Table of Content

10 Aplikasi Online Shop Terbaik di Indonesia, Aman Untuk Berbelanja

Rekomendasi aplikasi online shop terbaik dan terpercaya di Indonesia tahun 2024 untuk membeli berbagai jenis barang kebutuhan di rumah dan kantor.

Aplikasi Online Shop Terbaik di Indonesia- Ingin berbelanja online dengan mudah, aman, dengan beragam metode pembayaran, dan banyak bonusnya? Coba instal aplikasi online shop berikut ini di perangkatmu.

Transformasi digital memberikan beragam dampak bagi manusia, salah satunya adalah mengubah pola berbelanja. Bila sebelumnya orang mencari barang untuk dibeli ke toko fisik seperti mall, kini sebagian besar masyarakat mencari barang secara online ke toko online.

Online shop atau toko online adalah toko yang menyediakan dan menjual barang secara online. Di masa lalu, toko online umumnya dikembangkan dengan media berupa website toko online, atau media sosial seperti Facebook.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, pemilik toko bisa membangun toko online dan menjual produknya bersama toko-toko online lainnya dalam satu aplikasi bernama aplikasi online shop. Aplikasi ini dalam perjalanannya menjadi serupa dengan aplikasi marketplace, yaitu tempat bertemunya pembeli dengan penjual yang menjual berbagai macam barang, mirip seperti mall.

Hadirnya aplikasi online shop selain menawarkan kemudahan dan fleksibelitas dalam berbelanja, kemudahan dalam bertransaksi, juga memberikan daya tarik bagi konsumen. Ini karena adanya berbagai program menarik. Contohnya, Harbolnas (Hari Belanja Nasional), hari dimana banyak program promo dan diskon bagi konsumen yang berbelanja.

Meskipun demikian, tidak semua pelanggan merasa puas membeli barang di aplikasi toko online. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai aplikasi toko online terbaik dan terpercaya agar kamu berbelanja daring dengan aman dan nyaman.

Aplikasi Online Shop Terbaik di Indonesia Untuk Jual Beli Online

online shop terpercaya

Kenyataannya banyak pengguna aplikasi yang mengeluhkan barang yang dikirim tidak sesuai pesanan, pengiriman tidak tepat waktu, maupun barang dalam kondisi rusak, atau bonus dan diskon yang tidak sesuai dengan iklan promo.

Berikut ini adalah aplikasi online shop terbaik dan terpercaya yang direkomendasikan sebagai tempat berbelanja.

Aplikasi Toko Online Shopee

Shopee adalah salah satu online shop terbaik di Indonesia buat belanja online. Menurut Databoks, sepanjang tahun 2023 Shopee menjadi toko online dengan pengunjung terbanyak.

Sebagai aplikasi online shop terbaik, Shopee menawarkan berbagai kemudahan bagi penjual maupun pembeli untuk bertemu dan bertransaksi. Shopee sendiri sudah terintegrasi dengan media sosial dan sistem perbankan untuk mengakomodasi berbagai jenis transaksi.

Shopee juga termasuk dalam kategori aplikasi online shop termurah, karena toko online di dalamnya menjual barang dengan harga murah dan tentunya berbalut diskon. Di aplikasi online shop ini terdapat fitur hashtag trending, sehingga calon pembeli bisa menjelajahi tren produk yang sedang populer.

Untuk mendaftarkan akun di aplikasi ini pengguna cukup mendaftarkan akun Facebook, atau melalui email. Selain di Android, Shopee juga dapat digpasang di berbagai platform lainnya.

Salah satu keunggulan aplikasi belanja online terbaik Indonesia ini yaitu metode transfer dengan rekening bersama, sehingga tidak terjadi kerugian antara penjual dan pembeli.

Shopee merupakan aplikasi online shop yang bisa COD. Ini merupakan salah satu pilihan transaksi yang populer akhir-akhir ini, mengingat tidak semua pelanggan memiliki aplikasi pembayaran online seperti BRIMO atau Mandiri Online.

Toko Online Tokopedia

Aplikasi toko online terbaikberikutnya adalah Tokopedia. Dalam beberapa tahun terakhir Tokopedia selalu berada di posisi teratas urutan aplikasi belanja online terbaik di Indonesia dari sejumlah survey pelanggan.

Di aplikasi Tokopedia konsumen bisa mengelompokkan dan mengurutkan produk-produk incarannya berdasarkan harga termahal sampai harga termurah, penjualan terbanyak, status barang dari barang baru sampai barang seken dsb.

Tokopedia juga merupakan salah satu aplikasi online shop yang bisa COD. Customer bisa membayar setelah barang sampai di alamat yang dituju.

Selain itu kamu bisa mengirim dan membagikan informasi lewat sosial media maupun aplikasi messaging, melacak pesanan, yang didukung oleh fitur Wish List, Hot List, Notifikasi Harga, dan promo diskon.

Keunggulan lain aplikasi belanja online terbaik Indonesia ini yaitu transaksinya bisa dilakukan melalui sistem antar rekening bank, Mandiri E-Cash, Mandiri ClickPay, dan BCA KlikPay.

Baca juga: Aplikasi Jual Beli Emas Online Terbaik Di Indonesia

Lazada Online Shop

Salah satu aplikasi online shop terbaik yang juga termasuk dalam daftar ini adalah Lazada. Di aplikasi belanja online yang berafiliasi dengan Alibaba Group ini, konsumen bisa memilih dan membeli barang-barang keperluan dengan mudah dari perangkat mobilenya.

Selain dari aplikasi online shop di Android, Lazada bisa diakses melalui perangkat PC. Barang-barang dibandrol dengan harga terjangkau, dan konsumen dimanjakan pula dengan adanya promo atau diskon harian.

Selain identik sebagai aplikasi online shop termurah, Lazada juga pilihan aplikasi online shop yang bisa COD bagi konsumen yang ingin membayar barang secara cash ketika sudah sampai di tempat.

Toko Online Blibli

Aplikasi online shop berikutnya yang menjadi tempat terbaik untuk belanja dari rumah yaitu Blibli.com. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi toko online gratis ongkir yang layak untuk dilirik sebagai tempat belanja, dimana pengirimannya gratis ke seluruh wilayah di Indonesia.

Aplikasi belanja online terpercaya ini menghadirkan konsep yang lebih tertata rapi dalam hal belanja online seperti belanja di mall.

Beberapa keunggulan belanja online di Blibli misalnya yaitu cicilan 0% untuk semua produk. Anda juga bisa mengumpulkan poin rewards dan menukarkannya dengan berbagai hadiah unik, apalagi situs toko online terbaik Indonesia 2018 ini rutin menghadirkan sejumlah penawaran yang menggiurkan.

Toko Online Bukalapak

Bukalapak merupakan aplikasi marketplace yang menerapkan model bisnis Customer to Customer (C2C). Kedua pihak, yaitu pembeli dan penjual sama-sama mendapatkan banyak kemudahan lewat aplikasi Bukalapak ini.

Bagi konsumen, Bukalapak memberi kecepatan dalam hal layanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Sementara bagi penjual, banyak kemudahan yang didapatkan bila membuka online shop di sini.

Di Bukalapak kamu bisa membeli produk yang diinginkan berdasarkan kategori, baik kategori jenis barang, harga termurah, maupun merk produsen. Bila anda menemukan barang yang anda cari, anda cukup menandainya dan menambahkannya ke dalam keranjang. Beraneka ragam produk elektronik juga bisa dicari disini, misalnya perangkat set top box (STB) untuk mendukung migrasi siaran analog ke digital.

Toko Online Elevenia

Bila kalian membutuhkan produk fashion kekinian maka Elevenia adalah aplikasi belanja pakaian online terbaik untuk searching. Sebagai salah satu aplikasi online shop terpercaya dengan slogan "Klik, Cari, Hepi" yang populer itu Elevenia sukses membuat penggunanya berbelanja makin hepi, dengan aneka voucher dan bonus setiap hari.

AliExpress Online Shop

AliExpress adalah salah satu aplikasi online shop luar negeri terbaik untuk tempat berbelanja. Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia. Dengan sistem keamanan ketat aplikasi ini sukses mendapatkan kepercayaan berbelanja dari pelanggan di berbagai negara dan menjadi salah satu aplikasi online shop terbaik di dunia.

Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur, salah satunya fitur AliExpress Cek Resi dimana pelanggan bisa melakukan tracking status pengiriman dan lokasi barang.

Toko Online Zalora

Aplikasi Zalora juga termasuk dalam kategori toko online terbaik di daftar ini. Di aplikasi ini anda dengan mudah menemukan aneka produk pakaian dari merk lokal hingga internasional.

Zalora Inoonesia sendiri merupakan bagian dari Zalora Group di Asia, dan merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Bersama toko online lainnya seperti Lazada, Zalora Indonesia yang dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia ini adalah bagian dari proyek Rocket Internet.

Zalora punya kelebihan pada adanya garansi pengembalian barang jika pelanggan tidak puas atau produk yang diterima.

Toko Online Qoo10

Aplikasi Qoo10 menawarkan konsep "Quest", "Quick", "Quality". Di situs belanja online yang jaringannya terdapat di Singapura, Malaysia, China, dan Hongkong ini anda akan menemukan berbagai produk fashion yang sedang trend, make up dan kecantikan, konveksi baju-baju distro serta banyak lagi consumer goods lainnya.

Ada penawaran menarik setiap hari (daily deal) di alah satu marketplace terbesar di dunia ini. Salah satu fitur yang sangat menarik di toko online ini adalah program lelang.

Toko Online Blanja

Toko online Blanja.com merpakan joint venture antara Telkom Indonesia dan eBay yang menyediaja lebih dari 500 juta produk seperti produk-produk kecantikan, fashion, gadget, komputer, alat-alat rumah tangga dan consumer goods kualitas orisinil yang anda butuhkan, dengan ribuan merchant.

Salah satu kelebihan belanja di Blanja.com ini adalah anda seperti berbelanja di luar negeri, karena di aplikasi olshop yang satu ini menyediakan banyak barang dengan brand ternama dari manca negara di negeri sendiri.

Di aplikasi toko online terpercaya ini proses pembayarannya sangat mudah dan aman, karena Blanja.com bekerja sama dengan bank terbaik di Indonesia seperti Bank Mandiri, BCA, BRI, BTN, Mega, BNI, Niaga, ANZ, BII dan lainnya. Pilihan proses pembayaran bisa melalui ATM, Internet Banking, VISA, MasterCard, dan T-Cash.

Baca Juga : Cara Bayar Belanja Online Menggunakan Aplikasi Mandiri Bank Mandiri

Aplikasi Toko Online Terpercaya Lainnya

Selain toko online di atas, kamu juga bisa menjual atau atau membeli barang secara online di beberapa tempat berikut ini. Keistimewaan aplikasi online berikut ini yaitu lebih spesifik kepada jenis barang yang dijual (special market).

  • Seva | Aplikasi Beli Mobil Bekas Online
  • Bila sedang mencari mobil bekas tapi dalam kondisi bagus atau ingin menjual mobil karena sedang butuh dana, anda bisa melakukannya secara daring melalui aplikasi Seva.id. Seva adalah aplikasi jual beli mobil bekas online terpercaya di Indonesia, dengan fitur-fitur yang mudah digunakan penggunanya.

  • iCreate | Toko Furniture Online
  • Berbelanja perabotan pun kini juga bisa dilakukan secara online. Salah satu aplikasi belanja furniture online yaitu iCreate. Di toko ini anda bisa mencari beragam perabotan yang dibutuhkan, antara lain perabotan rumah tangga, furniture kantor, hingga pernak-pernik ruangan lainnya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Tiket Promo Pesawat di Aplikasi Traveloka<

Keuntungan Berbelanja Aplikasi Toko Online

Trend aktivitas berbelanja online diprediksi akan terus mengalami peningkatan hingga beberapa tahun mendatang. Hadirnya aplikasi e-commerce turut mendorong meningkatnya aktivitas ini.

Jumlah pengguna aplikasi e-commerce di Indonesia pada tahun 2022 tercatat mencapai 178,94 juta orang, dan tahun 2023 diproyeksikan akan mencapai 196,47 juta pengguna. Bahkan menurut data Statista Market Insights, di tahun 2024 pengguna e-commerce diprediksi mencapai 208,55 juta orang dan puncaknya di tahun 2027 mencapai 244,67 juta pengguna.

Ada beberapa hal yang menguntungkan dari aplikasi toko online sehingga setiap tahun penggunanya terus meningkat.

Berbelanja di Aplikasi Online Shop Lebih Hemat Waktu

Berbelanja lewat aplikasi toko online dan aplikasi belanja online memungkinkan terpangkasnya waktu menjadi lebih ringkas, karena konsumen tidak lagi menghabiskan waktu di perjalanan. Bayangkan bila seseorang di Kota Medan ingin membeli produk tertentu dari toko yang terletak di Kota Bandung. Pasti menghabiskan waktu bukan ?

Berbelanja Bisa Dari Mana Saja

Hadirnya aplikasi belanja online memungkin semua orang bisa memesan dan membeli barang kebutuhan kapan saja dimana saja. Ini karena seringkali pelanggan tidak bisa membeli barang kebutuhan dengan berbagai sebab, misalnya karena tidak sempat ke toko atau ke pasar. Atau karena kejadian luar biasa seperti di masa pandemi Covid sehingga orang takut keluar rumah.

Belanja Murah dan Banyak Bonus

Di tengah situasi ekonomi dunia yang tidak stabil karena dilanda Pandemi dan mempengaruhi keuangan keluarga. Namun sejumlah barang mahal masih bisa didapatkan dengan harga terjangkau bila membelinya di aplikasi belanja online. Apalagi ada sejumlah aplikasi online shop yang memanjakan konsumen melalui program bonus dan diskon.

Berbagai Metode Pembayaran

Tidak semua orang memahami cara bertransaksi digital. Karena itu beberapa aplikasi toko online telah menyediakan metode pembayaran selain mentransfer dana, yaitu dengan cara bayar COD (Cash on Delivery), membayar setelah barang pesanan diterima.

Itulah Top 10 Aplikasi Online Shop Terbaik di Indonesia saat ini. Selamat berbelanja.

Suka Teknologi