Table of Content

Membuat Drone Sederhana Dari Dinamo Tamiya Dan Barang Bekas

Ingin membuat drone sendiri ? Kamu bisa membuat drone sederhana tanpa biaya besar memanfaatkan barang bekas dan dinamo tamiya.

Membuat drone ternyata tidak butuh biaya besar. Dengan memanfaatkan barang bekas, kamu dapat menciptakan sebuah drone sederhana yang bisa digunakan untuk beragam aktivitas.

Membuat Drone Sederhana

membuat drone sederhana
Membuat drone: cara merakit drone sendiri dari barang bekas

Sebelum merakit drone sendiri kita harus mengerti dulu apa itu drone, apa saja perangkatnya, apa saja bahan dan alat merakit drone, bagaimana cara kerjanya. Terakhir, tentukan apa tujuan membuat drone.

Postingan merakit drone sederhana ini merupakan update (penyempurnaan) dari artikel dengan topik serupa sebelumnya. Ide postingan membuat drone sendiri diperoleh dari blog herrytjiang milik om Herry Tjiang dan versi Ryan Friska Arishandi.

Apa Itu Drone

Apa Itu Drone ? Drone (dibaca "dron" ), berasal dari kata berbahasa Inggris. Barang ini sepintas mirip pesawat dan helikopter. Lebih spesifiknya drone adalah UAV (Unmanned Aerial Vehicle), atau kendaraan berupa pesawat yang dikendarai tanpa awak.

Cara penggunaan drone menggunakan prinsip-prinsip aerial, turbulensi, elektrositas, pengendali jarak jauh dan pencitraan jarak jauh.

Baca juga : Cara Kerja Drone Dan Cara Menerbangkannya

Fungsi dan Kegunaan Drone

Awalnya drone digunakan sebagai bagian dari pengumpulan data citra satelit untuk kepentingan pertahanan negara dan kondisi perang. Seperti diketahui, sejak masa perang dingin sejumlah negara adikuasa meningkatkan peralatan militer secara diam-diam untuk memperkuat pertahanan apabila sewaktu-waktu terjadi perang.

Kini pembuatan drone tidak lagi sebatas alat pertahanan dan keperluan militer, tapi juga untuk sejumlah kebutuhan untuk keberlangsungan hidup manusia.

Umumnya drone drone dikembangkan di bidang teknologi, pengetahuan, rekayasa struktur ruang untuk pengumpulan data dan informasi. Penerapan penggunaan drone juga sangat erat hubungannya dengan data spasial dan data non spasial GIS.

Baca Juga : Download QGIS Software GIS Terbaik dan Gratis

Pembuatan drone masih terbatas, belum dalam skala besar. Hal Ini disebabkan karena bahan dan alat bantu yang dibutuhkan harganya mahal. Pengguna drone di luar lingkup ilmu pengetahuan biasanya menggunakan drone rakitan sebagai alat citra sederhana. Drone rakitan komersil bisa didapatkan di toko drone.

Namun bila kamu ingin memiliki drone untuk keperluan terbatas, misalnya untuk ujicoba di rumah, bisa merakit drone sendiri.

Membuat Drone Dari Barang Bekas

Membuat drone sederhana merupakan cara alternatif mendapatkan sebuah drone tanpa budget besar alias murah. Cara membuat drone sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan dinamo mobil tamiya, stik es krim dan barang bekas lainnya.

Panduan atau tutorial merakit drone sederhana ini akan membuat kita memahami prinsip kerja drone. Untuk merakit drone murah Teknoplug mencoba seperti dalam artikel Ryan Friska Arisandhi di blog mendetail.com. Cara membuat drone sederhana dari barang bekas saat ini sudah banyak diterapkan oleh pelajar dan umum.

Bahan untuk membuat drone sederhana sangat mudah didapatkan, yaitu mobil tamiya bekas, stik bekas es krim 2 buah, dinamo bekas 4 buah, transmitter - receiver, propeller 5,5 cm, baterai Li-Po 3,7V dan 500A, serta remot kontrol mobil tamiya.

Sementara alat-alat yang digunakan untuk membuat drone ini yaitu lem plastik, gunting, selotip, bor kayu, dan jepitan kertas.

Pahami Hal Berikut Ini Sebelum Merakit drone

  1. Baterai. Ketika membuat drone, baterai adalah pendukung penting karena merupakan sumber daya bagi berfungsi tidaknya drone tersebut. Baterai ini memberikan energi listrik utamanya dinamo.
  2. Dinamo. Pada prinsipnya ketika membuat drone ini fungsi dinamo tetap sumber tenaga penggerak. Saat dinamo bekerja maka energi listrik diubah menjadi energi mekanik yang kemudian ditangkap oleh transmitter dan menyampaikan pesan kerja kepada propeller agar bergerak berputar.
  3. Aeordinamika Pada Baling-Baling Dari Stik Es. Sebagai pesawat sederhana tanpa awak maka sudah pasti pergerakan drone adalah terbang melintas dan mengitari. Agar drone rakitan bisa terbang maka diperlukan piranti-piranti yang menopang fungsi aerial. Drone rakitan menggunakan stik es krim dan baling-baling ditopang adanya propeller sebagai rotor penggerak.
  4. Arah Gerak Drone Diatur Oleh Pengendali. Layaknya drone pabrikan baik quadcopter maupun drone canggih lainnya, pergerakan drone tetap dikendalikan oleh kita sebagai pilotnya melalui remote control, dimana sinyal dari remote control, dalam hal ini remot mobil tamiya harus sama dengan sinyal pada drone.

Bagaimana Menerbangkan Drone Quadcopter Dari Barang Bekas

Pernah mendengar istilah quadcopter ? Quadcopter merupakan sejenis drone juga. Cara membuat drone quadcopter tidak jauh beda dengan cara membuat drone sederhana. Hanya saja quadcopter membutuhkan frame sebagai penyangga. Teknoplug akan membahas cara membuat quadcopter pada postingan lain.

Baca Juga : Cara Mudah Menerbangkan Drone Bagi Pemula.

Drone memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Membuat drone sederhana memanfaatkan barang bekas seperti dinamo mobil tamiya, stik bekas es krim dan lainnya adalah alternatif.

Tapi bila ingin memanfaatkan drone untuk tujuan yang lebih khusus seperti pengumpulan data dan informasi untuk rekomendasi tertentu, sebaiknya menggunakan drone rakitan yang telah teruji penggunaannya. Drone rakitan menggunakan kamera dan GPS sebagai alat utama untuk mengumpulkan data.

Selamat mencoba membuat drone sederhana dari barang bekas.

Suka Teknologi