test

9 Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Wifi

Kecepatan Akses Internet

Kecepatan akses internet wifi, modem dan smartphone android dipengaruhi beberapa faktor. Tapi ketahui dulu apa itu akses internet dan kecepatan koneksi internet.



Kecepatan Koneksi Internet Wifi


Baca Juga :

Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan 3 Trik Rahasia   

Mempercepat Koneksi Internet Android  

Mempercepat Koneksi Internet di PC Pelanggan Wifi



Apa Itu Akses Internet (Pengertian dan Macam Akses Internet)

Kecepatan akses internet di setiap negara berbeda-beda. Demikian pula layanan internet dari provider penyedia jasa internet berbeda-beda. 

Untuk mengetahui kecepatan akses internet, pahami dulu apa itu akses internet, macam-macam akses internet, saluran internet, kecepatan akses internet wifi dan smartphone serta faktor-faktor mempengaruhi kecepatan akses internet pengguna wifi, modem atau smartphone.

Pengertian Akses Internet

Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat mengakses informasi melalui jalur atau jaringan internet. 

Satuan kecepatan internet adalah bps atau bit per second, yang berarti banyaknya bit data yang ditransfer atau dipindahkan dari satu komputer ke komputer lainnya. 

Ada 2 Kategori Kecepatan akses internet 

Kecepatan akses internet ternyata ada 2 macam, yaitu downstream dan upstream.
  • Kecepatan akses internet downstream adalah kecepatan internet saat mengambil data-data dari server internet menuju perangkat komputer. Internet browsing, penelusuran di search engine merupakan contoh downstream.
  • Kecepatan akses internet upstream adalah kecepatan internet saat mengirimkan data-data dari komputer menuju server internet. 

Kecepatan Akses Internet Berdasarkan Saluran 

Kecepatan akses internet berbeda beda tergantung pada saluran atau jenis sambungan. Jenis kecepatan koneksi internet berdasarkan saluran yang digunakan antara lain :
  • Dial Up, merupakan jenis kecepatan akes internet yang menghubungkan komputer ke sambungan internet melalui kabel telepon. Komputer yang digunakan adalah komputer tunggal. Jalur atau saluran internet yang digunakan menggunakan PSTD. Kecepatan kses internet dial up maksimalnya mencapai 56 Kbps. Di Indonesia jalur PSTD ini menghubungkan komputer ke ISP Telkom.
  • ASDL (Asymetric Digital Subcriber Line). Pengertian akses internet ASDL yaitu jenis kecepatan akses internet yang sudah menggunakan teknologi modem dengan saluran internet-nya berada pada frekuensi 34kHz - 1.104 kHz. ASDL memiliki kelebihan berupa kecepatan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan.
  • GPRS (General Packet Radio Service), merupakan komunikasi data dan suara menggunakan gelombang radio. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136. Kecepatan maksimal akses internet gprs adalah antara 56 kbps - 115 kbps. Kecepatan akses pada rentang ini memungkinkan akses internet bisa melakukan pengiriman data multimedia.
  • 3G adalah third gerneration technology. 3G mengacu pada perkembangan teknologi nirkabel (wireless). Kecepatan akses internet koneksi 3G adalah 144 kbps untuk mobile dan 2 Mbps pada kondisi static (diam di suatu tempat).
  • HSPA (High Speed Packet Acsess) adalah hasil pengembangan 3G Release 99 (R99, gelombang pertama 3G). HSPA sejajar dengan Evolution Data Optimized (Ev-Do, perkembangan CDMA). Jaringan HSPA berada pada frekuensi atau saluran akses internet 1.900 MHz hingga 2.100 MHz. Ada juga diantaranya berjalan pada spektrum 859 MHz. HSPA terdiri atas HSDPA (downlink atau arus data turun) serta HSUPA (uplink, atau arus data naik). Pada spektrum HSPA memudahkan akses penjelajahan dunia maya. Serat fiturnya rapi dan canggih sehingga mampu mengurangi biaya transfer data per mega bit. Kecepatan akses internet dengan hsdpa bisa melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 Mbps di lingkungan perumahan.
  • Wireless LAN (WLAN). Teknologi WLAN menggunakan gelombang radio. WLAN didesain modular, fleksibel dan bisa dioptimalkan pada lingkungan yang berbeda. Selain itu juga mampu mengatasi kendala geografis dan instalasi yang rumit. WLAN merupakan teknologi jaringan yang kemudian dikenal dengan Hi-fi dan Wi-fi.
  • Broadband internet adalah teknologi internet yang memiliki koneksi internet kecepatan tinggi karena lebar jalur yang besar. Kecepatan akses internet bisa mencapai 128 kbps atau lebih. Jaringan ini bisa digunakan para gamer online, streaming video, movie online. Di Indonesia teknologi broadband yang umum digunakan adalah teknologi DSL, teknologi kabel dan fixed wireless.

Apa itu Internet Wifi dan Internet Smartphone

Internet Wifi atau wi-fi adalah singkatan dari wireles fidelity, yang merupakan pengembangan istilah Hi-FI yaitu sebuah teknologi jaringan nirkabel. Wi-fi mengacu pada standar 802.11. Awalnya wifi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Local Area Network (LAN, jaringan area lokal). Namun saat ini teknologi jaringan membuat gadget atau portable bisa mengakses internet melalui wifi hotspot.

Cara kerja wifi sama dengan smartphone atau ponsel yaitu sama-sama menggunakan gelombang radio. Cara kerjanya adalah komputer berikut adaptor nirkabel (modem) menerjemahkan data yang dikirim menjadi sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan dikirim melalui antena router (antena decoder). Setelah diterjemahkan, data akan dikirim ke internet melalui koneksi ethernet kabel. 

Smartphone adalah telepon genggam dengan perangkat-perangkat hampir menyerupai komputer dan bekerja menggunakan sinyal radio. Smartphone merupakan pengembangan dari ponsel jadul yang multifungsi dilengkapi fitur-fitur multimedia. Dengan kata lain, smartphone memiliki kelengkapan yang support terhadap layanan internet dengan saluran internet yang telah ditentukan.

Bila dulu sebuah ponsel hanya bisa menikmati internet melalui saluran GPRS dan 3G, saat ini smarphone sudah berkembang maju dan bisa mengakses layanan internet pada jalur HSPA (HSDPA dan HSUPA), atau 4G. Kecepatan koneksi internet 4g jauh lebih cepat dibandingkan GPRS maupun 3G. Seperti halnya komputer PC atau laptop, Smartphone juga telah diproduksi agar bisa terkoneksi internet melalui wifi hotspot.



Kecepatan Akses Internet Wifi

Internet wifi memiliki beberapa spesifikasi kecepatan dan frekuensi. Spesifikasi kecepatan koneksi internet wifi ini yaitu :


  • Koneksi internet wifi tipe 802.11a. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 5 GHz dan kompatibilitas A.
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11b. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 11 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas B
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11g. Kecepatan akses tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas b, g
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11n. Kecepatan akses internet wifi tipe ini adalah 100 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatbilitas b, g, a
Di Indonesia, salah satu provider internet broadband layanan wifi adalah Telkom. Telkom telah mengeluarkan sejumlah paket layanan internet melalui produk Telkom Speedy dan Telkom Indihome. Teknologi yang digunakan yaitu teknologi wireless menggunakan serat fiber (fiber optik).

Kecepatan Koneksi Internet di Dunia

Berdasarkan survey APJII dan rilis laporan dari Akamai Technologies, Kecepatan koneksi internet tercepat di dunia tertinggi saat ini adalah di Eropa dan Amerika Utara. Di Asia, kecepatan akses internet paling tinggi adalah Korea Selatan, sekitar  20,5 Mbps. Selain Korea Selatan, kecepatan akses internet paling cepat di Asia adalah Jepang,  dan Singapura merupakan negara dengan kecepatan akses internet paling cepat di Asia dan dunia. 


Kecepatan Koneksi Internet Indonesia

Bila Korea Selatan, Jepang, Hongkong dan Singapura termasuk dalam negara yang memiliki akses internet rata-rata tercepat di Asia dan dunia, akses internet cepat rata-rata global Indonesia menempati posisi 94 se-Asia Pasifik. Kecepatan rata-rata koneksi internet secara global adalah 5,1 Mbps hingga 6,3 Mbps. Artinya kecepatan koneksi internet Indonesia masih rendah, karena kecepatan rata-rata akses internet Indonesia hanya 3,1 Mbps.

Kecepatan koneksi internet tercepat di dunia tertinggi saat ini adalah di Eropa dan Amerika Utara. Di Asia, kecepatan akses internet paling tinggi adalah Korea Selatan, sekitar  20,5 Mbps. Selain Korea Selatan, kecepatan akses internet paling cepat di Asia adalah Jepang,  dan Singapura merupakan negara dengan kecepatan akses internet paling cepat di Asia dan dunia. 

Kecepatan akses internet Indonesia sendiri sudah lama dikeluhkan oleh para pengguna layanan internet. Oleh karena itu, Pemerintah melalui Kominfo telah mengeluarkan kebijakan untuk akses internet cepat di seluruh area di Indonesia. 

Faktor Yang mempengaruhi Kecepatan Akses Internet wifi


Di atas telah disebutkan bahwa terdapat 2 jenis kecepatan akses internet, yaitu downstream dan upstream. Artinya kecepatan koneksi internet saat transfer data dari server internet ke komputer dan kecepatan akses internet saat mengirimkan data pada komputer ke jaringan saling mempengaruhi. 

Kecepatan Akses Internet Dipengaruhi oleh :

1. Spek Perangkat Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Wifi

Perangkat yang dimaksud seperti Komputer PC (Desktop dan Laptop, Tablet (Tab) dan gadget (smartphone).  Tentukan tujuan membeli dan menggunakan device atau perangkat tersebut. Ketahui spek perangkatnya, apakah support internet atau tidak. 

Bila keperluannya mengirim email, membuat aplikas online, bisnis online, nonton film, eksis di media sosial, gaming dan download file kecil maupun besar sebagai kebutuhan, sudah pasti perangkat harus support akses internet.

Menjalankan aplikasi besar tapi kemampuan device rendah menyebabkan melambatnya kinerja device, berdampak pula melambatnya kecepatan akses. 

Spek minimal perangkat khususnya pada Sistem Pengoperasian (Operating System atau OS), Processor, memori operasional (RAM), memori penyimpanan file (storage), compatibility (kesesuaian) antara software atau aplikasi dengan Operating System atau dengan spek lainnya pada perangkat. 

Spek perangkat yang perlu dioptimalkan untuk mendapatkan akses internet cepat yaitu :

  • Sistem Pengoperasian (Operating System) perangkat turut mempengaruhi kecepatan koneksi internet wi fi. Pahami jenis Sistem Pengoperasian (OS) pada perangkat komputer PC dan gadget (smartphone dan tablet). OS Windows, Mac, Linux adalah yang paling banyak digunakan. Pada perangkat tablet atau smartphone OS yang paling sering digunakan adalah Android, iOS (iPhone) dan Windows. Setiap OS memiliki kemampuan yang berbeda untuk mendukung berjalannya aplikasi termasuk akses internet. Kecepatan koneksi internet ikut menurun karena sebagian memori operasional sudah terbagi karena menjalankan program tadi.
  • Kecepatan Akses Internet semakin Optimal bila RAM dan Hard Disk dalam perangkat speknya mumpuni. Bila RAM dan Hard Disk full, kinerja perangkat mengakses internet juga lambat.
  • Kecepatan koneksi internet dengan wifi turut dipengaruhi oleh jenis prosesor. Semakin banyak dapur pacu (core), kecepatan proses pengumpulan data juga semakin tinggi. Ini berdampak pada kecepatan pada saat upstream, sehingga dihasilkan internet cepat tanpa lemot. 
  • Kecepatan prosesor juga ikut mempengaruhi kinerja perangkat dan juga mempengaruhi kecepatan akses internet. Kecepatan prosesor yang dimaksud misalnya 1,6 GHZ, 2,3 GHz dan seterusnya. Makin tinggi kecepatan prosesornya maka kecepatan sistem membaca data melalui prosesor dan Hard Disk juga semakin tinggi, dan berpengaruh terhadap kecepatan streaming data.
  • Selain besarnya kecepatan koneksi internet dipengaruhi juga oleh Pengaturan Pada Sistem Jaringan Di Perangkat.  Pengaturan sistem pada koneksi internet, server,  port connection, pengamanan jaringan internet (firewallanti virusanti malware) berikut software-nya merupakan bagian terpenting dalam pengelolaan jaringan internet pada perangkat. Pengaturannya manual maupun otomatis. Saat ini pengguna perangkat sudah dipermudah melalui pengaturan otomatis. Bisa melalui developer, provider atau bantuan teman. Biasanya saat membeli device, pengaturan ini sudah dilakukan. Perlu diperhatikan, kadang-kadang membuat pengaturan pengamanan jaringan internet dalam mode on atau aktif bisa memperlambat perangkat mengakses internet. 
  • Sistem Pengelolaan Suhu Perangkat PC dan Gadget. Kerja perangkat menjalankan aplikasi berpengaruh terhadap suhu. Semakin tinggi suhu, kecepatan koneksi internet makin berkurang karena terjadi overheat (kelebihan atau peningkatan suhu).
    Perlu dipahami bahwa setiap device sudah memiliki pengaturan suhu standar, aplikasi maupun perangkat keras seperti kipas pendingin (cooler). Pada beberapa perangkat Komputer PC, laptop atau smartphone mengalami peningkatan suhu sangat cepat. Biasanya disebabkan aplikasi dan software dijalankan bersamaan namun tidak didukung memori maupun processor yang sesuai.

2. Software (Perangkat Lunak) Pada Perangkat Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Wifi

Software atau aplikasi sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet baik menggunakan wifi, modem atau paket internet smartphone. Menjalankan software atau aplikasi pada saat bersamaan apalagi RAM-nya kecil sementara file software tersebut berkapasitas besar akan menyita RAM.

Analoginya seperti mobil angkot dengan bus di jalan sempit. Dua kendaraan akan berebut jalan supaya sampai tujuan. Kadang-kadang menyebabkan kecelakaan berupa tabrakan atau crash berdampak adanya korban. Pada perangkat komputer PC, laptop atau smartphone, kecelakaan itu sama dengan terjadinya hang atau lag. 


Hang atau lag ini menyebabkan sejumlah aplikasi tidak berjalan atau lambat operasinya. Tabrakan menyebabkan korban, pada perangkat device mirip dengan terjadinya error lalu aplikasi tertutup sendiri (closed). Lebih parah lagi jika aplikasi lain yang kena dampaknya dan tidak bisa lagi dijalankan, harus diinstal ulang.


Untuk mendapatkan kecepatan akses internet menggunakan wifi secara maksimal maka perhatikan hal-hal berikut :

  • Browsing menggunakan Browser internet (Internet Browser) Berpengaruh Terhadap Kecepatan Loading Internet Wifi Modem dan Smartphone. Saat ini banyak tersedia browser internet. Browsing internet menggunakan aplikasi browser sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam penggunaan internet. Sistem maupun aplikasi dalam browser melalui pengaturan tertentu sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet, misalnya penggunaan plug in  atau add on pihak ketiga (third party) atau vendor. 
  • Aplikasi Online. Membuka aplikasi online dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet, karena bandwidth jadi terbagi. Misalnya aplikasi web editor video, editor gambar online, game internet dan sebagainya. Bukalah aplikasi online yang penting saja. 
  • Konten situs. Perlu diketahui bahwa konten situs bisa terdiri dari teks, gambar, audio dan video. Bisa saja dalam satu halaman web keempat konten tersebut tersedia. Ini akan menyebabkan bandwidth terbagi, dan sudah pasti kecepatan akses internet yang menggunakan wifi juga berkurang. 

3. Kecepatan Akses Internet Produk dan Layanan dari Provider Internet

Beberapa provider internet menawarkan produk unggulan internet cepat, internet termurah, internet tercepat dan termurah, internet unlimited. Setiap provider harus mematuhi aturan penggunaan frekuensi. Masing-masing provider memiliki kemampuan menerapkan teknologi jaringan yang tidak sama. 


Pelajari sejarah perusahaan operator layanan internet. Pelajari produknya, ketahui infrastruktur dan penerapan teknologinya, telusuri layanan after service, dan banyak bertanya kepada operator online. 


Perlu diketahui bahwa penyedia jasa layanan internet menawarkan paket internet berdasarkan kecepatannya. Semakin tinggi kecepatan akses internet yang dipilih maka semakin mahal biaya yang dikeluarkan. 


Perlu pemahaman terhadap produk-produk dari provider internet ini. Hal terpenting harus diketahui apakah provider penyedia internet murah atau internet cepat (fast internet) memiliki broadband internet service kompeten, memiliki broadband internet dengan frekuensi jaringan legal, menggunakan teknologi paling upgrade mengelola jaringan internet broadband, memiliki infrastruktur (BTS/tower, server,) sendiri, memiliki manajemen yang sehat atau tidak. Oleh karena itu, dapatkan kecepatan koneksi internet dari provider kompeten.

Di Indonesia terdapat sejumlah provider internet broadband penyedia wi fi, misalnya BizNet, MNC, Telkom, First Media, My Republic dan Oxygen. Setiap provider memiliki paket-paket unggulan. 

Kecepatan akses internet Infinite X1 4K milik First Media mencapai 200 Mbps, sementara produk Supernova milik My Republik mencapai 300 Mbps. 

Namun provider internet broadband yang paling digemari saat ini adalah  layanan internet wifi adalah Telkom Speedy dan IndiHome milik Telkom. Telkom Speedy menggunakan teknologi jalur kabel tembaga. Saat ini Telkom memiliki paket unggulan Home Speedy yang menggunakan teknologi serat optik (fiber optik) tanpa kabel (wireless). 

Kecepatan akses internet Speedy adalah 5 Mbps, sementara kecepatan koneksi internet wifi IndiHome mencapai 100 Mbps. Selain paket internet wifi, Indi Home juga menyertakan layanan 1000 menit telepon lokal/interlokal, TV Kabel dan produk HOOQ (sejenis bioskop online). Namun Telkom telah menggunakan FUP (Fair Usage Policy) untuk membatasi kecepatan maksimal yang bisa digunakan.


4. Teknologi Broadband Internet Provider turut mempengaruhi kecepatan koneksi internet

Teknologi menjadi bagian tidak terpisahkan dalam dunia internet. Broadband Internet Service setiap provider berbeda-beda kualitasnya tergantung teknologi, sumber daya pendukung, infrastruktur maupun standar skill teknis pengelolaan jaringan. Tingginya kecepatan koneksi internet pengguna wifi, modem internet atau paket kuota internet cepat (fast internet) maupun paket internet unlimited tergantung pada seberapa baik teknologi broadband internet service diterapkan oleh provider.

Contohnya yaitu teknologi jaringan internet optik nirkabel milik Telkom bagi pengguna wifi melalui program Home Speedy. Contoh lainnya teknologi internet cepat (fast internet) jaringan 4G LTE dari Telkomsel bagi pengguna smartphone. 

5. Kecepatan koneksi internet dipengaruhi Infrastruktur Jaringan Internet 


Infrastruktur Contohnya BTS tower, pusat server, jaringan internet terkoneksi. Penyediaan infrastruktur bukan hanya beban provider internet atau penyedia jasa internet selaku pengelola internet broadband. Pemerintah punya kewajiban menyediakan infrastruktur internet di setiap area broadband interne. Ketersediaan infrastruktur jaringan internet sangat membantu meningkatkan kecepatan Akses internet di setiap area atau regional agar tidak timpang. Saat ini kecepatan akses internet Indonesia masih rendah dibandingkan Singapura, apalagi negara-negara barat. Padahal pertumbuhan pengguna internet atau pelanggan internet tiap tahun meningkat.

6. Provider Internet (Perusahaan Penyedia Jasa Internet) 


Provider internet saat ini berlomba-lomba menawarkan paket internet khususnya pengguna modem dan pelanggan internet smartphone. Paketnya antara lain internet murah, internet cepat (fast internet),  paket internet murah dan cepat, sampai internet unlimited.

Perlu pemahaman terhadap produk-produk dari provider internet ini. Hal terpenting harus diketahui apakah provider penyedia internet murah atau internet cepat (fast internet) memiliki broadband internet service kompeten, memiliki broadband internet dengan frekuensi jaringan legal, menggunakan teknologi paling upgrade mengelola jaringan internet broadband, memiliki infrastruktur (BTS/tower, server,) sendiri, memiliki manajemen yang sehat atau tidak. Oleh karena itu, dapatkan kecepatan koneksi internet dari provider kompeten.


7. Perangkat Pengakses Internet (Internet Modem) 

Piranti pengakses sinyal jaringan internet (Internet modem) ikut mempengaruhi kecepatan akses internet. Internet modem (modem internet) berfungsi sebagai perangkat pengakses koneksi jaringan internet.

Modem internet kecepatan 7,2 Mbps jelas lebih lambat dibandingkan 100 Mbps. Internet modem umumnya terdiri atas modem internet internal dan eksternal internet modem, biasanya dihubungkan melalui USB.


Untuk mengakses internet selain modem maupun paket kuota internet smartphone juga menggunakan internet wifi.


Penggunaan dan posisi modem wifi sangat mempengaruhi kecepatan akses yang diinginkan. Meletakkan modem di antara ruang bersekat dengan material beton, besi dan kayu bisa menghambat sinyal jaringan internet, dan sudah pasti juga mempengaruhi kecepatan koneksi internet untuk mendapatkan sinyal maupun mengirimkan data.  

Meletakkan modem wifi dengan posisi tegak lurus juga sangat mempengaruhi kecepatan perangkat mengakses data. Jangan mengubah posisi antena menjadi miring agar kecepatan koneksi wifi-nya bisa maksimal. 

8. Kecepatan Koneksi Internet Dipengaruhi Cache dan Junk FIles (Browser Cache, Browser Cookies)

Browser Cache dan Junk Files merupakan layanan dalam aplikasi browser internet. Keduanya memiliki keterkaitan dalam penyimpanan data riwayat pencarian di browser internet saat melakukan browsing. Setiap browser internet memiliki kapasitas penyimpanan cache maupun cookies ini. High speed internet atau internet cepat bisa diperoleh bila membersihkan cache dan cookies ini. Siapa tahu kecepatan koneksi internet menurun karena overload atau ada virus maupun malware.

9. Hati-hati, Kecepatan Akses Internet Bisa Berkurang Karena Virus dan Malware 

Seperti diketahui, virus dan malware sangat fatal terhadap performa perangkat. Biasanya virus dan malware bisa masuk ke dalam sistem baik offline (melalui pertukaran file via USB atau disket) dan online (melalui situs yang menyimpan virus). Bila sistem sudah terjangkit virus dan malware, sudah bisa dipastikan kinerja perangkat dalam mengakses data internet menjadi sangat lambat karena sejumlah komponen aplikasi dan sistem operasi tidak berfungsi.


Baca Juga :

Kesimpulan : Cek Kecepatan Koneksi Internet Untuk Mengetahui Seberapa Cepat Akses Internet Di Perangkat PC/Gadget

Pengguna internet sudah berlangganan paket internet wi-fi tapi masih merasa lemot ? Lakukan cek kecepatan koneksi internet untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet di perangkat yang digunakan.

Salah satu cara mengetahui kecepatan koneksi internet dapat dilakukan menggunakan tools atau aplikasi. Saat ini sudah banyak website menyediakan aplikasi online untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet. Salah satu tools untuk mengetahui kecepatan internet baik di PC atau android bisa dilakukan dengan speedtest biznet.


Dengan menggunakan aplikasi web seperti speedtest biznet dapat diketahui kecepatan internet yang digunakan oleh perangkat PC. Speedtest biznet juga bisa digunakan di android.


9 faktor mempengaruhi kecepatan koneksi internet menggunakan wifi, modem serta smartphone di atas berdasarkan pengalaman yang paling sering terjadi. Mungkin ada faktor-faktor lain menurut pembaca perlu ditambahkan ? 
Labels: Internet

Terima Kasih Telah Membaca Artikel 9 Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Wifi. Silakan Berbagi...

11 Comment for "9 Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Wifi"

Perhatikan sebelum beli hape atau laptopnya gan, udh support atau belum. Internetnya pake apa, wifi atau beli kuota ? Percuma jg kalo beli kuota tp cm buat medsos aja, padahal laptopnya atau ponselnya spek tinggi. Trs langganan internetnya yg dipercaya aja. Kalo sekarang udh bnyak tuh provider internet nawarin paket broadband internet tp pas kenyataannya beda sm promosinya. Sayang kan duitnya...

Dr aan-pengguna internet

Wah ternyata banyak juga yang ya faktor yang mempengruhi kecepatan internet dihp, saya kira cuma masalah jaringan yang susah didapat (didesa terpencil misalnya). Nice info min.

Nurut gw poin nomer 14 broadband internet paling punya pengaruh soal #kecepatan koneksi internet. Gw jera pake provider gk tepat janji. Kuotanya gede tp aksesnya lemot bikin gregetan, secara hape gw oke punya speknya

analoginya gini gan. ada kolam, ada ikan, ada orang. mau nangkap ikan butuhnya kail, jaring atau setrum.

Masih ada yg kurang tuh gan. Ini hubungannya dgn traffic nya atau bandwidth. Tampilan web, jenis file yg diunduh atau didownload. Trs pengiriman email apakah menyertakan data gede atau gimana. Lalu web yg dibuka apakah text atau berupa audio atau video. Semuanya menguras bandwidth. Kalau dipakai pada saat bersamaan apalagi di web yg trafficnya tinggi ya siap-siap aja ngantri

Gw setuju sm yg atas ane soal kecepatan akses internet dipengaruhi

Ternyata bnyk juga ya faktornya.

Soal kecepatan koneksi internet gk melulu karena hape. Bandwith sama broadband juga punya pengaruh

Kirain cuma 5-6 faktor, ternyata banyak juga ya. Emang sih kalo diperhatikan itu hardware sama software dengan akses layanan internetnya saling mempengaruhi kecepatan

View All

Back To Top