kecepatan/frekuensi akses memorinya sebesar 2,133 GHz.

Graphic Card Radeon R5 Di Laptop ASUS Windows 10

ASUS X555QA memiliki tampilan grafis yang cukup baik sehingga cukup andal memainkan sejumlah game 4K. Ini karena spesifikasi graphic card AMD Radeon™ R5 didalam laptop terbaru dari ASUS ini cukup bagus untuk mendukung aplikasi-aplikasi game. Alhasil, laptop ASUS untuk multimedia tergolong laptop ASUS gaming terbaik alternatif untuk pasar mid end atau low end.

Kartu Grafis AMD Radeon™ R5 Graphics meningkatkan performa melalui grafis terdedikasi sehingga lebih cepat dan meningkatkan performa laptop untuk bermain game, dengan gambar yang terlihat lembut dan lebih baik.Kondisi ideal ini juga didukung oleh teknologi AMD GCN yang menghadirkan performa grafis dan kualitas gambar lebih teroptimisasi untuk aplikasi-aplikasi terkini maupun aplikasi-aplikasi yang akan dirilis di masa mendatang. Konsumsi daya lebih terjaga karena didukung teknologi manajemen daya sehingga turut memberi pengaruh pada laptop menjadi lebih daya pula.

AMD Radeon™ R5 Graphics juga sudah support Microsoft® Windows® 10 Support yang memberikan pengalaman baru untuk komputasi. Selain itu sudah disematkan teknologi AMD Enduro™ Technology yang membuat baterai laptop lebih awet sekaligus mendongkrak performa grafis dan kualitas grafis. Ditambah lagi teknologi PowerTune yang memungkinkan peningkatan kecepatan processor lebih tinggi juga meningkatkan performanya.

Harga notebook ASUS khususnya ASUS AMD biasanya lebih terjangkau dibandingkan kompetitornya yang punya spesifikasi setara. Tidak berlebihan memang bila untuk sejumlah kalangan menilai produk laptop dari ASUS dan AMD adalah laptop murah yang tidak murahan.

Ada banyak pilihan harga laptop AMD ASUS khususnya laptop ASUS multimedia. Sebagai salah satu produsen notebook terbesar di dunia, ASUS menyediakan laptop multimedia 5 juta, laptop multimedia 4 jutaan hingga 3 jutaan. Bahkan notebook ASUS harga 2 jutaan sudah banyak beredar di pasaran.

Namun notebook ASUS AMD model X555QA ini cukup recommended karena di dalamnya juga sudah terpasang OS Windows 10 orisinil yang harganya cukup mahal. Terlebih lagi processor APU model A10-9620 ini adalah processor terbaru generasi ketujuh yang harganya cukup tinggi.

Model laptop ASUS ini tidak pelak cukup terjangkau karena harga laptop ASUS AMD A10 X555QA dibanderol sekitar 6 jutaan. Alhasil laptop ASUS Windows 10 ini jelas merupakan laptop ASUS murah kelas entry game dengan spesifikasi gahar pilihan terbaik dibandingkan kompetitornya dengan spesifikasi setara yang dilabeli harga lebih tinggi.

Laptop ini bisa dibeli dengan opsi pembelian cash maupun cicilan, tergantung kerjasama toko dan promo yang dirilis pada waktu-waktu tertentu di masing-masing kota.

Baca Juga: Fitur dan Kelebihan ASUS TUF Gaming A15

Keamanan Dan Legalitas Laptop ASUS Terbaru 2017 ASUS X555QA

Laptop ASUS harga 2 jutaan hingga laptop ASUS termahal adalah produk komputer berkualitas yang hemat energi, ramah lingkungan, aman dan legal, tidak terkecuali ASUS X555QA. Laptop ASUS AMD A10 ini sudah memiliki sertifikasi keamanan dan cukup teruji legalitas maupun kenyamanannya.

Sertifikasi UL (Underwriters Laboratory - Sertifikat hasil pengujian keselamatan, keamanan produk elektronik dan ramah lingkungan ), FCC Compliance (sertifikat kepatuhan untuk produk elektronik), BSMI (Boureau of Standards, Metrology, anda Inspection - sertifikat dari biro pengawasan manufaktur dan kualitas produk di Taiwan), CCC (China Compulsary Certificate - sertifikat keamanan produk import), Energy Star (sertifikat hemat energi, rendah polusi dan ramah lingkungan) adalah bukti bahwa ASUS AMD adalah barang berkualitas yang telah melalui sejumlah test.

Baca Juga :

Ditambah lagi setiap paket pembelian akan mendapatkan layanan pasca jual (service after sale) berupa garansi selama 2 tahun. Artinya kalau ada apa-apa dengan perangkat dan komponennya, pengguna bisa melakukan klaim baik service maupun penggantian selama waktu itu. Gaming dan multitasking untuk komputasi sehari-hari tidak akan nyesel.

Suka Teknologi