Table of Content

Kenapa Baterai iPhone Mudah Habis & Cara Mengatasinya

Kenapa baterai iphone cepat habis? Tips dan cara menghemat baterai iPhone berikut ini bisa mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen..

Kenapa baterai Iphone cepat habis ? Bagaimana cara menghemat baterai iPhone ? Baterai adalah salah satu komponen utama pada semua smartphone, karena berfungsi sebagai sumber daya agar perangkat dapat menyala dan berfungsi.

iPhone adalah salah satu smartphone populer di dunia. Desain hp iPhone yang menarik dan fiturnya yang canggih memberikan prestise tersendiri bagi pemiliknya.

Namun baterai iPhone sering mendapat sorotan karena relatif boros. Dibandingkan dengan baterai hp Android yang saat ini sudah berkapasitas 5.000 mAH ke atas, kapasitas baterai iPhone relatif lebih kecil. Namun tidak berarti baterai hp Android memiliki masa hidup lebih lama daripada baterai iPhone.

Lalu kenapa baterai iPhone cepat habis ? Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai penyebab daya tahan baterai iPhone cepat habis, serta trik menghemat baterai iPhone yang ampuh.

Baca Juga: Jenis Jenis Baterai iPhone Hingga Model Terbaru.

Kenapa Baterai iPhone Cepat Habis

cara menghemat baterai iPhone
Strategi menghemat baterai iPhone agar tahan seharian

Masalah baterai boros di hp iPhone sebenarnya dialami semua merk smartphone lain, termasuk Android. Sebagai contoh baterai iPhone 13 yang berkapasitas 4.352 mAh, hanya bertahan selama 7 jam pemakaian normal.

Ada beberapa faktor yang menjadi alasan kenapa baterai iPhone cepat habis, antara lain sistem operasi yang digunakan, usia baterai iPhone, kecerahan layar terlalu tinggi, dan penggunaan aplikasi yang masif.

Penyebab baterai iPhone boros salah satunya adalah karena penggunaan sistem operasi. Menurut dXOMark, waktu pemakaian baterai iPhone menjadi lebih singkat disebabkan hp iPhone masih menggunakan sistem operasi iOS versi lama. Padahal update versi sistem operasi iOS membawa sejumlah fitur yang berguna untuk durasi baterai.

Baterai iPhone cepat habis juga bisa disebabkan oleh usia baterai iPhone yang menua dan kesehatan baterai yang tidak terjaga sehingga performa baterai iPhone juga mengalami penurunan. Bila kamu menggunakan iPHone 8, iPhone 8s atau yang lebih lawas seperti baterai iPhone 7 series, iPhone 6 series, hingga iPhone 4 series saat ini masa baterainya mungkin hanya bisa bertahan 2-3 jam bahkan kurang.

Selain usia baterai, baterai iPhone juga cepat terkuras karena penggunaan aplikasi yang masif, seperti aplikasi game manager bola, aplikasi streaming bola, aplikasi mp3, hingga aplikasi edit video smartphone akan membuat baterai iPhone lebih cepat berkurang. Itu belum dihitung aplikasi yang berjalan background.

Kecerahan layar yang tinggi juga dapat menyebabkan baterai iPhone terkuras. Mengatur kecerahan layar pada mode high level membuat baterai harus meng

Lalu, apa solusi mengatasi baterai iPhone boros, serta tips menghemat baterai iPhone ?

Cara Mengatasi Baterai iPhone Boros

Bila balok penunjuk baterai iPhone kamu berkurang dengan cepat, jangan biarkan hal tersebut berlarut-larut. Karena bila tidak diatasi, masa pakai baterai iPhone akan lebih singkat dan penurunan performanya lebih cepat dari seharusnya.

Meningkatkan masa pakai baterai iPhone bisa kamu coba dengan beberapa strategi menghemat baterai iPhone agar tahan seharian berikut.

Baca Juga : Cara Memilih HP Baterai Besar

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Berguna Tapi Menguras Baterai di iPhone

Menghapus aplikasi penyebab ponsel iPhone boros melalui Settingan Battery.

Setiap aplikasi iOS berikut aplikasi lainnya yang terinstal dalam hp pasti menggunakan baterai. Untuk mengetahui aplikasi mana yang sangat boros adalah aplikasi yang besar dan berada pada urutan paling atas tapi jarang atau tidak pernah digunakan.

Bagaimana mengetahui aplikasi yang sedang berjalan di iphone ?

  • Buka Settings
  • Pilih Battery
  • Silakan lihat daftar aplikasi yang terbuka selama kurun waktu 24 jam atau 4 hari.

Cara ini adalah strategi hemat baterai iPhone yang terbukti. Dengan langkah ini kamu dapat mengetahui aplikasi apa yang paling banyak menggunakan baterai padahal jarang digunakan. Hapus saja aplikasinya, atau non-aktifkan penggunaan baterai pada aplikasi tersebut.

Baca Juga: Daftar Smartphone Terbaik Dan Tercanggih Saat Ini

2. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Kamu juga bisa melakukan penghematan daya dengan mengaktifkan mode hemat baterai. Cara pengaturan baterai dengan mode hemat daya (Power Made) yaitu sebagai berikut.

  • Buka Settings
  • Pilih Battery
  • Akan terdapat beberapa opsi. Lalu pilih opsi Low Power Mode, kemudian geser tombol ke kanan sehingga opsi Power Mode menjadi aktif.

Mengaktifkan fitur hemat daya adalah salah satu rahasia hemat baterai iPhone yang jarang diketahui penggunanya. Dengan menggunakan mode hemat baterai, sistem di iPhone akan melakukan otomatisasi konsumsi daya antara lain penyegaran aplikasi di latar, dan pencadangan data dari aplikasi ke iCloud.

3. Penghematan daya iPhone Dengan Pengaturan Night Shift

Night Shift adalah salah satu fitur terbaru Apple, khususnya pada iOS yang telah diupgrade. Langkah-langkah setting Night Shift adalah sebagai berikut :

  • Buka Settings
  • Pilih opsi Display & Brightness
  • Pilih opsi Night Shift, lalu atur waktu untuk aktif dan tidak aktif/non aktif

Cara menghemat baterai dengan melakukan setting fitur Night Shift ini bisa diterapkan pada semua iPhone lama maupun terbaru seperti iPhone X, iPhone XR, iPHone 11, hingga iPHone 12.

4. Optimalkan Baterai iPhone Dengan Setting Raise To Wake

Melakukan pengaturan Raise To Wake juga salah satu trik yang bisa dicoba untuk mengoptimalkan baterai iPhone. Cara setting mode Raise To Wake ini yaitu :

  • Buka Settings
  • Pilih opsi Display & Brgihtness
  • Pilih opsi Raise To Wake, kemudian geser tombol ke kiri sehingga berada dalam mode aktif

Fitur Raise To Wake biasanya berguna untuk mengaktifkan layar ketika ponsel diangkat. Tapi penggunaan mode aktif pada fitur ini menggunakan baterai. Jadi ketika fitur ini dinonaktifkan, konsumsi daya bisa dikurangi.

5. Nonaktifkan Background App Refresh Pada Semua Seri iPhone

Langkah-langkah melakukan pengaturan dan me-nonaktifkan fitur Background App Refresh sehingga iPhone lebih hemat baterainya yaitu sebagai berikut:

  • Buka Settings
  • Pilih menu General
  • Lalu pilih opsi Background App Refresh, dan geser tombol ke posisi Off

Cara menghemat baterai iPhone dengan menonaktifkan Background App Refresh ini sebenarnya trik lama. Tapi trik ini cukup efektif digunakan pada ponsel-ponsel iPhone terbaru.

6. Lakukan Pengaturan Reduce Motion Agar iPhone Lebih Hemat Daya

Hampir seluruh smartphone termasuk iPhone memiliki efek animasi. Sayangnya, efek animasi ini justru menguras baterai dan membuat baterai tidak bertahan lama. Untuk mengaktifikan fitur ini, langkah-langkahnya yaitu :

  • Buka Settings
  • Pilih General
  • Pilih Menu Accesibility
  • Pilih opsi Reduce Motion, kemudian geser tombol ke kanan sehingga berada pada mode aktif

7. SettingAuto Brightness Untuk Semua Perangkat iPhone

Auto Brightness adalah salah satu fitur iPhone yang bisa mengelola kejernihan dan kecerahan layar iphone secara otomatis dalam kondisi tertentu. Namun fitur ini bisa menguras baterai. Cara pengaturan Auto Brightness adalah sebagai berikut :

  • Buka Settings
  • Pilih menu General
  • Lalu pilih opsi Accesibility
  • Kemudian pilih opsi Display Accomodation
  • Akan muncul beberapa opsi, lalu pilih opsi Auto Brightness
  • Pada opsi Auto Brightness, geser tombol ke kiri sehingga berada pada mode non aktif

8. Lakukan Pengaturan Location Service Saat Instal Aplikasi di iPhone

Agar kesehatan baterai iPhone dapat dipertahankan, kamu juga bisa melakukan pengaturan pada fitur GPS atau Location Service. Permintaan akses lokasi biasanya terjadi saat akan menginstal aplikasi di smartphone, misalnya pada folder di internal storage atau SD Card. Ketika proses ini terjadi, sejumlah kapasitas baterai akan terkuras.

Langkah-langkah pengaturan Location service yaitu sebagai berikut :

  • Buka Settings
  • Pilih opsi Privacy
  • Lalu pilih Location Services, lalu pilih opsi While Using atau Never

9. Lakukan Setting Seluler

Mengakses internet adalah satu aktivitas yang paling banyak menggunakan daya. Proses pencarian sinyal (antara ada dan tidak ada sinyal) adalah saat dimana baterai ponsel termasuk iPhone tergerus. Untuk membuat baterai menjadi lebih tahan lama, langkah-langkahnya yaitu :

  • Buka Settings
  • Pilih menu Cellular
  • Kemudian pilih opsi Cellular Data Options
  • Pilih opsi Voice & Data
  • Kemudian pilih opsi 3G atau 2G

Untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat dan menghindari loading lama ketika mengakses jaringan yang berpengaruh pada pemakaian baterai, segera upgrade jaringan 4G ke 5G di iPhone. Saat ini internet 5G merupakan koneksi internet seluler tercepat.

Tips Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 persen

Cara menghemat baterai iPhone seluruh versi iOS sebenarnya sudah dicantumkan dalam petunjuk penggunaan pada paket pembelian produk.

Menurut petunjuk penggunaan baterai iPhone oleh Apple:

Kekuatan baterai adalah jangka waktu yang dijalankan perngkat sebelum perlu diisi dayanya. Sementara umur baterai adalah jangka waktu bertahannya baterai sebelum harus diganti. Oleh karena itu, untuk mendapatkan yang terbaik dalam perangkat Apple, kekuatan baterai dan umur baterai perlu dimaksimalkan.

Agar baterai iPhone tidak mudah terkuras dan lebih awet untuk jangka panjang, kamu bisa mengantisipasinya sejak dini. Tips menghemat baterai iPhone berikut bisa diterapkan agar tidak mudah habis ketika sedang bepergian maupun melakukan aktivitas outdoor.

  • Jangan membiarkan baterai lowbat. Terlalu sering membiarkan ponsel iPhone lowbat hingga mati sendiri akan berdampak buruk bagi kesehatan baterai. Melakukan pengisian baterai ketika balok indikator sudah diangka 30 persen merupakan tips hemat baterai iPhone terbaik untuk diterapkan.
  • Gunakan aplikasi penghemat baterai. Tips hemat baterai iPhone terbaik berikutnya yaitu menggunakan aplikasi penghemat baterai terbaik untuk iPhone. Dengan aplikasi penghemat baterai, daya tahan baterai iPhone juga akan lebih lama.
  • Charge Baterai iPHone dengan Pengisi Daya Apple Original. Pengisi daya milik Apple dirancang untuk memotong daya saat baterai mencapai 100 persen. Namun bila baterai iPhone diisi dengan charger bukan pabrikan Apple akan menyebabkan perbedaan reaksi kimia pada baterai yang akan berdampak pada daya tahan baterai. Selain itu, material kabel USB pabrikan lain mungkin tidak sesuai dengan material charger iPhone..
  • Jangan menggunakan Power Bank terlalu sering. Meskipun cukup menguntungkan agar iPhone tetap menyala, namun penggunaan yang terlalu sering justru mengakibatkan kerusakan perangkat iPhone karena Power Bank memancarkan panas saat mengisi daya.

Ok sob, itulah cara menghemat baterai iPhone yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

Suka Teknologi