test

Mempercepat Koneksi Internet PC Pengguna Wifi Dengan Mudah

Mempercepat Koneksi Internet di PC


Mempercepat koneksi internet PC cukup mudah dilakukan. Caranya adalah dengan mengoptimalkan perangkat PC dan komponennya, serta memahami jenis koneksi internet yang digunakan. Dipastikan kecepatan akses internet akan bertambah.


Mempercepat Koneksi Internet PC Pengguna Wifi


Bagi pengguna internet saat ini diberikan berbagai pilihan paket internet cepat, antara lain paket kuota internet 4G LTE dan internet wifi.

Baca Juga :

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Telkomsel/Indosat/3 

9 Faktor Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Wifi/Gadget

Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan 3 Trik Rahasia

Namun sebelum membahas mengenai trik meningkatkan kecepatan akses internet terlebih dulu kita ulas kembali  apa itu PC, komponen dalam PC, apa itu akses internet, apa itu internet wifi, dan penyebab internet lambat di komputer.

Apa itu Komputer, Komputer PC dan Laptop

Komputer adalah pengolah data berdasarkan prosedur yang sudah dirumuskan. Jenis komputer terkenal adalah mikrokomputer kelas home computer atau PC (Personal Computer).

Komputer Desktop (desktop computer) dan laptop (portable computer) adalah jenis PC paling terkenal dan paling sering dipakai dalam mengolah data sehari-hari. Perangkat maupun komponen internal laptop dan desktop hampir sama, yang membedakan adalah desain serta wadah/casing serta peletakan komponennya. 

Cara kerja PC yaitu memanfaatkan energi listrik menjadi energi mekanik. Saat komputer dinyalakan secara otomatis seluruh komponen akan mendapatkan supply power berupa arus listrik. Arus listrik yang didapatkan akan membuat komponen bekerja untuk membaca data yang tersedia dalam perangkat (boot).

Hardware dan Software dalam PC

Perangkat keras dalam PC yaitu Baterai, Adaptor, Layar Monitor, Keyboard, port USB, Motherboard, Memori VGA (Video Graphics Array) dan Kartu Grafis, Hardisk atau Memori penyimpanan (storage), Processor, Kipas Pendingin (fan cooler), Modem internal untuk akses internet, Casing/Kasing/Kotak, CD Rom serta Perangkat tambahan lain sebagai pendukung (misalnya kamera, speaker dan lainnya).

Selain perangkat keras, komputer PC memiliki sistem pengoperasian atau OS (Operating System). Saat ini OS paling sering digunakan adalah OS Windows, Mac dan Linux. 

Perangkat lunak (Software) dalam komputer PC OS Windows (Windows 7, Windows 8 dan Windows 10) antara lain software paket kerja keluaran Microsoft untuk mendukung pembuatan dokumen dan presentasi (MS Word), pengelola dan pengolahan data (Excel), desain (Publisher), aplikasi desain grafis dan masih banyak lagi. 

Selain itu, untuk mendapatkan informasi menggunakan layanan internet dalam PC juga disematkan aplikasi  internet browser. Contohnya antara lain Chrome, Mozilla, Internet Explorer dan banyak lagi. 

Mengakses Internet di PC 

Perangkat Komputer PC (Desktop dan Laptop) terdiri atas hardware dan software yang saling mendukung pengoperasiannya. Selain saling mendukung kinerja operasional, ternyata perangkat keras maupun perangkat lunak dalam PC turut mempengaruhi kecepatan akses internet untuk mengambil data internet dan mentransfer serta mengolahnya. 

Pengguna PC (Desktop dan Laptop) saat ini dimanjakan dengan kemudahan menikmati layanan internet karena tersedianya software pendukung akses internet serta pengaturan tertentu dalam perangkat tersebut. 

Salah satu layanan internet yang paling sering digunakan melalui PC adalah wifi. Bila sebelumnya pengguna PC bisa mendapatkan internet dengan modem eksternal, sekarang pengguna PC bisa mengakses dunia maya dengan wifi meskipun tanpa harus berlangganan wifi. Mengapa ? karena internet wifi yang disediakan oleh provider  internet broadband sudah bisa diakses melalui wifi hotspot. 

Apa Itu Akses Internet dan Internet Wifi

Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat mengkases informasi melalui jaringan internet. Satuan kecepatan internet adalah bps (bit per second), artinya jumlah bit data yang ditransfer atau dipindahkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Berdasarkan saluran internet, kecepatan akses internet terdiri atas Dial Up, ASDL (Asymetric Digital Sucriber Line), GPRS (General Pocket Radio Service), 3G, HSPA (High Speed Packet Acsess), WLAN (Wireless LAN), dan Broadband Internet.

Kecepatan akses internet berbeda beda tergantung pada saluran atau jenis sambungan. Jenis kecepatan koneksi internet berdasarkan saluran yang digunakan antara lain :

Ada 2 Kategori Kecepatan akses internet 

Kecepatan akses internet itu ada 2 jenis, yaitu downstream dan upstream.
  1. Kecepatan akses internet downstream, yaitu kecepatan internet saat mengambil data-data dari server internet menuju perangkat komputer. Internet browsing, penelusuran di search engine merupakan contoh downstream.
  2. Kecepatan akses internet upstream, yaitu kecepatan internet saat mengirimkan data-data dari komputer menuju server internet. 

Apa itu Internet Wifi dan Cara Kerja Internet Wifi

Internet wifi atau wi fi (singkatan dari wireless fidelity) adalah pengembangan isitlah Hi-Fi yaitu teknologi jaringan nirkabel. Bila awalnya Wifi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan LAN (Local Area Network), saat ni teknologi jaringan memudahkan pengguna gadget mendapatkan akses internet wifi melalui wifi hotspot.

Cara kerja wifi adalah menggunakan gelombang radio, dimana komputer berikut adaptor nirkabel (modem) menerjemahkan data yang dikirim menjadi sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan dikirim melalui antena router (antena decoder). Setelah diterjemahkan, data akan dikirim ke internet melalui koneksi ethernet kabel.

Kecepatan Koneksi Internet Wifi

Internet wifi memiliki beberapa spesifikasi kecepatan dan frekuensi. Jenis kecepatan koneksi internet wifi adalah :

  1. Koneksi internet tipe 802.11a, kecepatannya 54 Mbps pada frekuensi bandwith 5 GHz dan kompatibilitas A.
  2. Koneksi internet tipe 802.11b, kecepatannya 11 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas B
  3. Koneksi internet tipe 802.11g, kecepatannya 54 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas b, g
  4. Koneksi internet tipe 802.11n, kecepatannya 100 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatbilitas b, g, a

Apa Yang Menyebabkan Akses Internet di PC menjadi lambat ? 

Masalah bagi pelanggan dan pengguna layanan internet adalah tiba-tiba kecepatan akses internetnya menjadi lambat. Misalnya saat sedang browsing atau gaming. Hal ini bisa disebabkan oleh :

  1. Spek Perangkat/komponen yang tidak mendukung
  2. Sistem Operasi (OS) yang tidak maksimal, bisa terjadi karena adanya virus. Bisa juga terjadi karena ada file error
  3. Penggunaan Aplikasi/Software baik Software Offline maupun Online yang berlebihan
  4. Menggunakan Browser Internet dengan multi tab
  5. Adanya Virus, Junk Files (file sampah) dan malware
  6. Pemilihan paket atau kuota internet yang tidak tepat 
  7. Ketersediaan jaringan dan infrastruktur dari provider internet

Ternyata layanan wifi juga bisa lemot, sama seperti penggunaan internet selular di android. Mendapatkan internet cepat ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Namun jangan cepat khawatir dan lekas menyalahkan provider. Siapa tahu kesalahannya bukan pada provider tapi perilaku pengguna internet itu sendiri.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC Windows 7/8/10 

Trik mempercepat koneksi internet berikut ini bisa diterapkan agar internetan menggunakan koneksi wifi tetap kencang. Selain di PC, langkah ini juga bisa digunakan di perangkat gadget (smartphone dan tablet).

Di atas telah diuraikan bahwa dalam PC desktop/laptop baik yang menggunakan OS Windows 7, OS Windows 8, OS Windows 10 terdapat sejumlah perangkat keras dan perangkat lunak yang saling mendukung.

Demikian pula dalam mengakses internet. Hardware dan software dalam PC juga bekerja saling mendukung. Hardware paling penting saat mengakses internet adalah Sistem Operasi (OS), motherboard, prosesor, hard disk, RAM/ROM, Memori VGA dan Kartu Grafis.

Sekedar tips ringan, cara mempercepat koneksi internet pada windows 7 adalah memastikan spek perangkat yang dimaksud benar-benar sudah mendukung. Penggunaan software juga harus tepat sesuai kebutuhan. Perlu diketahui bahwa ada sejumlah aplikasi yang tidak support dengan OS Windows 7.

Cara mempercepat koneksi internet pada Windows 8 tidak jauh beda dengan Windows 7. Yang perlu diperhatikan, ada software yang juga tidak bisa digunakan di Windows 8.

Cara Mempercepat koneksi internet pada PC Windows 10 hampir sama dengan  yang dilakukan pada Windows 7 dan 8. Pastikan spek sudah support Windows 10, karena OS Windows 10 termasuk OS berat. Syarat minimal instalasi Windows 10 antara lain RAM minimal 1 Gb, hardisk 16 Gb, kartu grafis support API directX 9 ke atas.

Yang pasti, lakukan upgrade terhadap Sistem Operasi dan ganti perangkat-perangkat yang rusak agar akses internet cepat yang diinginkan dapat diperoleh.

Berikut itu merupakan trik mempercepat koneksi internet PC bagi pengguna layanan internet wifi.

1. Cara Mempercepat Koneksi Internet Dengan CMD

Mempercepat Koneksi Internet Dengan cmd ping bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Melalui cmd dapat diketahui IP Address. Fungsi cmd berperan meningkatkan kecepatan akses internet melalui ping. Selama menggunakan internet, biarkan cmd yang sudah melakukan ping tetap terbuka.

2. Gunakan Aplikasi Untuk Mempercepat Koneksi Internet 

Untuk mempercepat koneksi internet dapat menggunakan aplikasi. Aplikasi untuk mempercepat koneksi internet khususnya pengguna internet wifi di PC maupun gadget bisa didapat di sejumlah situs. Salah satu penyebab kecepatan akses internet lambat adalah iklan. Iklan membuat tidak nyaman. Selain itu, adanya iklan melayang atau iklan pop up menyebabkan sejumlah bandwidth terpakai alias terbagi. Agar internetan kencang, aman dan nyaman maka gunakan aplikasi blokir iklan (Ads Block). Selain itu gunakan pula internet booster. 

Selain itu, bagi internet user yang gemar download file berkapasitas besar bisa menggunakan aplikasi download manager, misalnya Internet Download Manager (IDM) yang sangat terkenal karena kelebihannya melakukan download cepat tanpa melalui browserSelain itu setting kecepatan dan bandwidth bisa dilakukan di software ini sehingga memungkinan melakukan download lebih dari satu file secara bersamaan.

3. Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC Menggunakan Gunakan Penguat Sinyal

Mempercepat koneksi internet di perangkat PC bisa dilakukan dengan menggunakan penguat sinyal. Penguat sinyal sederhana yang bisa dibuat tanpa biaya mahal dan bisa dibuat sendiri adalah menggunakan bahan kaleng dan kabel USB panjang.

Cara ini juga untuk berguna untuk  menghindari overheating (kelebihan panas) pada perangkat dan modem. Perlu diketahui bahwa overheating bisa membuat perangkat menjadi cepat panas. Bila perangkat panas maka proses pengumpulan data internet menjadi lambat.

Selain membuat alat penguat sinyal, alat penguat sinyal wifi (wifi booster/wifi extender) atau internet booster di PC juga bisa dibeli. Contohnya adalah TP-Link TL-WA860RE Range Extender milik produsen perangkat jaringan TP-Link. Alat ini jangkauannya lebih luas dibandingkan wifi extender sejenisnya. Cukup dengan mencolokkannya di sambungan listrik di rumah dan kecepatan koneksi internet dipastikan bertambah.

4. Atur Posisi Modem (Router) Antena Untuk Menambah Koneksi Internet Menjadi Maksimal di PC 

  1. Pastikan antena modem (router) dalam posisi tegak dan lurus. Posisi ini akan membuat kecepatan internet stabil. 
  2. Letakkan router di tempat yang memiliki celah terbuka dan tidak terhalang oleh material seperti kayu, besi dan batu. 

5. Mempercepat Koneksi Internet di PC Melalui Setting DNS

Mempercepat koneksi internet dengan mengubah pengaturan DNS (Domain Name System) di PC. DNS digunakan untuk pencarian nama komputer yang menggunakan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). 

Mempercepat koneksi internet di PC pelanggan wifi bisa dilakukan melalui settingan DNS Properties pada pilihan Internet Options di Control Panel Start Up Windows (Bagi pengguna OS Windows).

Trik menambah kecepatan akses internet di PC caranya adalah sebagai berikut  :

  1. Klik Start Up Windows lalu pilih Control Panel
  2. Setelah itu Pilih Network and Internet, lalu klik Network and Sharing Center
  3. Pilih Koneksi Internet (Acces type Connections/Internet Types) kemudian klik Properties
  4. Pada Properties Internet, akan terlihat pengaturan IP dan DNS di komputer (PC). Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik Properties
  5. Setelah itu pilih Use the Following DNS Server Address. Pada kolom ketika angka ini :
  6.  Preferred DNS Sertver : 208.67.222.222 / Alternate DNS Server : 208.67.220.220
  7. Setelah itu pada pilihan tadi (poin 4) klik kanan Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) lalu pilih Properties
  8. Isi angka berikut : Preferred DNS Server : 2620:0:ccc::2 / Alternate DNS Server : 2620:0:ccd::2

Mempercepat koneksi internet di PC selesai. Cara ini akan membuat kecepatan akses internet menjadi meningkat.

Nah, itulah beberapa trik mempercepat koneksi internet di PC khususnya bagi pelanggan internet wifi. Caranya cukup mudah dan sederhana.

Kesimpulan

Untuk Mempercepat Koneksi Internet Agar Mendapatkan Kecepatan Maksimal di Komputer, perhatikan hal berikut :

[1] Mempercepat Koneksi Internet PC Pengguna Wifi Dengan Memilih Paket Internet Wifi Kecepatan Tinggi

  1. Sebelum pasang wifi, ketahui dulu provider internet broadband penyedia wifi yang ada. Pelajari sejarah perusahaan, infrastruktur jaringan yang dimiliki, dan layanan pelanggan yang mereka sediakan. Banyak pelanggan yang pasang wifi hanya untuk mendapatkan akses internet saja tanpa mengetahui latar belakang perusahaan
  2. Pasang wifi setelah menentukan paket internet yang ditawarkan seusai kebutuhan. Provider internet wifi biasanya menawarkan paket berdasarkan kecepatan internetnya. Setiap paket kecepatan akan berbeda harganya. Semakin tinggi kecepatan akses yang dipilih, bayarannya semakin tinggi. 
  3. Gunakan layanan pelanggan yang dimiliki provider. Provider internet broadband penyedia jaringan wifi yang baik biasanya memiliki layanan pelanggan online. Kapan saja ada masalah, petugas atau teknisi akan langsung datang ke lokasi terjadinya komplain. Pada saat mereka datang, pelanggan bisa bertanya trik mempercepat koneksi internet.
  4. Upload dan download file sesuai kecepatan akses internet wifi yang dimiliki. Misalnya, mendownload file 100 Mb paket Home Speedy Telkom kecepatan 100 Mbps tentu sangat cepat dibandingkan kecepatan 256 Kbps. Mendownload file lain dengan kecepatan 256 Kbps membuat internet lambat dan file mengantri, sementara kecepatan 100 Mbps masih bisa mendownload file 100 Mb yang lain.

[2] Cara Mempercepat Koneksi Internet di Komputer Dengan Menggunakan Perangkat PC Yang Spek-nya Mumpuni 

Mengetahui spek perangkat dan kondisinya akan lebih bijak daripada melulu mengeluh dan menyalahkan provider. Spek perangkat yang perlu diperhatikan dan dioptimalkan untuk mempercepat koneksi internet di perangkat PC yang digunakan yaitu :
  1. Gunakan RAM di atas 2 Gb. Saat ini RAM standar di perangkat PC desktop maupun laptop adalah 2 Gb. Ini untuk mengantisipasi lambatnya sejumlah aplikasi yang dijalankan saat online. Menggunakan RAM 4 Gb hingga 8 Gb membuat performa perangkat sangat tinggi dan membantu mempercepat koneksi internet. 
  2. Upgrade Operating System (OS). Gunakan OS yang kompatibel didukung spek perangkat, sehingga saat browsing internet maupun menjalankan aplikasi online bisa berjalan lancar. Misalnya, menggunakan perangkat dengan OS Windows 10 tentu akan lebih cepat performanya dibandingkan menggunakan OS Windows 7 atau Windows Vista.  Kebanyakan pengguna internet mengeluhkan internetnya lambat, padahal mereka sedang membuka sejumlah aplikasi dengan file besar tapi spek komputernya yang tidak support. Namun bila dirasa OS Windows terlallu berat, gunakan OS yang lebih ringan.
  3. Gunakan prosesor kecepatan tinggi. Prosesor sangat penting untuk mendukung berjalannya sistem saat mengoperasikan sejumlah aplikasi. Prosesor Intel i3 kecepatan 2,3 GHz lebih kencang dari pada Intel Atom 1,6 GHz.
  4. Percepat koneksi internet pada PC Windows 7, 8, 10 pelanggan Wifi dengan menggunakan ruang penyimpanan (Hard Disk) yang besar
  5. Ganti perangkat yang rusak. Komponen Komputer PC (desktop dan laptop)  umumnya mudah terbakar karena merupakan komponen elektronika yang berhubungan dengan arus listrik.
Mempercepat koneksi internet di Android juga bisa meniru trik ini. Yang membedakan adalah spek hardware-nya saja. 

[3] Mempercepat Koneksi Internet di PC/Gadget Pengguna Layanan Wifi Yaitu Gunakan Aplikasi Seperlunya 

Aplikasi atau software merupakan perangkat lunak yang membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan. Software dapat berbentuk aplikasi desktop, aplikasi web maupun full version dan bisa terhubung ke internet. Trik mempercepat akses internet di PC bagi pelanggan wifi yaitu :
  1. Tentukan dan gunakan aplikasi sesuai kebutuhan. Membuka 2 aplikasi online sejenis dengan fungsi, tujuan dan tools yang sama akan mubazir. Selain memperlambat kinerja laptop, penggunaan bandwidth internet juga akan terbagi sehingga menyebabkan internetan jadi lemot. Untuk mengatasi sekaligus mempercepat koneksi internet yang lemot, pilih aplikasi utama saja. Bila terdapat lebih dari satu aplikasi utama dengan fungsi dan tujuan yang sama, sebaiknya tutup aplikas lain yang saat itu tidak digunakan. 
  2. Tidak menggunakan multi tab secara berlebihan saat browsing menggunakan browser. Karena selain menggunakan kapasitas ruang penyimpanan bandwidth juga terbagi. Untuk mengatasi sekaligus mempercepat koneksi internet yang lambat karena membuka tab secara banyak dalam waktu bersamaan, sebaiknya tutup setiap tab yang sudah diakses dan disimpan data dan informasinya saat akan membuka tab lainnya.
  3. Gunakan web browser ringan dan bisa memperkecil data situs yang dibuka. Contohnya adalah peramban Baidu. Kompres data yang dilakukan peramban Baidu menyebabkan waktu yang dibutuhkan untuk mengakses keseluruhan konten dapat dipersingkat.

[4] Trik Mempercepat Koneksi Internet di Komputer PC Pelanggan Wifi yaitu Melakukan Aktivitas Online Sesuai Kebutuhan 

  1. Upload dan Download file sesuai bandwidth sangat membantu mempercepat koneksi internet. 
  2. Bukalah situs yang menyediakan link eksternal menuju aplikasi dan informasi yang diinginkan. Konten yang terdiri dari teks, gambar, video dan audio dalam satu halaman web akan terasa berat. Pada saat yang bersamaan sejumlah bit dari bandwidth akan diproses, sehingga saat membuka situs lain di tab atau jendela tab lain baik di dalam browser (multi tab) atau jendela browser baru koneksi internet menjadi sangat lambat. 
  3. Tutup aplikasi online, tab browser, dan aplikasi start up yang tidak digunakan

[5] Percepat Koneksi Internet Dengan Membersihkan Junk Files, Cache dan Virus di Komputer

Setiap aktivitas online akan menyisakan cache pada browser, junk files pada memori, dan virus. Trik mempercepat koneksi internet wifi di PC Desktop maupun Laptop yaitu :
  1. Lakukan scanning menyeluruh terhadap sistem, drive, folder dan file menggunakan tools untuk mengetahui apakah ada kerusakan sistem, ada virus atau tidak, serta file sampah (junk files) di PC.
  2. Gunakan Anti Virus terbaik dan ringan untuk membersihkan file-file tadi. Anti Virus yang ringan dan cepat membasmi virus sekaligus menjaga keamanan perangkat saat internetan antara lain Baidu Anti Virus, AVG dan Avast.
  3. Hapus Cache saat membuka browser. Menghapus cache saat menggunakan browser sangat membantu mempercepat koneksi internet di komputer pengguna wifi.
Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kecepatan internet yang maksimal bisa diperoleh. Selamat mencoba.
Labels: Internet, Trik Internet

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Mempercepat Koneksi Internet PC Pengguna Wifi Dengan Mudah. Silakan Berbagi...

0 Comment for "Mempercepat Koneksi Internet PC Pengguna Wifi Dengan Mudah"

Software

Back To Top