test

Macam Jenis Urutan Processor Komputer PC/Laptop CPU Smartphone

Processor PC Laptop dan smartphone sudah dibuat dalam banyak jenis dan macam model dengan kemampuan pemrosesan yang berbeda-beda mulai dari generasi awal yang mengerjakan operasi sederhana hingga yang CPU terbaru yang lebih canggih untuk berbagai keperluan. Selain itu, Processor dibuat dalam banyak jenis dan model sesuai kompatibilitasnya dengan motherboard, socket dan chipset agar dapat memenuhi segmen pasar khususnya pengguna PC/desktop, pengguna laptop, untuk komputer server, komputer workstation serta smartphone.

processor pc laptop dan smartphone serta cpu gpu terbaru

Macam Jenis Urutan Processor  

Processor PC laptop dan smartphone dibuat dengan rancangan dan arsitektur tertentu yang disesuaikan dengan model socket dan chipset pada motherboard. Pada kondisi tertentu, ada juga perusahaan yang mengedepankan motherboard serta chipset dan socketnya agar sesuai dengan processornya.

Selain CPU, GPU adalah komponen prosesor grafis atau graphic card (kartu grafis) yang sangat penting untuk menghasilkan tampilan grafis saat menjalankan operasi.

Perangkat dengan performa tinggi adalah perangkat yang bisa mengkombinasikan komponen-komponen di dalamnya dengan spesifikasi dan kemampuan khusus sehingga bisa menghasilkan kinerja yang optimal.

Pembuatan model processor yang massal oleh beberapa merk perusahaan memang menjadi kompetisi global saat ini seiring dengan penggunaan komputer yang bukan hanya menjalankan operasi standar saja, tapi sudah berkembang kegunaannya. Contohnya adalah mengoperasikan aplikasi desain grafis, pembuatan peta melalui aplikasi SIG bahkan gaming. Bisa dikatakan gaming adalah segmen perang terbaru pembuktian ketangguhan performa masing-masing merk processor tersebut. Perusahaan yang benar-benar serius dalam kompetisi global dunia perangkat sudah pasti menciptkan processor-processor terbaik dalam versi terbaru.

Untuk mengetahui apa saja processor PC Laptop dan apa saja jenis CPU Smartphone GPU Terbaik tidak ada salahnya kita memahami kembali apa itu processor, jenis-jenis processor dan fungsinya, processor untuk pc laptop dan smarphone, serta CPU dan GPU terbaru untuk pc laptop maupun smartphone.

Apa Itu Processor

Processor merupakan suatu unit atau komponen yang melakukan proses terhadap perintah input maupun output dari perangkat lunak sesuai jenis dan kegunaan perangkat tersebut. Dalam bahasa Indonesia secara harfiah bisa diartikan bahwa processor adalah unit atau komponen yang melakukan pemrosesan (prosesor/processor).

Baca Juga :

Processor disematkan dalam komponen komputer bernama motherboard, dimana pada motherboard tersebut terdapat tempat untuk menanamkan processor dan biasa disebut dengan socket. Oleh beberapa vendor/produsen socket dibuat dengan kompatibilitas yang dimiliki processor tersebut dan demikian pula sebaliknya karena tidak semua processor bisa ditanamkan pada socket yang sama.

Kecepatan operasi dan eksekusi processor dinyatakan dengan satuan MHz atau kini biasa dinyatakan dengan GHz (tergantung frekuensi, tahun pembuatan dan jenisnya).

Perkembangan teknologi prosesor menyebabkan prosesor juga telah dibuat menjadi perangkat mini yang sesuai dengan ruang/socket yang diproduksi dalam sirkuit terpadu (sering juga dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal). Perangkat prosesor mini ini disebut juga dengan microprocessor.

Mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah menjadi aspek penting dalam penggunaan CPU sejak pertengahan tahun 70-an.

Semakin baik kualitas processor, maka semakin tinggi performa PC Desktop dan Laptop.

Faktor-faktor yang mejadi tolak ukur kualitas processor dan performa prosesor terbaik saat ini yaitu :

  • Spesifikasi Processor itu sendiri
  • Frekuensi dan kecepatan akses memori/clock speed
  • Besar ruang penyimpanan RAM dan Cache Memory
  • Kemampuan adaptasi prosesor dalam kondisi suhu tinggi
  • Penggunaan daya (TDP) 
  • Pola pengintegrasian memory control dan transfer rate
  • Kemampuan melakukan threading (Multi threading dan Single Threading) dan Multi Tasking
  • Kemampuan mengoperasikan aplikasi multi media
  • Stabilitas dan performa CPU dalam mengoperasikan aplikasi berdasarkan lama waktu pengoperasian

Bagian/Komponen Dalam Processor

Seperti halnya otak dalam tubuh manusia yang terdiri atas otak kiri, otak kanan beberapa bagian lain dengan fungsinya masing-masing, processor juga memiliki sejumlah bagian atau unit/komponen di dalamnya.

Bagian – bagian dalam processor adalah:

  • Arithmetic And Logical Unit (ALU), bertugas melakukan semua operasi dan kalkulasi aritmetika/matematika sesuai perintah program dengan dasar penjumlahan. Dengan operasi dasar berupa penjumlahan maka sirkuit elektroniknya biasa disebut adder. Selain itu fungsi ALU adalah melakukan keputusan dan operasi bersifat logika menggunakan operator logika tertentu (contohnya sama dengan, kurang dari, lebih dari, dan operasi logika sejenis lainnya).
  • Control Unit (CU), merupakan bagian yang mengatur lalu lintas data dan berfungsi mengatur/mengendalikan alat input dan output, mengambil instruksi memori utama, mengambil data memori utama untuk diproses (bila dibutuhkan), mengirim instruksi ke ALU jika ada perhitungan matematika maupun perbandingan logika sekaligus mengawasi kerja ALU, serta menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • Memory Unit (MU), yaitu komponen penyimpanan dengan kecepatan akses tinggi dan digunakan untuk menyimpan data instruksi yang diolah. Sementara data dan instruksi lainnya yang sedang menunggu giliran diproses akan tetap tersimpan dalam memori utama. Memori ini biasa disebut dengan istilah cache memory sehingga processor akan lebih cepat melakukan proses eksekusi.

Jenis-Jenis Processor Dan Fungsinya

Dalam perkembangannya agar beberapa fungsi dalam sistem pengoperasian komputer bisa berjalan sempurna maka sejumlah produsen menciptakan beberapa jenis processor/microprocessor sesuai fungsinya dalam menopang beroperasinya perangkat Laptop/Desktop. Teknologi processor ini juga terus dikembangkan sehingga beberapa perusahaan juga memproduksi processor.

Selain melakukan rancang ulang desain dan modifikasi serta pembuatan processor, sejumlah perusahaan produsen juga mengembangkan teknologi processor bukan hanya pada processor-nya saja. Tetapi juga komponen lain yang kompatibel dengan processor/microprocessor itu sehingga ketika dikombinasikan akan membuahkan hasil berupa performa perangkat baik komputer maupun smartphone menjadi lebih baik sesuai fungsi dan kegunaannya. Sebagai contoh yaitu dikembangkannya teknologi untuk socket maupun chipset.

Beberapa Jenis processor beserta pengembangannya antara lain :

  • CPU (processor yang menjalankan algoritma terhadap perintah operasi)
  • GPU (processor yang melakukan proses terhadap perintah operasi untuk menopang grafis)
  • APU (gabungan processor CPU dan GPU)
  • Chipset (kumpulan microchip yang dirancang untuk bekerja sama melakukan fungsi tertentu)
Penjelasan mengenai jenis prosesor di atas diuraikan berikut ini.

Processor Untuk Komputer PC/Laptop CPU HP/Smartphone

Berdasarkan fungsinya terhadap sistem pengoperasian di perangkat komputer dan smartphone, processor dibuat dalam tiga model awal. Ketiga model awal ini oleh beberapa produsen maupun rekanan dari perusahaan hardware/produsen komputer serta perusahaan pembuat smartphone kemudian dikembangkan lagi sesuai kebutuhan dan kompatibilitasnya sehingga setiap pabrikan akan berbeda spek produknya.

Jenis-Jenis Processor dan Fungsinya Untuk Komputer dan HP/Smartphone yaitu :

  • CPU (Central Processing Unit)

Sebenarnya istilah CPU ini tidak asing dalam dunia komputer khususnya para pelajar maupun mahasiswa. Sayangnya, mereka sering memahami CPU sebagai sebuah casing dengan seperangkat alat dan komponen komputer lengkap. Padahal CPU adalah sebuah chip processor.

Ya, CPU adalah sebuah chip atau IC yang berfungsi untuk menjalankan proses algoritma ketika terjadi perintah (input) lalu menampilkannya pada layar. Dalam dunia komputer, CPU biasanya terdapat pada komputer PC karena performa dan kinerjanya lebih cepat dalam memproses perhitungan dan algoritma. Fungsi-fungsi utama lainnya dari CPU adalah melakukan proses loading OS, menjalankan perintah operasi kalkulasi/perhitungan di Excel atau aplikasi/software, termasuk melakukan perhitungan saat bermain game. Perhitungan dan kalkulasi dalam memainkan game menyebabkan sejumlah operasi akan menguras CPU. CPU menggunakan teknologi yang tidak sama, termasuk diantaranya yaitu core (inti).

Saat ini CPU terbaik untuk perangkat dibuat oleh Intel dan AMD yang bisa digunakan untuk beberapa platform serta jenis perangkat baik komputer maupun smartphone. Sementara Apple memang sudah punya pasar tersendiri yaitu para pengguna komputer maupun smartphone berplatform Apple/ iOS.

  • GPU (Graphical Processing Unit)

Komponen processor yang satu ini bertugas untuk memproses tampilan di layar komputer. GPU tersedia dalam beberapa tipe ukuran dan bentuk. Umumnya GPU berbentuk lempengan (biasa disebut dengan istilah card) yang bisa dicolok ke dalam slot PCI-Express pada desktop. Ada juga GPU yang berbentuk chip (Integrated Graphic Chip).

Karena saat melakukan operasi game atau desain grafis sehingga membutuhkan kalkulasi hingga milyaran per detik tentu akan menguras banyak memori CPU dan menyebabkan performa perangkat menjadi tidak menurun maka produsen processor sengaja membuat GPU agar tampilan grafis menjadi maksimal tanpa mengurangi performa perangkat.

Jumlah inti (core) yang dimiliki GPU tergantung pada setiap produsen. Saat ini penggunaan GPU bukan hanya pada perangkat komputer PC seperti desktop, notebook/laptop maupun pada komputer server (server computer) dan workstation saja.

Perangkat gadget seperti hp/smartphone dan tablet atau jenis lainnya yang menggunakan grafis juga telah menggunakan GPU. Saat ini sejumlah smartphone dan tablet berbagai platform baik Android, iOs maupun Windows telah diproduksi untuk kebutuhan gaming dan edit video serta edit gambar, sehingga menggunakan GPU dalam perangkat tersebut sangat efektif agar seluruh software berbasis grafis tinggi bisa dijalankan dengan kualitas tinggi pula.

Teknologi kartu grafis pertama kali dikembangkan oleh IBM yang kemudian diikuti oleh perusahaan lain. Saat ini yang cukup dominan dalam pembuatan processor grafis GPU berikut kartu grafis adalah AMD dan nVidia. Kedua jenis GPU ini selalu menjadi target kolaborasi antar komponen rakitan komputer baik processor Intel maupun processor AMD oleh beberapa perusahaan komputer global seperti ASUS, ACER, HP dan Toshiba.


  • APU (Accelerated Processor Unit)

APU adalah penggabungan processor CPU dan GPU. Pembuatan processor APU bertujuan untuk memberikan pemrosesan/processing yang lebih cepat. Bentuk APU lebih kecil dan kedua komponen ini bisa terhubung lebih cepat.

Penggunaan processor APU lebih direkomendasikan untuk perangkat mobile, PC atau desktop low end dan notebook/laptop khususnya bagi pelajar atau karyawan yang tidak menggunakan perangkat komputernya untuk menjalankan software berat.

APU merupakan terobosan unik dari AMD sebagai pelopor pembuatan APU.

Processor Untuk Komputer PC Laptop

Dalam perkembangannya seiring dengan pengembangan teknologi processor yang dilakukan oleh perusahaan produsen hardware baik Komputer PC/Desktop/Notebook maupun gadget smartphone/tablet, penggunaan processor ternyata tidak terpaku pada satu hardware saja. Sebagai contoh, CPU dan GPU pada komputer juga dikembangkan untuk digunakan pada smartphone/tablet.

Dari sekian banyak jenis/macam merk prosesor komputer yang pernah ada, TeknoPlug merangkum 10 jenis prosesor laptop dari berbagai sumber.

Jenis/Macam Prosesor Untuk Komputer PC dan Laptop/Notebook

  • Processor Centaur

Prosesor ini dibuat oleh Glen Henry dan timnya. Centaur tergolong processor yang tidak diproduksi massal karena hanya diproduksi lokal pada eranya (1995). Kualitas dan kemampuannya masih tergolong jauh di bawah pesaing lainnya.

  • Prosesor Transmeta / Transmeta Processor

Perusahaan yang memproduksi prosesor jenis Transmeta ialah Transmeta Corp. Perusahaan ini sempat bersaing dengan Intel dan AMD sebelum perusahaan ini berhenti. Kelebihan processor ini adalah hanya membutuhkan listrik yang sedikit saat beroperasi di komputer, tidak cepat panas dan harganya murah.

  • Prosesor Cyrix / Cyrix Processor

Didirikan pada tahun 1988 yang bertempat di Richardson,Texas. Kualitasnya memang masih dibawah Intel dan AMD. Tapi kecepatan pemrosesannya cukup baik dengan kecepatan optimal. Beberapa produk dan varian processor Cyrix yaitu Cyrix FasMath, Cyrix 486SLC dan Cyrix 486DLC, Cyrix 5×86, Cyrix 6×86 (M1), Cyrix MII, Cyrix MediaGX, Cyrix MII-433GP.

  • Prosesor Via / Via Processor

Perkembangan prosessor ini berkembang setelah prosessor Cyrix kerena perusahaan cyrix telah di akuisisi oleh Via (Taiwan). Pembuatan dari prosesor ini ditujukan untuk menjalankan perangkat-prangkat kecil dalam komputer serta perangkat yang ringan.

  • Prosesor Arm / Arm Processor

Prosesor ini dikembangkan oleh ARM Limited. ARM ( Advanced RISC Machine) Sering digunakan oleh perangkat handphone.music player serta router. Kelebihan processor buatan Arm adalah aplikasinya yang aman dengan aplikasi platform, dan di dalamnya terdapat sistem Real Time.

  • Prosesor Apple / Apple Processor


Apple Processor awalnya dikenal dengan Apple Computer, Inc. Setelah peluncuran produk baru iPhone, perusahaan processsor dibawah lisensi apple ini disebut sebagai Apple Inc saja.

Perusahaan multinasional yang memproduksi beragam processor yang fokus pada bidang perancangan, resource, serta penjualan produk elektrik perangkat lunak komputer.

Pusat pengembangan dan produksinya berada di Silicon Valley, Supertino, California. Berikut contoh produk Apple Inc Processor processor yang beredar dipasarkan: Beberapa model dan varian processor keluaran Apple Processor yaitu Apple I, Apple II, Apple DOS, Apple Pascal, Apple CP/M, Apple SOS, Apple ProDOS, Macintosh.

Selain untuk PC dan laptop, Apple juga membuat CPU untuk smartphone dan perangkat gadget pabrikan Apple seperti Apple iPhone Series dan iPad.


  • Prosesor IDT / IDT Processor

Integrated Device Technology (IDT) memproduksi processor yang tergolong berharga murah jika dibandingkan dengan processor dari merk lain. Tempat pengembangan dan produksinya berada di San Jose, Clifornia, Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya, IDT meluncurkan processor WinChip. Beberapa pengembangan dan varian dari Winchip yaitu Winchip C6 (0.35 µm), WinChip 2 (0.35 µm), WinChip 2A (0.35 µm), WinChip 2B (0.25 µm), WinChip 3 (0.25 µm).

  • Processor IBM / IBM Processor

IBM (International Bussiness Machines) Corporation adalah salah satu perusahaan dunia yang memproduksi serta penjualan beragam hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) komputer. IBM pernah berkolaborasi dengan Intel pada masa-masa awal rilis generasi awal processor Intel. Selain itu juga pernah berkolaborasi dengan AMD. Beberapa jenis processor dan varian yang diproduksi oleh IBM antara lain yaitu 8008, 8080, 8088/8086sx, 286, 80386 DX, IBM 486SLC2, Pentium Classic (P54C), Pentium Pro, Pentium II Xeon, IBM POWER4, IBM POWER5, IBM POWER6, IBM POWER7.


  • Processor AMD / AMD Processor 

(Advanced Micro Deviced). Perusahaan ini berpusat di sunnyvale, calofirnia, amerika. AMD sendiri merupakan pesaing terberat Intel. Para penggemar game sangat cocok menggunakan Amd teranyar yang telah di produksi oleh perusahaan yang di lengkapi VGA ATI Radeon.


  • Prosesor Intel / Intel Processor

Prosesor ini di buat oleh perusahaan Intel corporation yang berpusat di USA. Penggunaan processor Intel memang cukup dominan dan menjadi leader untuk pemasok processor. Produk-produk Intel umumnya menggunakan teknologi Turbo Boost khususnya pada Intel Core i3, Core i5 dan Core i7 untuk mempercepat pemrosesan.

Processor AMD dan CPU Intel, Processor PC dan Laptop Terbaik Di Dunia

Processor terbaik adalah CPU yang menghasilkan pengaruh signifikan terhadap kinerja dan performa perangkat komputer secara keseluruhan dalam berbagai pengoperasian.

Seperti telah diuraikan dengan singkat di atas, bahwa tolak ukur processor terbaik adalah benchmark terhadap aspek-aspek spesifikasi processor itu sendiri, Frekuensi dan kecepatan akses memori/clock speed, Besar ruang penyimpanan RAM dan Cache Memory, Kemampuan adaptasi prosesor dalam kondisi suhu tinggi, Penggunaan daya (TDP), Pola pengintegrasian memory control dan transfer rate, Kemampuan, melakukan threading (Multi threading dan Single Threading) dan Multi Tasking, Kemampuan mengoperasikan aplikasi multi media, serta stabilitas performa CPU dalam mengoperasikan aplikasi berdasarkan lama waktu pengoperasian


Dua nama terakhir (AMD dan Intel) adalah produsen processor dunia yang sering saling mengungguli. Dan sudah pasti untuk saat ini kedua produsen tersebut sangat dominan dalam produksi processor dan perangkat-perangkat komputer/software di dunia.




macam urutan dan jenis processor komputer pc laptop


Processor AMD, Urutan Jenis Macam Model Processor AMD Serta CPU AMD Terbaru Untuk PC dan Laptop



Advanced Micro Devices, Inc atau sering juga dikenal dengan AMD adalah perusahaan semikonduktor internasional asal Amerika Serikat. Perusahaan dunia yang satu ini berbasi di California, tepatnya Sunnyvale.

AMD mengembangkan teknologi dan prosesor komputer baik untuk pasar konsumen maupun komersial. AMD adalah perusahaan kedua terbesar di dunia sebagai pemasok/distributor mikroprosesor berarsitektur x86 skala global setelah Intel Corp. Selain itu, AMD adalah perusahaan terbesar ketiga di dunia untuk pemasok unit pengolahan grafis.

Dalam perkembangannya mengusung visi misi perusahaan sebagai pengembang jenis processor AMD menjadikan AMD sebagai salah satu produsen prosesor ternama. Selain itu AMD juga memproduksi mikroprosesor, embedded prosesor kartu grafis (GPU), chipset motherboard, prosesor untuk server, prosesor untuk workstation dan komputer PC. Selain itu AMD juga sangat terkenal dengan teknologi processor untuk smartphone, TV digital, game console, dan banyak aplikasi lainnya yang sangat penting disematkan dalam sistem.

Urutan Jenis dan Macam-Macam Processor AMD Hingga Yang Terbaru

Nah, apa saja jenis dan urutan processor AMD sehingga bisa menjadi paket teknologi yang dipercaya oleh produsen komputer PC desktop dan notebook dunia ?

  • AMD K5 - Processor AMD Generasi Awal
  • AMD K6 - Processor AMD support semua motherboard
  • AMD Duron, Processor AMD Ekonomis dan Kinerja Baik (Versi AMD Athlon "mini")
  • AMD Athlon
  • AMD Athlon 64
  • AMD Athlon 64 FX - Processor AMD dilengkapi Antivirus
  • AMD Sempron
  • AMD 64 X2 Dual Core - Processor AMD untuk Media Intensitas Tinggi
  • AMD Opteron - Processor AMD Dengan Akses Physical Memory Hingga 1 Terrabyte (untuk processor komputer server)
  • AMD Phenom
  • AMD APU FM 1 (Llanno) dan AMD APU FM 2 (Trinity)
  • AMD Cadiz
  • AMD Turion - Processor AMD Hemat Daya
  • AMD Bulldozer - Processor FX -Series Dengan Teknologi SOI (Silicon On Insulator)
  • AMD Orochi - Processor AMD Tangguh 
  • AMD Ryzen dan beberapa model variannya (AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5, AMD Ryzen 7, AMD Ryzen Threadripper)
  • AMD EPYC dan model variannya (untuk processor komputer server)

Pengembangan teknologi terus dilakukan oleh AMD terhadap processor/microprocessornya, baik CPU, GPU dan Kartu Grafis, APU Series, serta Chipset.

AMD tidak meninggalkan begitu saja processor-processor generasi sebelumnya. Pengembangan teknologi pada processor sebelumnya kemudian dirilis dalam wujud produk processor AMD terbaru dengan spek gahar dan kemampuan mumpuni. Umumnya setiap produk baru adalah seri terbaru dari jenis processor AMD sebelumnya. Misalnya AMD A-Series untuk seri atau varian dari AMD Athlon. Contoh lainnya yaitu AMD A-Series Pro untuk seri/model/varian dari AMD Athlon Professional.

Sasarannya ditujukan untuk pasar high-end, middle-end, low-end. Sementara untuk jenis perangkat, sasarannya adalah PC, desktop, notebook, komputer server,  dan komputer workstation.

Processor PC/Desktop AMD Terbaru 

Jenis processor AMD terbaik dan terbaru berikut varian/serinya untuk Komputer PC Desktop yaitu :
  1. AMD Ryzen™ Processors Series 
  2. AMD Ryzen™ 7 PRO 
  3. Varian AMD Ryzen™ Threadripper™ Series
  4. Seri 7th Gen AMD Athlon™ X4 970 
  5. 7th Gen AMD PRO A8-9600 APU Series, 

Processor Laptop AMD Terbaru

  1. AMD Ryzen™ Processors Series 
  2. AMD Ryzen™ 7 PRO 
  3. AMD A-Series
  4. AMD A-Series PRO

Processor Intel, Urutan Jenis Macam Processor Intel Dari Terendah Sampai Tertinggi, dan Processor Untuk PC/Laptop Terbaru Intel


macam-macam jenis dan urutan prosesor intel



Sebagai produsen processor raksasa, Intel Corp telah memproduksi banyak jenis/varian processor dan CPU/micropocessor. Dari berbagai jenis dan varian tersebut, ada yang menjadi produk andal namun ada juga yang menjadi prosesor gagal di pasaran. Sebagian lagi ditujukan untuk pengguna tertentu saja. 

Jenis dan urutan generasi intel dari terendah sampai tertinggi dikelompokkan berdasarkan tingkatan/urutan tahun generasi pembuatannya, Prosesor Intel berdasarkan Core/Inti (prosesor single core, prosesor dual core, prosesor core 2 duos, prosesor 6 core, prosesor 8 core), Jenis Prosesor Intel berdasarkan penggunaannya (Processor Intel untuk personal, processor untuk server, processor untuk workstation), Jenis prosesor intel berdasarkan jenis socket/soket chip pada motherboard, Jenis prosesor berdasarkan jumlah elemen transistor, Jenis prosesor intel berdasarkan kecepatan proses data, jenis prosesor intel berdasarkan arsitektur prosesornya (x64, x86).

Jenis/Urutan Processor Intel RAM Statis, Generasi Awal Prosesor Intel

Pada awalnya, Intel diproduksi untuk tujuan tertentu saja. Namun dalam perjalannya, produk processor milik Intel sangat dominan dalam dunia IT. Dimulai dari RAM Statis hingga Processor inti (Core). 

Generasi awal prosesor Intel adalah jenis prosesor RAM Statis. 

RAM Statis (1969), Tingkatan/Urutan Processor/CPU Intel Paling Awal Dibuat

RAM Statis 1101 adalah produk pertama Intel (1969). RAM Statis 1101 adalah sirkuit elemen metal oxide semiconductor (MOS) pertama di dunia.


Jenis-Jenis Processor Intel produksi 1969/1970-an sampai akhir 1990-an

  • Processor seri MCS4
  • Processor 8 bit i8008
  • Processor 8085
  • 8086-8088 Microprocessor
  • 286 Microprocessor
  • Intel386™ Microprocessor
  • Intel486™ DX CPU Microprocessor
  • Intel® Pentium® Processor
  • Intel® Pentium® Pro Processor
  • Intel® Pentium® II Processor
  • Intel® Pentium II Xeon® Processor
  • Intel® Celeron® Processor
  • Intel® Pentium® III Processor
  • Intel® Pentium® III Xeon® Processor

Jenis-Jenis Processor Intel Produksi 2000-an

  • Intel® Pentium® 4 Processor
  • Intel® Xeon® Processor
  • Intel® Itanium® Processor
  • Intel® Itanium® 2 Processor
  • Intel® Pentium® M Processor
  • Intel Pentium M 735/745/755 processors
  • Intel E7520/E7320 Chipsets
  • Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
  • Intel Pentium D 820/830/840
  • Intel Dual Core
  • Intel Core 2 Duo
  • Intel Core 2 Quad Q6600

Intel membuat sejumlah prosesor untuk beberapa segmen pasar seperti halnya AMD. Sudah rahasia umum bahwa perangkat buatan Intel selalu diikuti dengan rilis processor AMD, demikian pula sebaliknya.

CPU tercanggih Intel dirilis melalui model processor yang memiliki core (baik single core maupun multi core).

Selang waktu peluncuran Intel Core i3, core i5, core i7 tidak berbeda jauh dengan yang AMD juga merilis AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5 dan AMD Ryzen 7. Bahkan ada beberapa model varian AMD dari model utamanya yang dirilis lebih dulu daripada Intel Core.

Macam-Macam Processor PC/Laptop Terbaru Intel yaitu :

  • Intel® Core™ i5 vPro™ processor
  • Intel® Core™ i5 vPro™ processor
  • Intel® Core™ i7 vPro™ processor
  • Intel® Core™ i7 vPro™ processor
  • Intel® Core™ i3 processor beserta model-modelnya
  • Intel® Core™ i5 processor dan model-modelnya
  • Intel® Core™ i7 processor serta jenis modelnya
  • Intel® Core™ i7 processor Extreme Edition

Jenis Macam Prosesor Smartphone CPU/GPU HP Terbaik

Produsen processor tidak hanya mendesain dan menciptakan processor CPU maupun GPU terbaik untuk perangkat komputer atau laptop PC saja. Mereka juga membuat processor terbaik untuk smartphone.

Hal ini disebabkan karena kebutuhan pada smartphone bukan hanya sebagai perangkat komunikasi tapi juga penggunaan multi aplikasi untuk berbagai kebutuhan.

Urutan Jenis dan Macam-Macam Processor CPU Pada HP/Smartphone

Beberapa tujuan dan fungsi penggunaan processor untuk smartphone yaitu :

  • Meningkatkan grafis untuk berbagai kebutuhan dan aplikasi, misalnya gaming, edit video, edit foto
  • Meningkatkan kecepatan pengoperasian
  • Meningkatkan performa perangkat

Jenis Macam CPU dan Merk Processor HP/Smartphone

  • Intel (Intel Atom). Prosesor ini menawarkan kinerja yang sangat baik. Keunggulan utama prosesor Intel Atom adalah adanya teknologi thread yang bisa membuat CPU dual core seolah-olah memiliki empat inti (quad core).
  • Snapdragon (Qualcomm Snapdragon). Chipset atau SoC yang dikembangkan oleh Qualcomm ini adalah jenis chipset terkenal dan paling banyak digunakan di smartphone high-end (kelas atas). Keunggulan chipset produksi Qualcomm memiliki keunggulan dari sisi performa, pemakaian daya, graphics support (dukungan grafis) dan akses internet 4G. Jenis Chipset yang terkenal adalah Qualcomm Snapdragon 400 dan Qualcomm Snapdragon 800.
  • Mediatek (MTK). Mediatek adalah produsen yang fokus pada produksi chipset berkemampuan tinggi namun banderol harga terjangkau, sehingga banyak diminati. Jenis Chipset pertama dari MediaTek adalah Chipset MTK. Saat ini Chipset yang diawali kode MT diikuti empat kode angka tersebut sedang mengembangkan Chipset 64-bit.
  • Exynos (Samsung Electronics). Samsung memiliki divisi pengembangan SoC di bawah perusahaan Samsung Electronics. Chipset atau processor CPU milik Samsung yang terkenal adalah Exynos. Processor CPU Samsung umumnya digunakan untuk produk kelas elit seperti, misalnya Samsung Galaxy Note 3. Exynos juga disematkan pada beberapa seri Samsung Galaxy Tab.
  • NVidia. NVidia adalah penghasil chipset game. Produk seri Tegra adalah prosesor NVidia yang cukup terkenal. Chipset NVidia memang diproduksi khusus untuk pecinta game. NVidia bisa menghadirkan jumlah core yang efektif apalagi bila perangkat device menjalankan game berat dan grafis tinggi. Semua inti prosesor (core) akan bekerja. Tapi saat menjalankan aplikasi ringan prosesornya hanya berjalan dengan satu inti.

Urutan Prosesor HP Android NVidia Tegra milik NVidia yaitu : 

  • Nvidia Tegra 4i. CPU NVidia Tegra 4i merupakan produk NVidia tahun 2013. Chipset ini adalah microprocessor empat core plus satu core pendamping yang kecepatannya mencapai 2 Ghz. Processor ini bisa digunakan pada hp dan tablet. 
  • NVidia Tegra K1. Memiliki dua nomor model, yaitu T124 dan T132. Tegra K1 T124 adalah prosessor 32-bit dengan empat core disertai satu core pendamping low power. Tegra K1 model T132 adalah prosesor 54-bit memiliki dua core berkecepatan 2,5 Ghz. Prosesor ini dilengkapi GPU 192 core yang menggunakan teknologi Kepler. 
  • NVidia Tegra X1. Chipset ini memiliki nomor model T210 yang memiliki delapan core 64-bit, masing-masing empat core Cortex A57 dan empat core Cortex A53. Kelebihan chipset Tegra X1 adalah memiliki GPU berbasis 256 core, sehingga olah grafisnya sangat tinggi. 

Macam-Macam Processor GPU HP/Smartphone

Selain Chipset Processor CPU, perangkat smartphone juga didukung oleh GPU. GPU adalah semacam chip yang digunakan pada smartphone khususnya OS android yang berfungsi sebagai pengolah data grafis. GPU memiliki ribuan core. Fungsi GPU sangat penting di smartphone android karena mampu mengolah data grafis pada perangkat yang memiliki sistem grafis 3 dimensi. Semakin tinggi tingkatan GPU maka semakin mahal harga gadget.

GPU yang pertama kali diproduksi adalah GPU Ge-Force 256 tahun 1999 oleh NVidia. Fungsi GPU hampir menyerupai CPU pada komputer PC.

Urutan Daftar Prosesor GPU Yang Ada Di HP/Smartphone :


  • Mali. Sejumlah smartphone dan tablet saat ini banyak menggunakan GPU Mali. Pada tahun 2005 saja, 95% perangkat smartphone menggunakan GPU ini. Jenis tercepat GPU Mali adalah Mali T-720, namun belum banyak yang menggunakan GPU ini
  • Adreno. Beberapa tingkatan dari Adreno antara lain yaitu Adreno 130, Adreno 200, Adreon 205, Adreno 220, Adreno 225. Selain itu juga terdapat Adreno 230, Adreno 302, Adreon 305, Adreno 320, Adreno 330
  • GPU Tegra. GPU Tegra pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008. Saat itu Tegra digunakan untuk media player zune HD. Beberapa jenis GPU Tegra yaitu Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4 dan Tegra K1. Sejak 2010 jenis GPU ini disematkan pada perangkat tablet sepertu Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200.
  • PowerVR. GPU PowerVR adalah chip buatan Video Logis. Jenis GPU PowerVR diproduksi untuk mobile processing. GPU ini banyak ditemui pada perangkat iPod dan iPhone milik Apple, contohnya iPhone 5S menggunakan PowerVR model G6430.
  • GPU VideoCore Broadcome. Jenis GPU VideoCore menggunakan daya rendah untuk pengoperasiannya. Sekarang GPU VideoCore Broadcome menggunakan DSP dual dimensi sebagai arsitekturnya sehingga menjadi fleksibel dan efisien.

Qualcomm Adreno 430 adalah GPU HP/SmartphoneTerbaik Saat ini. Untuk jenis SoC terbaik adalah NVidia Tegra. Selain Tegra, SoC terbaik juga dimiliki oleh Snapdragon Qualcomm.

Penutup
Performa perangkat PC, laptop maupun HP/Smartphone memiliki ketergantungan cukup tinggi terhadap jenis-jenis processor CPU/GPU yang disematkan di dalamnya. Meskipun demikian tidak berarti performa dan kinerja pengoperasian perangkat hanya ditentukan oleh processor saja. Beberapa spek lain juga memiliki dampak cukup signifikan, diantaranya spek RAM/ROM, Hard Disk, jenis motherboard.
Labels: Komputer, Processor, Smartphone, Teknonews

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Macam Jenis Urutan Processor Komputer PC/Laptop CPU Smartphone. Silakan Berbagi...

1 Comment for "Macam Jenis Urutan Processor Komputer PC/Laptop CPU Smartphone"

baru dengar nih cpu arm, kayak-kayak asing di telinga
ada yang tau urutan processor arm yang lengkap gak ?

Software

Back To Top