test

Ini Cara Menghemat Baterai iPhone Seluruh Seri dan iOS

Cara Menghemat Baterai iPhone Seluruh iPhone Series dan iPhone Upgrade iOS 11)


Cara menghemat baterai iPhone oleh Apple merupakan salah satu trik agar produk high end terbaiknya yaitu Apple iPhone 8, Apple iPhone 8 Plus dan iPhone X memiliki performa lebih baik daripada produk Apple sebelumnya. Hal ini disebabkan karena keluhan pengguna iPhone adalah pada borosnya pemakaian daya.

membuat baterai iphone lebih awet

HP terbaik di dunia dan smartphone terbaik 2017 adalah HP yang memiliki performa ketahanan baterai yang hemat, dan penggunaan teknologi fast charging. Demikian pula HP kamera terbaik di dunia adalah yang didukung oleh baterai tahan lama dan awet serta pengisian baterai yang cepat. 

Sedang asyik berselfie atau melakukan aktivitas outdoor seerti video blogging (vlog) atau recording (rekaman), tiba-tiba ada notifikasi "baterai lemah, segera lakukan pengisian" pasti akan bikin jengkel.

Baca Juga :


Produk smartphone keluaran Apple pada seri iPhone memang kerap menjadi hp paling dicari setiap adanya new release. Apalagi spek iPhone tersebut termasuk jajaran ponsel high end setiap tahun.

Sayangnya performa iPhone khususnya pada varian iPhone 4, iPhone 5, iPhone 6 tidak didukung oleh daya tahan baterai. Memang ada peningkatan pada produk Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Namun peningkatan tersebut tidak signifikan dibandingkan produk sebelumnya. 

Saat produk keluaran pesaing misalnya Oppo seri F dan ASUS Zenfone sudah menerapkan penggunaan baterai bertenaga besar plus teknologi fast charging sejak tahun lalu, iPhone baru menerapkannya pada tahun ini melalui produk iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X yang dirilis menjelang akhir tahun ini. 

Meskipun ketiga produk terakhir tersebut sudah memperbaiki performa baterainya, harganya masih cukup mahal di pasaran khususnya di Indonesia. Sehingga pengguna hp iPhone masih tetap bertahan memakai seri Iphone 5, iPhone 6 /iPhone 6 Plus dan paling banter iPhone 7/iPhone 7 Plus.

Spek Baterai iPhone Series (iPhone 4 Series, iPhone 5 Series, iPhone 6 Series, iPhone 7 Series)

Meskipun setiap Apple merilis iPhone terbaru terdapat peningkatan pada jenis baterai, tetapi tetap saja ketahanan baterainya tidak cukup baik dibandingkan para pesaingnya. 

Beberapa Faktor Fenyebab Baterai iPhone Boros Menurut TeknoPlug Yaitu :

  • Platform sistem operasi dan update iOS yang belum mendukung hemat daya
  • sOC/Chipset processor yang belum hemat baterai
  • Jenis baterai yang digunakan non-removable dan umumnya masih menggunakan jenis Li-Po, kecuali iPhone 7 series namun masih di bawah 3000 mAH (bandingkan dengan saingan lainnya yang umumnya sudah 3000 mAH ke atas)
  • Belum menerapkan fast charging (pengisian cepat)
  • Penggunaan aplikasi smartphone yang menguras baterai menyebabkan baterai iphone cepat panas dan habis baterai
Penyebab tersebut bisa kita lihat dari spek iPhone berikut ini.

Spek iOs, Chipset, Baterai iPhone 4
  • Platform iOS 4 (upgradeable ke iOs 7.1.2), Chipset Apple A4, Prosesor CPU 1.0 GHz Cortex-A8, prosesor GPU PowerVR SGX535. 
  • Jenis baterai non-removable Li-Po 1420 mAH, Stand-by hingga 300 jam pada jalur 2G (talk time hingga 14 jam) , 300 jam pada jalur 3G (talk time hingga 7 jam), jika membuka aplikasi musik bisa bertahan hingga 40 jam
Spek iOs, Chipset, Baterai iPhone 4S
  • Platform iOS 5 (upgradable hingga iOS 9.3.5), sOC/chipset Apple 5, Prosesor Dual Core 1.0 GHz Cortex-A9, GPU PowerVR SGX543MP2
  • Jenis baterai non-removable Li-Po 1432 mAH, stan-by hingga 200 jam pada jalur 2G (talk-time hingga 14 jam), stand-by hingga 200 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 8 jam), membuka aplikasi musik mampu bertahan hingga 40 jam

Spek iOs, Chipset, Baterai iPhone 5
  • Platform iOS 6 (upgradable hingga iOs 10.3.3), sOC/chipset Apple 6, Processor CPU Dual-core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based), dan GPU menggunakan PowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics)
  • Jenis baterai non-removable Li-Po 1440 mAH, stand-by hingga 225 jam pada jalur 2G (talk-time hingga 8 jam), 225 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 8 jam). Music play hingga 40 jam.
Spek iOs, Chipset, Baterai iPhone 5 S
  • Platform iOS 7 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A7, Processor CPU Dual-core 1.3 GHz Swift (ARM v8-based), dan GPU menggunakan PowerVR G6430 (quad-core graphics)
  • Jenis baterai non-removable Li-Po 1560 mAH, stand-by hingga 250 jam pada jalur 2G (talk-time hingga 10 jam), 250 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 10 jam). Music play hingga 40 jam.
Spek iOs, Chipset, Baterai iPhone 6
  • Platform iOS 8 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A8, Processor CPU Dual-core 1.4 GHz Typhoon (ARM v8-based), dan GPU menggunakan PowerVR GX6450 (quad-core graphics)
  • Jenis baterai non-removable Li-Po 1560 mAH, stand-by hingga 250 jam pada jalur 2G (talk-time hingga 14 jam), 250 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 14 jam). Music play hingga 50 jam.

Spek iOs, Chipset, Baterai iPhone 6 S
  • Platform iOS 9 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A9, Processor CPU Dual-core 1.84 GHz Twister, dan GPU menggunakan PowerVR GT7600 (six-core graphics)
  • Jenis baterai non-removable Li-Po 1715 mAH, stand-by hingga 240 jam pada jalur 2G (talk-time hingga 14 jam), 240 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 14 jam). Music play hingga 50 jam.

Spek iOs, Chipset, Baterai iPhone 6 Plus
  • Platform iOS 8 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A8, Processor CPU Dual-core 1.4 GHz Typhoon (ARM v8-based), dan GPU menggunakan PowerVR GX6450 (quad-core graphics)
  • Jenis baterai non-removable Li-Po 2915 mAH, stand-by hingga 384 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 24 jam). Music play hingga 80 jam.
Spek iOs, Chipset, Baterai iPhone 6 S Plus
  • Platform iOS 9 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A9, Processor CPU Dual-core 1.84 GHz Twister, dan GPU menggunakan PowerVR GT7600 (six-core graphics)
  • Jenis baterai non-removable Li-Po 2750 mAH, stand-by hingga 384 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 24 jam). Music play hingga 80 jam.
Spek iOs, Chipset, Baterai iPhone 7
  • Platform iOS 10 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A10 Fusion, Processor CPU quad-core 2.34 GHz (2x Hurricane + 2x Zephyr), dan GPU menggunakan PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)
  • Jenis baterai non-removable Li-Ion 1960 mAH, talk-time hingga 14 jam pada jalur 3G. Music play hingga 40 jam.
Spek iOs, Chipset, Baterai iPhone 7 Plus
  • Platform iOS 10 (upgradable hingga iOs 11.2), sOC/chipset Apple A10 Fusion, Processor CPU quad-core 2.34 GHz (2x Hurricane + 2x Zephyr), dan GPU menggunakan PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)
  • Jenis baterai non-removable Li-Ion 2900 mAH, stand-by hingga 384 jam pada jalur 3G (talk-time hingga 21 jam). Music play hingga 60 jam.
Untuk mengetahui spek baterai Apple iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X  silakan baca artikel TeknoPlug sebelumnya.

Baca Juga :

HP Terbaik Di Dunia Smartphone Baru Tercanggih 


Dari spek baterai iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6 series dan iPhone 7 series, kita bisa melihat perbandingan pada tiap kemampuan baterainya. Apple meningkatkan kapasitas baterai setiap merilis produk iPhone Series. 

Meskipun spek internalnya cukup gahar, namun performa baterai yang rendah menyebabkan sejumlah aktivitas penggunaan aplikasi hp khususnya pada iPhone menjadi terhambat. 

Keluhan terbaru mengenai iPhone adalah sejak update iOS 11 pada beberapa produk, misalnya pada iPhone 6 iOS 11 (sudah upgrade OS). Salah satu produk Apple yang paling sering dikeluhkan adalah iPhone 6, karena iPhone 6 cepat panas dan habis baterai.

Nah, untuk mengatasinya, TeknoPlug akan memberikan trik dan cara menghemat baterai iPhone.

Menurut petunjuk penggunaan baterai oleh Apple untuk iPhone, kekuatan baterai adalah jangka waktu yang dijalankan perngkat sebelum perlu diisi dayanya. Sementara umur baterai adalah jangka waktu bertahannya baterai sebelum harus diganti. Oleh karena itu, untuk mendapatkan yang terbaik dalam perangkat Apple, kekuatan baterai dan umur baterai perlu dimaksimalkan.  

Cara Menghemat Baterai iPhone (untuk semua iPhone Series, iOS 4 hingga iOs 11)

Cara agar baterai iPhone tidak cepat habis bisal dilakukan dengan tips menghemat baterai iPhone berikut ini :
  • Cara menghemat baterai iPhone melalui settingan Baterai (setting Power Mode dan setting Battery Use)
  • Tips menghemat baterai iPhone melalui settingan Display dan Brightness (setting Night Shift, setting Raise To Wake) 
  • Cara agar baterai iPhone tidak habis dengan me-nonaktifkan Background App Refresh
  • Cara menghemat baterai iPhone iOS 11 dan seluruh produk iPhone dengan settingan Accesibility (setting Reduce Motion, setting Auto Brightness)
  • Cara Menghemat baterai iPhone 5s dan seluruh Apple iPhone Series dengan settingan Location Service saat instal aplikasi
  • Cara agar baterai iPhone awet dengan setting Selular (Cellular)
Penjelasan mengenai settingan cara menghemat baterai iPhone akan diulas berikut ini. 

Cara Menghemat Baterai iPhone iOS 11 Adalah Dengan Menghapus Aplikasi yang Menjadi Biang Boros Melalui Settingan Battery

Setiap aplikasi iOS berikut aplikasi lainnya yang terinstal dalam hp pasti menggunakan baterai. Untuk mengetahui aplikasi mana yang sangat boros adalah aplikasi yang besar dan berada pada urutan paling atas tapi jarang atau tidak pernah digunakan. 
Caranya mengetahuinya cukup mudah. 
  • Buka Settings
  • Pilih Battery
  • Silakan lihat daftar aplikasi yang terbuka selama kurun waktu 24 jam atau 4 hari 
Melalui cara ini, dapat diketahui mana aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai padahal jarang digunakan. Hapus saja aplikasi tersebut.

Trik melalui settingan dan menghapus aplikasi ini juga merupakan cara menghemat baterai iPhone 5 iOS 11 dan seluruh iPhone iOS (mulai dari iPhone iOS 4/Apple iPhone 4 hingga iOS 11/Apple iPhone 8/iPhone 8 Plus/iPhone X).

Cara Agar Batera iPhone Awet melalui Setting Power Mode

Di atas telah disebutkan bahwa seluruh aplikasi maupun komponen dalam smarphone seperti iPhone menggunakan baterai. Oleh karena itu, tips menghemat baterai iPhone bisa dilakukan dengan dengan settingan pada Power Mode

Cara membuat baterai iPhone awet dengan Power Mode yaitu :
  • Buka Settings
  • Pilih Battery
  • Akan terdapat beberapa opsi. Lalu pilih opsi Low Power Mode, kemudian geser tombol ke kanan sehingga opsi Power Mode menjadi aktif. 
Dengan trik ini, baterai iPhone akan bertahan cukup lama dan awet. 


Cara Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Habis Melalui Setting Night Shift

Night Shift adalah salah satu fitur terbaru Apple, khususnya pada iOS yang telah diupgrade. Contohnya pada iPhone 6 upgrade iOs 11. Pengaturannya adalah sebagai berikut :
  • Buka Settings
  • Pilih opsi Display & Brgihtness
  • Pilih opsi Night Shift, lalu atur waktu untuk aktif dan tidak aktif/non aktif
Cara menghemat baterai iPhone 6 dengan setting fitur Night Shift ini juga bisa diterapkan pada iPhone lain, sehingga baterai menjadi lebih awet. 


Tips menghemat baterai iPhone melalui setting Raise To Wake

Pengaturan mode Raise To Wake yaitu : 
  • Buka Settings
  • Pilih opsi Display & Brgihtness
  • Pilih opsi Raise To Wake, kemudian geser tombol ke kiri sehingga berada dalam mode aktif
Fitur Raise To Wake biasanya berguna untuk mengaktifkan layar ketika ponsel diangkat. Tapi penggunaan mode aktif pada fitur ini menggunakan baterai. Jadi ketika fitur ini dinonaktifkan, sejumlah baterai bisa dihemat. Tidak mungkin juga kan anda terus-terusan mengangkat iPhone padahal tidak ada panggilan, itu namanya kurang kerjaan sekaligus membuat baterai boros.

Cara agar baterai iPhone tidak habis dengan me-nonaktifkan Background App Refresh

Pengaturan untuk me-nonaktifkan Background App Refresh adalah sebagai berikut :
  • Buka Settings
  • Pilih menu General
  • Lalu pilih opsi Background App Refresh, dan geser tombol ke posisi Off
Cara menghemat baterai iPhone dengan menonaktifkan Background App Refresh ini adalah trik lama. Trik ini bisa diterapkan sebagai cara membuat baterai iPhone awet pada seluruh produk iPhone Series. 

Cara menghemat baterai iPhone iOS 11 dan seluruh produk iPhone dengan setting Reduce Motion

Hampir seluruh smartphone termasuk iPhone memiliki efek animasi. Sayangnya, efek animasi ini justru membuat penggunaan baterai tidak bertahan lama. Untuk membuat baterai iphone lebih awet bisa melakukan settingan berikut ini :
  • Buka Settings
  • Pilih General
  • Pilih Menu Accesibility
  • Pilih opsi Reduce Motion, kemudian geser tombol ke kanan sehingga berada pada mode aktif


Cara menghemat baterai iPhone iOS 11 dan seluruh produk iPhone dengan settingAuto Brightness

Auto Brightness adalah salah satu fitur iPhone yang bisa mengelola kejernihan dan kecerahan layar iphone secara otomatis dalam kondisi tertentu. Namun fitur ini bisa menguras baterai. Cara menghemat baterai iPhone dengan pengaturan Auto Brightness adalah sebagai berikut :
  • Buka Settings
  • Pilih menu General
  • Lalu pilih opsi Accesibility
  • Kemudian pilih opsi Display Accomodation
  • Akan muncul beberapa opsi, lalu pilih opsi Auto Brightness
  • Pada opsi Auto Brightness, geser tombol ke kiri sehingga berada pada mode non aktif

Cara Menghemat baterai iPhone 5s dan seluruh Apple iPhone Series dengan settingan Location Service Saat Instal Aplikasi

Permintaan akses lokasi biasanya terjadi saat akan menginstal aplikasi di smartphone, misalnya pada folder di internal storage atau SD Card. Ketika proses ini terjadi, sejumlah kapasitas baterai akan terkuras. 

Cara menghemat baterai iPhone dengan setting Location service dilakukan dengan trik berikut :
  • Buka Settings
  • Pilih opsi Privacy
  • Lalu pilih Location Services, lalu pilih opsi While Using atau Never

Cara agar baterai iPhone awet dengan setting Selular (Cellular)

Mengakses internet adalah satu aktivitas yang paling banyak menguras baterai. Titik kritis baterai terjadi saat proses pencarian sinyal (antara ada dan tidak ada sinyal). 

Untuk membuat baterai menjadi lebih tahan lama, cara mengehemat baterai iphone melalui setting seluler adalah sebagai berikut : 
  • Buka Settings
  • Pilih menu Cellular
  • Kemudian pilih opsi Cellular Data Options
  • Pilih opsi Voice & Data
  • Kemudian pilih opsi 3G atau 2G
Nah, itulah beberapa tips dan cara menghemat baterai iphone 5 (series), iPhone 6 (series) dan seluruh Apple iPhone iOS 11 upgrade. 

Masih boros juga ? 
Mau tidak mau, alternatif lainnya adalah membeli Power Bank atau menggunakan baterai double power. Tetapi dengan catatan harus mencabut baterai non removable-nya. Alternatif termudah yaitu menggunakan aplikasi penghemat baterai. 
Labels: Smartphone, teknologi

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ini Cara Menghemat Baterai iPhone Seluruh Seri dan iOS. Silakan Berbagi...

2 Comment for "Ini Cara Menghemat Baterai iPhone Seluruh Seri dan iOS"

Apakah trik ini bisa digunakan di hp android gan ? soalnya saya nggak punya hp iphone and kebetulan saya juga mengalami masalah hp cepat lowbet

@Bang Yudhie, trik ini hanya berlaku di iphone. Tp di android caranya juga bisa diterapkan, hanya bahasa dan istilah pengaturannya mungkin berbeda. cara menghemat batere masing-masing ponsel beda-beda untuk setiap pabrikan, tapi perbedaannya kemungkinan besar hanya di istilah dan bahasa pengaturan saja

Software

Back To Top