Table of Content

Kumpulan Semua Aplikasi Terpopuler Android Gratis dan Berbayar Sepanjang Masa

Kumpulan aplikasi Android gratis dan berbayar terbaik terpopuler sepanjang masa, paling sering diunduh di smartphone dan paling banyak digunakan.

Aplikasi Android Paling Populer - Versi Android yang selalu diupdate memungkinkan developer mengembangkan aplikasi-aplikasi terbaik di smartphone. Diantara ribuan aplikasi gratis maupun berbayar di etalase Google Playstore ada beberapa aplikasi Android yang paling banyak diunduh.

aplikasi Android terbaru terpopuler
Daftar aplikasi Android terpopuler yang paling banyak diunduh

Android adalah OS yang paling banyak digunakan pengguna gadget saat ini. Sejak diakuisisi Google tahun 2005 Android mengalami perkembangan pesat. Menurut Databoks, setidaknya terdapat 3,2 miliar pengguna Android di tahun 2019, naik 5,6% dari tahun sebelumnya. Jumlah perangkat aktif yang digunakan mencapai 3,8 miliar unit. Pada Tahun 2022, jumlah pengguna smartphone bahkan diprediksi mencapai 3,9 miliar pengguna.

Hingga saat ini ada ribuan aplikasi untuk smartphone Android yang dirilis oleh developer dan telah didownload serta digunakan oleh jutaan pengguna perangkat di dunia. Mulai dari aplikasi untuk komunikasi seperti Aplikasi WhatsApp, hingga aplikasi start up semisal aplikasi toko online.

Semakin banyak pengguna yang memasang aplikasi di gadgetnya dapat menjadi indikator betapa pentingnya aplikasi tersebut. Apakah kalian telah memasang aplikasi-aplikasi Android terbaik di smartphone kalian ? Bila belum, berikut ini adalah kumpulan aplikasi Android gratis dan berbayar terpopuler yang banyak diunduh dari Google Play Store untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Siapa tahu kalian sangat membutuhkannya.

Baca Juga: Download SehatQ Aplikasi Kesehatan Online Terbaik di Android

Aplikasi Android Gratis Terpopuler

Aplikasi Android gratis terpopuler berikut ini aplikasi free download terbaik yang paling banyak diunduh di Play Store. Hingga saat ini, aplikasi Telegram dan aplikasi Signal adalah aplikasi gratis dan terpopuler di Play Store.

Telegram

Aplikasi Telegram melambung namanya sejak insiden penyalahgunaan aplikasi ini untuk kegiatan terorisme dan hoax sepanjang 2016-2018 lalu. Namun setelah sempat dibekukan oleh Kominfo, pengembang Telegram akhirnya memperbaiki sistem keamanannya dan kini pamornyanya semakin menanjak. Aplikasi Telegram hingga tahun ini telah didownload dan dipasang di lebih dari 500 juta perangkat.

Signal

Pamor aplikasi Signal sebagai aplikasi messenger semakin meroket sejak data pengguna WhatsApp dan Facebook yang diintegrasikan oleh Mark Zurkerberg bocor ke publik pada akhir Desember 2020 hingga Januari 2021 ini. Terlebih lagi upaya Mark Zurkerberg mengintegrasikan kedua aplikasi tersebut demi kepentingan bisnis periklanan tidak disukai pengguna WhatsApp, mendorong pengguna Android berbondong-bondong menggunakan aplikasi Signal yang notabene didirikan oleh si pembuat Aplikasi WhatsApp. Hingga saat ini Signal telah didownload lebih dari 50 juta perangkat dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu.

Facebook

Dengan lebih 5 milyar pengguna yang memasang Facebook di perangkat, menjadikan aplikasi besutan Mark Zurkerberg ini sebagai aplikasi chatting Android terpopuler yang pernah ada di dunia terlepas dari aktif tidaknya si pengguna aplikasi tersebut. Facebook sendiri tersedia dalam rupa aplikasi Facebook Lite dan Messenger.

WhatsApp Messenger

Aplikasi perpesanan Android gratis dan terpopuler yang pamornya juga tinggi adalah WhatsApp. Aplikasi yang kini dimiliki Mark Zurkerberg ini telah didownload lebih dari 5 milyar. Penggunaan yang mudah dan dapat digunakan sebagai media chatting personal maupun group membuatnya sebagai aplikasi perpesanan yang populer di masyarakat.

Mobile Legends Bang Bang

Mobile Legends Bang Bang adalah aplikasi game Android gratis terpopuler yang pernah diciptakan dan saat ini telah didownload oleh lebih 100 juta pengguna di seluruh dunia. Dilengkapi deretan hero terbaik mulai dari hero tank, hero marksman, hingga hero fighter MLBB kini menjadi salah satu even mobile e-sport yang digemari anak-anak muda di Indonesia dan berbagai penjuru dunia.

Baca Juga : Aplikasi Menu dan Memasak Kue Terbaik di Android

Aplikasi Android Berbayar Terpopuler

Selain aplikasi gratis, di Play Store juga berjejer ratusan hingga ribuan aplikasi Android berbayar. Berbayar di sini dapat diartikan aplikasi gratis yang beberapa fiturnya hanya bisa dioperasikan dengan cara membayar (dalam paket instalasi, bisa dibayar dengan pulsa juga). Aplikasi berbayar juga dapat diartikan dengan aplikasi yang mesti dibayar terlebih dahulu baru dapat digunakan (full payment).

Berikut ini adalah daftar aplikasi terpopuler di Play Store yang mengusung konsep berbayar dan versi gratisnya hanya berupa trial. Barangkali kamu butuh, coba saja dipasang.

VivaVideo Pro

Aplikasi VivaVideo merupakan aplikasi edit video Android populer yang banyak digunakan para Youtuber. Meskipun tergolong gratis, namun untuk menggunakan fitur-fitur dan tools yang lebih lengkap dan sudah upgrade para editor video rela membeli aplikasi ini dalam paket instalasinya, yaitu VivaVideo Pro.

PixelLab

Aplikasi PixelLab saat ini merupakan aplikasi edit gambar Android terpopuler di kalangan influencer, pegiat sosmed, dan graphic designer untuk mengedit dan membuat gambar serta animasi. Aplikasi PixelLab sendiri sangat mudah digunakan untuk membuat poster dan meme kocak yang kemudian dibagikan ke media sosial. Pixellab sendiri telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store.

Poweramp

Aplikasi PowerAmp adalah aplikasi pemutar audio berbayar terpopuler Android yang saat ini telah didownload lebih dari 5 juta kali. Kalau kamu tertarik versi gratisnya mudah saja, cukup unduh di Play Store. Tapi free version PowerAmp hanya berlaku 15 hari saja. Fitur-fitur lengkapnya hanya bisa digunakan kalau kamu sudah mengupgradenya ke full version yang artinya kamu harus membeli.

Footbal Manager

Berikutnya dari kategori game Android terpopuler, ada Football Manager yang menjadi incaran penggila gim bola manajer. Dikemas dengan judul FM 2020 dan FM 2021 Mobile, Footbal Manager yang merupakan versi mobile dari FM Manager PC sukses menjadi pilihan pecinta gim-gim bola yang tidak butuh otot dan tenaga. Cukup mengatur formasi tim, melakukan transaksi pembelian dan penjualan pemain, serta mengatur strategi menghadapi jadwal pertandingan gim ini memberikan tantangan yang menarik. Hanya saja kamu harus melakukan pembelian dalam paket downloadnya.

RuangGuru

Ruangguru merupakan aplikasi terpopuler untuk belajar mengajar. Melalui aplikasi ini kamu bisa mendapatkan video tematik berbagai topik pelajaran dari staf pengajar Ruangguru sesuai kebutuhan dan kurikulum pendidikan saat ini. Tercatat aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Agar mendapatkan materi dan video pembelajaran, kamu mesti mendaftar dulu sebagai siswa Ruang Guru.

Aplikasi Editing Video Android Terpopuler

Selain untuk menyaksikan film dan tayangan video di Android, tersedia pula aplikasi yang ditujukan untuk mengedit video. Membuat dan mengedit video kini menjadi kegiatan yang menguntungkan dan bisa menghasilkan fulus. Tanp harus berkutat di depan laptop untuk mengedit, kamu pun bisa menghasilkan karya video yang baik hasilnya melalui aplikasi edit video Android yang paling terkenal berikut ini.

VivaVideo

Nama aplikasi edit video android VivaVideo sangat terkenal bagi content creator yang suka mengedit foto di hp. Tergolong sebagai aplikasi Android tercanggih, tools dan fitur editing di dalamnya memang canggih, lengkap, namun mudah digunakan.

Magisto

Bagi sebagian besar editor video, Magisto adalah aplikasi Android paling berguna untuk pemula. Magisto juga kategori aplikasi Android paling canggih untuk membuat video animasi dari rangkaian foto. Templatenya yang beragam dan efek yang bermacam memudahkan proses pengeditan video di hp.

Quik

Aplikasi Android yang canggih dan paling berguna untuk menghasilkan video futuristik adalah Quik. Di aplikasi Quik proses pengolahn video sangat terbantu dengan tools yang komplit dan aneka efek serta kolase.

VideoShow

Buat kamu yang membuatuhkan aplikasi video editing terbaik dan tidak memberatkan perangkat maka VideoShow adalah yang paling tepat. VideoShow sangat popular sebagai aplikasi edit Video editor ringan namun tidak mengenyampingkan fitur dan toolsnya yang beraneka macam.

Video.Guru

Inilah aplikasi edit video Android terbaik dan terpopuler bagi Youtuber. Disokong oleh tools lengkap, efek teks maupun animasi, kolase, serta fitur-fitur lainnya memudahkan pengguna vlogger dan editor video tidak kesulitan mengolah konten sebelum menguploadnya ke Youtube.

Aplikasi Streaming Bola Live

Menonton siaran langsung bola juga kini bisa kamu lakukan tanpa harus duduk di depan TV apalagi nonton langsung ke stadion. Tentu saja dengan memasang aplikasi live streaming bola di Android kamu. Dari sekian banyak aplikasi bola live, berikut ini adalah aplikasi Android terbaik dan terpopuler untuk nonton bola online.

Mola TV

Buat kamu yang suka nonton siaran langsung bola di ponsel, MolaTV adalah aplikasi Android nonton liga Inggris dan Liga Jerman. Namun untuk mendapatkan tayangan terlengkap kamu mesti berlangganan paketnya dulu.

Vidio

Vidio juga merupakan Aplikasi Android yang terpopuler untuk nonton Liga Champions. Liga sepakbola lainnya pun bisa disaksikan melalui aplikasi Vidio, dimana kamu harus berlangganan paketnya.

Maxstream

Aplikasi Maxstream mengusung konsep nonton bola liga-liga populer Eropa yang berbeda. Kamu bisa sepuasnya nonton tayangan sport secara langsung selama menggunakan paket internet Telkomsel, karena aplikasi ini merupakan besutan Telkomsel.

BeIN Sports

Penggemar bola pasti tahu bila BeIn Sport merupakan media khusus yang menayangkan siaran bola online maupun tunda. Selain bisa dinikmati melalui berlangganan TV digital, kini kamu bisa menonton khusus dari aplikasi Bein Sport.

PTV

PTV ini lebih cocok disebut sebagai TV online, karena di aplikasi ini selain menyiarkan siaran olahraga juga banyak sekali channel TV se Asia di dalamnya.

Baca Juga : Aplikasi Terbaik Untuk Nonton Bola Online di Android.

Aplikasi Browser Android Terbaik Dan Ringan

Browser adalah aplikasi Android wajib dipasang, karena tanpa browser kamu tidak bisa searching informasi yang dibutuhkan. Tapi dengan banyaknya aplikasi browser Android saat ini tentu membuat kamu bingung mana yang sebaiknya digunakan. Browser terbaik Android berikut ini adalah aplikasi browser yang paling populer dengan segala fitur dan kelebihannya.

Google Chrome

Tidak diragukan lagi, Chrome adalah aplikasi web browser terpopuler di jagat ini. Browser dengan loading tercepat ini sudah diunduh 5 miliar kali di perangkat. Fitur keamanannya cukup lengkap dan terintegrasi dengan sejumlah media besutan Google.

Mozilla

Aplikasi browser yang populer untuk Android selain Chrome adalah Mozilla. Mozilla Android memiliki fitur keamanan yang serupa dengan versi desktop-nya, dan tersinkronisasi dengan email si pengguna.

Yandex

Web browser Android yang juga sangat populer dan banyak dipasang di perangkat adalah Yandex. Browser yang dibuat oleh developer asal Rusia ini punya fitur keamanan yang sangat canggih. Berbeda dengan Chrome, Yandex punya index dan sistem web master tersendiri meskipun tetap menampilkan Google search di homepage-nya.

Puffin

Puffin juga menjelma sebagai browser populer akhir-akhir ini, karena terkenal ringan dan loadingnya pun cepat. Browser Android tercepat ini dilengkapi dengan fitur bawaan Puffin antara lain Puffin TV. Yang menarik, Puffin juga browser VPN yang sangat recommended.

Opera Mini

Browser populer Android yang pamornya mentereng hingga saat ini adalah Opera Mini. Opera Mini merupakan versi mobile dari browser Opera yang sudah punya nama sebagai browser desktop. Popularitas browser Android ini adalah karena adanya fitur ads blocker.

Baca Juga : Aplikasi Browser Android Terbaik dan Ringan

Aplikasi Berita Terbaik Terpercaya

Selain untuk menonton video, mengedit foto, dan mendownload lagu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi dan berita dengan memasang aplikasi berita. Buat kamu yang ingin mendapatkan update berita terbaru, berikut ini adalah aplikasi berita Android yang paling populer dan sangat direkomendasikan.

Detik

Aplikasi berita Detik.com ini punya fitur dan topik pemberitaan yang lengkap, mulai dari berita terhangat hingga topik teknologi bisa didapatkan disini. Detik.com juga terinetgrasi dengan media sosial.

Kompas

Aplikasi berita terupdate berikutnya adalah Kompas. Platform berita yang satu ini sangat populer dengan berita terupdatenya. Beberapa kali Kompas meraih penghargaan sebagai aplikasi berita terbaik.

CNN Indonesia

Aplikasi berita paling populer berikutnya adalah CNN Indonesia, yang merupakan versi Indonesia dari media berita CNN. CNN ini merupakan aplikasi berita luar negeri yang populer dan wajib dipasang di ponsel.

Vivanews

Buat kamu yang ingin mendapatkan update berita entertain, Vivanews adalah aplikasi berita seleb dan lifestyle yang populer dan direkomendasikan untuk dipasang di perangkat. Bisa dikatakan Vivanews sangat lengkap topiknya karena ada juga liputan berita politik naupun olahraga didalamnya.k

Liputan6

Aplikasi berita terpopuler lainnya adalah Liputan6, yang merupakan versi cyber news dari media Liputan 6. Aplikasi berita yang dulunya satu atap dengan SCTV ini kini tersedia untuk Android.

Baca Selengkapnya : Aplikasi Baca Berita Terbaik Terpopuler

Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terlengkap

Mengambil dan mengedit foto adalah kegiatan yang paling sering dilakukan pengguna gadget jaman sekarang. Tak perlu harus ke editor foto, kamu juga bisa mengedit gambar hasil jepretan dan menambah efek di dalamnya melalui aplikasi foto editor. Ada sangat banyak aplikasi fotografi Android terpopuler yang bisa ditemukan di Play Store. Namun untuk memperoleh hasil yang mengesankan dan fitur-fitur lengkap, aplikasi edit foto terbaik di Android berikut ini sangat direkomendasikan.

PixelLab

Aplikasi edit gambar Android PixeLab sangat populer digunakan editor foto maupun pegiat sosmed. Penggunaannya sangat mudah, dan pastinya ini adalah aplikasi Android terbaik gratis untuk edit foto.

Photoshop Express

Photoshop Ekspress menjadi pilihan bagi sebagian besar pengguna gadget untuk mengedit foto. Fitur yang lengkap dan tools yang mudah digunakan menjadikan aplikasi versi mobile dari Photoshop for PC ini sebagai aplikasi edit foto Android yang sangat terkenal.

PicSay

Berbeda dari apk foto editor kebanyakan, PicSay adalah aplikasi untuk mengedit poster, meme, dan gambar lucu. Tools yang mudah digunakan dan efek yang melimpah menjadikan PicSaya sebagai aplikasi populer Android untuk mengedit gambar.

PicsArt

Aplikasi PucsArt tergolong aplikasi edit foto tercanggih, karena platform ini lebih kepada pembuatan dan pengeditan gambar yang animatif. PicsArt pernah beberapa kali menjadi aplikasi pilihan Editor Play Store, dan kini sangat populer di kalangan desainer animasi.

Cymera

Saking terkenalnya, Cymera kini menjadi yang paling populer bagi lebih dari 300 juta pengguna Android untuk mengedit foto di hp. Ini adalah aplikasi edit foto terbaik Instagram dengan sangat banyak fitur editing dan efek yang menarik di dalamnya.

Aplikasi Pemutar Lagu Mp3

Ingin mendapatkan lagu-lagu populer dan kekinian ? Tak perlu repot-repot mendownload dari laptop lalu memindahkannya ke penyimpanan hp, cukup unduh saja lewat aplikasi terbaik Android untuk download lagu. Dengan fitur dan tampilan yang mudah digunakan, berikut ini adalah aplikasi Android yang paling populer untuk mendownload lagu.

Spotify

Ingin menyimpan koleksi lagu favorit ? Download saja Spotify. Aplikasi Spotify ini merupakan aplikasi tercanggih Android berteknologi cloud untuk download lagu. Tersedia jutaan koleksi lagu di sini yang bisa kamu unduh dengan terlebih dahulu sign up ke aplikasi ini.

JOOX Music

Hampir serupa dengan Spotify yang mengusung platform penyimpanan cloud, kamu juga bisa mengunduh banyak lagu kesayangan dan memainkannya secara offline. Aplikasi populer Android untuk download lagu ini menyediakan musik gratis dan premium.

YouTube Music

Aplikasi terbaik Android yang paling populer untuk mengunduh lagu dan musik adalah You Tube Music. Tampilan aplikasi yang menarik, dan dilengkapi fitur live streaming sangat menarik minat jutaan orang untuk memasangnya di ponsel.

Langit Musik

Salah satu aplikasi terpopuler Android untuk mengunduh lagu adalah Langit Musik. Koleksi lagu di aplikasi terbaik buatan Indonesia ini bisa dinikmati secara live streaming maupun didownload untuk kemudian dimainkan offline. Kamu terlebih dahulu harus membuat akun premium yang artinya berbayar.

SONGily

Kamu juga bisa mendapatkan aneka jenis lagu yang diinginkan di aplikasi music downloader populer lainnya, yaitu SONGily. Kelebihannya yang memiliki fitur converter layak mendapatkan predikat salah satu aplikasi tercanggih Android.

Nantikan update terbaru dari aplikasi Android terpopuler saat ini dan paling banyak diunduh di Google Play Store.

Suka Teknologi