test

Cara Upgrade HP 3G Ke 4G Di Android dan Iphone

Cara Upgrade HP 3G Ke 4G

Cara mengubah hp 3g menjadi 4g di Android dan iPhone merupakan alternatif solusi untuk mendapatkan sinyal internet cepat 4g LTE tanpa membeli ponsel baru.

Trik mengubah mengupgrade HP 3G menjadi 4G ini diulas karena adanya keluhan terhadap akses internet cepat yang ternyata tidak cepat alias loading lama.

Meningkatnya kebutuhan layanan internet cepat menyebabkan provider penyedia jasa internet mengembangkan teknologi broadband. Salah satunya yaitu layanan internet cepat 4G. Tapi tidak semua ponsel dapat menggunakan layanan 4G ini, khususnya smartphone yang jaringannya masih 3g.
Mengubah HP 3G Menjadi 4G

Kebutuhan akan internet cepat memang lambat laun menjadi salah satu kebutuhan para pengguna internet. Layanan internet 4g perlahan-lahan diminati para pengguna seluler, meskipun perangkat ponsel yang mereka gunakan masih menggunakan jaringan 2G/3G. Banyak yang belum tahu bahwa untuk mendapatkan akses internet cepat dari provider penyedia jaringan 4G, ponselnya harus support jaringan 4G.

Baca Juga :


Ketahui Terlebih Dahulu Apa Itu 3G dan 4G Untuk Internet Cepat

Menurut Wikipedia, 3G (third generation technology) atau teknologi generasi ketiga merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh ITU (International Telecomunication Union) untuk diaplikasikan pada jaringan telepon seluler. Teknologi jaringan ini merupakan teknologi nirkabel versi ketiga, mengalahkan jaringan GSM dan GPRS (jaringan pendahulunya). Jaringan 3G memungkinkan pengguna ponsel memiliki akses cepat internet dengan bandwith sampai 384 per detik baik pada kondisi diam atau bergerak secapat pejalan kaki, sehingga dapat digunakan untuk fasilitas menonton video atau berkomunikasi melalui video (video call).

Masih menurut Wikipedia, 4G (fourth generation technology) atau teknologi generasi ke-empat merupakan standar teknologi jaringan seluler pengembangan teknologi 3G dan 2G. Sistem teknologi jaringan 4G menggunakan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, misalnya smartphone dan laptop menggunakan USB.

Ada 2 standar 4G yang dikomersilkan di dunia, yaitu WiMax (Korea Selatan, 2006) dan Long Term Evolution atau LTE (Swedia, 2009).

Di Indonesia, WiMAX pertama kali diluncurkan melalui PT. First Media dengan merek dagang Sitra WiMAX (sejak Juni 2010). Sementara teknologi LTE pertama kali diluncurkan melalui PT. Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE (sejak November 2013). Barulah setelah itu sejumlah provider mulai mempromosikan produk 4G-nya.

Ada 4 perilaku pengguna ponsel pelanggan internet setelah munculnya layanan 4G


  1. Membeli kartu perdana internet 4G menggunakan hp support jaringan 4G sembari minta bantuan cara mengaktifkan kartu 4G
  2. Membeli HP support internet 4G dan meninggalkan atau menjual hp yang cuma support internet 2G/3G
  3. Bertanya atau minta bantuan cara mengubah kartu 3G menjadi 4G (objeknya adalah kartu kuota, umumnya pertanyaan atau bantuan yang diminta antara lain cara mengubah sinyal 3G menjadi 4G, upgrade kartu 3G ke 4G  )
  4. Minta bantuan cara upgrade hp 3G ke 4G (objeknya adalah perangkat hp, umumnya pertanyaan atau bantuan yang diminta yaitu cara upgrade hp 3G ke 4G)

Bila pengguna internet cenderung memiliki perilaku nomor 4, maka artikel ini mungkin bisa menjadi solusi mengakses internet sinyal 4G tanpa membeli perangkat smartphone baru. Lalu bagaimana cara upgrade hp 3G ke 4G untuk semua perangkat smartphone ? 

Cara Mengubah HP 3G Ke 4G Di Android

Cara setting 4G pada smartphone android dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu setting 4G pada menu Pengaturan dan setting melalui tombol dial. 

Cara Mengubah HP 3G menjadi 4G melalui setting pada menu Pengaturan

  • Ketahui terlebih dahulu apakah jaringan 4G sudah tersedia di wilayah, dan pastikan juga apakah provider internet broadband (operator penyedia jasa internet) telah menyediakan fasilitas 4G di kartu SIM. Saat ini sejumlah operator telah melakukan setting otomatis di kartu SIM. Bagi pengguna kartu SIM masih menggunakan teknologi 3G, beberapa operator menyediakan layanan call center sehingga pelanggan operator dapat mengikuti panduan cara upgrade kartu 3G ke 4G
  • Pastikan kartu seluler (kartu SIM atau SIM card) yang dijadikan sebagai sumber akses internet sudah terpasang di smartphone (HP atau tablet. Perlu diketahui bahwa saat ini sejumlah vendor smartphone telah memproduksi ponsel atau tablet dengan dual slot (2 slot) atau 3 slot, dengan slot utama support jaringan internet pada slot 1.
  • Masuklah pada menu Pengaturan/Setelan atau Setting. Menu ini pada sejumlah perangkat ponsel memiliki ikon yang berbeda. Setelah itu pilih menu Jaringan dan Nirkabel. Lihat preferred network type ada pilihan LTE (preferred)/WCDMA/GSM, lalu pilih LTE. Pada lokasi yang sudah support 4G, biasanya pilihan ini otomatis. 

Cara Upgrade HP 3G Ke 4G melalui Dial

Cara setting 3G menjadi 4G pada smartphone android juga bisa dilakukan menggunakan dial. Caranya yaitu ketik *#*#4636# secara otomatis (tanpa menekan tombol call) akan keluar menu "testing". Terdapat beberapa pilihan di tampilan tersebut. Silakan pilih phone information. Lalu pilih "Jaringan" dan pilih "LTE only". Untuk menyimpan pilihan tersebut lalu pilih back. Setelah itu jaringan LTE sudah dapat digunakan.

Lalu, apakah cara setting 4G tersebut hanya dapat dilakukan pada smartphone android saja ? Ternyata cara mengubah 3G ke 4G bisa dilakukan pada smartphone dengan iOS lain, yaitu iPhone atau iPad.

Cara Upgrade HP 3G Ke 4G pada iPhone/iPad

Cara mengupgrade HP 3G ke 4G bagi pengguna iPhone/iPad dapat masuk melalui Menu. Kemudian pilih aplikasi Setting, lalu pilih menu Cellular. Setelah itu pilih menu Voice & Data, lalu ganti sinyal menjadi 4G LTE (pada sejumlah iOS, menu tersebut ditulis Enable LTE). Dengan melakukan pengaturan tersebut, pengguna smartphone iPhone/iPad sudah dapat menggunakan teknologi jaringan 4G LTE. 

Cara Upgrade HP 3G Menjadi 4G Perlu Mempertimbangkan hal berikut ini 

Bagi para pelanggan internet seluler, tindakan bijak berikut perlu dipertimbangkan dalam memanfaatkan internet cepat : 
  • Mengetahui terlebih dahulu jenis jaringan yang ada di wilayah pengguna. Apakah sudah support 4G atau belum.
  • Sebelum membeli hp smartphone atau tablet, ketahui terlebih dahulu spek perangkat yang akan dibeli. Apakah sudah support internet atau belum. 
  • Mengetahui terlebih dahulu produk dan layanan operator internet. Apakah teknologi jaringan internet broadband-nya cukup memadai atau tidak, apakah memiliki layanan call center.  
  • Bijaklah berinternet. Internet cepat bisa berdampak positif, juga bisa berdampak negatif. Salah satu dampak negatifnya antara lain memicu upload dan download konten pornografi dan berita hoax. 
  • Anak-anak pengguna internet perlu pengawasan ketat dari orang tua agar tidak terjadi hal-hal negatif dalam perkembangan anak-anak.
Labels: Internet, Smartphone, Trik Internet

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Upgrade HP 3G Ke 4G Di Android dan Iphone. Silakan Berbagi...

5 Comment for "Cara Upgrade HP 3G Ke 4G Di Android dan Iphone"

baru tahu nih ternyata kartu 4G harus support sama hapenya. Untung udah dikasih tau cara mengubah hp 3G nya jadi 4G sama tukang counter.

Gw udah pake hape yg 4G sih. Jadi gak perlu setting hapenya ke 4G. Cuma setting otomatis dr kartunya aja.

hoax....mau ganti 3g ke 4g... solusinya cuma satu.... ganti hp

baru tahu kalo untuk hp android samsung ttp bisa ya?

Software

Back To Top