test

9 Cara Menghemat Baterai iPhone Paling Efektif Pada Semua iOS

Bagi anda pengguna ponsel keluaran iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6/6s hingga iPhone 7/iPhone 7s mungkin sering kecewa dengan performa baterai iPhone yang sering cepat habis. Bahkan jajaran ponsel Apple terbaru iPhone 8, iPhone 8s hingga iPhone X tidak terhindar dari problem baterai yang boros apalagi sejak iPhone anda sudah update iOS 10 dan iOS 11 terbaru. Tips cara menghemat baterai iPhone iOS 10 maupun iOS 11 berikut ini bisa dicoba agar baterai iPhone anda punya performa yang lebih baik dan tahan lama.

cara menghemat baterai iphone 4, 4s, 5, 5s, 6, 6s boros

Cara Menghemat Baterai iPhone iOs 10/iOS 11 dan Semua iOS Agar Tidak Cepat Habis


Sedang asyik berselfie atau melakukan aktivitas outdoor seperti video blogging (vlog) atau recording (rekaman) menggunakan hp iPhone, tiba-tiba ada notifikasi "baterai lemah, segera lakukan pengisian" pasti akan bikin jengkel.

Daya batre iPhone memang sudah cukup lama menjadi sorotan para pengguna ponsel besutan Apple tersebut. iPhone 4, iPhone 5 dan iPhone 6 acapkali bermasalah dengan baterainya yang cepat habis. Kelemahan batre iPhone 4 maupun baterai iPhone hp iPhone 5 sudah cukup lama diketahui. Harapan adanya perbaikan dan peningkatan performa baterai sempat meninggi pada baterai iPhone 5c dan iPhone 6. Tapi ternyata batre iPhone 6 boros, tidak lebih baik dari pendahulunya meskipun kapasitasnya sedikit lebih besar.

Permasalahan baterai iPhone menjadi rumit sejak update iOS 10 dan iOS 11 versi terbaru. Update iOS 10 dan iOS 11 menambah permasalahan baterai iPhone yang boros. Sejumlah pengguna mulai bertanya-tanya mengapa baterai iPhone 7, iPhone 8 maupun iPhone X cepat habis khususnya sejak upgrade iOs. Bagi sebagian orang, masalah baterai mungkin hal yang lumrah terjadi mengingat banyaknya aplikasi yang terpasang di dalamnya. Namun bagi sebagian kalangan lagi, permasalahan baterai iPhone yang sering cepat habis adalah bentuk ketidakseriusan Apple untuk memperbaiki performa ponsel iPhone.

Menghemat baterai iPhone memang sempat menjadi target perbaikan pada kemunculan iPhone 7. Bahkan Apple iPhone 8, iPhone 8s hingga iPhone X sempat memberikan harapan terjadinya penghematan batre. Ini ditunjukkan dengan teknologi fast charging yang bisa melakukan pengisian ulang baterai dengan cepat untuk memperbaiki masalah pengisian baterai iPhone yang terlalu lama. Tapi masalahnya bukan pada fast charging tersebut, meskipun fast charging memang cukup canggih untuk isi cepat yang sudah digunakan terlebih dahulu oleh Samsung, Oppo maupun ASUS.

Terlalu lama menunggu solusi dari Apple untuk memperbaiki batre iPhone 4/5/6 boros, sejumlah praktisi dan pengguna ponsel iPhone mencoba mencari alternatif bagaimana cara menghemat baterai alih-alih mengganti ponsel. Cara agar baterai tidak cepat habis pada baterai iPhone 4, baterai hp iPhone 5, batre iPhone 5s maupun 5c, batre iPhone 6/6s bisa dilakukan mulai dari pengaturan baterai, penggunaan wallpaper hemat baterai, hingga cara menghemat daya baterai hp menggunakan aplikasi baterai iPhone.

Namun, apakah anda tahu penyebab baterai iPhone boros dan sering cepat habis ?

Baterai iPhone Dan Spesifikasi Baterai iPhone 


Produk smartphone keluaran Apple pada seri iPhone memang kerap menjadi hp paling dicari setiap adanya new release. Apalagi spek iPhone tersebut termasuk jajaran ponsel spesifikasi bagus. Sayangnya performa iPhone khususnya pada varian iPhone 4, iPhone 5, iPhone 6 tidak didukung oleh daya tahan baterai. Memang ada peningkatan pada baterai Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Namun peningkatan tersebut tidak signifikan dibandingkan produk sebelumnya. iPhone 8 dan iPhone 8s maupun iPhone X sempat menjanjikan penghematan batre. Tapi update iOS 11 justru menambah deretan permasalahan baterai boros.


Ciri-ciri baterai iPhone cepat terkuras dan mulai rusak antara lain sebagai berikut :

  • Baterai gembung dan merusak LCD. Untuk mengetahui baterai iphone gembung cukup mudah, yaitu dengan meletakkan ponsel iPhone di atas meja. Dari sisi meja akan terlihat apakah ada bagian ponsel yang tidak sama rata khususnya pada bagian permukaan depan atau body bagian belakang. Baterai yang gembung akan menyebabkan tekanan dan perubahan posisi komponen lainnya dalam ponsel. Bahkan bisa merusak LCD. iPhone 5 adalah jenis hp iPhone yang paling sering mengalami masalah baterai gembung.
  • Ponsel iPhone Mati Mendadak Padahal Baterai Masih Penuh. Selain baterai iPhone, baterai smartphone lainnya juga pernah mengalami keadaan seperti ini. Khususnya pada baterai iPhone, biasanya kejadian ini karena adanya disfungsi atau kesalahan sistem dan fungsi baterai sehingga sering mati mendadak. Umumnya terjadi bertahap, mati mendadak pada posisi baterai tinggal sedikit dan mati sendiri pada posisi baterai masih 50 %.
  • Daya Baterai Bertambah dan Berkurang Tidak Wajar. Kejadian ini bisa dilihat saat sedang menggunakan iphone indikator menunjukkan baterai masih 60%, tapi saat sedang membuka sebuah aplikasi hanya dalam beberapa menit tinggal 30 %. Ketika dicharge, indikator malah menunjukkan angka baterai masih 55%. Ini menunjukkan ada masalah dan mungkin saja kerusakan pada baterai.
  • Baterai Cepat Habis. Gejala ini sangat mudah dilihat. Misalnya pada awal penggunaan baterai iphone anda bisa bertahan dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore, namun dalam beberapa bulan sudah lebih cepat habis pada jam 2 siang padahal dengan penggunaan yang sama, atau bahkan hanya digunakan untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan, berkirim pesan, berfoto selfie. 
  • Tegangan Tidak Stabil. 4V angka normal tegangan keluar dan masuk menuju baterai. Kemungkinan permasalahan tegangan bila di bawah tegangan tersebut bisa terjadi pada komponen yang berhubungan dengan pengisian daya, misalnya IC Power dan lainnya. 

Untuk mengetahui seperti apa performa baterai dan daya tahan baterai iPhone mulai iPhone 4 hingga iPhone X terbaru, berikut akan kita lihat spesifikasi jenis dan kapasitas baterai iPhone. 

Spesifikasi Baterai iPhone 4 
  • Platform iOS 4 (upgradeable ke iOs 7.1.2), Chipset Apple A4, Prosesor CPU 1.0 GHz Cortex-A8, prosesor GPU PowerVR SGX535. 
  • Jenis baterai non-removable Li-Po 1420 mAH, Stand-by hingga 300 jam pada jalur 2G (talk time hingga 14 jam) , 300 jam pada jalur 3G (talk time hingga 7 jam), jika membuka aplikasi musik bisa bertahan hingga 40 jam.

    Spesifikasi Baterai iPhone 4S
    • Platform iOS 5 (upgradable hingga iOS 9.3.5), sOC/chipset Apple 5, Prosesor Dual Core 1.0 GHz Cortex-A9, GPU PowerVR SGX543MP2
    • Jenis baterai non-removable Li-Po 1432 mAH, stan-by hingga 200 jam pada jalur 2G (talk-time hingga 14 jam), stand-by hingga 200 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 8 jam), membuka aplikasi musik mampu bertahan hingga 40 jam

    Spesifikasi Baterai iPhone 5
    • Platform iOS 6 (upgradable hingga iOs 10.3.3), sOC/chipset Apple 6, Processor CPU Dual-core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based), dan GPU menggunakan PowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics)
    • Jenis baterai non-removable Li-Po 1440 mAH, stand-by hingga 225 jam pada jalur 2G (talk-time hingga 8 jam), 225 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 8 jam). Music play hingga 40 jam.

      Spesifikasi Baterai iPhone 5 S
      • Platform iOS 7 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A7, Processor CPU Dual-core 1.3 GHz Swift (ARM v8-based), dan GPU menggunakan PowerVR G6430 (quad-core graphics)
      • Jenis baterai non-removable Li-Po 1560 mAH, stand-by hingga 250 jam pada jalur 2G (talk-time hingga 10 jam), 250 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 10 jam). Music play hingga 40 jam..

        Spesifikasi Baterai iPhone 6
        • Platform iOS 8 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A8, Processor CPU Dual-core 1.4 GHz Typhoon (ARM v8-based), dan GPU menggunakan PowerVR GX6450 (quad-core graphics)
        • Jenis baterai non-removable Li-Po 1560 mAH, stand-by hingga 250 jam pada jalur 2G (talk-time hingga 14 jam), 250 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 14 jam). Music play hingga 50 jam.

        Spesifikasi Baterai iPhone 6 S
        • Platform iOS 9 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A9, Processor CPU Dual-core 1.84 GHz Twister, dan GPU menggunakan PowerVR GT7600 (six-core graphics)
        • Jenis baterai non-removable Li-Po 1715 mAH, stand-by hingga 240 jam pada jalur 2G (talk-time hingga 14 jam), 240 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 14 jam). Music play hingga 50 jam.

        Spesifikasi Baterai iPhone 6 Plus
        • Platform iOS 8 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A8, Processor CPU Dual-core 1.4 GHz Typhoon (ARM v8-based), dan GPU menggunakan PowerVR GX6450 (quad-core graphics)
        • Jenis baterai non-removable Li-Po 2915 mAH, stand-by hingga 384 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 24 jam). Music play hingga 80 jam.

          Spesifikasi Baterai iPhone 6 S Plus
          • Platform iOS 9 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A9, Processor CPU Dual-core 1.84 GHz Twister, dan GPU menggunakan PowerVR GT7600 (six-core graphics)
          • Jenis baterai non-removable Li-Po 2750 mAH, stand-by hingga 384 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 24 jam). Music play hingga 80 jam.

            Spesifikasi Baterai iPhone 7
            • Platform iOS 10 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A10 Fusion, Processor CPU quad-core 2.34 GHz (2x Hurricane + 2x Zephyr), dan GPU menggunakan PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)
            • Jenis baterai non-removable Li-Ion 1960 mAH, talk-time hingga 14 jam pada jalur 3G. Music play hingga 40 jam.

              Spesifikasi Baterai iPhone 7 Plus
              • Platform iOS 10 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A10 Fusion, Processor CPU quad-core 2.34 GHz (2x Hurricane + 2x Zephyr), dan GPU menggunakan PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)
              • Jenis baterai non-removable Li-Ion 2900 mAH, stand-by hingga 384 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 21 jam). Music play hingga 60 jam.

              Spesifikasi Baterai iPhone 8

              • Baterai  Non-removable Li-Ion 1821 mAh battery (6.96 Wh), Fast battery charging: 50% in 30 min, Talk time hingga 14 h (3G), Fitur Qi wireless charging
              • OS iOS 11, upgradable to iOS 11.2
              • Chipset Apple A11 Bionic, CPU Hexa-core (2x Monsoon + 4x Mistral), GPU Apple GPU (three-core graphics)


              Spesfikasi Baterai iPhone 8 Plus

              • Jenis Baterai Non-removable Li-Ion 2691 mAh battery (10.28 Wh), 
              • Fast battery charging: 50% in 30 min, Wireless charging,
              • Platoform OS iOS 11, upgradable to iOS 11.2
              • Chipset Apple A11 Bionic, CPU Hexa-core (2x Monsoon + 4x Mistral), GPU Apple GPU (three-core graphics)

              Spesifikasi Baterai iPhone X

              • Jenis Baterai Non-removable Li-Ion 2716 mAh battery (10.35 Wh), Fast battery charging: 50% in 30 min, Waktu Bicara Hingga 21 h (3G), Fitur Qi wireless charging
              • Platform OS iOS 11.1.1
              • Chipset Apple A11 Bionic, CPU Hexa-core 2.39 GHz (2x Monsoon + 4x Mistral), GPUApple GPU (three-core graphics)

              Platform Sistem Operasi iOS pada iPhone Series dan Update iOS 10/iOS 11


              Apa itu iOS ? iOS atau iPhone OS adalah sebuah sistem operasi mobile yang diciptakan dan dikembangkan oleh Apple inc. hanya untuk perangkat milik Apple, seperti iPhone, iPad dan iPod Touch.

              iOS telah dibuat mulai iOS versi pertama (iOS 1) hingga versi terakhir (iOS 11), dimana setiap versinya biasanya menghadirkan perbaikan dari versi-versi sebelumnya. Contohnya iOS 11 yang dirilis Oktober 2017 lalu membawa sejumlah perbaikan bug

              Sejak iOS pertama hingga versi terakhir, Apple selalu merilis versi terbaru setiap setahun sekali. Dimana saat ini, Apple telah merilis iOS 11 pada tanggal 11 Oktober 2017 lalu dan menjadi versi teranyar. Dalam iOS 11, Apple menambahkan banyak fitur baru dan melakukan perubahan interface. Dan iOS 11 versi terakhir yang dirilis adalah update iOS 11.0.3 yang membawa sejumlah perbaikan bug.

              Per Desember 2017, iOS 11 merupakan iPhone OS terbanyak yang digunakan hingga 59% pangsa pasar, disusul iOS 10 dan iOS 9.

              iOS 10
              iOS 10 adalah penerus iOS 9 pada iPhone dan iPad yang dirilis pada September 2016. iOS membawa pengembangan dari iOS 9 dengan sejumlah fitur terbaru, diantaranya fitur lock screen. iOS 10 dianggap cukup mumpuni, dimana pengguna bisa menggunakan fitur 3D Touch pada notifikasi. Selain itu iPhone dengan iOS 10 bisa menghapus semua notifikasi dengan mudah hanya dengan satu sentuhan. Fitur-fitur lainnya antara lain Control Center yang sudah didesain ulang, menambahkan area khusus untuk kontrol musik full album art. Perpesanannya juga sudah memiliki fitur emoji serta terjadi perluasan fungsionalitas pada iMessage. Update iOS 10 yaitu iOS 10.0.1 hingga iOS 10.3.3.


              iOS 11
              iOS 11 adalah iPhone OS terbaru untuk iPhone. Seperti halnya iOS 10 yang membawa perubahan dan pengembangan dari iOS 9, iOS 11 juga membawa perbaikan dari iOS 10 berikut fitur-fitur terbarunya. Misalnya menggabungkan lock screen dengan Nofication Center.  App Store juga mengalami perombakan visual yang terfokus pada konten editorial dan daily highlight sorotan harian. Selain itu, iOS 11 Siri bisa menerjemahkan antar bahasa menggunakan teknik on device learning yang bersifat privasi. Siri juga bisa menangani kontrol aplikasi musik walaupun tidak terhubung ke internet mencakup play, pause, resume, skip dan lainnya.

              iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X merupakan model smartphone iPhone yang berbasis iOS 11 update iOS 11.2 dengan fitur fast charging. Saat ini iOS 11 telah mengalami proses update versi 11.2.1.


              Kenapa Baterai iPhone (iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 7/7s) Cepat Habis


              Saat produk keluaran pesaing misalnya Oppo seri F dan ASUS Zenfone sudah menerapkan penggunaan baterai bertenaga besar plus teknologi fast charging sejak tahun lalu, iPhone baru menerapkannya pada tahun ini melalui produk iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X yang dirilis menjelang akhir tahun ini.

              Meskipun ketiga produk terakhir tersebut sudah memperbaiki performa baterainya, harganya masih cukup mahal di pasaran khususnya di Indonesia. Sehingga pengguna hp iPhone masih tetap bertahan memakai seri iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6s dan paling banter iPhone 7, iPhone 7s.

              Umumnya permasalahan baterai iPhone boros dan cepat terkuras tidak terjadi secara serta merta pada seluruh jenis iPhone. Tapi pada kondisi pemakaian tertentu dan upgrade, beberapa jenis hp iphone mengalami keadaan yang sama.

              Terlepas dari adanya tuduhan sejumlah pihak kepada Apple yang dengan sengaja menyematkan fitur tertentu untuk menurunkan performa baterai (hingga kini belum jelas demi alasan apa), namun yang pasti permasalahan baterai iphone memang kerap mengganggu kenyamanan penggunanya.

              Dari spek baterai iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6 series dan iPhone 7 series hingga iPhone X, kita bisa melihat perbandingan pada tiap kemampuan baterainya. Meskipun Apple meningkatkan kapasitas baterai setiap merilis produk iPhone Series, namun ternyata kapasitas baterainya tidak lebih besar dibandingkan para kompetitornya. Spesifikasi kapasitas baterai iPhone ini menjadi salah satu penyebab baterai iPhone tidak hemat daya dan baterai iPhone cepat habis.

              Beberapa Fenyebab Baterai iPhone Cepat Terkuras dan Boros Menurut TeknoPlug Yaitu :

              • Platform dan fitur sistem operasi dan update iOS yang belum mendukung hemat daya
              • sOC/Chipset processor yang belum hemat baterai
              • Jenis baterai yang digunakan non-removable dan umumnya masih menggunakan jenis Li-Po, kecuali iPhone 7 series namun masih di bawah 3000 mAH (bandingkan dengan saingan lainnya yang umumnya sudah 3000 mAH ke atas)
              • Belum menerapkan fast charging (pengisian cepat) khususnya pada batre iPhone 4/4s/5/5s/5c/6/6s/7/7s
              • Penggunaan aplikasi smartphone yang menguras baterai menyebabkan baterai iphone cepat panas dan habis baterai

              Keluhan terbaru mengenai iPhone adalah sejak update iOS 11 pada beberapa produk, misalnya pada iPhone 6 iOS 11 (sudah upgrade OS). Baterai iPhone 6 boros. 


              Cara menghemat baterai iPhone OS 10, OS 11 dan seluruh OS pada ponsel iPhone dapat dilihat pada petunjuk dan support di situs milik Apple seperti dikutip TeknoPlug berikut ini.
              Menurut petunjuk penggunaan baterai oleh Apple untuk iPhone, kekuatan baterai adalah jangka waktu yang dijalankan perngkat sebelum perlu diisi dayanya. Sementara umur baterai adalah jangka waktu bertahannya baterai sebelum harus diganti. Oleh karena itu, untuk mendapatkan yang terbaik dalam perangkat Apple, kekuatan baterai dan umur baterai perlu dimaksimalkan.  


              Trik Menghemat Baterai iPhone (iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 7 Hingga iPhone X) Mulai iOS 4 hingga iOs 11


              Cara agar baterai iPhone tidak cepat habis bisa dilakukan dengan mencoba cara menghemat baterai iPhone berikut ini :
              • Cara menghemat baterai iPhone melalui settingan Baterai (setting Power Mode dan setting Battery Use)
              • Tips menghemat baterai iPhone melalui settingan Display dan Brightness (setting Night Shift, setting Raise To Wake) 
              • Cara agar baterai iPhone tidak habis dengan me-nonaktifkan Background App Refresh
              • Cara menghemat baterai iPhone iOS 11 dan seluruh produk iPhone dengan settingan Accesibility (setting Reduce Motion, setting Auto Brightness)
              • Cara Menghemat baterai iPhone 5s dan seluruh Apple iPhone Series dengan settingan Location Service saat instal aplikasi
              • Cara agar baterai iPhone awet dengan setting Selular (Cellular)
              Penjelasan mengenai settingan cara menghemat baterai iPhone akan diulas berikut ini.

              #1 Cara Menghemat Baterai iPhone iOS 11 Dengan Menghapus Aplikasi yang Menjadi Biang Boros Melalui Settingan Battery


              Setiap aplikasi iOS berikut aplikasi lainnya yang terinstal dalam hp pasti menggunakan baterai. Untuk mengetahui aplikasi mana yang sangat boros adalah aplikasi yang besar dan berada pada urutan paling atas tapi jarang atau tidak pernah digunakan.

              Caranya mengetahui aplikasi yang sedang berjalan di iphone yaitu :
              • Buka Settings
              • Pilih Battery
              • Silakan lihat daftar aplikasi yang terbuka selama kurun waktu 24 jam atau 4 hari 
              Melalui cara ini, dapat diketahui mana aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai padahal jarang digunakan. Hapus saja aplikasi tersebut.

              Trik melalui settingan dan menghapus aplikasi ini juga merupakan cara menghemat baterai iPhone 5 iOS 11 dan seluruh iPhone iOS (mulai dari iPhone iOS 4/Apple iPhone 4 hingga iOS 11/Apple iPhone 8/iPhone 8 Plus/iPhone X).

              #2 Cara Agar Baterai iPhone Awet melalui Setting Power Mode

              Di atas telah disebutkan bahwa seluruh aplikasi maupun komponen dalam smarphone seperti iPhone menggunakan baterai. Oleh karena itu, tips menghemat baterai iPhone bisa dilakukan dengan dengan settingan pada Power Mode

              Cara membuat baterai iPhone awet dengan Power Mode yaitu :
              • Buka Settings
              • Pilih Battery
              • Akan terdapat beberapa opsi. Lalu pilih opsi Low Power Mode, kemudian geser tombol ke kanan sehingga opsi Power Mode menjadi aktif. 
              Dengan trik ini, baterai iPhone akan bertahan cukup lama dan awet. 


              #3 Cara Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Habis Melalui Setting Night Shift


              Night Shift adalah salah satu fitur terbaru Apple, khususnya pada iOS yang telah diupgrade. Contohnya pada iPhone 6 upgrade iOs 11. Pengaturannya adalah sebagai berikut :
              • Buka Settings
              • Pilih opsi Display & Brgihtness
              • Pilih opsi Night Shift, lalu atur waktu untuk aktif dan tidak aktif/non aktif
              Cara menghemat baterai iPhone 6 dengan setting fitur Night Shift ini juga bisa diterapkan pada iPhone lain, sehingga baterai menjadi lebih awet.

              #4 Cara menghemat daya baterai iPhone melalui setting Raise To Wake

              Cara hemat baterai pada ponsel iPhone 4, 5, maupun baterai iphone 6 boros hingga iphone terbaru melalui setting Raise To Wake ini cukup mudah. Pengaturan mode Raise To Wake yaitu : 
              • Buka Settings
              • Pilih opsi Display & Brgihtness
              • Pilih opsi Raise To Wake, kemudian geser tombol ke kiri sehingga berada dalam mode aktif
              Fitur Raise To Wake biasanya berguna untuk mengaktifkan layar ketika ponsel diangkat. Tapi penggunaan mode aktif pada fitur ini menggunakan baterai. Jadi ketika fitur ini dinonaktifkan, sejumlah baterai bisa dihemat. Tidak mungkin juga kan anda terus-terusan mengangkat iPhone padahal tidak ada panggilan, itu namanya kurang kerjaan sekaligus membuat baterai boros.

              #5 Cara Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Habis dengan me-nonaktifkan Background App Refresh

              Pengaturan untuk me-nonaktifkan Background App Refresh adalah sebagai berikut :
              • Buka Settings
              • Pilih menu General
              • Lalu pilih opsi Background App Refresh, dan geser tombol ke posisi Off
              Cara menghemat baterai iPhone dengan menonaktifkan Background App Refresh ini adalah trik lama. Trik ini bisa diterapkan sebagai cara membuat baterai iPhone awet pada seluruh produk iPhone Series. 

              #6 Cara menghemat baterai iPhone iOS 11 pada seluruh produk iPhone dengan setting Reduce Motion

              Hampir seluruh smartphone termasuk iPhone memiliki efek animasi. Sayangnya, efek animasi ini justru membuat penggunaan baterai tidak bertahan lama. Untuk membuat baterai iphone lebih awet bisa melakukan settingan berikut ini :
              • Buka Settings
              • Pilih General
              • Pilih Menu Accesibility
              • Pilih opsi Reduce Motion, kemudian geser tombol ke kanan sehingga berada pada mode aktif

              #7 Cara menghemat baterai iPhone iOS 11 Pada Seluruh iPhone Melalui setting Auto Brightness


              Auto Brightness adalah salah satu fitur iPhone yang bisa mengelola kejernihan dan kecerahan layar iphone secara otomatis dalam kondisi tertentu. Namun fitur ini bisa menguras baterai. Cara menghemat baterai iPhone dengan pengaturan Auto Brightness adalah sebagai berikut :
              • Buka Settings
              • Pilih menu General
              • Lalu pilih opsi Accesibility
              • Kemudian pilih opsi Display Accomodation
              • Akan muncul beberapa opsi, lalu pilih opsi Auto Brightness
              • Pada opsi Auto Brightness, geser tombol ke kiri sehingga berada pada mode non aktif

              #8 Cara Menghemat baterai iPhone 4, 4s, 5, 5s Hingga iPhone Terbaru Dengan settingan Location Service Saat Instal Aplikasi


              Cara agar baterai iPhone 4, 4s, 5, 5s, maupun baterai iPhone 6 boros menjadi lebih hemat dapat juga dilakukan dengan melakukan pengaturan GPS atau Location Service. Trik ini juga bisa dilakukan pada jajaran iPhone iOS 10 dan iOS 11 update terbaru.

              Permintaan akses lokasi biasanya terjadi saat akan menginstal aplikasi di smartphone, misalnya pada folder di internal storage atau SD Card. Ketika proses ini terjadi, sejumlah kapasitas baterai akan terkuras. 

              Cara menghemat baterai iPhone dengan setting Location service dilakukan dengan trik berikut :
              • Buka Settings
              • Pilih opsi Privacy
              • Lalu pilih Location Services, lalu pilih opsi While Using atau Never

              #9 Cara Menghemat Baterai iPhone Lebih Awet Dengan Setting Selular (Cellular)

              Mengakses internet adalah satu aktivitas yang paling banyak menguras baterai. Titik kritis baterai terjadi saat proses pencarian sinyal (antara ada dan tidak ada sinyal). 

              Untuk membuat baterai menjadi lebih tahan lama, cara mengehemat baterai iphone melalui setting seluler adalah sebagai berikut : 
              • Buka Settings
              • Pilih menu Cellular
              • Kemudian pilih opsi Cellular Data Options
              • Pilih opsi Voice & Data
              • Kemudian pilih opsi 3G atau 2G
              Baca Juga :

              Masih boros juga ? Berikut tips menghindari pengisian baterai yang salah.


              Tips Agar Baterai iPhone Lebih Awet dan Hemat 

              • Jangan membiarkan baterai lowbat. Kenapa baterai iPhone cepat habis terkuras ? Salah satunya karena membiarkan ponsel iPhone terlalu sering lowbat. iPhone menggunakan baterai Li-ion (Lithium ion). Akan sangat baik membiarkan iphone kehabisan baterai total setiap satu hingga dua bulan untuk mengkalibrasi alat pengukur baterai iphone. 
              • Jangan membiarkan pengisian baterai hingga 100 persen. Kenapa ? Sejumlah ahli menyarankan kapasitas baterai yang terisi saat pengisian ulang adalah di antara 30 persen hingga 90 persen saja. Pada kapasitas tersebut, baterai iphone akan sangat efisien digunakan dan lebih hemat daya baterai.
              • Jangan menggunakan pengisi baterai yang salah. Pengisi daya milik Apple dirancang untuk memotong daya saat baterai mencapai 100 persen, namun kabel USB pihak ketiga yang tidak berkualitas akan menyebabkan kerusakan akibat terlalu banyak menghemat baterai. 
              • Jangan menggunakan Power Bank terlalu sering. Meskipun cukup menguntungkan agar iPhone tetap menyala, namun penggunaan yang terlalu sering justru mengakibatkan kerusakan perangkat iPhone karena Power Bank memancarkan panas saat mengisi daya. 
              Ok sob, itu dia cara menghemat baterai iPhone yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat. 

              Labels: Aplikasi, Smartphone, teknologi, Trik Internet

              Terima Kasih Telah Membaca Artikel 9 Cara Menghemat Baterai iPhone Paling Efektif Pada Semua iOS. Silakan Berbagi...

              2 Comment for "9 Cara Menghemat Baterai iPhone Paling Efektif Pada Semua iOS"

              Apakah trik ini bisa digunakan di hp android gan ? soalnya saya nggak punya hp iphone and kebetulan saya juga mengalami masalah hp cepat lowbet

              @Bang Yudhie, trik ini hanya berlaku di iphone. Tp di android caranya juga bisa diterapkan, hanya bahasa dan istilah pengaturannya mungkin berbeda. cara menghemat batere masing-masing ponsel beda-beda untuk setiap pabrikan, tapi perbedaannya kemungkinan besar hanya di istilah dan bahasa pengaturan saja

              Software

              Back To Top