Download QGIS Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis Berbasis Open Source

Download aplikasi GIS terbaik dan gratis berbasis open source seperti QGIS merupakan alternatif mendapatkan dan mengelola data GIS menjadi akurat. 


Pengelolaan data melalui aplikasi GIS seperti QGIS sangat membantu berbagai keperluan penyajian data.

Apa Itu GIS 

Kepanjangan GIS adalah Geographic Information System. Dalam Bahasa Indonesia sering disingkat sebagai SIG, yaitu Sistem Informasi Geografis (SIG). 


Download Software GIS Terbaik


Baca Juga :

QGIS, Aplikasi GIS Berbasis Open Source Terbaik

Apa itu GIS atau SIG ? Pengertian SIG adalah suatu sistem yang terdiri dari software, hardware, manusia/organisasi dan data yang berfungsi sebagai alat untuk memperoleh, memproses, mengelola, menyimpan, memanggil kembali, memanipulasi dan menganalisa serta menyajikan data dengan referensi data geografis (lokasi/ruang) dan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks. 

Pengertian SIG menurut para ahli antara yaitu :
  • SIG adalah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian (Aronaff, 1989)
  • SIG merupakan sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan (Berry, 1989)
  • SIG adalah sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan, analisis dan penayangan data secara spasial terkait muka bumi (Linden, 1987)
  • GIS adalah sistem informasi yang mendukung pengorganisasian data sehingga dapat diakses dengan menunjuk daerah pada sebuah peta (menurut Alter)
  • SIG adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, manipulasi dan menganalisis informasi geografi (Petrus Paryono)
(sumber : wikipedia)

Singkatnya begini, GIS atau SIG adalah suatu sistem informasi berbasis komputer yang khusus mengkaji dan menyajikan data geografis dan spasial dalam bentuk tabular. Salah satu produk GIS adalah peta. Itu sebabnya produsen peta adalah yang menggunakan dan mengembangkan GIS. 

Tahapan kerja SIG adalah :
  1. Manipulasi data (SIG mampu melakukan fungsi edit untuk data spasial maupun non spasial)
  2. Manajemen Data (pengolahan data non spasial dan penyimpanan file)
  3. Query dan Analisis (analisis tabular, berupa analisis proximity dan overlay)
  4. Visualisasi (untuk data geografis hasil akhir terbaik adalah dalam bentuk peta)
Secara umum, manfaat GIS adalah memberikan informasi yang mendekati kondisi dunia nyata, memprediksi suatu hasil, perencanaan strategis. 

Selain itu, manfaat GIS adalah menjelaskan kondisi ruang, menjelaskan suatu kecenderungan (trend), menjelaskan pola spasial (pattern), menjelaskan permodelan, dan menjelaskan tentang lokasi atau letak, dimana data ini disimpan sebagai data atribut dan digambarkan secara spasial.

Penerapan SIG dan manfaat SIG di berbagai bidang antara lain yaitu : 
  1. Manajemen Tata Guna Lahan
  2. Inventarisasi Sumber Daya Alam
  3. Pengawasan dan Antisipasi Bencana Alam 
  4. Perencanaan Wilayah Kota
Komponen-komponen GIS Yang Harus Diketahui Dalam Mengelola Informasi :
Kemampuan SIG dalam mengelola dan menghasilkan data harus meliputi komponen-komponen GIS berikut ini : 

GIS Membutuhkan Data Untuk Menghasilkan Data
Ya, komponen GIS terkait data ini sangat penting, karena sistem dan pengelolaan data tidak dapat bekerja bila tidak ada data yang diolah untuk dijadikan basis data baru teranalisis. Di atas sudah disebutkan, bahwa GIS adalah suatu sistem jaringan informasi.  

Terdapat 2 jenis data SIG atau GIS, yaitu data spasial dan data non spasial (attribut)
  1. Data spasial adalah gambaran nyata suatu wilayah yang terdapat di permukaan bumi. Umumnya dipresentasikan dalam bentuk grafik, peta, gambar dengan format digital dan disimpan dalam format vektor ( koordinat x, y) atau raster (image).
  2. Data non spasial adalah data berbentuk tabel berisi informasi-informasi yang dimiliki oleh obyek dalam data spasial dan saling terintegrasi. 

GIS Terdiri Dari Pengguna (User) dan Pemanfaat (Konsumen)
Sudah jelas toh, buat apa capek-capek survey sana survey sini, keluar masuhutan naik turun bukit, bawa peralatan seabrek untuk ngumpulin data, kalau tidak ada yang membutuhkan datanya kan ?

Personal (Manusia) dan Organisasi

Ini juga sudah jelas. Pelaku dan pengelola GIS adalah perorangan atau lembaga penyedia data yang menggunakan GIS sebagai basis penyediaan datanya, baik untuk kebutuhan terbatas maupun komersil. 

Metode Pengumpulan Data dan Manajemen Data

Metode yang digunakan dalam SIG atau GIS akan berbeda untuk setiap permasalahan. SIG yang baik tergantung pada aspek desain dan aspek realnya. 


GIS Membutuhkan Hardware (Perangkat Keras)
Hardware merupakan salah satu pendukung utama terciptanya sebuah sistem dan jaringan terkomputasi. Hardware berupa GPS, Plotter, perangkat komputer, sistem jaringan komputer, multimedia, infrastruktur internet dan jaringan internet, alat cetak (printer) dan alat duplikasi (scanner, mesin fotocopy), meja dan sebagainya.

GIS Membutuhkan Software Apps (Perangkat Lunak/Aplikasi GIS)
Selain hardware, software merupakan pendukung utama GIS. Software GIS adalah perangkat lunak atau aplikasi atau alat bantu (tool) yang menggunakan komputer sebagai media kerjanya. Ada banyak software atau aplikasi GIS. Perangkat lunak yang harus tersedia adalah alat untuk memasukkan dan memanipulasi data SIG, Data Base Management System, alat untuk menganalisa data, alat untuk menampilkan data dan hasil analisa. 

Dengan kata lain, kemampuan SIG atau GIS dapat dilihat dari awal proses pengumpulan data dan hasil akhirnya. 

Download Aplikasi GIS  Untuk Pengelolaan Data Dan Pembuatan Peta


Output SIG atau GIS tidak melulu tentang peta. Tapi salah satu produk utama GIS adalah peta. Mengapa ? Karena pada awalnya penggunaan GIS adalah untuk mendukung visualisasi data citra satelit berikut titik koordinat untuk pembuatan peta. 

Sebuah peta menyajikan banyak data dan informasi. Visualisasi sebuah peta merupakan akumulasi dari data lapangan. Data tersebut berupa titik dan titik-titik koordinat terakurasi (menggunakan GPS), citra satelit penginderaan jarak jauh (indraja) yang menunjukkan kondisi awal/eksisting dan menjadi peta dasar, data-data legenda yang menunjukkan batas-batas tertentu, objek dan penampakan tertentu, akses dan fasilitas tertentu, jaringan-jaringan tertentu (misalnya jaringan jalan, jaringan sungai). 

Data geografis yang tadi dikumpulkan dan dianalisis menggunakan aplikasi GIS menghasilkan output berupa petabaik yang sifatnya global maupun tematis (misalnya peta kontur, peta jaringan jalan, peta geologi, peta pemanfaatan lahan, peta ketersediaan lahan, peta administratif dan banyak lagi). 

Kebutuhan mengelola data sangat membutuhkan teknologi terbaru. Itu sebabnya SIG atau GIS ini harus didukung teknologi tinggi. Artinya, pengelolaan data SIG mengharuskan penggunaan software GIS terbaik.

Software GIS terbaik adalah aplikasi SIG yang memenuhi syarat-syarat komponen-komponen GIS yang disebutkan di atas, kompatibel dengan hardware dan Operating System. Juga support dalam berbagai perangkat, baik Komputer PC atau laptop, dan belakangan ini untuk smarphone. Selain itu tools dan fiturnya harus mendukung sistem pengelolaan informasi yang sudah pakem.


Download Software GIS Terbaik

Bagaimana mendapatkan software GIS atau aplikasi SIG ini ? Untuk mendapatkan aplikasi GIS bisa dengan berbayar dan download gratis alias free download.

Saat ini ada banyak aplikasi GIS berbasis web. Contoh software GIS terbaik yang cukup dikenal adalah ArcGIS, ArcMap, ArcView, ArcInfo, MapInfo, dan MapServer. ArcGIS sudah lama dikenal sebagai salah satu best gis software atau software pemetaan canggih terbaik. Saat ini pengembangnya telah merilis ArcGIS 10.3. 

Untuk mengunduh aplikasi GIS free download alias gratis cukup dengan masuk ke situs resmi ArcGis, mendaftarkan diri (sign up) lalu mulailah mencari versi ArcGIS yang diinginkan untuk didownload. Di situs tersebut tersedia produk ArcGIS yang bisa diunduh gratis tapi trial. 


Operator atau pengguna GIS bisa download aplikasi ArcGIS gratis ini di internet melalui situs penyedia software gratisan. Di beberapa situs juga telah menyediakan link untuk free download ArcGIS 10 full version. Meskipun gratis, tetap saja ada batasan karena tidak semua fitur atau tools bisa digunakan. Ini disebabkan harga aplikasi SIG ini sangat mahal. 

Versi gratis full version tersebut harus diupdate dan wajib menyertakan serial number produk aslinya. Itu sebabnya sejumlah pengguna GIS beralih mencari alternatif software GIS terbaik gratis sekelas ArcGIS.


Download Aplikasi GIS Untuk Android

Beberapa vendor sudah merilis aplikasi GIS android. Sasarannya adalah pengguna GIS yang menggunakan smartphoneKeuntungan menggunakan aplikasi GIS android terletak pada kepraktisan dan mobilitasnya, jadi tidak melulu harus di depan PC. Saat ini aplikasi GIS sudah tersedia untuk android.


QGIS, Best Free GIS Software Berbasis Open Source


Mahalnya harga produk aplikasi SIG sekelas keluarga ArcGIS menyebabkan sejumlah ahli GIS dan teknologi GIS bekerja sama dengan produsen software merilis Quantum GIS. Quantum GIS atau QGIS menawarkan sesuatu yang berbeda. QGIS merupakan aplikasi kaya fitur namun gratis. 

QGIS dirilis sebagai software GIS open source.Sejumlah pengguna aplikasi SIG ini mengatakan QGIS adalah software pemetaan alternatif selain ArcGIS dan merupakan salah satu best GIS software gratis terbaik.

Software GIS terbaik ini merupakan program GIS yang user friendly dengan lisensi di bawah GNU General Public License. QGIS merupakan bagian dari proyek tidak resmi dari Open Source Geospatial Foundation (OSGeo). OSGeo sendiri merupakan lembaga non profit yang disponsori sejumlah lembaga pengguna GIS dari beberapa negara. Selain sponsor juga terdapat donatur lintas negara.

QGIS telah menjelma sebagai software GIS terbaik alternatif karena aplikasi GIS yang satu ini mendukung sejumlah format data. Selain itu, QGIS juga mampu membaca sejumlah format data dari beberapa aplikasi lainnya.  Meskipun open source dan multi OS, QGIS tidak bisa dianggap enteng. Saat ini tersedia QGIS desktop dan  juta telah merilis aplikasi GIS android.

Cara Download QGIS Software Terbaik Gratis 

Bagaimana cara mendapatkan software GIS QGIS ini ? ini beberapa informasi spek minimum QGIS sebelum men-download-nya.

  • Ketersediaan : Free / Gratis
  • Lisensi : GNU General Public License
  • Operating System (OS) : Windows, Linux, Mac OSX, Unix
  • Dapat Membaca Format Data : Shapefile, MapInfotable, KML, AutoCAD DXF
  • Support Format Data : GeoTIFF, ECW, DTED, DEM, JPEG2000, Arc/Info Grid 
  • Support Mobile Format for Android 


Cara download software GIS terbaik Quantum GIS (QGIS) ini secara gratis bisa langsung ke websitenya di qgis.org.  Di webGIS tersebut tersedia fitur tutorial dan training manual. Selain itu juga terdapat komunitas pengguna QGIS dan dapat berinteraksi di dalamnya.  Nah, kalau ingin mengikuti tutorial lengkapnya dalam versi bahasa Indonesia bisa ke QGIS Tutorial And Tips. 
Labels: Software, teknologi

Thanks for reading Download QGIS Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis Berbasis Open Source. Please share...!

5 Comment for "Download QGIS Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis Berbasis Open Source"

Udah pernah coba software gis yang ini, tapi gak pernah berhasil. Bikin patah semangat

Kelompok kerja saya masih pakai arcgis belum pernah coba download yang lain. Kalau nurut kata teman saya software pemetaan terbaik masih arcgis. Apa karena dia belum coba software pemetaan selain gis ya jadi kayak fanatik gitu hehe

Bolehlah...sebanding dgn software desain grafis yg biasa gw pakai

udah saya coba tadi gan tapi kok gak support , apakah agan tau kndala d mna ?
kunjungi blog saya

http://desymelindasari95.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

Dan kunjungi juga website kamus saya
http://www.atmaluhur.ac.id

terima kasih atas waktunya,
kemungkinan failed pada saat download atau instalasinya bu, coba dicek kembali apakah perangkat laptop sudah kompatibel dengan spesfikasi yang disyaraatkan.

Back To Top