test

Prosesor/CPU HP/Smartphone Android Terbaik Saat Ini Di Dunia

Prosesor/CPU Terbaik Saat Ini Untuk HP/Smartphone Android


Untuk menjadikan performa hp/smartphone khususnya platform OS Android di atas rata-rata dengan kemampuan optimal maka dibutuhkan prosesor CPU terbaik. Prosesor HP yang mumpuni akan membuat perangkat mobile bekerja cepat dengan tampilan terbaik dan performa tinggi.

Prosesor Smartphone Terbaik

Prosesor tak pelak menjadi kebutuhan utama bagi perangkat komputer baik PC maupun smartphone. Adanya prosesor CPU/GPU di smartphone sangat menunjang perangkat dan sistem operasinya menjalankan seluruh sistem dan aplikasi. Kebutuhan akan processor terbaik dan tercanggih akan sangat memaksimalkan kinerja perangkat yang ber-OS Android secara keseluruhan. Apalagi tahun ini OS telah merilis versi Android terbaru Oreo, dimana versi Android Oreo 8.2 adalah yang tertinggi di jajarannya.

Persaingan dalam dunia smartphone juga turut mempengaruhi persaingan dalam produksi prosesor. Produsen prosesor kemudian berlomba-lomba memproduksi CPU dan GPU andalan dengan berbagai kelebihannya.

Seperti telah diulas sebelumnya, processor atau prosesor adalah sebuah chip atau IC. Prosesor biasa juga disebut microprosesor (microprocessor). IC atau microprocessor ini berfungsi untuk mengontrol semua jalannya sebuah sistem komputer menjalankan seluruh perintah atau tugas, termasuk melakukan perhitungan.

Prosesor CPU/GPU tersemat dalam socket pada motherboard. Motherboard adalah wadah tempat komponen-komponen komputer. Motherboard bukan hanya terdapat pada PC Desktop/Laptop, tetapi juga dalam perangkat HP/Smartphone. Karena Smartphone dan HP memiliki fungsi kerja yang mirip dan merupakan bentuk modifikasi perangkat dan sistem komputer yang digabung dengan fungsi telekomunikasi. Satuan prosesor/CPU adalah GHz.

Bila pada PC Laptop/Desktop fungsi processor/prosesor (CPU) adalah menjalankan perintah perhitungan, maka CPU pada HP/Smartphone lebih luas lagi. Fungsi prosesor pada HP/Smartphone dan perangkat mobile sejenis seperti tablet adalah mengontrol kerja perangkat, memori, grafis, sound dan prosesor itu sendiri.

Pada gadget seperti perangkat smartphone dan tablet, Chip Prosesor lebih dikenal dengan istilah SoC (System on a Chip) yang berarti sebuah chip memuat seluruh komponen dan fungsinya masing-masing.

Smartphone/HP terbaik sudah pasti performanya sangat tinggi karena didukung faktor chipset prosesor CPU. Tapi sebuah prosesor belum tentu bisa mendukung perangkat mobile berkinerja baik. Mengapa ? Karena kolaborasi dan bundling paket smartphone dengan prosesor setiap produsen mobile berbeda.

Processor HP terbaik adalah yang tercepat. Namun prosesor tercepat belum tentu terbaik.

Sebuah prosesor HP/Smartphone dikatakan terbaik bila prosesor memiliki core yang banyak dikolaborasikan dengan kompatibilitas OS, misalnya Android. Kolaborasi lainnya yaitu memperhatikan faktor sumber daya (pemakaian sumber daya). Prosesor HP/Smartphone Android terbaik adalah CPU yang memiliki kelebihan berupa penggunaan daya (baterai atau arus listrik) yang hemat.

Prosesor CPU HP/Smartphone Android Terbaik Saat Ini Di Dunia 

CPU Prosesor Smartphone Android Terbaik adalah prosesor yang memiliki kemampuan maksimal dalam mengolah data grafis serta menunjang multi media dan fitur kamera. Seperti diketahui, sebuah smartphone merupakan komputer mini dengan aneka perangkat dan aplikasi multimedia yang digabung dengan perangkat telekomunikasi. Artinya penerapan teknologi sangat mempengaruhi performa baik prosesor maupun perangkat hp/smartphone secara keseluruhan.

Apalagi Android merupakan sistem operasi (OS) yang memfasilitasi sejumlah aplikasi multimedia. Android merupakan OS yang diakuisisi oleh Google. OS Android memungkinkan pihak ketiga untuk menyuplai aplikasi-aplikasi baik online maupun offline dalam perangkat smartphone. Salah satu bidang Android yang paling membutuhkan kinerja prosesor terbaik adalah aplikasi gaming. Karena aplikasi game online sekelas Mobile Legend grafisnya cukup tinggi.

Saat ini sejumlah smartphone sudah dibundling dengan prosesor dari produsen prosesor dunia. Namun tidak semua smartphone memiliki kemampuan dan performa terbaik serta pemakaian daya terhemat.

Dari beberapa Prosesor tersebut, CPU HP/Smartphone Terbaik Untuk Android didominasi oleh Produsen Qualcomm.

Prosesor CPU HP/Smartphone Android Terbaik Snapdragon Dari Qualcomm 

Qualcomm adalah salah satu produsen prosesor smartphone/HP android yang produknya banyak digunakan saat ini. Salah satu prosesor prosesor berikut sejumlah varian yang terkenal andal adalah Snapdragon.


Mengapa Qualcomm Snapdragon adalah CPU Android Terbaik ? 

  • Qualcomm Snapdragon berikut variannya menjadi yang terbaik karena beberapa kelebihannya yaitu :
  • Mendukung akses internet 4G LTE tercepat
  • Mendukung kinerja kamera dengan megapiksel tinggi, kecepatan autofokus tinggi dan fotografi
  • Menjadikan grafis berkualitas HD dan sound sangat jernih serta powerful
  • Kecepatan CPU tinggi
  • Hemat daya dan menyebabkan baterai smartphone android lebih awet
Beberapa varian Snapdragon terbaik yaitu Snapdragon serie 800, contohnya Snapdragon 835. Varian prosesor Snapdragon yang satu ini memiliki desain sangat tipis berukuran 10 nm, sehingga menghemat ruang/chipset sebesar 35% dan menyebabkan vendor bisa lebih bebas memanfaatkan sisa ruang untuk komponen lainnya.

Snapdragon 835 telah menggunakan Core Kryo 280 terbaru dengan kecepatan hingga 2,80 GHz. Seri ini telah didesain 60 kali lebih cepat kemampuan VR dan AR-nya dari pendahulunya Snapdragon 820. Selain itu Snapdragon 835 memiliki kemampuan impresif mendukung 4G LTE dengan kecepatan unduh sampai 1 Gbps, lebih cepat dari internet wifi.

Proses pengisian dayanya juga berlangsung sangat cepat. 5 jam waktu bicara hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk pengisiannya. Wow !

CPU 64 Bit Terbaik Untuk Android : Prosesor Kryo Quad Core 

CPU Kryo adalah core (inti) CPU 64 bit dengan custom design  oleh Qualcomm. Desain secara kustom pada Kryo dibuat untuk berfungsi dengan elemen lain SoC, dan Snapdragon 820 memiliki keempatnya. Mereka terbagi menjadi dua kelompok dual core yang dioptimalkan untuk beroperasi dalam frekuensi dan tingkat berbeda.

Dua core di kelompok daya rendah beroperasi hingga 1,6 GHz dan memiliki cache L2 512 KB, sedangkan dua lainnya ada di kelompok performa tinggi yang beroperasi hingga 2,2 GHz dan memiliki cache L2 1 MB.

Keuntungan desain sistem ganda seperti ini adalah mereka dapat memisahkan beban kerja menurut seberapa tingkat keperluan. Bila ponsel menjalankan tugas ringan seperti internet dan SMS, prosesor menggunakan kelompok rendah daya. Tetapi jika menjalankan game berat dengan grafis tinggi, maka kelompok performa akan menanganinya.

Hasil keseluruhan dari cara tersebut adalah konsumsi rendah daya dan daya tahan baterai lebih baik. Selain itu, Kryo berbasis proses Low Power Plus FinFET 14 nm dari Samsung, jadi masalah temperatur hanya merupakan masa lalu.

Baca Juga :

Nah, itulah ulasan TeknoPlug kali ini mengenai Processor/CPU HP/Smartphone Android Terbaik Di Dunia Saat ini. Lalu, kamu pakai processor hp Android yang mana ? 
Labels: Processor, Smartphone, teknologi, Teknonews

Thanks for reading Prosesor/CPU HP/Smartphone Android Terbaik Saat Ini Di Dunia. Please share...!

1 Comment for "Prosesor/CPU HP/Smartphone Android Terbaik Saat Ini Di Dunia"

Makin banyak core nya smartphone makin kencang. Tp tergantung speednya jg, kalo corenya ada 8 tp msng2 cuma 0,8 Ghz ya lbh lemot dong dibandingkan 4 inti yg 2,5 Ghz

Back To Top