test

Membuat Drone Sederhana Dari Dinamo Tamiya Dan Barang Bekas

Membuat drone sederhana biaya murah bisa dilakukan hanya dengan mamanfaatkan dinamo tamiya, stik es krim dan barang bekas lainnya. 


Merakit Drone Sederhana Biaya Murah

Sebelum merakit drone sendiri kita harus mengerti dulu apa itu drone, apa saja perangkatnya, apa saja bahan dan alat merakit drone, bagaimana cara kerjanya. Terakhir, tentukan apa tujuan membuat drone.


Postingan merakit drone sederhana ini merupakan update (penyempurnaan) dari artikel dengan topik serupa sebelumnya. 


Ide postingan membuat drone sendiri diperoleh dari blog herrytjiang milik om Herry Tjiang dan versi Ryan Friska Arishandi.



Apa Itu Drone

Apa Itu Drone ? Drone (dibaca "dron" ), berasal dari kata berbahasa Inggris. Barang ini sepintas mirip pesawat dan helikopter. Lebih spesifiknya drone adalah UAV (Unmanned Aerial Vehicle), atau kendaraan berupa pesawat yang dikendarai tanpa awak. 

Cara penggunaan drone menggunakan prinsip-prinsip aerial, turbulensi, elektrositas, pengendali jarak jauh dan pencitraan jarak jauh.


Penggunaan Drone

Awalnya drone digunakan sebagai bagian dari pengumpulan data citra satelit untuk kepentingan pertahanan negara dan kondisi perang. 

Seperti diketahui, sejak masa perang dingin sejumlah negara adikuasa meningkatkan peralatan militer secara diam-diam untuk memperkuat pertahanan apabila sewaktu-waktu terjadi perang. 

Ternyata pembuatan drone tidak lagi sebatas alat pertahanan, tapi juga alat invasi. Pada Perang Teluk, Invasi AS ke Irak, Invasi Rusia ke Checnya dan krisis perang lainnya sudah menggunakan drone sebagai bagian perlengkapan perang. Pembuatan drone dianggap lebih efektif dan efisien secara biaya dibandingkan pesawat tempur. Selain itu juga bisa meminimalisir korban pilot. 

Pilot drone cukup menunggu instruksi setelah mengunci sasaran. Berbeda dengan pilot pesawat tempur yang harus berada dalam pesawat, pilot drone berada di ruang operator.


Saat ini fungsi drone sudah mengalami perkembangan, bukan hanya sebatas perang. Drone sudah digunakan untuk sejumlah kebutuhan untuk keberlangsungan hidup manusia. 


Umumnya drone drone dikembangkan di bidang teknologi, pengetahuan, rekayasa struktur ruang untuk pengumpulan data dan informasi. Penerapan penggunaan drone juga sangat erat hubungannya dengan data spasial dan data non spasial GIS. 


Baca Juga : 

Download QGIS Software GIS Terbaik dan Gratis Berbasis Open Source
Pembuatan drone masih terbatas, belum dalam skala besar. Ini disebabkan karena bahan dan alat bantu yang dibutuhkan harganya mahal. Pengguna drone di luar lingkup ilmu pengetahuan biasanya menggunakan drone rakitan sebagai alat citra sederhana. Drone rakitan komersil bisa didapatkan di toko drone. 


Cara Membuat Drone Sederhana Murah Dari Barang Bekas 


Membuat drone sederhana merupakan cara alternatif mendapatkan sebuah drone tanpa budget besar alias murah. Cara membuat drone sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan dinamo mobil tamiya, stik es krim dan barang bekas lainnya. 

Panduan atau tutorial merakit drone sederhana ini bisa dilihat di beberapa video youtube. Postingan Teknoplug tentang cara membuat drone kali ini lebih kepada prinsip kerja drone. 

Untuk merakit drone murah Teknoplug milirik seperti dibuat dalam artikel Ryan Friska Arisandhi di blog mendetail.com. Cara membuat drone sederhana dari barang bekas saat ini sudah banyak diterapkan oleh pelajar dan umum.

Bahan Membuat Drone Dari Barang Bekas (Mobil Tamiya, Stik Es Krim)

Bahan-bahan merakit drone dari barang bekas bisa didapatkan di mana saja. Untuk merakit drone dari mobil tamiya dapat diperoleh dari mobil tamiya bekas. 

Selain mobil tamiya bekas, bahan merakit drone sederhana dari barang bekas lainnya antara lain :
  • Stik bekas es krim 2 buah
  • 4 dinamo bekas mobil tamiya, sebagai peranti yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak putar (kalo kamu punya ya, kalo tidak punya boleh mengambil dinamo lain dari mainan bekas tidak terpakai lagi)
  • Transmitter 1x Receiver, fungsinya sebagai pemberi dan penerima sinyal
  • Propeller 5,5 cm
  • Baterai Lithium Polymer 3,7V 500A, sebagai sumber arus
  • mobil remot


Alat yang dibutuhkan untuk merakit drone Sendiri Dari Tamiya dan Barang Bekas

Untuk merakit drone, alat yang digunakan juga cukup mudah didapatkan. 
  • Lem plastik untuk merekatkan piranti
  • Gunting
  • Selotip
  • Bor Kayu, untuk melubangi stik bekas
  • Jepitan Kertas
Untuk penggunaan remote control bisa meminta bantuan teman yang paham elemen serta komponen eletronik. Cara membuat drone sederhana sendiri tetap menggunakan remote control sebagai alat kontrol drone. 


Yang perlu diperhatikan Saat Merakit drone sederhana :


Arus Listrik atau Sumber Daya adalah Penopang Utama Drone
Merakit drone baik drone pabrikan, komersil maupun drone sederhana tetap membutuhkan sumber daya berupa arus listrik dalam bentuk baterai. Yang membedakan adalah bentuk dan cara kerja baterainya. Saat ini baterai drone bisa dilakukan dengan re-charge atau isi ulang


Cara Kerja Drone Adalah Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi Mekanik

 Cara membuat drone sederhana menggunakan stik es krim dan baling-baling sebagai piranti terbang. Cara membuat drone sederhan dari stik es krim hampir sama cara kerjanya dengan drone rakitan lainnya yaitu menggunakan dinamo. Dinamo adalah sumber tenaga penggerak. Dinamo ini berkaitan erat dengan kelistrikan. Ketika ada sumber daya maka dinamo akan bekerja. Ketika dinamo bekerja maka energi listrik diubah menjadi energi mekanik. Proses ini ditangkap oleh transmitter dan menyampaikan pesan kerja kepada propeller yang akhirnya turut bergerak berputar.


Aeordinamika Merupakan Salah Satu Prinsip Membuat Drone 
Sebagai pesawat sederhana tanpa awak maka sudah pasti pergerakan drone adalah terbang melintas dan mengitari. Agar drone rakitan bisa terbang maka diperlukan piranti-piranti yang menopang fungsi aerial. 

Drone rakitan menggunakan stik es krim dan baling-baling ditopang adanya propeller sebagai rotor penggerak.


Membuat Drone Sederhana Tidak Terlepas Dari Pengendali

Sebagai pesawat tanpa awak, drone membutuhkan pilot atau pengendali. Drone rakitan juga membutuhkan pengendali. Pengendali yang dimaksud adalah kita sendiri sebagai pilotnya.


Alat atau piranti eksternal yang dibutuhkan agar bisa mengendalikan drone rakitan adalah remote control. Remote control harus terkoneksi dengan transmitter dan receiver pada drone. Cara membuat drone sederhana dari mobil remot artinya remote controlnya bisa menggunakan remot mobil mainan. Sinyal dari remote control, dalam hal ini adalah remot mobil harus sama dengan sinyal pada drone.


Cara membuat drone quadcopter dari barang bekas

Pernah mendengar istilah quadcopter ? Quadcopter merupakan sejenis drone juga. Cara membuat drone quadcopter tidak jauh beda dengan cara membuat drone sederhana. Hanya saja quadcopter membutuhkan frame sebagai penyangga. Teknoplug akan membahas cara membuat quadcopter pada postingan lain.


Saran dan Masukan Untuk Mendapatkan Hasil Terbaik Menggunakan Drone 


Drone memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Membuat drone sederhana memanfaatkan barang bekas seperti dinamo mobil tamiya, stik bekas es krim dan lainnya adalah alternatif. 

Tapi bila ingin memanfaatkan drone untuk tujuan yang lebih khusus seperti pengumpulan data dan informasi untuk rekomendasi tertentu, sebaiknya menggunakan drone rakitan yang telah teruji penggunaannya. Drone rakitan menggunakan kamera dan GPS sebagai alat utama untuk mengumpulkan data. 

Labels: teknologi

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Membuat Drone Sederhana Dari Dinamo Tamiya Dan Barang Bekas. Silakan Berbagi...

3 Comment for "Membuat Drone Sederhana Dari Dinamo Tamiya Dan Barang Bekas"

Merakit drone sendiri itu gak gampang. Sy dan teman2 udah coba buat drone tp bnyk yg bisa terbang. Itu hape teman jadi korban

Daripada merakit drone sendiri capek capek mending beli aja. Kan ada yg murah

kalo untuk belajar dasar, cara membuat drone sederhana dari tamiya ini cocok juga. Tapi kalau untuk profesional atau untuk kegiatan tertentu, sebaiknya beli saja

Software

Back To Top