Macam Jenis Urutan/Tingkatan Processor Intel, CPU Intel Core Terbaru Terbaik

Macam Jenis Urutan/Tingkatan Processor Intel CPU Intel Terbaru Terbaik


Processor Intel telah dibuat dalam banyak jenis model processor sejak tahun 1960'an dimulai dari RAM Statis yang kemudian diikuti pembuatan microprocessor lalu generasi Pentium hingga CPU Intel terbaru menggunakan Core. Processor/CPU dibuat berdasarkan kompatibilitas chipset dan socket motherboard yang dimiliki, dimana generasi pembuatannya seiring dengan perkembangan teknologi perangkat dan penggunaan komputer yang turut berkembang untuk berbagai kebutuhan (contohnya gaming) dan pasar (misalnya komputer PC, komputer desktop, laptop, komputer server serta komputer workstation)


macam-macam jenis processor terbaik intel

Pembuatan RAM statis oleh Intel merupakan tonggak bersejarah karena setelah itu Intel terus berkembang dengan memproduksi sejumlah microprocessor. Penggunaan perangkat komputer dalam berbagai bidang turut menjadi pemicu produktivitas Intel untuk menghasilkan CPU terbaik dan performa tinggi. Saat ini processor Intel dengan performa terbaik ada pada model Intel Core generasi terbaru yaitu model Intel Core i3, Core i5, core i7 dan core i9. Sasaran dari Intel Core ini merujuk pada segmen pasar pengguna entry-level, mid-end level dan high-end.

Pembuatan prosesor Intel turut mempengaruhi perkembangan teknologi komputer di dunia.Prosesor Intel pada setiap generasi pembuatannya banyak ditiru dan kemudian dikembangkan lagi oleh produsen perangkat lain, sehingga memunculkan kompetisi. Beberapa kompetitor utama prosesor Intel antara lain adalah AMD dan Apple, namun Apple punya pasar tersendiri untuk pengguna perangkat Apple (misalnya komputer Mac dan sejumlah perangkat smartphone dan tablet). Artinya pesaing paling ketat produk-produk Intel processor adalah CPU AMD.


Baca Juga :

Daftar/Urutan Prosesor HP/Smartphone CPU/GPU Tercepat Terbaik
Prosesor/CPU HP/Smartphone Android Terbaik Saat Ini Di Dunia

Processor Intel Core i5 dan Jenis Macam Urutannya Serta CPU Intel i5 Terbaru
Intel dan AMD, AMD Atau Intel ? Perbedaan AMD dan Intel
CPU AMD dan Macam Jenisnya, Serta Prosesor AMD Terbaru
Macam Jenis Urutan Processor Komputer PC/Laptop CPU Smartphone


Apa itu Processor/CPU dan Microprocessor Komputer

Processor/CPU adalah salah satu perangkat keras utama dalam perangkat elektronik sejenis komputer dan turunannya. Prosesor atau CPU saat ini menjadi salah satu bagian penting dalam berjalannya sistem dalam PC secara optimal. Mengapa ? Karena prosesor adalah otak atau inti dari semua pengoperasian komputer dengan berbagai aplikasi yang terinstal di dalamnya

Seperti halnya manusia yang memiliki otak untuk mengatur semua sistem dan mekanisme jaringan dan organ tubuh, prosesor mempunyai fungsi serupa sebagai pusat pengendali seluruh operasi. Saat menerima perintah operasi (input), processor kemudian akan mengolah perintah dan data menjadi output yang diperlukan si pemberi perintah (pengguna).

CPU (Central Processing Unit) atau processor adalah sebuah unit atau komponen pemroses/prosesor atau unit komponen yang terdiri atas sirkuit yang melakukan proses terhadap perintah dan data dari perangkat lunak.

Perkembangan teknologi prosesor menyebabkan prosesor telah dibuat menjadi perangkat mini yang sesuai dengan ruang/socket yang diproduksi dalam sirkuit terpadu (sering juga dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal). Perangkat prosesor mini ini disebut juga dengan microprocessor.

Mikorprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah menjadi aspek penting dalam penggunaan CPU sejak pertengahan tahun 70-an.

Processor umumnya disematkan pada motherboard. Pada motherboard terdapat socket yang disesuaikan dengan kompatibilitas processornya, dengan kata lain soket prosesor ini berbeda tergantung jenis processor yang digunakan beserta variannya.

Kecepatan eksekusi processor tergantung pada frekuensinya. Satuan kecepatan CPU atau processor pada awalnya adalah MHz, namun dalam perkembangannya sering juga GHz.

Semakin baik kualitas processor, maka semakin tinggi performa PC Desktop dan Laptop. Selain faktor frekuensi, faktor lain yang mempengaruhi kualitas dan kecepatan processor adalah jumlah inti (core). Semakin banyak core, performa perangkat juga semakin baik. Performa perangkat juga dipengaruhi oleh penggunaan daya oleh prosesor.

Kebutuhan akan processor/CPU terbaik telah mendorong sejumlah produsen prosesor untuk menciptakan perangkat yang simpel, efisien dan mempunyai dampak besar terhadap performa perangkat. Salah satu perusahaan raksasa penghasil prosesor di dunia adalah Intel.

Sejarah Singkat INTEL, Produsen Processor CPU Global


Intel Corp. pertama sekali digagas oleh Gordon Moore, Robert Noyce dan Andy Grove pada tahun 1968 untuk menjalankan bisnis INTegrated Electronics, atau dikenal sebagai INTEL. Oleh INTEL atau Intel Corp, processor milik Intel dimulai dengan produksi RAM Statis yang kemudian dikembangkan menjadi Microprocessor. Microprocessor awal terdiri atas 275 transitor.

Hingga saat ini, Intel telah memproduksi banyak varian dan jenis processor yang terkenal kehebatannya.  Diantaranya yaitu Intel Core i3, Core i5, dan core i7. Tapi selain ketiga jenis tersebut, apa saja jenis/tingkatan dan urutan processor/CPU Intel dari awal sampai sekarang ?

Sejak awal berdirinya (1968), Intel Corp atau INTEL telah memproduksi banyak jenis processor dan microprocessor. Beberapa jenis processor Intel antara lain yaitu Intel® Core™, Intel® Xeon®, Intel® Atom™, Pentium®, Celeron®, Itanium®, dan Intel® Quark™.

Baca Juga :


Processor Intel, Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel


Jenis dan urutan generasi intel dari terendah sampai tertinggi dikelompokkan berdasarkan tingkatan/urutan tahun generasi pembuatannya, Prosesor Intel berdasarkan Core/Inti (prosesor single core, prosesor dual core, prosesor core 2 duos, prosesor 6 core, prosesor 8 core), Jenis Prosesor Intel berdasarkan penggunaannya (Processor Intel untuk personal, processor untuk server, processor untuk workstation), Jenis prosesor intel berdasarkan jenis socket/soket chip pada motherboard, Jenis prosesor berdasarkan jumlah elemen transistor, Jenis prosesor intel berdasarkan kecepatan proses data, jenis prosesor intel berdasarkan arsitektur prosesornya (x64, x86).

Jenis/Urutan processor Intel dari terendah sampai tertinggi berdasarkan tahun pembuatan, teknologi yang digunakan, transistor yang dimiliki, kecepatan proses data dapat dilihat secara singkat dalam daftar berikut ini :

Urutan Processor Intel produksi 1969/1970-an sampai akhir 1990-an

  • Processor seri MCS4
  • Processor 8 bit i8008
  • Processor 8085
  • 8086-8088 Microprocessor
  • 286 Microprocessor
  • Intel386™ Microprocessor
  • Intel486™ DX CPU Microprocessor
  • Intel® Pentium® Processor
  • Intel® Pentium® Pro Processor
  • Intel® Pentium® II Processor
  • Intel® Pentium II Xeon® Processor
  • Intel® Celeron® Processor
  • Intel® Pentium® III Processor
  • Intel® Pentium® III Xeon® Processor

Tingkatan Processor Intel Produksi 2000-an
  • Intel® Pentium® 4 Processor
  • Intel® Xeon® Processor
  • Intel® Itanium® Processor
  • Intel® Itanium® 2 Processor
  • Intel® Pentium® M Processor
  • Intel Pentium M 735/745/755 processors
  • Intel E7520/E7320 Chipsets
  • Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
  • Intel Pentium D 820/830/840
  • Intel Dual Core
  • Intel Core 2 Duo
  • Intel Core 2 Quad Q6600
Penjelasan lebih lengkap mengenai spesifikasi masing-masing jenis dan urutan processor Intel dari terendah sampai tertinggi diuraikan berikut ini.

Jenis-Jenis Model Processor Intel Generasi Intel RAM Statis


Pada awalnya, Intel diproduksi untuk tujuan tertentu saja. Namun dalam perjalannya, produk processor milik Intel sangat dominan dalam dunia IT. Dimulai dari RAM Statis hingga Processor inti (Core). 


Intel RAM Statis


RAM Statis (1969), Tingkatan/Urutan Processor/CPU Intel Paling Awal Dibuat
RAM Statis 1101 adalah produk pertama Intel (1969). RAM Statis 1101 adalah sirkuit elemen metal oxide semiconductor (MOS) pertama di dunia.

Processor Intel Microprocessor


Era tahun 70-an adalah masa dimana Intel mengembangkan teknologi microprocessor. Penggunaan microprocessor telah diterapkan oleh Intel pada beberapa jenis komputer. 

#1 Intel Microprocessor 4004 (Tahun 1971)


Teknologi pada RAM Statis 1101 kemudian dirancang ulang dan menciptakan microprocessor Intel pertama, yaitu Intel Microprocessor 4004. Microprocessor ini pertama sekali digunakan pada mesin kalkulator Busicom, yang menerapkan kecerdasan buatan pada benda mati. Kecepatan proses datanya 740 KHz dengan bus sebesar 4 bit dan tersusun atas 16 pin. Kakinya terbuat dari beberapa elemen logam dicampur emas.


#2 Intel Microprocessor 8008 (1972)


Microprocessor 8008 memiliki bus yang sama dengan 4004 tapi 2 kali lebih cepat (1480 KHz).


#3 Intel Microprocessor 8080 (1974)


Micrprocessor ini disematkan pada komputer Altair. Pada periode tersebut micrprocessor ini terjual sekitar 10ribu unit dalam sebulan. Kecepatan proses datanya 2 MHz, dengan kemampuan memproses data sebesar 8 bit.

#4 Intel Microprocessor 8085 (1976)


Microprocessor 8085 masih serumpun dengan 8080, tapi kecepatan mengolah datanya lebih tinggi yaitu 3 MHz dengan kapasitas data yang diolah yaitu 8 bit.

#5 Intel Microprocessor 8086 (1978)


Processor ini adalah yang pertama menggunakan desain CPU x86. Kecepatan proses datanya mencapai 5 MHz dengan kapasitas data yang diolah sebesar 16bit.

#6 Intel Microprocessor 8088 (1978)


Processor ini disematkan pada komputer IBM, dengan kecepatan proses data berkisar antara 4 MHz - 7 MHz dan kapasitas file yang diolah yaitu 16 bit.

#7 Microprocessor  80186, 80188, dan 80286 (1982)


Setiap jenis microprocessor ini memiliki keunggulan yang berbeda.
  • 80186 memiliki kecepatan proses data 6 MHz dan menggunakan CPU 16 bit
  • 80188 menggunakan CPU 8 atau 16 bit tergantung pemesanannya. Jumlah Pin adalah 68 pin.
  • 80286 atau 786 Microprocessor, adalah prosesor pertama yang membaca dan menjalankan software yang digunakan untuk processor sebelumnya. 

#8 Intel Microprocessor Intel386™ (1985)


Intel386™ adalah microprocessor dengan 275.000 transistor. Jumlahnya 100 kali lipat lebih banyak dari Intel 4004.


#9 Intel Microprocessor 80376 dan 80386 (1989)

Microprocessor 80376 sudah mendukung data processing hingga 32 bit.
Seri 80386 atau lebih dikenal dengan prosesor i386 ini lebih terkenal daripada 80376. Mikroprosesor ini mendukung CPU registry 32 bit dengan transistor sebanyak 275.000 buah. Kecepatan proses mencapai 33 MHz. Inilah yang menyebabkan mengapa prosesor dengan arsitektur CPU 32 bit disebut juga dengan arsitektur x86.

#10 Microprocessor Intel 486™ DX CPU (1989)


Microprocessor Intel 486™ DX CPU adalah prosesor pertama yang memudahkan penggunanya memakai berbagai aplikasi menggunakan klik mouse saja, sehingga tidak lagi mengharuskan pengetikan perintah dalam bentuk teks. Hal ini bisa terjadi karena beban kerja pada prosesor diperkecil oleh adanya fungsi komplek matematika.

#11 Microprocessor 80846


Processor ini adalah generasi terakhir mikroprosesor di dekade 90'an. Kecepatan proses datanya berkisar antara 16 MHz - 33 MHz.

Processor Intel Pentium


#1 Intel Pentium atau Intel Pentium I /  Intel® Pentium® Processor (1993)


Intel Pentium adalah generasi pertama dengan CPU register 32 bit. Kecepatan frekuensinya 60 MHz. Intel Pentium adalah prosesor yang memulai perkembangan komputer generasi kelima (5th Generation Computer). Jumlah pin 273 pin terbuat dari keramik (Pin Grid Array/PGA). Transistornya sebanyak 3.100.000 transistor dan sudah bisa melakukan beberapa operasi pada komputer modern seperti memutar lagu, mengedit foto, memutar video dan membuka berbagai macam dokumenn.

Intel Pentium adalah prosesor hemat energi. Tegangan yang dibutuhkan cuma 3,3 Volt.


#2 Intel Pentium Pro / Intel® Pentium® Pro Processor (1995)


Intel® Pentium® Pro Processor atau biasa disebut dengan Intel Pentium Pro digunakan pada aplikasi server dan workstation. Ini disebabkan karena pada era tersebut (1995) kemampuan komputasi tinggi mulai dibutuhkan. Terdapat 5.500.000 transistor sehingga data bisa diproses cepat.


#3 Intel Pentium II / Intel® Pentium® II Processor (1997)


Intel Pentium II atau Intel® Pentium® II Processor telah menggunakan desain Pin PGA sebanyak 386 pin dengan kecepatan proses 200 MHz. Intel Pentium II menggunakan CPU register 32 bit diintegrasikan dengan cache Level 2 (L2).

Prosesor Intel Pentium II merupakan jenis prosesor CPU x86 generasi ke-enam. Prosesor ini selain dirancang untuk PC juga secara khusus digunakan untuk pengolahan data video, audio, grafis. Terdapat 7.500.000 transistor di dalamnya sehingga sudah dapat mengolah data berbasis komputer dengan baik.

#4 Intel Pentium II Xeon / Intel® Pentium II Xeon® Processor dan Intel Celeron / Intel® Celeron® Processor (1998)


Intel Pentium II Xeon (Intel Xeon) dan Intel Celeron dibuat untuk kebutuhan aplikasi server dengan jumlah pin 386 pin. Intel Pentium II Xeon diproduksi tanpa penggunaan Cache Level 2 (L2). Sementara Intel Celeron adalah pengembangan dari Intel Pentium II menggunakan cache tapi lebih kecil yaitu hanya 128 kb.


#5 Intel Pentium III /Intel® Pentium® III Processor (1999)


Intel Pentium III dirilis dengan kemampuan melakukan proses pencitraan tinggi, pengolahan gambar 3D (tiga dimensi), aplikasi berbasis video, audio streaming, pengenalan suara. Arsitektur yang digunakan adalah arsitektur Intel Pentium II dan menggunakan CPU register 32 bit. Kecepatan proses data antara 450 MHz - 1,4 GHz dengan jumlah pin sebanyak 370 pin. Terdapat 44 juta transistor sehingga mampu melakukan proses dengan cepat secara paralel. Prosesor ini memiliki perinta sebanyak 70 perintah SIMD, mampu mempercepat pengolahan informasi dari bus system ke prosesor.


#6 Intel Pentium III Xeon / Intel Processor  Intel® Celeron® (1999)


Arsitekturnya sama dengan Intel Pentium III, yaitu sama-sama menggunakan arsitektur Intel Pentium II. Sudah memiliki perintah 70 SIMD. Jumlah Pin sebanyak 370 pin dan CPU registry 32 bit. Namun yang membedakan adalah L2 Cachenya lebih kecil, kecepatannya lebih lambat, performanya lebih rendah. Biasanya ditujukan pada pengguna yang tidak membutuhkan instruksi atau perintah berat dan kinerja tinggi.


#7 Intel Pentium IV / Intel® Pentium® 4 Processor (2000)


Prosesor Intel Pentium IV memiliki kecepatan proses data  sebesar 1,5 GHz. Namun versi terbarunya bisa sampai 3,06 - 3,4 GHz tergantung pada variannya.. Memiliki factor pin 423 dengan jumlah pin sebanyak 478 pin. Prosesor ini menggunakan CPU register 32 bit.

#8 Intel Pentium IV Xeon / Intel® Pentium® 4 Xeon® (2001)


Intel Pentium IV Xeon dirilis sebagai prosesor server. Jumlah pinnya lebih banyak dari Intel Pentium 4 dan cache L2 lebih besar.


#9 Intel Pentium Itanium / Processor Intel® Itanium® (2001)


Intel Itanium adalah prosesor pertama berbasis CPU register 64 bit. Prosesor ini dirilis untuk kebutuhan server, workstation dan pemakai tertentu saja. Processor Itanimu dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari yang sudah ada. Pembuatannya didasarkan pada desain dan teknologi EPIC (Intel's Explicitly Parallel Instruction Computing).

#10 Intel Pentium Itanium 2 / Intel® Itanium® 2 Processor (2002)


Itanium 2 merupakan generasi kedua Intel Pentium Itanium. Itanium 3 adalah processor 64 bit dengan clock maksimum mencapai 1 GHz. Prosesor Itanium 2 adalah prosesor yang gagal di pasaran.


#11 Intel Centrino/Pentium M (Intel® Pentium® M Processor) - 2003


Prosesor ini adalah pengembangan dari Intel Pentium III dan Intel Pentium 4. Kecepatan proses data berkisar antara 1,3 GHz - 1,7 GHz (Varian Pentium M Banias) dan antara 1,5 Ghz - 2,3 GHz (Varian Pentium M Dothan) Jumlah transistor 14 juta transistor.

#12 Intel Celeron D dan Intel Celeron M (2004)

Prosesor ini merupakan keluarga Intel Celeron.

  • Intel Celeron D disematkan pada motherboard dengan soket PGA 478 dan soket LGA 775. Intel Celeron D menggunakan CPU register 32 bit. Untuk soket LGA 775 menggunakan CPU registri 64 bit.
  • Intel Celeron M hampir sama dengan Intel Pentium M. Jumlah pin sebanyak 478 pin. Bisa dipasang pada motherboard dengan soket PGA 478. Kecepatan proses data antara 1,4 GHz - 1,8 GHz dan FBS 400-533 MHz. CPU registrinya 32 bit. 


Processor Intel Core dan Processor Intel Terbaru


Urutan tingkatan processor Intel Generasi Core terdiri atas beberapa jenis dan varian. Prosesor Core adalah generasi prosesor Intel yang performanya lebih tinggi dan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya yang belum menggunakan teknologi core. Jenis processor Intel dengan teknologi core adalah sebagai berikut :

Pentium D / Intel Pentium D 820/830/840  dan Pentium Extreme/Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz  (2005)


Kedua prosesor ini memiliki kelebihan masing-masing.

  • Pentium D dikenal juga dengan sebutan Pentium Dual Core karena menggunakan dua buah core. Tiap Core punya konfigurasi 1 MB pada L2 cache-nya dengan FSB 800 MHz. Frekuensi operasional prosesor ini adalah 2, 8 GHz, 3.0 GHz, 3.2 GHz. Prosesor ini sudah memiliki fitur Hyper Threading. CPU register 64 bit. 
  • Pentium Extreme merupakan salah satu keluarga Processor D dengan menggunakan coket LGA 775. CPU register-nya pada 64 bit atau 32 bit. Jumlah transistor sebanyak 178 juta. Frekuensi berkisar antara 3,2 GHz-3,7 Ghz. Prosesor ini sering digunakan pada perangkat gaming dan komputer server. 

Intel Xeon, Core Solo, Core Duo, Core 2 Duo - 2006


Setiap prosesor memiliki keunggulannya masing-masing. Beberapa diantaranya masih dipakai untuk produk desktop dan laptop sekarang ini.

  • Intel Xeon adalah jenis processor yang dirancang khusus untuk server karena dapat melakukan komputasi dengan performa yang tinggi. Prosesor ini bekerja pada kecepatan 1,4 hingga 2,8 GHz. Prosesor ini menggunakan Socket MicroPGA yang jumlah pinnya 603 Pin.
  • Intel Core Solo merupakan prosesor core tunggal/single core yang pengembangannya mengacu pada prosesor Intel Centrino. Semua fitur yang ada pada Core Solo sama dengan prosesor Intel Centrino atau Pentium M.
  • Intel Core Duo adalah salah satu generasi Intel Pentium M, yaitu bagian dari keluarga prosesor dual core mobile processor. Prosesor ini menggunakan dua core lebih banyak dari Pentium M. CPU Registernya menggunakan 32 bit, dan kecepatan proses datanya mencapai 2,3 GHz.
  • Core 2 Duo adalah seri prosesor yang menggunakan dua core, yang masing-masing core-nya memiliki cache memory 32Kb. Soket yang digunakan berbasis LGA dengan jumlah pinnya 775. Prosesor yang termasuk ke dalam generasi Core 2 dimulai dari prosesor Core 2 Duo, Core 2 Quad, Core 2 Extrame, Core 2 Solo, Core 2 Duo Mobile, Core 2 Quad Mobile, dan Core 2 Extrame Mobile.

Intel Pentium Dual Core dan Intel Celeron Dual Core


Kedua jenis prosesor ini memiliki kesamaan yaitu sama-sama bekerja pada arsitektur CPU 64 bit
  • Celeron Dual Core adalah prosesor Dual Core yang menggunakan soket LGA 775 yang jumlah pinnya 478. Kecepatan proses datanya antara 1,8 sampai 2 GHz.
  • Intel Pentium Dual Core merupakan keluarga dari mobile processor. Prosesor ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu prosesor Dual Core Desktop dan Dual Core Mobile. Yang jelas, ada perbedaan antara Dual Core dan Core 2 Duo, terutama pada kemampuan yang dimilikinya.

Intel Atom dan Processor Core i7 (Intel® Core™ i7 processor) -2008


Kedua prosesor ini menggunakan CPU 32 dan 64 bit, tergantung pada variannya. Kedua prosesor ini adalah prosesor yang masih dikembangkan oleh Intel sampai saat ini. Bahkan kini sudah mencapai generasi kedelapan dengan pengembangan fitur yang lebih baik. Meskipun begitu, setiap serinya memiliki perbedaan fungsi, khususnya pada perbedaan processor laptop dan PC.

Intel Atom memiliki kecepatan proses data 1,6 ghz dengan jumlah pinnya 437. Prosesor ini sering digunakan pada produk netbook atau smartphone. Sedangkan Core i7 menggunakan chipset MCH yang sudah terpasang pada prosesornya. Karena itu, prosesor Core i7 ini menjadi varian processor paling tinggi saat ini yang dirilis oleh Inteldi pasar high-end.

Processor Intel Core i5 (Intel® Core™ i5 processor) - 2009


Prosesor Core i5 menggunakan CPU 32 dan 64 bit, tergantung variannya. Kelebihan Core i5 adalah fungsi Northbridge yang sudah tertanam di dalam core prosesor (atau dikenal sebagai KIA pada motherboard). Bisa dibilang, prosesor ini adalah prosesor dengan tingkat kinerja menengah dalam varian Intel Core.


Processor Intel Core i3 (Intel® Core™ i3 processor) - 2010


Prosesor Core i3 ini memiliki kecepatan proses data yang lebih kecil ketimbang i7 dan i5. Hal tersebut karena prosesor ini dirilis sebagai prosesor tingkat dasar atau Entry Level dari rangkaian seri Intel Core. Kelebihannya, daya yang dipakai oleh prosesor ini sangat rendah, yaitu sekitar 35 Watt. Prosesor ini bekerja dengan arsitektur CPU 32 dan 64bit, tergantung dari variannya. Prosesor ini juga menggunakan soket LGA 1155 atau 1156.

Berkembangnya teknologi memungkinkan perubahan dalam waktu cepat. Bisa jadi dalam beberapa waktu mendatang Intel akan merilis sejumlah prosesor andal. Segala kelebihan dari prosesor tersebut tergantung dari kebutuhan komputasi data pada waktu prosesor tersebut dirilis.

Processor Intel Core Terbaik

Processor Intel Core memiliki beberapa seri model terbaru yang kemampuan serta performanya sangat baik dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Bahkan banyak dari varian processor Intel terbaru yang performanya lebih baik daripada AMD Processor untuk beberapa jenis kategori segmen.

Processor Intel terbaik untuk komputer desktop dan laptop umumnya berasal dari processor Intel varian terbaru Intel Core i5, core i7 dan core i9 khususnya untuk high end yang bisa mengimbangi dan melebihi AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5 dan AMD Ryzen 7.

Processor Intel terbaik untuk komputer server berasal dari keluarga Intel Core i7 dan Core i9 yang performanya bisa melebihi prosesor AMD untuk segmen komputer server seperti AMD EPYC dan AMD Opteron.

Khusus untuk perangkat komputer game, beberapa processor Intel Core i5 dan Intel Core i7 cukup baik untuk mengimbangi dan melebihi AMD FX-Series, AMD Ryzen 5 dan AMD Ryzen 7 meskipun beberapa seri model i5 kemampuannya tidak cukup baik mengimbangi beberapa processor 7th Gen AMD APU A12 dan A10.

Kelebihan dan Kekurangan Processor Intel

Intel merupakan processor terbaik yang memiliki berbagai kelebihan. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki Intel inilah yang menyebabkan processor Intel paling banyak digunakan. Selain bisa ditanam dengan motherboard, socket dan chipset Intel sendiri, CPU Intel juga bisa ditanam dengan pabrikan motherboard tipe lainnya. Namun secara keseluruhan, performa processor Intel juga dipengaruhi oleh motherboard dan socket serta chipset yang kompatibel.

Beberapa Kelebihan Processor Intel antara lain yaitu :


  • beberapa jenis processor Intel telah memiliki clock speed tinggi dan setara atau lebih tinggi dari beberapa processor AMD
  • Performa tetap stabil meskipun clock speed sudah mencapai suhu maksimum
  • Tidak cepat panas (tetap dingin) meskipun mencapai suhu tinggi
  • Jumlah Core banyak
  • Sudah menggunakan atau mengkombinasikan core (single core maupun multi core)
  • Pada beberapa seri atau nomor model memiliki kemampuan single threading dan multi threading. Kemampuan threading ini menjadi salah satu faktor penyebab tingginya performa laptop yang mengusung processor Intel karena bisa menjalankan aplikasi multi tasking
  • Cache Memory besar sehingga performa multi taksing dan multi medianya cukup baik


Kelemahan Processor Intel


  • Tidak semua model jenis processor Intel yang memiliki clock speed tinggi seperti umumnya processor AMD
  • Tidak semua Processor Intel memiliki jumlah core yang banyak
  • Beberapa jenis model processor Intel Core i3, Core i5 tidak memiliki performa dan efisiensi daya sebaik Processor AMD FX-Series dan 7th Gen AMD APU Processor, namun beberapa nomor seri model varian Intel Core i7, i9 baik untuk desktop, laptop maupun komputer server memiliki kemampuan setara atau lebih baik dari processor AMD Ryzen 
  • Harga processor Intel lebih mahal



Kesimpulan

  • Intel telah memproduksi banyak macam jenis processor
  • Processor Intel telah diproduksi sejak tahun 1960'an dalam bentuk processor Intel RAM Statis
  • Processor Intel mulai mengalami masa kejayaan sejak dibuatnya processor dengan teknologi core pada seri nomor model Intel Pentium
  • Processor Intel dibuat untuk komputer PC/desktop, komputer laptop, komputer server dan komputer workstation
  • Processor Intel Core i3, i5, i7, i9 adalah processor Intel terbaru terbaik saat ini untuk berbagai jenis kebutuhan komputasi
Labels: Komputer, teknologi, Teknonews

Thanks for reading Macam Jenis Urutan/Tingkatan Processor Intel, CPU Intel Core Terbaru Terbaik. Please share...!

10 Comment for "Macam Jenis Urutan/Tingkatan Processor Intel, CPU Intel Core Terbaru Terbaik"

oh berarti banyak juga ya jenis macam prosesor intel ini...kirain cuma batas intel pentium doang ternyata masih ada lagi

Wew berarti prosesor intel ini banyak juga ya jenisnya...baru tau gw

kirain urutan prosesor intel mulai dari pentium doang, ternyata ada juga yang lebih awal.

wah ada lah gan, dari paling awal aja udah banyak

iya gan processor intel ini banyak jenis modelnya

yap benar gan, bahkan sekarang banyak banget yang untuk desktop sama laptop

keren juga nih
ternyata processor intel itu udah banyak generasinya ya
kirain cuman intel core doang

Menambah wawasan saya. terimakasih..

Back To Top