test

4 Laptop Terbaru ASUS AMD X Series Spesifikasi Gahar Harga Terjangkau

laptop asus seri x

ASUS kembali membuat terobosan dengan merilis 4 model laptop terbaru AMD dengan spesifikasi gahar untuk segmen entry gaming dan mainstream dari X Series. Berkolaborasi dengan AMD APU Processor terbaru dan graphic card ikonik Radeon dari AMD, keempat notebook ASUS AMD terbaru ini diyakini akan mengubah mindset produk-produk mahal harga selangit menjadi produk berspesifikasi mumpuni performa tinggi harga membumi.

4 Laptop Terbaru ASUS AMD X Series Spesifikasi Gahar Harga Terjangkau



laptop asus terbaru murah
Laptop ASUS Terbaru Seri X Dengan APU Processor


ASUS sengaja merilis berbagai macam varian model perangkat yang terjangkau agar para pengguna memiliki banyak pilihan. Dengan merilis keempat notebook terbaru kolaboratif tersebut maka ASUS memiliki sejumlah laptop consumer terbaik untuk dijadikan partner kerja, hiburan, multimedia hingga gaming. Produk-produk ASUS AMD terbaru tersebut merupakan varian ASUS X Series yaitu X550IK, X555QG, ASUS X555QA, ASUS X555BP.

Bagi anda yang ingin membeli laptop, sangat disarankan untuk membuat kriteria spesifikasi minimal yang mendukung semua aktivitas yang anda lakukan dengan maksimal.

Kriteria dan spesifikasi minimal yang perlu diperhatikan antara lain berikut ini :

  • Processor berkualitas dengan kecepatan tinggi yang mampu menjalankan operasi dan aplikasi dengan performa yang baik.
  • Processor grafis (Graphic Processor Unit/GPU) dan kartu grafis/VGA (Video Graphic Adapter/graphic card) yang menghasilkan gambar berkualitas. Untuk saat ini, tanpa GPU dan VGA mustahil bisa menjalankan operasi grafis apalagi yang punya tampilan 3D (kecuali ada teknologi terbaru selain VGA dan GPU). 
  • RAM (Random Acces Memory) besar karena sangat mempengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan. RAM minimal 4 GB sudah lumayan untuk gaming dan multimedia, semakin besar semakin baik.
  • Tersedia slot tambahan pada motherboard (bahasa laptopnya adalah dual channel memory) sehingga bisa upgrade atau menambah RAM lagi kapan saja itu dibutuhkan.
  • Memiliki memori penyimpanan (hard disk atau hard drives) besar minimal 500 GB plus sudah tersedia slot untuk SSD (Solid State Drives) supaya bisa menyimpan banyak file khususnya file-file gede.
  • Tidak mudah panas dan punya sistem pendingin yang baik sehingga tetap stabil pada saat mencapai suhu tinggi (tidak mengalami overheating).
  • Baterai hemat dan tahan lama, serta pengisian (charging) cepat.
  • Audio yang support dan high quality, sehingga bisa memperdengarkan efek-efek suara dengan jernih. Adanya audio bikin gaming makin seru. 
  • Sudah tersedia Port  yang support USB khususnya USB 3.0 karena sangat cepat dalam transfer file dan bisa menghubungkan laptop dengan perangkat lain.
  • Daya tahan (body build) harus tangguh, desain dinamis dan fleksibel, bisa dibawa kemana pun. Produk-produk laptop yang body build-nya paling tangguh adalah keluaran ASUS.
  • Layar yang luas sehingga melototin gambar jadi lebih puas. 
  • Keyboard yang suaranya tidak pletak pletuk waktu digunakan baik untuk mengetik atau operasi lainnya serta touchpad yang luas dengan antarmuka yang responsif.
  • Ada Service After Sale (layanan pasca jual), misalnya paket garansi dalam waktu tertentu. Biasanya produk laptop dijual dengan garansi 1 tahun. Tapi ada juga yang 2 tahun, contohnya laptop ASUS (untuk produk tertentu). SAS ini sangat menguntungkan sehingga kalau ada apa-apa pada laptop kamu bisa langsung menangani masalahnya ke outlet terdekat. 
  • Harga terjangkau

Untuk bodybuild tangguh, desain elegan dan unik, layar luas, keyboard oke, touchpad responsif nyaman, bobot ringan serta memberikan kemudahan dari sisi kedinamisan penggunanya, ada pada produk-produk ASUS. Pada aspek performa, processor dengan kinerja dan performa grafis serta kualitas grafis tinggi tapi harganya lebih terjangkau maka laptop ASUS dengan CPU GPU terbaik AMD adalah solusinya. 

Pertanyaannya, kok ASUS ? Apa Itu ASUS ? Apa pula itu AMD ?

Ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Dan ada juga yang bilang, untuk mencintai produknya, kenali dulu perusahaannya. Bahkan untuk melamar anak orang, ketahui dulu bibit, bobot, bebet. Mungkin istilah-istilah tersebut cocok dianalogikan.

Kenapa Harus ASUS ? Ada Apa Dengan ASUS AMD ?


kelebihan produk asus
Kelebihan produk ASUS


ASUS adalah salah satu perusahan teknologi terkemuka dalam industri teknologi komunikasi. Perusahaan asal Taiwan ini menjadikan empat huruf terakhir Pegasus (makhluk legendaris berwujud kuda bersayap dalam mitologi Yunani) sebagai simbol kebijaksanaan dan pengetahuan.

Oleh ASUS, filosofi tersebut diterjemahkan sebagai kekuatan, kemurnian dan jiwa petualang sang makhluk untuk membubung tinggi menuju puncak dengan produk-produk yang dibuatnya.

Inovasi dan visi adalah kunci utama kesuksesan ASUS.

  • ASUS Visioner Dengan Inovasi Tiada Henti Mencapai Puncak Tertinggi

Inovasi ala ASUS ditopang oleh pendekatan visioner sehingga sejumlah inovasi yang dibuatnya melalui produk-produk yang diciptakannya sering melampaui imajinasi para pengguna dan juga kompetitornya. ASUS menjadi leader di pasar global untuk dunia industri bukan hanya pada produk motherboard tapi juga pada beberapa kategori teknologi informasi.

4.256 macam penghargaan internasional dan berbagai pujian di tahun 2013 (sepadan dengan lebih dari 11 penghargaan per hari) adalah bukti pengakuan dunia terhadap produk-produk visioner dari ASUS. Tahun 2015 merupakan salah satu tahun capaian terbaik ASUS karena telah menjual 500 juta motherboard. Hingga tahun 2016 ASUS telah mendapatkan 4.385 jenis penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT sedunia. Bahkan sejak tahun 2014 ASUS telah meraih 721 penghargaan untuk smartphone model Zenfone Series. Wow !

  • Filosofi ASUS

ASUS bertindak dengan visi global dan fokus pada kekuatan, kondisi serta warisan budaya lokal. Prosesnya dibangun melalui riset menyeluruh, antisipasi dini dan pelaksanaan yang terencana dengan baik. Desain ASUS dikembangkan dengan solusi berkualitas tinggi, sekaligus memberikan solusi yang juga berkualitas tinggi bagi semua orang.

  • Pertumbuhan dan Perkembangan ASUS 

Dengan lebih dari 17.000 orang karyawan di seluruh dunia (5.500 orang diantaranya adalah insinyur serta tim riset dan pengembangan/R & D), ASUS berhasil mendapatkan revenue sebesar 13,3 miliar USD.

IDC melaporkan bahwa di Indonesia ASUS terus mengalami pertumbuhan pada bisnis laptop pada kuartal empat 2016 (walaupun sudah menempati posisi teratas sejak akhir 2013), dan pantas membuat ASUS Indonesia berbangga. Pada kuartal tersebut ASUS memperlebar selisih dengan produsen berikutnya dengan hingga 33%. ASUS memimpin pasar sehingga menjadi Top One brand laptop untuk Asia Tenggara dengan market share-nya mencapai 26,3 %. Bila menggabungkan market share produsen ketiga dan keempat, ASUS masih lebih besar.

GtK menyebutkan bahwa hingga September 2017 pangsa pasar segmen laptop meningkat hingga 2 kali lipat (mencapai 41,9%). ASUS mendapat penghargaan TOP Brand Award 2017 untuk kategori bisnis laptop. Untuk industri smartphone ASUS berada pada Top Four (IDC Q2 2017).

Produk-Produk ASUS

Selain memproduksi motherboard sebagai salah satu produk utama, ASUS juga menciptakan banyak jenis dan tipe komputer. Jenis-jenis komputer yang dibuat antara lain seperti komputer PC/Home, laptop/notebook, perangkat smartphone dan tablet.

Beberapa inovasi yang diciptakan ASUS diantaranya adalah Padfone, TAICHI mobile (ASUS TAICHI™ merupakan Ultrabook™ dual side display dan bisa berperan sebagai tablet dalam kondisi tertutup), Transformer Book dual-purpose (tablet yang dimasukkan ke docking keyboard yang bertransformasi menjadi ultrabook), Tablet 810 (platform Windows 8), Tablet 600 (platform Windows RT).

Nah, khusus untuk produk-produk laptop atau notebook keluaran ASUS juga terkenal sangat kompetitif sehingga menjadi pesaing serius bahkan leader untuk beberapa segmen tertentu di pasar global.

Produk Notebook ASUS

Beberapa produk laptop ASUS saat ini menjadi kompetitor utama bagi pesaing global sejenis, karena spek-spek tinggi dan kolaborasi komponen yang mereka sematkan sangat kompetitif. Selain itu sejumlah model notebook ASUS bisa digunakan siapa saja, mulai dari karyawan hingga mahasisa dan pelajar.

Uji Kualitas dan Kompetensi Notebook ASUS, Fakta Tak Terbantahkan Kehebatan Teknologi ASUS

  • Notebook ASUS tidak mengalami kerusakan selama 600 hari misi luar angkasa di Stasiun Luar Angkasa MIR (Rusia). Selama 600 hari 2 notebook ASUS tidak mengalami kelebihan panas
  • Laptop Asus M5 mampu menahan vibrasi dalam pesawat/helikopter NRMA CareFlight selama membantu misi penyelamatan dan layanan darurat di South Wales, Australia
  • Notebook ASUS menjadi laptop terbaik selama kompetisi balapan PATAGONIA 2000 karena mampu menjalankan fungsi sebagai perangkat navigasi dan mampu melampaui fungsi GPS satelit
  • Notebook ASUS Menjadi yang Pertama Mencapai Puncak Gunung Everest.
  • Notebook ASUS Menguasai Kutub Utara dan Selatan (ASUS S200N) untuk proses dokumentasi pada ketinggian 16.000 kaki dengan suhu rendah.

ASUS AMD - Duet Kolaboratif Penyedia Laptop Berspesifikasi Gahar Harga Terjangkau


Apa itu laptop ASUS AMD ? Sobat, laptop ASUS AMD adalah notebook atau laptop buatan ASUS yang menggunakan processor AMD.

ASUS dengan AMD menyediakan komputer canggih yang terjangkau untuk semua orang serta semua segmen pasar pengguna (baik segmen pasar komputer PC, komputer laptop/notebook, komputer server maupun komputer workstation).

Tapi ngomong-ngomong, kamu tahu gak sih apa AMD dan processor AMD itu ?


Processor AMD, Kelebihan Processor AMD dan Beberapa Jenis Model Processor AMD


processor amd asus


AMD (Advanced Micro Devices, Inc) adalah perusahaan semikonduktor internasional asal Amerika Serikat  dan merupakan perusahaan kedua terbesar di dunia sebagai pemasok/distributor mikroprosesor berarsitektur x86 skala global setelah Intel Corp. Perusahaan dunia yang satu ini berbasis di California, tepatnya Sunnyvale.

Selain sebagai pengembang teknologi (technology developer),  AMD merupakan perusahaan terbesar ketiga di dunia untuk pemasok unit pengolahan grafis. AMD dikenal pula sebagai pemasok komponen komputer dan console. AMD telah membuat banyak jenis processor CPU (Central Processing Unit), GPU (Graphic Processing Unit) dan APU (Accelerated Processing Unit).

AMD membuat APU (Accelerated Processing Unit) yang mengintegrasikan CPU dengan GPU. Terobosan AMD memadukan APU dengan beberapa CPU khususnya AMD FX-Series dan AMD Athlon model terbaru untuk gaming menghasilkan prestasi yang tidak terduga. Namun tidak semua CPU dikolaborasikan dengan APU karena strategi perusahaan yang memproduksi produk-produk APU pada segmen pasar tertentu saja untuk tiap entry level, low end, middle end dan high-end level.

Beberapa processor terbaru AMD yang performanya cukup tangguh untuk bersaing dengan processor lainnya khususnya Intel antara lain model dan varian dari AMD Ryzen, AMD Ryzen PRO, AMD Ryzen Threadrippers, AMD A-Series With APU's, dan AMD FX Series serta AMD FX With APUs (contohnya FX-9830P/7th Gen AMD APU FX-9830P).

Bukan hanya pada segmen pasar PC desktop saja, AMD juga membuat processor-processor berspesifikasi tinggi untuk komputer server. AMD EPYC dan AMD Opteron model terbaru adalah beberapa jenis processor AMD yang menjadi pesaing Intel untuk komputer server.


Graphic Card/GPU AMD Radeon, Perpaduan Teknologi ATI Radeon dan AMD


Bila sebuah komputer atau laptop hanya tergantung pada chip processor CPU saja, maka kinerja operasional processor akan terkuras oleh game saja sementara processor CPU juga harus menjalankan operasi matematis pada aplikasi lainnya.

ATI Radeon adalah adalah perusahaan pengembangan teknologi dan pembuat chip atau kartu grafis. Saat IBM menjadikan AMD sebagai rekanan, ATI juga sedang menyuplai 7000 chip per minggu untuk Commodore Business Machine. ATI lalu bekerja sama dengan AMD dimana ATI sempat merilis EGA Wonder dan VGA Wonder.

AMD dan ATI Radeon pernah membuat prosesor grafis CPU untuk PC model Am386, Mach8, Mach32 lalu Am486. Setelah diakuisisi oleh AMD, grafis Radeon cukup diperhitungkan. Selain itu, ATI Radeon adalah perusahaan pertama yang memproduksi hardware yang mendukung teknologi DVD.

Processor model AMD Athlon (prosesor generasi ke-7 AMD) adalah titik balik kerja sama AMD dan ATI Radeon dalam kompetisi prosesor global karena menjadi prosesor yang bisa melakukan komputasi Microsoft dan Windows, sebelum akhirnya penyedia teknologi kartu grafis ini bersatu ketika diakuisisi oleh AMD.

Produk terbaru kartu grafis AMD Radeon yang kini sangat diperhitungkan yaitu :
  • Radeon™ RX 400 Series (Radeon™ RX 460, Radeon™ RX 470, Radeon™ RX 480).
  • Radeon™ 500 Graphics Series (Radeon™ 520 Graphics, Radeon™ 530 Graphics).
  • Radeon™ RX 500 Graphics Series (Radeon™ RX 540 Graphics, Radeon™ RX 550 Graphics, Radeon™ RX 560 Graphics, Radeon™ RX 570 Graphics, Radeon™ RX 580 Graphics, Radeon™ RX 590 Graphics)

Menggabungkan Teknologi ASUS dengan AMD, Apa Akibatnya ?

Dalam Global Game Award edisi 2016 dan 2017, beberapa produk komputer terbaik dalam kompetisi tersebut melibatkan beberapa komponen terbaik dari ASUS dan AMD, mulai dari motherboard, socket, chipset, processor dan kartu grafis.

Di ajang tersebut laptop ASUS merupakan 1st Best Laptop 2016 (produk laptop ASUS for Gaming varian ASUS ROG Strix) dan 1st Best Laptop 2017 (produk ASUS ROG Zephyirus). ASUS juga didapuk menjadi perangkat komputer dengan monitor terbaik desktop sebagai 1st Best Monitor 2016 (model ASUS PG348Q) dan 1st Best Monitor 2017 (produk ASUS VG245H). Untuk motherboard, Asus Prime Z270-P mewakili produk ASUS sebagai 2nd Best Motherboard 2917. 

Sementara AMD didapuk sebagai 2nd Best Manufacturer 2016 dan 2017. AMD FX-9830P masuk dalam jajaran elit CPU sebagai 4th Best CPU 2016. CPU AMD juga masuk dalam Big Four 2017 di kompetisi tersebut, dimana AMD Ryzen 7 1700X adalah 2nd Best CPU dan AMD Ryzen 5 1600X sebagai 3rd Best CPU. 

Kelebihan Produk Laptop ASUS

  • Motherboard laptop ASUS cukup kompatibel. Motherboard ASUS mendukung sejumlah komponen terbaik dari berbagai manufaktur, termasuk chipset dan processor dari AMD
  • Body Build sangat baik dengan kombinasi material terbaik sehingga ketahanan fisik sangat tinggi.
  • Potensi kerusakan kecil karena body build yang yang baik dan kombinasi material pilihan.
  • Kompatibilitas sangat baik sehingga motherboard ASUS bisa dikatakan open source. Tim R & D merancang motherboard yang fleksibel sehingga bisa ditanamkan berbagai jenis processor.
  • Perangkat dan port penting disediakan sehingga bisa support dengan komponen lainnya .
  • Platform OS maupun non OS disediakan dalam versi original sehingga operasi apa saja berjalan sempurna dan fleksibel 
  • Memori Penyimpanan (Hard Drives/hard disk dan SSD) disediakan  dengan kapasitas besar
  • Desain unik, dinamis dan tersedia berbagai pilihan warna
  • Sound Card dan Digital Sound Technology berkualitas menghasilkan suara jernih sehingga pengguna dimanjakan untuk multi media
  • Layar Monitor besar memuaskan lirak lirik pengguna
  • Processor CPU dengan kecepatan tinggi, graphic card/GPU dengan grafis tinggi, dan memori RAM besar  yang ditanam memiliki spesifikasi tinggi sehingga performa operasional sangat mumpuni dengan grafis berkualitas

Kelebihan Produk AMD

  • Processornya sudah multi core
  • Jumlah core (core count) lebih banyak (bahkan bisa lebih dari 3 juta)
  • Jumlah core yang banyak menyebabkan kemampuan Multi Threading lebih baik sehingga operasi multitasking juga lebih ringan. 
  • Clock speed tinggi karena jumlah core yang banyak. Jumlah inti yang banyak akan membuat kerja processor lebih cepat.
  • L2 Cache Memory sudah besar sehingga mampu mengakses memori untuk file-file besar
  • Sudah terintegrasi dengan graphic card (GPU) milik AMD sehingga kinerja CPU tidak terganggu karena terbantu oleh GPU, dan kualitas grafis lebih tinggi karena terbantu oleh CPU yang terintegrasi dengan grafis. Dampak lainnya adalah grafis onboard (built in graphic) lebih bagus
  • Transfer data rate lebih tinggi dan Integrasi Memory control tidak lagi kaku karena teknologi HyperTransport sudah dikembangkan pengintegrasiannya pada L1 dan L2 cache memory
  • Prosesor AMD TDP-nya hemat daya. Terbukti pada AMD FX-Series arsitektur Bulldozer, Zambezi dan Vishera (FX-8150 dan FX-8350) lebih baik hemat dan performanya lebih baik hingga 30%. Beberapa model AMD 7th Gen APU (seperti AMD A12-9720P dan AMD A10-9620P) juga memiliki TDP rendah. 
  • Berbeda pada versi-versi sebelumnya, model-model versi terbaru dari AMD Processor sudah lebih tahan panas ketika clock speed maksimum telah mencapai suhu tertinggi.
  • Tersedia antivirus sehingga akses data lebih aman dan terlindungi
  • Pada kartu grafisnya sudah disematkan teknologi yang membuat laptop jadi hemat listrik serta baterai lebih awet.
  • Secara umum perangkat PC dan notebook yang menanamkan prosesor AMD akan lebih tahan panas plus digandengkan dengan teknologi kipas pendingin yang lebih baik
  • Prosesor AMD lebih murah dibandingkan prosesor lainnya baik CPU maupun GPU. 
  • Perangkat laptop atau PC yang berkolaborasi dengan AMD Processor juga akan lebih murah
Bisa dibayangkan bagaimana perkawinan teknologi tinggi duo Best Manufacturer ini !

Laptop Terbaru AMD ASUS Seri X


Saat gaming, blogging, editing dan kebutuhan akan sejumlah operasi pendukung komputasi sehari-hari dalam satu notebook dihargai cukup mahal, ASUS memberikan solusi berupa laptop berspesfikasi tinggi, performa tangguh, bisa multitasking dan multimedia makin asyik tapi dengan harga lebih terjangkau dengan seri X terbaru bersama 7th Gen AMD APU Processor (ASUS AMD FX, ASUS AMD A12, AMD A10 dan AMD A9).

Dirilisnya 4 varian laptop ASUS AMD Terbaru pada X Series selain memperbanyak pilihan yang terjangkau juga memberikan solusi bagi para penggunanya. Solusi-solusi tersebut tentu berkaitan dengan kelebihan-kelebihan dari masing-masing produk. Pengguna diberikan keleluasaan memilih sesuai kebutuhan dan ukuran kantong.

Laptop terbaru ASUS ini ditenagai oleh processor AMD terbaru dari keluarga APU generasi ke 7 (7th Gen AMD APU Processor).



prosesor AMD APU 7th Gen dalam laptop ASUS Terbaru


Dikutip dari situs resmi AMD Indonesia, Processor APU 7th dikenal lebih cepat dan terintegrasi lebih baik serta lebih efisien dibandingkan kompetitor dan generasi processor sebelumnya.

Kelebihan Desain Dan Body Laptop ASUS AMD Terbaru X Series

laptop asus murah
Spesifikasi Desain dan Multi Media Laptop ASUS Seri X AMD APU 


Fallin' in love at the first sight and first touch mungkin kesan yang pantas ketika pertama sekali menggerayangi ASUS AMD untuk varian notebook ASUS X550IK, ASUS X555QG, ASUS X555QA dan ASUS X555BP. Inilah penyebabnya.


Body Build Kokoh

ASUS AMD X Series terbaru didesain secara menarik dengan body build yang tahan kondisi karena dibuat dengan kombinasi material terbaik. Cocok untuk mahasiswa dan pelajar jaman now yang stylish minded dan eksis di berbagai aktivitas.

Bobot Ringan 

Dengan kisaran bobot antara 2,2 Kg hingga 2,45 Kg termasuk baterai, laptop AMD ASUS varian X Series adalah perangkat yang cukup ringan dijinjing.

Bobot ASUS X550IK hanya 2,45 Kg sementara ASUS X555QG berbobot cuma 2,2 Kg. Sementara ASUS X555QA sendiri memiliki berat hanya 2,3 KG dan ASUS X555BP bobotnya cuma 2,2 Kg.

Interface Responsif

Touchpad juga cukup luas dan responsif dengan fitur multi point dikolaborasikan dengan teknologi ASUS Smart Gesture sehingga lebih intuitif dan alami, memberikan pengalaman yang berbeda serta memudahkan pengguna menggerakkan cursor secara leluasa. 

Ditambah keyboard yang didesain sesuai standar game membuat gamer lebih gampang menggunakannya. Apalagi keyboard di laptop ini sangat fleksibel dan lembut. Pengguna akan sangat terbantu untuk urusan ketik mengetik atau input data menggunakan office karena penempatan huruf dan angka sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak membingunkan pengguna untuk mencari tombol-tombol angka.

Kelebihan lain dalam ASUS X Series terbaru adalah fitur Instant On yang bisa menghidupkan kembali komputer ketika berada pada mode sleep hanya dalam beberapa detik.

Layar Monitor Luas Viewing Bikin Puas

Dengan layar beresolusi HD (1366x768), ASUS AMD X Series adalah laptop ASUS 15 inci yang memberikan keleluasan bagi penggunanya untuk melihat gambar, cukup nyaman saat berinteraksi dengan konten multimedia seperti menonton film maupun editing foto dan video. Apalagi teknologi Splendid yang dapat dipergunakan untuk memberikan kualitas tampilan layar lebih mengasyikan.

Tim ASUS Golden Eye mengembangkan teknologi ASUS Splendid yang sangat ekslusif untuk memberikan warna yang cerdas dan temperatur warna yang akurat melalui pengaturan dan melalui parameter fine-tuning display. Untuk menyetel layar supaya aman, ASUS juga memberikan pilihan Normal ModeEye Care ModeVivid Mode dan Manual Mode sehingga sesuai dengan fleksibelitas dan kemampuan indra penglihatan pengguna.

Dukungan Teknologi Untuk Multi Media dan Konektivitas Tinggi Di Laptop AMD ASUS X Series


laptop asus amd fx


Laptop ASUS X550IK, ASUS X555QG, ASUS X555QA dan ASUS X555QB dirancang dengan kemampuan konektivitas tinggi dan mumpuni untuk multimedia, sehingga cocok sebagai alat komputasi sekaligus media hiburan sehari-hari. 

Notebook ASUS X550IK bahkan sangat mumpuni sebagai laptop terbaik gaming. Kemampuannya setara dengan kompetitornya, tapi lebih terjangkau dari sisi harga. 

Kemampuan untuk menjalankan konten-konten multimedia serta konektivitas antar device yang tinggi tidak lain disebabkan oleh terobosan ASUS menyediakan komponen dan perangkat dengan menerapkan teknologi tinggi.

Transfer Data File dan Koneksi Antar Device

Buat pengguna yang sering menyimpan data atau berbagi file dari dan menuju laptop prosesnya sangat cepat karena tersedia port USB 3.0 yang 10x lebih cepat ketika melakukan transfer file. Selain itu juga terdapat port USB 2.0 untuk menghubungkan berbagai macam device ke laptop.

Selain itu pengguna juga tetap dimudahkan menyimpan atau mentransfer file dalam bentuk kepingan disk karena meskipun slim ASUS menyediakan Disk Drives DVD-RW 8x yang lebih cepat.

Koneksi dengan perangkat lain contohnya antara laptop dengan laptop/komputer lain, atau antara laptop dan speaker bahkan dengan media visual lain telah didukung dengan port audio jack, VGA port dan RJ45 LAN.

Efek Suara Dan Teknologi Pendukung


Kualitas suara dengan efek-efek bombastis untuk mendukung multimedia juga terdongkrak karena adanya Audio Built-in Speakers And Microphone dan SonicMaster. Bagi pengguna yang suka dengar musik atau nonton video dengan efek menggelegar seperti bioskop laptop ini sangat pantas menemani keseharian pengguna dengan menggunakan koneksi antar device.

Lalu bagaimana dengan performa 4 laptop ASUS X Series terbaru ini ?

Aspek performa sangat berkaitan dengan spesifikasi-spesifikasi utama dan spesfikasi pendukung beserta teknologi yang disematkan di dalamnya. Lalu bagaimana dengan spesifikasi dan performa ke-4 laptop terbaru tersebut ?

Berikut akan diulas spesifikasi dan performa masing-masing laptop AMD ASUS tersebut. 

#1 Notebook ASUS X550IK, Laptop Gaming Terbaik Para Gamer Nomaden


laptop asus amd fx


Notebook ASUS X550IK adalah laptop ASUS AMD untuk entry gaming. Laptop AMD ASUS terbaru ini mengusung kegaharan dari processor AMD FX-9830P dan kualitas grafis terbaik dari graphic card AMD Radeon RX560.

Beberapa hal yang menjadi faktor utama performa AMD ASUS X550IK Radeon RX560 ini yaitu :
  • Spesifikasi Umum Laptop ASUS X550IK
  • Spesifikasi Processor (CPU) AMD FX-9830P
  • Spesifikasi Grafis (GPU) AMD Radeon RX560
Ketiga faktor utama ini saling berkaitan satu dengan lainnya. Sudah cukup jelas bila hanya tergantung pada spesifikasi umum saja tanpa memperhatikan faktor CPU dan GPU justru membuat laptop menjadi tidak ada apa-apanya. Ini karena processor adalah otak pemrosesan seluruh perintah komputasi. 

Spesifikasi Laptop AMD FX ASUS X550IK Dengan Radeon R560


  • Processor CPU 7th Gen AMD APU FX-9830P, clock speed 3.0GHz – 3.7GHz
  • Graphics AMD Radeon RX 560 (Polaris 21) Graphics with 4GB GDDR5
  • Operating System Windows 10
  • Memory 8GB DDR4 2133MHz up to 16GB (Dual Channel Support)
  • Storage 1.000GB HDD 
  • Disk Drive 8x DVD Super-Multi
  • Display 15,6” Full HD (1920x1080) 16:9 Anti Glare
  • Input/Output 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
  • Camera VGA Web Camera
  • Connectivity Dual-band 802.11 b/g/n or 802.11ac (optional), 10/100/1000/Gigabits Base T, Bluetooth 4.0
  • Audio Built-in Speakers And Microphone, SonicMaster Lite Technology, ICE Power support
  • Dimensi 38.0 x 25.1 x 2.92 ~31.7 cm (WxDxH)
  • Bobot  2.45 kg beserta baterai
  • Baterai 4 Cells 44 Whrs Battery
  • Garansi 2 Tahun Global
  • Harga Terbaru Rp10.299.000

AMD FX-9830P, Processor Terintegrasi APU Generasi Ketujuh Yang Cukup Diperhitungkan Kehadirannya Di Segmen Gaming Khususnya Entry Gaming


Dirilis pada 2016 lalu, AMD FX-9830P mampu menggemparkan dominasi Intel. Berbeda dengan FX-Series sebelumnya, FX-9830P adalah jenis APU. AMD FX-9830P ( 7th Gen AMD APU FX-9830P) adalah mainstream dari keluarga processor AMD FX-Series berkonstruksi Bristol-Ridge yang berjalan dengan dual graphic.

Sebagai gambaran singkat, Bristol-Ridge merupakan jenis konstruksi processor yang dirancang dengan arsitektur Carrizo untuk jenis APU (Accelerated Processing Unit atau CPU dan GPU yang terintegrasi) dan menggunakan inti CPU Excavator. Kinerja Bristol Ridge 50% lebih baik dibandingkan seri Carrizo sebelumnya, Kaveri. APU 7th Gen pada FX-9830P sudah dioptimalisasi khususnya pada adaptive voltage/frequency scaling, serta shadow p-states.

Processor FX-9830P menggunakan CPU 4 cores (quad-core) dan GPU 8 cores (okta-core). Model ini adalah seri tertinggi dari jajaran AMD APU Mobile. 

Core count (jumlah core) yang sangat banyak pada CPU ini berdampak pada clock speednya yang mencapai 3,0 GHz dan bisa mencapai 3,7 GHz pada kondisi turbo. Yang istimewa dari processor ini adalah TDP (konsumsi daya) yang cukup efisien yang hanya 35W (khas keluarga AMD FX-Series yang efisien menggunakan daya) dan mendukung clock speed tinggi pada rentang CTDP 25-45W. Lebih hebat lagi, clock speed tetap stabil meskipun temperatur sudah mencapai maksimum 90 °C. Kondisi ini jelas merupakan salah satu peningkatan yang dilakukan oleh AMD mengingat pada processor AMD versi-versi lawas kinerjanya melorot bila mencapai kondisi panas. Alhasil, dengan kondisi panas yang diredam berdampak pada performa laptop dimana laptop juga tidak cepat panas.

Selain itu, jumlah core sedemikian rupa meningkatkan kemampuan threading AMD FX-9830P menjadi lebih baik khususnya menjalankan aplkasi Multi Threading. Aspek ini berdampak pada kemampuan laptop ASUS X550IK untuk menjalankan Multi Tasking dan multi media. 

Radeon RX560 (Radeon™ RX 560 Graphics), GPU Radeon Terbaik Untuk Laptop Gaming AMD Membuat Kualitas Gambar ASUS X550IK Sangat Tinggi


GPU Radeon™ RX 560 Graphics termasuk dalam keluarga produk Radeon™ 500 Series. Processor grafis ini dibuat untuk platform desktop dan laptop. GPU Radeon™ RX 560 Graphics sudah support OS Windows 7 - 32-Bit Edition, Windows 7 - 64-Bit Edition, Windows 10 - 64-Bit Edition, Linux x86_64, Ubuntu x86 64-Bit. Radeon model RX560 adalah grafis Polaris.

Radeon RX560 (Radeon™ RX 560 Graphics) memiliki kecepatan memory 7 Gbps dan ukuran maksimum memori sebesar 4Gb. Tipe memori GPU adalah VRAM GDDR5 dengan memori antarmuka 128-bit. Memori bandwidth bisa mencapai 112 GB/s. Performanya 31,6 % lebih baik dari pendahulunya.

Radeon RX560 (Radeon™ RX 560 Graphics) memiliki frekuensi awal 1175 MHz yang bisa dipercepat hingga 1275 MHz. Unit tekstur yang dimiliki adalah 64 dan jumlah transistornya mencapai 3 B. Sangat banyak.

Graphic Processing Unit (GPU) ini memiiki peningkatan sekitar 6 persen pada clock speed VGA menjadi 1.275MHz untuk boost dan 1.175MHz pada base clock-nya, dimana pada kecepatan maksimal mampu memproses hingga 2,6 Tera floating-point operations per detik.

Kartu grafis Radeon tipe ini setara dengan pemakaian produk grafis dari nVidia seri GeForce 920MX untuk memori ganda.

Performa Laptop ASUS Gaming X550IK Yang Berkolaborasi Dengan AMD FX-9830P dan AMD Radeon RX560

ASUS AMD FX-9830P varian X550IK menghadirkan performa yang sangat keliru bila dikesampingkan begitu saja. Fakta bahwa processor AMD FX-9830P (7th Gen AMD APU FX-9830P) adalah Big Four GGA (Global Game Awards) Tahun 2016 sebagai peringkat 4 dunia merangsek dominasi kompetitornya membuktikan bahwa processor yang terintegrasi dengan grafis Radeon R7 ini sangat diperhitungkan untuk segmen gaming khususnya entry gaming.

Sudah pasti laptop yang menanam prosesor ini turut diperhitungkan, dan ketika ASUS X550IK berkolaborasi dengannya sudah bisa dibayangkan performanya ketika tersemat dalam motherboard ASUS yang legendaris itu.

Ditambah penyematan kartu grafis dengan lebih dari 3 juta core dalam wujud Radeon RX560, maka ASUS X550IK adalah laptop 3H. High Performace, High Quality Graphic, High Work Rate.

Apa saja kelebihan-kelebihan yang dihadirkan oleh ASUS X550IK sehingga laptop AMD ini layak menjadi laptop gaming 3H ?

Kelebihan Laptop ASUS X550IK Yang Akan Memuaskan Dahaga Gamers Dinamis 

  • Main game jadi kencang karena processor AMD FX-9830P memiliki clock speed tinggi 3,0 GHz hingga 3,7 GHz pada kondisi turbo. Apalagi memori RAM-nya sebesar 8GB dan L2 cache memory  2MB sudah disediakan, kemampuan laptop ini bukan sebatas gaming saja tapi juga multimedia. Kelebihan ini ditopang pula adanya fitur Freesync, yang berfungsi untuk meminimalisir kondisi tearingstuttering, dan lag. Ketiga keadaan ini biasanya sering terjadi di dalam game karena tingkat refresh rate yang tidak seirama antara layar dan GPU.
  • Kualitas gambar tinggi karena spesifikasi Radeon RX560 memang sangat apik untuk mendukung grafis, plus processor juga sudah terintegrasi dengan grafis Radeon R7. 
  • Akses file yang cepat karena storage 1Tb dan SSD 125GB sehingga tersedia cukup ruang untuk menyimpan file-file besar.
  • Perangkat laptop tidak mudah panas karena processor hemat daya sehingga mampu mempertahankan clock speed pada suhu tinggi. Apalagi pada ASUS AMD X550IK sudah disediakan IceCool Tehcnology terbaru sehingga kipas bisa meredam panas akibat aktivitas komputasi berkecepatan tinggi.
  • Sangat mendukung aktivitas yang dinamis karena ASUS AMD X550IK memang didesain untuk pengguna yang dinamis dan fleksibel, apalagi beratnya cuma 2,45 Kg dan cukup tipis. Pada model ASUS ini memang 5% ebih tipis daripada versi X sebelumnya. 
  • Viewing yang memuaskan karena layar monitor lebih luas dengan lebar15 inchi plus resolusi tinggi
  • Baterai awet bisa bertahan hingga 44 jam (tergantung jenis pemakaian dan lama operasi) karena teknologi baterai 4 Cells disertai fast charging. Hal ini juga dipengaruhi oleh efisiensi dan kemampuan overclocking dari processornya dengan adanya teknologi APM (Advance Power Management) yang bisa mengendalikan kerja prosesor dan efisiensi daya.
  • Edit gambar dan desain grafis, presentasi, edit foto dan video, upload dan download file besar plus nonton film atau live streaming sangat memuaskan serta tidak perlu khawatir bakal lemot karena kemampuan multi threading pada processor cukup baik didukung jumlah core yang banyak. Core yang banyak mempengaruhi kemampuan threading sehingga dengan multi threading maka laptop ini bisa menjalankan multi tasking dan multi media. Apalagi notebook ASUS ini didukung RAM besar. ASUS juga sudah menyediakan perangkat berikut komponen yang support multimedia berteknologi tinggi seperti sound card terbaik. Selain itu laptop ini sudah berteknologi HDMI (High Definition Multimedia Interface) yang memberikan kontribusi besar untuk semua akitivitas multi media.

ASUS X550IK, Laptop ASUS Gaming 10 Jutaan Terbaik Untuk Gamer Nomaden dan Mantap Untuk Konten Multi Media

Laptop ASUS X550IK saat ini dilepas dengan harga 10 jutaan. Masalah harga memang cukup relatif. Tapi kalau spesifikasinya gahar untuk perangkat laptop sejenis di kelasnya dengan harga yang lebih terjangkau, sudah pasti untungnya dobel.

Artinya, laptop ASUS AMD 10 jutaan ini cukup terjangkau. Apalagi beli barang sekarang bisa dengan opsi cash atau cicilan. 

#2 Notebook AMD ASUS X555QG, Laptop Gaming Dual Graphic Spesifikasi Tinggi Harga Terjangkau Untuk Pelajar dan Mahasiswa


laptop gaming asus murah


ASUS X555QG adalah salah satu varian notebook ASUS AMD consumer mainstream untuk segmen entry level gaming pada kelas perangkat konsumer (consumer hardware level). Dengan teknologi dual memory channel AMD processor dilabeli harga terjangkau laptop ini sangat cocok bagi pelajar dan mahasiswa yang kreatif serta multimedia minded.

Gaming Kencang Bikin Adrenalin Terus Tertantang

ASUS AMD X555QG dibuat dalam beberapa varian processor. Di Indonesia varian yang dirilis adalah ASUS AMD CPU 7th Gen AMD® APU A12-9720P dan ASUS AMD A10-9620P.

  • ASUS AMD Processor CPU 7th Gen AMD® APU A12-9720P

Processor AMD A12-9720P merupakan SoC mainstream dari keluarga APU Bristol-Ridge yang dirilis pada 2017 dan prosesor terbaru dari model sebelumnya A12-9700P.

Sebagai gambaran, Bristol-Ridge merupakan jenis konstruksi processor yang dirancang dengan arsitektur Carrizo untuk jenis APU (Accelerated Processing Unit atau CPU dan GPU yang terintegrasi) dan menggunakan inti CPU Excavator. Kinerja Bristol Ridge 50% lebih baik dibandingkan seri Carrizo sebelumnya, Kaveri.

Chip ini memiliki empat inti CPU (menggunakan 2 modul Excavator) Dengan penggunaan daya (TDP) pada rentang 12-15W kecepatan clock base 2,7 GHz  hingga 3,6 GHz. Kecepatan ini lebih tinggi dari model sebelumnya pada kisaran TDP yang sama. Dengan kata lain, AMD A12-9720P lebih efisien daripada versi sebelumnya.

Processor AMD A12-9720P sudah terintegrasi dengan grafis Radeon R7. RAM yang tersedia adalah 8GB dan telah memiliki teknologi dual channel memory pada memory controller. Jadi kalau ingin menambah RAM lagi sebesar 8 GB maka total RAM menjadi 16 GB. Bisa dibayangkan cepatnya.

Performa processor A12-9720P lebih cepat dari pada A12-9700P yang memiliki clock lebih lambat. Kompetitor yang memiliki performa setara yaitu Intel Core i3 Skylake (untuk beberapa varian tertentu).

Kelebihan processor ini yaitu performa yang meningkat lebih baik 56% daripada processor generasi ketiga berumur 2 tahun dengan codename Kaveri, 53% lebih tinggi dibandingkan kompetitor sejenis pada sektor grafis terintegrasi, dan 38% lebih baik daripada model-model 6th Gen APU karena telah menggunakan GCN generasi ketiga yang menghasilkan performa TDP, serta 38% lebih efisien dibandingkan versi sebelumnya saat menonton video beresolusi 1080p karena teknologi Unified Video Decoder (UVD).

  • ASUS AMD A10-9620P

Seperti halnya ASUS AMD A12-9720P, ASUS AMD A10-9620P adalah laptop ASUS dengan processor APU dari generasi Bristol Ridge (7th Gen APU) yang dirilis pada 2017.

Prosesor ini merupakan prosesor empat inti (menggunakan 2 modul Excavator) dengan clockspeed 2,5 GHz hingga mencapai 3,4 GHz. Bahkan dalam keadaan tertentu bisa mencapai 3,6 GHz.

Meskipun menggunakan modul silikon yang sama dengan Carrizo tapi memiliki lebih banyak fitur. Prosesor ini terintegrasi dengan grafis Radeon R5. TDP-nya cukup hemat dengan penggunaan daya 15W. Prosesor ini lebih cepat dari pada prosesor FX-8800 yang menggunakan TDP yang sama.

Memori pada processor A10-9620P sebesar 8GB dan telah menggunakan teknologi dual channel memory DDR4. Ini berarti laptop ASUS X555QG bisa ditambah satu slot lagi sehingga RAM menjadi 16 GB. Laptop sudah pasti lebih kencang dan tidak sesak napas.

Grafis Tinggi Dengan Dual Graphic Hasilkan Gambar Berkualitas Tinggi 

Laptop ASUS AMD X555QG sudah dual graphic (grafis ganda). Pada laptop ASUS dengan processor AMD A12-9720P (7th Gen AMD® APU A12-9720P) telah terdedikasi grafis Radeon R7 berkapasitas VRAM 2GB, sementara pada laptop ASUS AMD A10-9620P telah terintegrasi dengan kartu grafis Radeon R5 berkapasitas VRAM 2GB. Dengan GPU AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX dipastikan tampilan gambar akan memiliki grafis dan kualitas tinggi, tanpa patah-patah (kecuali pada mode online karena tergantung pada koneksi internet). Tergantung pengguna menginginkan notebook model processor yang mana. 

  • Kartu Grafis Terdedikasi (Dedicated Grapich Card) Radeon R7 VRAM 2 GB pada processor AMD A12-9720P Di Notebook ASUS X555QG


Radeon R7 yang terintegrasi pada processor AMD A12-9720P (7th Gen AMD® APU A12-9720P) memiliki 512 unit shader yang aktiv dengan 8 inti komputasi. Dengan spesfikasi dan performa yang dimilikinya Radeon R7 ini setara dengan perangkat laptop yang menyematkan grafis GeForce 920MX terdedikasi, sehingga mampu menjalankan banyak game produksi 2015-2016 hanya dengan pengaturan rendah. 

  • Kartu Grafis Terintegrasi (Integrated Graphic Card) Radeon R5 pada Processor AMD A10-9620P Laptop ASUS 


Sementara itu Radeon R5 pada model R5 430 merupakan kartu grafis entry level untuk laptop yang memiliki 384 inti shader aktif (320 unified shaders plus 64 bit DDR 3) dan 6 inti komputasi dengan bus clock 873 MHz.

Teknologi dual graphic yang disematkan melalui kombinasi grafis terintegrasi (integrated graphic) R5 m430 pada CPU plus AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX atau kartu grafis terdedikasi (dedicated graphic) Radeon R7 plus AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX akan menghasilkan kualitas gambar tinggi pada Laptop AMD ASUS X555QG.

  • GPU AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX VRAM 2GB

Kartu grafis AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX dirilis pada 2016 lalu untuk laptop multimedia entry level. Kemampuannya menjalankan kedua grafis secara hybrid pada kedua laptop dengan CPU yang berbeda tersebut ditambah lagi proses rendering dalam mode AFR (alternate frame rendering) pada masing-masing kartu grafis CPU menyebabkan AMD ASUS X555QG bisa mengoperasikan game-game grafis tinggi dengan kualitas gambar yang baik. Apalagi VRAM yang kapasitasnya 2GB pada GPU ini menjadikan game-game kasual bisa dijalankan dengan cepat dan kualitas gambar yang tinggi.

Berdasarkan 3DMark, benchmark untuk game pada layar beresolusi 1366 x 768 seperti game The Division (9,9 fps), Tomb Raider (15,7 fps), Anno 2205 (18 fps), FIFA 16 (19 fps), World of Warship (37,7 fps), Metal Gear Solid V (28,9 fps), Mad Max (17 fps), Batman Arkham Night (14 fps), The Witcher 3 (12 fps) menunjukkan bahwa performa AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX setara bahkan menggungguli beberapa Intel Iris Graphics dan GeForce. Faktor yang mempengaruhi benchmark ini tentu saja jenis game dan kompatibilitas game tersebut pada resolusi yang tersedia. 

Bisa dikatakan performa dual graphic pada CPU dan GPU di laptop AMD X555QG milik ASUS ini sangat terbantu dengan penggunaan daya yang cukup efisien (5-10 + 20-25 Watt). Ini berarti ASUS AMD APU 7th Gen model ASUS X555QG cukup hemat baterai. 

Notebook AMD ASUS X555QG Menghadirkan Performa Gaming Tinggi, Multi Media Oke, Ruang Penyimpanan Bikin Lega Didukung Fitur-Fitur Berteknologi Tinggi

Dual memory channel pada memory controller baik di ASUS yang menggunakan ASUS AMD CPU 7th Gen AMD® APU A12-9720P maupun ASUS AMD A10-9620P memberikan keuntungan dobel. Dengan RAM yang tersemat sudah 8GB, pengguna bisa menambahkan satu RAM 8GB lagi. Alhasil main game terasa ringan dan kencang ditambah kecepatan masing-masing clock speed CPU yang tergolong tinggi.

Selain dua jenis CPU berbeda tadi memberikan performa oke ketika gaming, pengguna juga tidak was-was untuk menyimpan file berkapasitas besar karena ASUS telah menyediakan media penyimpanan (storage) 1 TB plus L2 cache memory 2 MB dan multi core (jumlah core banyak) yang sangat berdampak pada kemampuan multi tasking dan multimedia untuk komputasi sehari-hari para pelajar dan mahasiswa.

Sudah rahasia umum bahwa kecepatan (clock speed) AMD tergolong tinggi karena menggunakan core yang banyak. Jumlah core yang banyak memiliki pengaruh terhadap clock speed, overclocking, dan multi threading yang menyokong kemampuan multi tasking.

Apalagi untuk ASUS sudah menyematkan sejumlah teknologi yang menyokong kemampuan aplikasi multimedia, diantaranya HDMI (High Definition Multimedia Interface). Kontribusi teknologi ASUS yang satu ini cukup besar mendorong performa notebook ASUS dalam hal multi media.

Bagi pengguna yang suka dengar musik atau nonton video dengan efek menggelegar seperti bioskop laptop ini sudah dibekali Audio Built-in Speakers And Microphone dan SonicMaster Lite Technology sehingga suara yang dihasilkan sangat jernih (tergantung perangkat eksternal tambahan seperti headset atau loudspeaker).

Kelebihan lain dalam ASUS X555QG adalah fitur Instant On yang bisa menghidupkan kembali komputer ketika berada pada mode sleep hanya dalam beberapa detik.

Baterai yang disematkan dalam notebook x555QG besutan ASUS dan AMD ini merupakan baterai 2 Cells yang mampu bertahan hingga 37 jam, didukung teknologi ICE Power dan IceCool yang bisa menetralisir panas berlebihan sehingga laptop tidak mudah panas. Pada paket pembelian sudah dibekali adaptor.

Laptop ASUS 8 Jutaan dan Laptop ASUS 7 Jutaan, Lebih Terjangkau Dibandingkan Kompetitor 


Harga notebook ASUS khususnya ASUS AMD biasanya lebih terjangkau dibandingkan kompetitornya yang punya spesifikasi setara. Tidak berlebihan memang bila untuk sejumlah kalangan menilai produk laptop dari ASUS dan AMD adalah laptop murah yang tidak murahan.

Notebook ASUS X550QG  dengan AMD CPU 7th Gen AMD® APU A12-9720P dilabeli harga Rp8.199.000. Untuk kelas entry game dengan spesifikasi gahar, laptop ini merupakan laptop ASUS 8 jutaan pilihan terbaik dibandingkan kompetitornya dengan spesifikasi setara atau bahkan di bawahnya dilabeli harga di atas 8 jutaan.

Sementara Notebook ASUS X550QG dengan processor AMD A10-9620P dilabeli harga sekitar Rp 7.649.000 dan termasuk jajaran laptop ASUS 7 jutaan terbaik untuk spesifikasi setara yang dimiliki kompetitor lain atau bahkan di bawahnya dengan harga di atas 7 jutaan.

Laptop ini bisa dibeli dengan opsi pembelian cash maupun cicilan, tergantung kerjasama toko dan promo yang dirilis pada waktu-waktu tertentu di masing-masing kota. 

Spesifikasi Notebook AMD ASUS X555QG

  • CPU 7th Gen AMD® APU A12-9720P (2M cache up to 3,6GHz) / AMD A10-9620P (2M cache up to 3,4GHz)
  • Graphics AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX / Radeon R7 + R5 430 Graphics
  • Memory 8GB DDR4 2133MHz up to 16GB (Dual Channel Support)
  • Storage 1.000GB HDD 5400rpm
  • Operating System Windows 10
  • Disk Drive DVD-RW 8x
  • Display 15,6” Full HD (1366x768) 16:9 Anti Glare
  • Input/Output 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
  • Camera VGA Web Camera
  • Connectivity Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
  • Audio Built-in Speakers And Microphone, SonicMaster Lite Technology, ICE Power support
  • Dimension 38.2 x 25.6 x 2.58 cm (WxDxH)
  • Berat 2.20Kg with battery
  • Baterai 2 Cells 37 Whrs
  • Garansi 2 Tahun (global)
  • Harga Rp8.199.000 / 7.649.000 

#3 Notebook ASUS X555QA, Laptop ASUS 6 Jutaan Spesifikasi Tinggi Untuk Meringankan Beban Kerja, Aplikasi dan Aktvitas Harian

laptop asus terbaru


Selain notebook ASUS untuk game performa tinggi dengan kemampuan multimedia oke pada diri ASUS X550IK dan X555QG, ASUS dan AMD juga merilis notebook seri X terbaru andalan lainnya untuk segmen pengguna sehari-hari di Indonesia. Laptop ASUS AMD 7th Gen APU Processor bernama ASUS X555QA dirilis menyasar segmen daily user yang membantu menyelesaikan pekerjaan rutin sehari-hari.

Aktivitas harian di kantor seperti input dan olah data, presentasi dengan aplikasi-aplikasi unik baik menggunakan office maupun software lainnya akan dengan cepat diselesaikan menggunakan laptop ASUS X555QA ini. Pengguna menjadi lebih produktif menghasilkan karya-karya terbaik olah grafis dan edit video karena masih mampu menjalankan aplikasi-aplikasi sekelas Photoshop, Corel Draw dan video maker sebelum di unggah ke Youtube dan media sosial.

Selain mendongkrak produktifitas, laptop AMD APU processor dari Seri X terbaru varian ini juga sangat ideal untuk hiburan. Aktivitas santai, refreshing yang entertain minded dan personal seperti nonton film, video musik dan download video Youtube di ASUS X555QA akan terpenuhi dengan memuaskan tanpa kendala.

Dengan kata lain, laptop ASUS X555QA memiliki kinerja cukup apik dengan grafis tinggi untuk aplikasi-aplikasi multitasking dengan harga lebih terjangkau.

Mengapa demikian ? Ini karena spesifikasi 'jeroan' di dalamnya tergolong gahar untuk aktivitas pribadi dan memberikan keuntungan-keuntungan berikut ini :

7th Gen AMD APU A10-9620P, Processor AMD Yang Hadirkan Performa OK Untuk Komputasi Sehari-hari


Seperti halnya ASUS X555QG yang dirilis dalam berbagai varian tergantung jenis processor yang ditanam, ASUS X555QA juga dirilis dengan penyematan chip yang variatif. Varian ASUS yang sudah dirilis yaitu ASUS dengan model AMD® Bristol Ridge A12-9700P Processor, AMD® Bristol Ridge FX-9800P Processor, AMD® Bristol Ridge A10-9600P Processor.

Varian laptop X555QA yang sudah dirilis di Indonesia adalah ASUS  AMD A10-9620P (model terbaru A10-9600P).

ASUS AMD A10-9620P merupakan laptop ASUS dengan processor generasi ketujuh keluarga APU AMD Processor mainstream arstitektur Bristol Ridge yang dirilis pada 2017.

Prosesor ini merupakan prosesor empat inti (menggunakan 2 modul Excavator) dengan clockspeed 2,5 GHz hingga mencapai 3,4 GHz. Bahkan dalam keadaan tertentu bisa mencapai 3,6 GHz.

7th Gen APU Bristol Ridge lebih fituristik karena fiturnya lebih banyak dibandingkan generasi Carrizo sebelumnya. TDP-nya juga lebih hemat dengan penggunaan daya 15W. Prosesor ini lebih cepat dari pada prosesor model AMD FX-8800 pada TDP yang sama.

Memori pada processor A10-9620P sebesar 4GB  telah menggunakan teknologi dual channel memory DDR4. Ini berarti laptop ASUS X555QG bisa ditambah chip lagi sehingga RAM. Kecepatan/frekuensi akses memorinya sebesar 2,133 GHz.

Kartu Grafis AMD Radeon™ R5 Graphics, Pendongkrak Performa Grafis Dan Kualitas Gambar Untuk Hiburan dan Personal


Kartu Grafis AMD Radeon™ R5 Graphics meningkatkan performa melalui grafis terdedikasi sehingga lebih cepat dan meningkatkan performa laptop untuk bermain game, dengan gambar yang terlihat lembut dan lebih baik.Kondisi ideal ini juga didukung oleh teknologi AMD GCN yang menghadirkan performa grafis dan kualitas gambar lebih teroptimisasi untuk aplikasi-aplikasi terkini maupun aplikasi-aplikasi yang akan dirilis di masa mendatang. Konsumsi daya lebih terjaga karena didukung teknologi manajemen daya sehingga turut memberi pengaruh pada laptop menjadi lebih daya pula.

AMD Radeon™ R5 Graphics juga sudah support Microsoft® Windows® 10 Support yang memberikan pengalaman baru untuk komputasi. Selain itu sudah disematkan teknologi AMD Enduro™ Technology yang membuat baterai laptop lebih awet sekaligus mendongkrak performa grafis dan kualitas grafis. Ditambah lagi teknologi PowerTune yang memungkinkan peningkatan kecepatan processor lebih tinggi juga meningkatkan performanya.

Performa ASUS X555QA : Multi Tasking dan Multi Media Keren

Dual memory channel pada memory controller di ASUS AMD A10-9620P memberikan keuntungan besar karena RAM yang tersemat sudah 4GB masih bisa ditingkatkan performa dan kecepatannya dengan menambahkan RAM lagi. Ini berdampak pada kecepatan akses memori yang turut meningkat.

Clock speed tinggi dan kemampuan multi task lebih baik dibandingkan versi sebelumnya karena jumlah core yang banyak disokong kemampuan multi threading. Kondisi ini juga berdampak pada kemampuan laptop untuk memainkan game serta konten-konten hiburan. Ditopang pula hadirnya teknologi HDMI (High Definition Multimedia Interface) di laptop ASUS memberikan kontribusi nyata terhadap kemampuan multimedianya.

Peningkatan AMD dalam performa processornya untuk menjalankan konten multimedia juga dipengaruhi oleh sudah tersedianya L2 Chace Memory sebesar 2MB

Laptop ASUS 6 Jutaan, Pilihan Tepat Yang Lebih Terjangkau Dibandingkan Kompetitor


Harga notebook ASUS khususnya ASUS AMD biasanya lebih terjangkau dibandingkan kompetitornya yang punya spesifikasi setara. Tidak berlebihan memang bila untuk sejumlah kalangan menilai produk laptop dari ASUS dan AMD adalah laptop murah yang tidak murahan.

Notebook ASUS X555QA  dengan AMD CPU 7th Gen AMD® APU APU A10-9620P dilabeli harga Rp 6.099.000. Untuk kelas entry game dengan spesifikasi gahar, laptop ini merupakan laptop ASUS 8 jutaan pilihan terbaik dibandingkan kompetitornya dengan spesifikasi setara atau bahkan di bawahnya dilabeli harga di atas 8 jutaan.

Laptop ini bisa dibeli dengan opsi pembelian cash maupun cicilan, tergantung kerjasama toko dan promo yang dirilis pada waktu-waktu tertentu di masing-masing kota.

Spesfikasi Notebook ASUS X555QA AMD APU A10-9620P

  • CPU 7th Gen AMD APU A10-9620P, 2M cache, 2.5GHz – 3.4GHz
  • Operating System Windows 10 64-bit
  • Memory 4GB DDR4 2133MHz up to 16GB (Dual Channel Support)
  • Storage 1.000GB SATA HDD
  • Disk Drive Super-Multi DVD-RW 8x
  • Display 15.6" HD 1366x768 (16:9) LED Backlit 60Hz Glare Panel with 45% NTSC
  • Graphics AMD Radeon™ R5 Graphics, clock speed 720MHz
  • Input/Output 1 x RJ45 LAN, 1 x USB 2.0 port, 1 x VGA port, 1 x SD card reader, 2 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x COMBO audio jack, 1 x HDMI
  • Camera VGA Web Camera
  • Connectivity Dual-band 802.11 b/g/n or 802.11ac (optional), 10/100/1000/Gigabits Base T, Bluetooth 4.0
  • Audio Built-in Stereo 2W Speakers and Microphone, ASUS SonicMaster Technology,
  • Support for Windows 10 Cortana
  • Dimension  38.2 x 25.6 x 2.58cm (WxDxH)
  • Weight 2.3Kg with Battery
  • Battery 37 Whrs Battery, up to 10 hours web browsing
  • Garansi 2 tahun (global)
  • Harga Rp 6.099.000

#4 Notebook ASUS X555BP AMD, Laptop Stylish Bertenaga Untuk Komputasi Sehari-hari

laptop asus amd


Duet ASUS dan AMD juga menghadirkan laptop terbaru untuk segmen consumer mainstream pada varian ASUS X555BP. Kekhasan dari notebook AMD ASUS yang satu ini cukup mewakili ikon ASUS sebagai penyedia perangkat dengan performa andal dan desain elegan plus baterai awet.

Kebutuhan akan perangkat canggih berspesifikasi tinggi dan performa andal serta awet namun harga terjangkau direspon oleh ASUS. Berduet dengan AMD, notebook ASUS X Series dirilis untuk menambah pengalaman pengguna sekaligus menjamin kepuasan yang maksimal.

ASUS X555BP, salah satu respon terbaik ASUS AMD memberikan kemudahan-kemudahan dengan kelebihan segudang.

Seperti halnya AMD ASUS X550IK, X555QG dan X555QA, laptop ASUS yang satu ini memiliki layar yang lebar dan resolusi serupa.

Selain didesain dengan finishing pada bagian cover, ASUS X555BP dibuat dengan mengadopsi teknik guratan lurus (spun line). Motif ini memberikan tekstur permukaan yang agak kasar sehingga tidak mudah meninggalkan sidik jari yang sering mengotori laptop. Tekstur dengan motif guratan ini memberikan kesan yang anggun. Pada bagian palm rest juga diberikan motif garis-garis halus menyerupai rambut sehingga ada kesan eksentris.

Dengan tujuan kegunaan yang hampir sama dengan ASUS X555QA, laptop AMD X555BP dirilis untuk menangani tugas komputasi dan multimedia sehari-hari dengan disematkannya sejumlah komponen berteknologi jempolan di dalamnya.

Bicara performa, ASUS AMD X555BP tidak bisa diremehkan. Meskipun menyasar segmen consumer mainstream, spesifikasinya sangat bertenaga. Ini karena penyematan chip CPU AMD A9 9420 Dual Core APU yang terintegrasi dengat grafis Radeon R5 M420 Graphics.

CPU AMD A9-9420 Dual Core 

CPU AMD A9-9420 adalah chip entry level dari seri APU berarsitektur Stoney-Ridge (7th Gen APU) yang dirilis tahun 2016. Stoney-Ridge merupakan arsitektur versi dual core dari arsitektur Bristol-Ridge dan merupakan suksesor dari arsitektur Carrizo.

AMD A9-9420 menjadi processor tercepat untuk prosesor APU versi arsitektur Stoney-Ridge karena CPU clocknya mengalami peningkatan 100 MHz dari versi sebelumnya, A9-9410 dalam penggunaan daya yang sama.

Prosesor AMD model yang satu ini terintegrasi dua core CPU (1 modul Excavator dengan 2 integer dan pada modul lainnya pada unit FP). Clock-nya tinggi, berkisar antara 3 GHz hingga 3,6 GHz (saat Turbo diaktifkan). Ini menyebabkan kecepatan dan performa laptop cukup tinggi menjalankan sejumlah software.

Dengan konsumsi daya (TDP) pada rentang 10-25 W, prosesor model ini sangat hemat dan efisien. Efisiensi ini sangat cocok disandingkan dengan laptop tipis dan ringan serta berlayar 15 inci seperti ASUS.


GPU Radeon R5 M420 Graphics

Kartu grafis Radeon R5 M420 Graphics merupakan salah satu model terbaru dari Radeon R5 yang dirilis tahun 2016.

Graphic Card Radeon R5M420 dibuat dengan teknologi 28nm berbasis prosesor grafis varian Jet Pro yang support DirectX 12.0.

Radeon R5 M420 memiliki 320 unit shaders dengan 20 unit mapping tekstur dan 8 ROP. AMD menyematkan memori DDR3 sebesar 4GB yang terkoneksi dengan interface memori 64-bit. Kartu grafis ini beroperasi pada frekuensi 780 MHz (hingga 850 MHz) dimana memori berjalan pada 1000 MHz.

Radeon R5 mendukung integrasi CPU dan GPU secara otomatis melalui teknologi Enduro yang memiliki Dynamic Switchable Graphics menyerupai nVidia Optimus. Selain itu Radeon juga mendukung antar monitor karena menggunakan teknologi Eyefinity. Konsumsi dayanya hemat dan penggunaannya bisa diatur karena menggunakan memasukkan teknologi ZeroCore yang mampu mengurangi konsumsi daya saat kondisi turned off dan teknologi Power Gating untuk menurunkan konsumsi daya pada core yang tidak aktif selama masih dalam rentang TDP rendah.

AMD ASUS X555BP, Performa Bertenaga Dengan Konsumsi Daya Rendah Dan Hemat Baterai

Adanya integrasi Radeon R5 M420 pada prosesor AMD A9-9420 Dual Core menyebabkan laptop ini cukup bertenaga meskipun didesain tipis dan ringan.

Performa single core-nya cukup baik, sementara pada sisi lain performa multi core juga tidak kalah. Untuk segmen entry level pada performa clock speed, turbo clock speed, L2 Cache Memory serta GPU clock speed ASUS X555BP mengungguli Intel Core i3 5005U dan setara dengan laptop yang menanam prosesor AMD A6 7th Gen A6-9220.

Meskipun laptop ini tidak menyasar pada pengguna gaming high end maupun entry gaming sekelas X550IK atau X555QG yang level performa gaming dan grafisnya menjadi salah satu yang terbaik, tapi laptop X555BP masih cukup mampu menjalankan beberapa game 3D dengan kualitas dan performa setara dengan X555QA dan kompetitor AMD lainnya untuk segmen yang sama.

Edit video, nonton film, video streaming atau menjalankan sejumlah aplikasi desain grafis serta eksis di dunia maya masih sangat terpenuhi di laptop ASUS 15 inci ini. Untuk penggunaan komputasi sehari-hari dan multimedia serta kebutuhan personal, laptop ini sangat cocok sebagai komputer pribadi yang bisa dibawa ke manapun, bahkan bersosialita di restoran sekalipun.

Apalagi baterainya sangat hemat dan awet karena menggunakan baterai polimer yang terkenal 2,5 lebih kuat daripada baterai Li-ion silinder. Meskipun telah melakukan pengisian ulang berkali-kali, tingkat keawetannya cukup signifikan karena masih bisa menyimpan 80% daya dari kondisi awalnya.

Apalagi teknologi hemat baterai yang dimiliki processor AMD A9-9420P yang TDP-nya cukup rendah (pada rentang 10-15W) untuk mencapai kecepatan (clock speed) maksimal dan penyematan teknologi serupa pada kartu grafis menyebabkan baterai laptop ASUS X555BP bisa bertahan hingga 33 jam.


ASUS X555BP, Laptop ASUS 15 Inci 5 Jutaan

Laptop murah dengan spesifikasi tinggi disertai performa yang bertenaga memang menjadi incaran banyak orang. 

ASUS X555BP adalah laptop ASUS murah yang menjadi jawaban atas keinginan para pengguna laptop. Notebook ASUS dengan spesifikasi bertenaga ini dilabeli harga Rp 5.599.000. 

Harga yang cukup murah dibandingkan kompetitor pada segmen sejenis dan spesifikasi yang hampir sama. Mau ? Anda bisa mendapatkan laptop ini dengan cara cash atau cicilan, tergantung toko dan kerjasamanya dengan mitra penyedia jasa.

Spesifikasi Notebook ASUS X555BP AMD

  • CPU AMD A9 9420 Dual Core APU with Radeon R5 M420 Graphichs 
  • Graphics Radeon R5 M420 Graphichs
  • Operating System Windows 10
  • Memory 4GB DDR3 Memory
  • Storage 1TB HDD
  • Display 15,6” 16:9HD (1366x768)
  • Optical Disk Drive Super-Multi DVD
  • Input/Output 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
  • Camera Built-in HD camera and array mic
  • Connectivity Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
  • Audio Built-in Speakers And Microphone, SonicMaster Lite Technology, ICE Power support
  • Dimension 38.2 x 25.6 x 2.58 mm
  • Battery 37 Whrs Polymer Battery
  • Harga Rp5.599.000
  • Garansi 2 Tahun (global)

Keamanan Dan Legalitas Laptop ASUS dan ASUS AMD


laptop asus
Sertifikasi keamanan laptop ASUS


Notebook ASUS dan AMD X Series adalah produk komputer berkualitas yang hemat energi, ramah lingkungan, aman dan legal.

Sertifikasi UL (Underwriters Laboratory - Sertifikat hasil pengujian keselamatan, keamanan produk elektronik dan ramah lingkungan ), FCC Compliance (sertifikat kepatuhan untuk produk elektronik)BSMI (Boureau of Standards, Metrology, anda Inspection - sertifikat dari biro pengawasan manufaktur dan kualitas produk di Taiwan), CCC (China Compulsary Certificate - sertifikat keamanan produk import), Energy Star (sertifikat hemat energi, rendah polusi dan ramah lingkungan) adalah bukti bahwa ASUS AMD adalah barang berkualitas yang telah melalui sejumlah test.

Ditambah lagi setiap paket pembelian akan mendapatkan layanan pasca jual (service after sale) berupa garansi selama 2 tahun. Artinya kalau ada apa-apa dengan perangkat dan komponennya, pengguna bisa melakukan klaim baik service maupun penggantian selama waktu itu. Gaming dan multitasking untuk komputasi sehari-hari tidak akan nyesel.

Kesimpulan


  • Laptop terbaru ASUS AMD dengan prosesor model APU 7th Gen adalah laptop terbaik berspesifikasi tinggi yang bisa didapatkan lebih murah.
  • Bila membandingkan performa berdasarkan hasil test, maka laptop Seri X terbaru daru ASUS AMD ini berada pada kelas menengah yang berkompetisi dengan perangkat kompetitor yang spesifikasinya hampir atau setara dengan prosesor APU seri ketujuh namun dengan harga lebih terjangkau.
  • Laptop ASUS Seri X Terbaru sudah diuji kualitasnya dan mendapatkan sertifikat keamanan serta sertifikasi kualitas.
  • ASUS AMD Seri X dirilis untuk memberikan banyak pilihan terbaik bagi para pengguna laptop untuk mendapatkan laptop gahar performa tangguh multiguna dengan harga lebih terjangkau.
  • Untuk mendapatkan laptop AMD ASUS Seri X Terbaru dengan prosesor APU 7th Gen bisa melalui pembelian cash, pemesanan maupun cicilan di berbagai outlet ASUS dan seluruh toko penjual komputer di seluruh Indonesia.



Baca Juga


Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com
Labels: Komputer, teknologi, Teknonews

Terima Kasih Telah Membaca Artikel 4 Laptop Terbaru ASUS AMD X Series Spesifikasi Gahar Harga Terjangkau. Silakan Berbagi...

2 Comment for "4 Laptop Terbaru ASUS AMD X Series Spesifikasi Gahar Harga Terjangkau"

Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD - Laptop for everyone. Good luck yaaa...

Trims ya mbak, semoga sukses juga

Software

Back To Top