Table of Content

10 Merk HP Lawas Terbaik dan Awet, Masih Worth It 2023

Deretan hp lawas dan hp mantan flagship terbaik dan awet dengan spek gahar berkualitas yang masih worth saat ini.

Smartphone lawas ternyata masih worth it di tahun 2022. Ini karena hp lawas tersebut memiliki spek gahar yang masih sangat mampu mengoperasikan banyak aplikasi kekinian. Kualitas hp lawas spek canggih tersebut tidak kalah dengan hp tercanggih di dunia saat ini.

hp lawas terbaik

Membandingkan HP Canggih Terbaru Dengan HP Lawas

Deretan HP tercanggih terus bermunculan setiap tahunnya. Sangat wajar bila smartphone terbaru dengan spesifikasi canggih dibuat oleh produsen mengingat saat ini ponsel pintar digunakan untuk banyak keperluan. Harga HP dengan spesifikasi tinggi tersebut dibanderol dengan mahal.

HP terbaru saat ini dibuat dengan beragam fitur menarik sesuai dengan segmen dan jenis penggunaannya. Contoh smartphone canggih terbaru yaitu Apple iPhone 13 Pro Max yang merupakan salah satu hp kamera tercanggih di dunia saat ini karena memiliki sensor LiDAR Scanner untuk meningkatkan kapabilitas AR (Augmented Reality).

Contoh hp tercanggih di dunia lainnya yaitu Samsung Galaxy S21 Ultra yang merupakan salah satu hp Samsung tercanggih karena memiliki sensor yang dapat membuat foto beresolusi maksimal 108 MP dan hasil jepretan berkualitas.

Namun di tengah membanjirnya hp terbaru saat ini ternyata ada sejumlah hp lawas yang masih bisa diandalkan untuk beraktivitas dan menjalankan banyak aplikasi terbaru.

HP lawas tersebut dibekali spesifikasi canggih di eranya. Menariknya lagi hp lawas dengan spek gahar tersebut masih mumpuni untuk diajak jungkir balik menyelesaikan banyak pekerjaan. Meskipun dari tampilannya mungkin kalah kinclong dengan deretan hp terbaru saat ini, namun banyak yang tidak tahu bahwa hp canggih yang ada sekarang ini sebgian besar merupakan pengembangan dari hp lawas tersebut.

Memilih HP Lawas Terbaik Untuk Aktivitas Harian

Memiliki HP lawas yang dibekali spek mumpuni yang juga merupakan hp terbaik tercanggih di masanya memberikan keuntungan sendiri, terutama bila membandingkan harga hp terbaru tercanggih sekarang yang lebih mahal.

Berikut ini adalah sejumlah tips untuk memilih hp lawas terbaik dengan spesifikasi mumpuni namun tetap bisa diandalkan menyelesaikan aktivitas harian.

  • Desain Smartphone HP Lawas

  • Beberapa aspek desain smartphone lawas yang menjadi tolak ukur antara lain Build Quality dan Usability. Semakin baik material ponsel semakin tangguh ketahanan bodynya dan pastinya akan lebih tahan lama.

  • Spesifikasi Internal Smartphone Jadul

  • Spek internal hp lawas yang wajib diperhatikan antara lain Processor. Core prosesor akan memberikan performa hp yang menjanjikan. Saat ini Processor HP terbaik masih disandang oleh Qualcomm Snapdragon, Exynos, dan Mediatek. Selain processor, RAM besar dan ROM yang lapang membuat HP jadul tetap mumpuni.

  • Kamera Depan dan Belakang HP

  • Kamera merupakan salah satu hal penting yang wajib ada di hp kekinian. Beruntungnya sejumlah hp lawas telah dibekali megapiksel tinggi dan resolusi kamera hp besar. Namun fitur kamera menjadi penentu apakah hp lawas masih relevan dengan kebutuhan saat ini.

  • Battery Life

  • Baterai menjadi salah satu permasalahan yang kerap dimiliki hp jadul. Hal ini memang sudah ditakdirkan demikian, karena masa hidup baterai sendiri memang dipengaruhi oleh lama penggunaannya. Namun demikian hp lawas terbaik biasanya memiliki baterai life yang lebih baik, setidaknya dalam sehari tidak setiap jam seorang pengguna harus mengisi ulang seperti yang umumnya dihadapi hp jadul yang baterainya cepat habis.

  • Fitur Smartphone

  • Fitur-fitur hp sebenarnya sangat banyak. Biasanya hp lawas dengan spek tangguh sudah dilengkapi fitur-fitur yang futuristik dan kemampuannya masih relevan dengan kebutuhan saat ini.

Baca selengkapnya : Tips Bagaimana Membeli HP Yang Bagus Spesifikasinya

Daftar HP Lawas Terbaik dan Awet, Masih Tangguh di 2024

Ada sangat banyak hp lawas yang masih digunakan saat ini, namun tidak semuanya dibekali spesifikasi terbaik. Kemampuannyapun terbatas untuk menjalankan pengoperasian berat yang menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki hp canggih terbaru yaitu tangguh menjalankan multi tasking.

HP lawas apa yang masih tetap tangguh di tahun 2022 ? Berikut ini adalah daftar merk smartphone jadul terbaik dengan spesifikasi bagus.

  1. Samsung Galaxy S7

  2. hp terbaru samsung galaxy s7 hp terbaik di dunia
    Samsung Galaxy S7, hp samsung lawas yang masih worth it tahun ini

    HP lawas yang direkomendasikan salah satunya Samsung Galaxy S7. HP lawas dengan kamera terbaik ini dirilis tahun 2016 ini berplatform OS Android 6.0 dengan Display resolution 1440 x 2560 piksel berlayar AMOLED. Galaxy S sendiri adalaha salah satu HP Samsung lawas terbaik yang pernah ada ditenagai processor 8 cores, terdiri atas 4 cores Mongoose (4x2,3 GHz Mongoose) dan 4 cores Cortex (4x1,6 GHz Cortex-A53). Processor GPU yang disematkan adalah Mali -T880 MP12. Tentu saja dengan processor hp seperti ini membuat operasi hp berjalan sangat cepat. Kamera depan 5 MP dan kamera belakang 12 MP milik Galakxy S7 dilengkapi OIS serta LED flash yang mampu menghasilkan video dengan kualitas 4k. Keunggulan lain Samsung Galaxy S7 adalah kemampuan fast charging yang bisa mengisi baterai full dalam waktu beberapa menit.

    Baca Juga : HP Samsung Terbaru Dan Deretan HP Samsung Terbaik

  3. Samsung Galaxy S8

  4. hp terbaik di dunia galaxy s8 adalah smartphone baru tercanggih
    Galaxy S8, HP samsung lawas kamera terbaik

    Galaxy S8 adalah HP Samsung lawas spek gahar terbaik lainnya yang wajib diperhitungkan. Salah satu hp Android lawas terbaik yang pernah ada, dirilis tahun 2017 lalu. Ponsel terbaik dimasanya ini memiliki keunggulan ketahanan debu dan air (water resistance) selama 30 menit pada kedalaman lebih dari 1,5 m dan sudah mendapatkan sertifikat IP68. HP yang masih worth it di 2022 ini punya display layar capacitive touchscreen dengan tipe layar AMOLED beresolusi 1440 x 2960 pixel dan kerapatan cukup tinggi yaitu 570 ppi. Kamera yang disematkan di dalam Galaxy S8 beresolusi 16 M dan kamera depan 8 MP. Samsung Galaxy S8 berplatform Android 7.0 (Nougat) dengan processor octa core (terdiri atas 4x2,35 GHz Kryo dan 4x1,9 GHz Kryo), sementara GPU yang digunakan adalah jenis Mali-G71 MP20 - EMEA dan Adreno 540 (untuk USA, Cina).

    Baca Juga : Urutan HP Samsung Kamera Terbaik dan HP Samsung Kamera Bagus Harga Murah

  5. Google Pixel XL

  6. merk hp terbaik 2017 google pixel xl adalah hp terbaik di dunia
    Google Pixel XL, hp Android lawas 3jutaan terbaik

    Berikutnya HP Android lawas terbaik yang masih tangguh adalah Google Pixel XL yang dirilis tahun 2016. HP jadul milik besutan HTC yang didistribusikan oleh Google ini berplatform OS Android Nougat 7.1 dan bisa diupgrade ke Android 8.0. Google Pixel XL memiliki layar berjenis AMOLED dan resolusi layar 1440 x 2560 pixel berukuran 5,5 inchi. Kerapatannya 534 ppi. Processor yang ditanamkan di salah satu smartphone lawas yang masih worth it ini adalah quadcores/4 inti (2x2,15 GHz Kryo dan 2x1,6 GHz Kryo). GPU yang digunakan adalah Adreno 530. pada kamera belakang yang sudah tertanam 12,3 MP dan kamera belakang 8 MP menggunakan dual-LED flash, phase detection dan laser autofocus.

  7. OnePlus 5T

  8. smartphone tercanggih di dunia dan hp terlaris termurah oneplus 5T
    OnePlus 5T, smartphone lawas terbaik 3jutaan

    HP lawas yang masih 1080 x 2169 dengan kerapatan 401 ppi. Processor hp yang disematkan adalah 8 inti/Octa-Core CPU (4x2,45 GHZ Kryo dan 4x1,9 GHz Kryo). Sementara processor GPU menggunakan Mali 540. HP lawas berplatform OS Android Nougat 7.1.1 ini memiliki spek kamera tinggi dengan dual camera 16 MP + 20 MP untuk kamera utama dan 16 MP pada secondary camera dengan hasil fotografi sangat ciamik dan jernih.

  9. OnePlus 3T

  10. hp terbaik buat game oneplus 3T adalah smartphone tercanggih
    OnePlus 5T, ponsel pintar jadul terbaik 2jutaan

    Seperti halnya OnePlus 5T, smartphone OnePlus 3T juga besutan pabrikan Cina BBK. Ponsel ini dirilis pada November 2016. OnePlus 3T adalah satu dari sedikit hp terbaik dan termurah di dunia pada masanya. OnePlus 3T memiliki platform OS Android Marshmallow 6.0.1 dengan processor quadcore (2x2,35 GHz Kryo dan 2x1,6 GHz). Prosesor GPU-nya menggunakan jenis Adreno 530. Memorinya cukup besar yaitu RAM 6 GB dengan ROM 64 GB dan 128 GB. Resolusi layar 1080 x 1920 pixel jenis AMOLED dan kerapatan 401 ppi. Smartphone lawas kamera terbaik ini dual camera pada kamera utama yang memiliki pixel sebesar 16 MP dengan kamera depan juga 16 MP. Cukup jernih dan masih tangguh pastinya.

  11. Apple iPhone 7

  12. smartphone terbaik di dunia iphone 7 adalah hp tercanggih saat ini
    iPhone 7, hp iPhone jadul spek gahar

    Selain hp Android lawas, di 2022 hp iPhone lawas juga masih dicari. iPhone 7 yang dirilis 2016 salah satu keunggulannya adalah ukurannya yang compact mudah dimasukkan ke saku. Selain itu hp ini tahan debu dan tahan air (water resistant) pada kedalaman lebih dari 1 m selama 30 menit. Layar iPhone 7 adalah jenis LED dan backlit IPS LCD. Ukurannya 4,7 inchi dengan resolusi 750 x 1334 pixel dan kerapatan 326. iPhone 7 berplatform iOS 10.0.1 yang bisa diupgrade ke iOS 11.2. Processor CPU memiliki 4 inti/quad-core (2x2,4 GHz Hurricane dan 2x2,4 GHz Zephyr).

  13. Apple iPhone 7 Plus

  14. hp terbaik di dunia iphone 7 plus adalah hp terlaris di dunia
    iPhone 7 Plus, smartphone lama masih worth it

    Berikutnya hp lama terbaik dengan spek tangguh dari Apple adalah iPhone 7 Plus yang dirilis tahun 2017. Saudara kembar iPhone 7Plus berukuran 5,5 inchi dan resolusi layarnya lebih besar dari iPhone 7. Salah satu hp lawas RAM 3GB terbaik ini cukup worth it terutama pada aspek kameranya.

    Baca Juga : Daftar HP ASUS Lawas Terbaik dan Tercanggih Serta Spesifikasinya

  15. Apple iPhone 8

  16. hp terbaik iphone 8 adalah hp terbaik 2017/2018 di dunia
    iPhone 8, hp mantan flagship terbaik

    HP lawasn dengan kamera terbaik juga ditemukan dalam diri iPhone 8. HP iPhone lawas yang dirilis tahun 2017 ini tahan debu dan tahan air (sudah mendapat sertifikat IP67 untuk body build). Layarnya berukuran 4,7 inci. Sayangnya resolusi layar masih 750 x 1334 pixel dan kerapatan 326 ppi. CPU-nya hexa-core/6 inti (2x Monsoon dan 4xMistral) dengan grafis Apple GPU berinti 3. Spek kamera tidak berbeda dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Jenis batereai iPhone yang digunakan adalah Li-Ion 1821 mAH. Adanya fast charging menyebabkan baterainya cepat terisi.

  17. Apple iPhone 8 Plus

  18. hp terbaik iphone 8 plus adalah smartphone kamera tercanggih
    iPhone 8 Plus, hp lawas baterai fast charging

    Tidak jauh berbeda dengan iPhone 8, Apple iPhone 8 Plus yang dirilis tahun 2017 ini juga hp lawas terbaik di dunia yang masih woth it. Ukuran layar iPhone 8 Plus lebih lebar dari iphone 8 dan lebih berat. Resolusinya juga lebih tinggi. Spek gaharnya tidak beda dengan iPhone 8 namun RAMnya 3GB.

  19. Apple iPhone X

  20. smartphone tercanggih di dunia iphone x adalah hp terbaik 2017/2018
    iPhone X, hp lawas spek gahar

    iPhone X merupakan hp lawas tercanggih dengan spek tangguh dan merupakan yang terbaik dimasanya. Smartphone yang dirilis 2017 lalu ini punya body build/build quality cukup tangguh karena tahan debu dan tahan air dan sudah mendapat sertifikat IP67. Material framenya adalah stainless steel (baja) sehingga tidak mudah patah. Layarnya lebih lebar dari iPhone 8 Plus, yaitu 5,8 inci. Jenis layar salah satu HP 3GB lawas terbaik ini yaitu Super AMOLED dengan resolusi tinggi 1125 x 2436 dan kerapatan cukup tinggi sebesar 458 ppi. Layarnya sudah disematkan teknologi Dolby Vision/HDR 10 compliant. Kamera yang disematkan juga sudah dual camera 12 MP, sementara secondary camera 7 MP. Ini menyebabkan kualitas gambarnya sangat baik.

    Baca Juga : Tips Terbaru Cara Menghemat Baterai iPhone Semua iOS Paling Ampuh

Apa Spesifikasi HP Lawas yang Bagus?

Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah daftar spesifikasi HP lawas yang wajib diperhatikan :

  • Resolusi layar tinggi
  • Build Capacity baik dan potensi mengalami kerusakan kecil, menggunakan material tahan benturan, tahan debu dan tahan air didukung sertifikasi
  • Menggunakan Sistem Pengoperasian/OS yang ringan dan mudah digunakan serta fleksibel, misalnya Android, iOs atau Windows
  • Ukuran layar yang membantu pengguna melihat tampilan dengan jelas, antara 4,7 inchi - 6,2 inchi
  • Jenis layar berkualitas dan teknologi tinggi, yaitu IPS/IPS LCD, AMOLED, Super AMOLED
  • Bobot ringan dan memberikan kemudahan bagi pengguna
  • Kerapatan tinggi
  • Menggunakan processor dengan kecepatan tinggi, jumlah core banyak, kompatibilitas CPU dan motherboard flexible, menghasilkan grafis tinggi yaitu Snapdragon, Intel, MTK.
  • RAM processor besar, minimal 3GB atau lebih
  • Menyediakan ruang penyimpanan (Storage Built-in/ROM) besar, dan support eksternal storage
  • Menggunakan baterai tahan laman, hemat daya dan fast charging dan support pengisian tanpa kabel (wireless charging dan mobile chargiing)
  • Menggunakan kamera terbaik dan teknologi dual kamera, serta resolusi minimal 8 MP
  • Frame rate untuk video pada kamera belakang dan kamera depan seimbang
  • Stabil saat pengambilan gambar bergerak, mampu mengambil gambar pada kondisi cahaya minim didukung bukaan lensa (aperture) yang memadai.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Oppo Developer Day

Sekarang anda telah memiliki referensi mengenai HP lawas dengan spek gahar terbaik. Anda tertarik untuk memiliki salah satu di antaranya ? Harganya semakin terjangkau kok.

Suka Teknologi