test

Download Corel Draw, Software Desain Grafis Terbaik Gratis

Aplikasi desain grafis kini menjelma menjadi sebuah alat paling dibutuhkan dan paling sering didownload para desainer.


Mereka menggunakan aplikasi desain grafis terbaik terpopuler baik free download maupun membeli produk original. 




Aplikasi Desain Grafis Terbaik Populer Free Download

Untuk menjadi seorang ahli desain grafis profesional dan handal di perusahaan-perusahaan terkenal, seseorang harus menguasai dasar-dasar ilmu grafis dan memperoleh ilmu grafis tingkat lanjut. Namun seseorang bisa saja menjadi profesional di perusahaan miliknya melalui kursus desain grafis. 


Baca Juga :




Pengertian desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen grafis untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. 

Elemen desain grafis sendiri antara lain tulisan, bentuk, elemen, tekstur, warna dan gambar. Bentuk dalam elemen desain grafis dapat berupa titik dan garis. Titik merupakan unsur rupa tidak tampak, tidak memiliki panjang dan lebar. Bentuk umum sebuah titik adalah lingkaran sederhana tanpa sudut dan arah. Sementara garis adalah perpanjangan dari titik, merupakan jalur yang dibuat oleh gerakan dari titik yang tercatat sebagai grafis. Secara otomatis, garis membimbing mata bergerak dari satu arah ke arah yang lain. Gambaran yang terbentuk tersebut merupakan gambaran desain yang terbentuk dalam otak. Jurusan desain grafis adalah jurusan yang tepat untuk mempelajari elemen grafis. 


Untuk menerjemahkan gambaran tersebut dan menyampaikan pesannya, seseorang akan menuangkannya dalam media apa saja dan dengan alat apa saja. 


Seiring dengan perkembangan teknologi, visualisasi untuk menyampaikan pesan juga membutuhkan alat dan media yang sesuai. Tujuan untuk menyampaikan pesan tersebut juga beragam dan dinamis. Untuk mempermudah detail-detail pesan tersebut tergambar lebih jelas dengan mengkombinasikan elemen-elemen desain grafis, sejumlah produsen software menciptakan aplikasi untuk membuat desain grafis. Mereka berlomba-lomba menciptakan software desain grafis terbaik. 


Kegunaan aplikasi desain grafis sangat banyak sekali. Contoh desain grafis sederhana adalah desain cover buku. Bila di era sebelum 70'an, desain cover buku terlihat sangat kaku dan monoton. Kini desain cover buku sudah sangat dinamis memadukan titik, garis, bidang dan warna. Hal itu bisa terjadi karena editornya menggunakan aplikasi desain grafis. 

Gambar desain grafis lainnya yang bisa dijadikan contoh desain adalah gambar pada blog Teknoplug ini. Teknoplug menggunakan aplikasi membuat desain gambar. Seluruh gambar dalam artikel blog ini merupakan hasil edit gambar mengkombinasikan titik dan garis, memotong bidang, lalu mengkombinasikan bidang-bidang dan foto menjadi gambar baru.


Seorang ahli gambar rumah atau ahli desain interior dan desain eksterior membutuhkan software desain rumah. Bahkan jasa desain logo dan jasa membuat kaos distro pun membutuhkan software ini. Desain logo dan desain gambar kaos distro bisa dibuat menggunakan software secara online di android maupun melalui PC.


Namun agar diketahui, software desain grafis original harganya sangat mahal. Itu sebabnya banyak pengguna aplikasi grafis mendownload-nya melalui internet. Mereka berusaha mendapatkan aplikasi desain grafis free download alias gratis. Download gratis atau free download tidak berarti melakukan fake download atau meretas, tapi karena sejumlah vendor memang menyediakan aplikasi desain grafis secara gratis dalam versi free download. 


Hal yang wajar saja terjadi. Orang Indonesia kreatif, tapi masalah ekonomi merupakan ganjalan utama, mengingat mata uang rupiah sangat jauh perbandingan kursnya dibandingkan US dollar sebagai mata uang transaksi produk software grafis tersebut. 

Contoh Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler Saat Ini 

Macam-macam software grafis untuk membuat desain gambar sangat banyak, tergantung fungsi dan tujuannya. Ada perangkat lunak yang tujuannya hanya mengedit gambar. Ada juga fungsinya untuk membuat gambar. Tools dan fiturnya juga berbeda-beda. 

Contohnya adalah Adobe Photoshop, salah satu software desain grafis terbaik gratis dan masuk kategori aplikasi desain grafis populer saat ini. Adobe Photoshop biasa digunakan sebagai aplikasi desain banner, spanduk , desain stiker dan edit gambar. 


Ada juga Google SketchUp, salah satu aplikasi menggambar 3D populer. Google SketchUp bisa didownload gratis di internet. Tapi untuk memperoleh tools lebih lengkap pengguna harus membeli. 


Diantara sejumlah software grafis populer tersebut, aplikasi desain grafis terbaik populer dan free download adalah Corel Draw. 

Mengapa Corel Draw Menjadi Software Desain Grafis Populer ?

CorelDraw saat ini menjadi salah satu aplikasi pilihan para desainer, baik untuk komersil maupun hobby dan karya. CorelDraw membantu terciptanya karya dan seni hanya dengan mengembangkan titik dan garis.

CorelDraw, atau sebagian orang banyak mengetik atau menulis kata corel draw merupakan sebuah aplikasi desain grafis berbasis garis dan vektor yang menghasilkan gambar. 

Ya, CorelDraw atau biasa juga ditulis corel draw ini adalah aplikasi pembuat vektor atau aplikasi vektor. Corel Draw menciptakan gambar dari sebuah titik. Bisa dikatakan Corel Draw adalah software desain grafis terlengkap, karena juga berfungsi sebagai editor gambar dan bitmap editor. 



Mengenal Sejarah CorelDraw Hingga Menjadi Aplikasi Desain Grafis Gratis Terbaik Terpopuler 

CorelDraw dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak atau software yang bermarkas di Ottawa, Kanada.  Pendirinya, Michael Cowpland, kelahiran Sussex, Inggris seorang engineer yang pindah ke Kanada dan mendapat gelar Ph.D. Michael Copwland seorang engineer dan pebisnis. Dia pendiri lembaga riset Copwland Research Laboratory atau yang kerennya dikenal dengan Corel. (sumber : Komunitas Corel Draw Indonesia, communty.coreldraw,com).

Tahun 1985 Corel Corporation berdiri. Tahun 1987 perusahaan ini merekrut sejumlah programmer untuk proyek software desain grafis yang digagas melalui program Desktop Publishing Corel milik  Corel Corporation. Tahun 1988 software ini dirilis dan menjadi bahan perbincangan di berbagai belahan dunia. Sejak saat itu perusaahan ini fokus pada pengembangan perangkat lunak. (sumber : jagoandesain.com)


Perkembangan CorelDraw

Dalam perkembangannya, Corel Corporation terus berinovasi seiring perkembangan teknologi. Sasaran utama produk mereka adalah para desainer, baik web desainer, fashion desainer, ilustrator, arsitek sampai seniman. Bila dikaji, piranti ini merupakan aplikasi vector art memadukan grafis dengan seni, atau sebaliknya. 

Selain itu, CorelDraw juga dirilis mengikuti perkembangan media desainnya yaitu komputer PC/laptop serta Operating System (OS)-nya. 

Software CorelDraw sudah dirilis dalam beberapa versi. Yang terbaru saat ini yaitu corel draw versi X8 (2016). Spek minimum komputer PC atau laptop yaitu Windows 7 ke atas versi 32-bit atau 64-bit. Proccessor Intel i3 ke ataus atau AMD Athlon 64. Ram minimal 2Gb. Support Microsoft Internet Explorer 11 ke atas. 


Produk Unggulan Corel Draw, Software Desain Grafis Terbaik Terpopuler Free Download

Saat ini Corel Corporation sudah merilis sejumlah produk desain grafis dengan branding Corel Draw. Perangkatnya tidak lagi berkutat pada komputer PC dan laptop, tapi tablet. Selain itu produk juga sudah kompatibel untuk pengguna Iphone dan Mac. 

Salah satu kelebihan Corel Draw adalah selalu memperbarui fitur dan menyempurnakan tools setiap kali merilis produknya. 


Produk software desktop yang dirilis yaitu :

  • Ilustrasi dan Desain : CorelDraw Graphics Suite 2017, CorelDraw Home & Student Suite X8, CorelDraw Graphics Suite X8 - Small Business Edition.
  • Technical Graphics : CorelCAD 2017 (kompatibel untuk Windows dan Mac), CorelDraw Technical Suite 2017, Lattice 3D Studio CAD Corel Edition
  • Corel Website Creator
Tim Corel Corporation juga menyediakan layanan panduan dan tutorial bagi para pengguna pemula maupun profesional. Mereka menyediakan buku dan pelatihan. Selain itu ada juga sertifikasi. Ini sangat cocok bagi para pelamar kerja karena sertifikat keahlian ini sangat mendukung Curicullum Vitae. Sayangnya untuk mengikuti ujian sertifikasi ini membutuhkan biaya besar.


Corel Draw, Software Desain Grafis Terbaik Dan Terpopuler Bisa Didapatkan Dengan Free Download

Untuk mendapatkan perangkat lunaknya dapat mengunjungi langsung web resminya coreldraw.com. Download aplikasinya gratis atau free download . Tapi sayang hanya versi trial selama 15 hari. Lewat dari situ sejumlah fitur dan tools tidak berfungsi. 

Untuk mendapatkan full version bisa kunjungi beberapa blog bahasa Indonesia seperti punya Bagas31.com atau kuuyha.com. Dalam file hasil downloadnya juga disertakan tutorial instalasinya. 



[Penutup] Bagaimana Mengoperasikan Corel Draw, Software Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler Free Download Ini Agar Mendapatkan Keindahan Maksimal

Syarat utama agar mahir mengoperasikan CorelDraw adalah : 
  • Punya komputer PC atau laptop dan bisa mengoperasikannya
  • Punya aplikasi desain grafisnya. 
  • Mengerti apa itu garis, vektor dan grafis
  • Punya visi, intuisi dan passion dalam membuat desain
  • Tidak lelah untuk belajar dan berkarya
  • Mau bertanya dengan yang sudah ahli.  
Syarat-syarat di atas saling terkait, terlepas dari tujuan akhirnya yaitu karya atau produk. Sangat luas memang, tapi hasil akhir Corel Draw pastilah menawarkan keindahan.
Labels: Desain Grafis, Software

Thanks for reading Download Corel Draw, Software Desain Grafis Terbaik Gratis . Please share...!

2 Comment for "Download Corel Draw, Software Desain Grafis Terbaik Gratis "

Setau saya corel draw ini versi gratisnya trial. Lewat 15 hari harus update serial numbernya supaya full version. Kalau gak pakai full version ada fitur yg gak bisa dijalankan. Tapi kalo versi gratis masih bisa kok utk edit atau bikin gambar

Gak gratis2 amat lah software desain grafis terbaik kayak gini full versionnya masih bayar kan...

Back To Top