test

Fungsi Serta Urutan Versi Corel Draw Yang Perlu Diketahui

Corel Draw adalah software pengolah gambar terbaik berbasis vektor yang sudah dibuat/dirilis dalam berbagai versi Corel Draw terbaru dan saat ini menjadi software pilihan para desainer, baik untuk komersil maupun hobby dan karya. CorelDraw membantu terciptanya karya dan seni hanya dengan mengembangkan titik dan garis.


Corel Draw


Pengertian dan Fungsi Corel Draw


Kebutuhan akan software canggih dengan fitur-fitur terbaru untuk mengolah gambar dan grafis menyebabkan para desainer, logo creator dan editor berlomba-lomba mencari software terbaik untuk membantu mereka menghasilkan produk dan karya berkualitas, elegan dan menarik. 


Para pengembang khususnya graphic design developer merespon hal tersebut dengan membuat dan menciptakan software desain grafis terbaik yang bisa mempercepat penyelesaian tugas-tugas dan kebutuhan para desainer grafis. 


Corel Draw menjadi salah satu software terdepan dalam dunia grafis karena tools, fitur dan pengoperasiannya cukup mudah digunakan dengan hasil gambar berkualitas. 


Kecanggihan tools dan fitur Corel Draw setiap tahun terus mengalami perbaikan dan menawarkan kelebihan-kelebihan. Kemudahan yang diberikan Corel Draw kepada penggunanya sering kali dibanding-bandingkan dengan software desain grafis kompetitornya. 


Corel Draw vs Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator acap dibandingkan oleh para desainer grafis, karena setiap pengembang mengklaim bahwa software besutannya adalah yang terbaik. 


Tapi saat ini TeknoPlug tidak sedang mengulas perbandingan tersebut. Kali ini TeknoPlug mengajak anda untuk mengetahui lebih jauh apa itu Corel Draw, Sejarah dan Perkembangan Corel Draw hingga Software Corel Draw Terbaru. 



Apa Itu Corel Draw

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai software Corel Draw, terlebih dulu kita perlu mengetahui apa itu Corel Draw. 

Apa Itu Corel Draw ? 


CorelDraw, atau sebagian orang banyak mengetik atau menulis kata corel draw merupakan sebuah Corel Draw Terbaru berbasis garis dan vektor yang menghasilkan gambar. Ya, CorelDraw atau corel draw ini sebuah software editor yang menghasilkan gambar, tepatnya editor gambar. 


Para pengguna aplikasi desain grafis ada yang sudah paham apa itu grafis, garis dan vector. Tapi tidak sedikit pengguna sofware editor gambar yang belum memahami benar, karena sekedar hobby atau ingin berkarya mengandalkan intuisi. 


Sejarah CorelDraw

CorelDraw dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak atau software yang bermarkas di Ottawa, Kanada.  Pendirinya, Michael Cowpland, kelahiran Sussex, Inggris seorang engineer yang pindah ke Kanada dan mendapat gelar Ph.D. Michael Copwland seorang engineer dan pebisnis. Dia pendiri lembaga riset Copwland Research Laboratory atau yang kerennya dikenal dengan Corel. (sumber : Komunitas Corel Draw Indonesia, communty.coreldraw,com).

Tahun 1985 Corel Corporation berdiri. Tahun 1987 perusahaan ini merekrut sejumlah programmer untuk proyek software desain grafis yang digagas melalui program Desktop Publishing Corel milik  Corel Corporation. Software ini yang kelak mendunia namanya menjadi Corel Draw. Tahun 1988 software ini dirilis dan menjadi bahan perbincangan di berbagai belahan dunia. Sejak saat itu perusaahan ini fokus pada pengembangan perangkat lunak (sumber : jagoandesain.com).



Prinsip Kerja Corel Draw

Semua hal yang berbau grafis pasti berhubungan dengan komputer. Saat ini komputer tidak hanya sekedar ketak ketik teks dokumen, surat undangan, analisa dan perhitungan. Komputer juga digunakan untuk main game, nonton film, membuat blog dan website, membuat gambar dan desain lainnya. Semua yang berhubungan dengan gambar disebut grafis. Semua yang berhubungan dengan gambar atau grafis tadi, pasti dimulai dengan titik dan garis. Kombinasi titik dan garis tadi bila diatur sedemikian rupa akan menghasilkan gambar baik statis maupun efek bergerak serta efek nyata (real time) maupun animasi. 

Nah untuk membantu para penggemar atau pelaku desain, baik web designer (desainer web), desain ruangan/arsitektur, desain fashion sampai desain teknik (technical designer) sejumlah vendor atau korporasi software telah menciptakan dan merilis sejumlah produk aplikasi cepat. Salah satu yang terkenal adalah CorelDraw. 


Ada software berarti harus ada hardware (perangkat keras). Kalau dianalogikan dengan perang, menggunakan CorelDraw sebagai senjata andalan pasti harus didukung perangkat keras sebagai peluncurnya. Apa saja hardware-nya ? Sudah pasti komputer PC atau laptop, mouse, pen (bila menggunakan layar sentuh) , meja, Multi Media, Printer dan Scanner. Hardware juga memiliki spek yang kompatibel/sesuai dengan softwarenya. Gak mungkin juga dong pakai software terbaru hardware-nya lawas. 



Produk Unggulan CorelDraw

Saat ini Corel Corporation sudah merilis sejumlah produk desain grafis dengan branding CorelDraw. Bahkan media penggunaan tidak lagi berkutat pada komputer PC dan laptop, tapi tablet. Selain itu produk juga sudah kompatibel untuk pengguna Iphone dan Mac. 

Produk software desktop yang dirilis yaitu :

  • Ilustrasi dan Desain : CorelDraw Graphics Suite 2017, CorelDraw Home & Student Suite X8, CorelDraw Graphics Suite X8 - Small Business Edition.
  • Technical Graphics : CorelCAD 2017 (kompatibel untuk Windows dan Mac), CorelDraw Technical Suite 2017, Lattice 3D Studio CAD Corel Edition
  • Corel Website Creator
Tim Corel Corporation juga menyediakan layanan panduan dan tutorial bagi para pengguna pemula maupun profesional. Mereka menyediakan buku dan pelatihan. Selain itu ada juga sertifikasi. Ini sangat cocok bagi para pelamar kerja karena sertifikat keahlian ini sangat mendukung Curicullum Vitae. Sayangnya untuk mengikuti ujian sertifikasi ini membutuhkan biaya besar. 

Kamu bisa kunjungi webnya untuk download aplikasi desain grafis coreldraw gratis langsung di coreldraw.com. Tapi sayang hanya versi trial selama 15 hari. Lewat dari situ sejumlah fitur tidak dapat difungsikan. Kalau mau download coreldraw free full version, bisa kunjungi beberapa blog bahasa Indonesia kayak punya Bagas31.com. 



Corel draw
Contoh Desain CorelDraw

Kelebihan Corel Draw - Antara Karya, Seni dan Profesionalitas


Sobat, kamu tahu gak, untuk menjadi seorang desainer grafis atau web ilustrator, atau penyedia jasa cetak undangan dan cetak logo saja, kamu harus lolos beberapa syarat utama.  



Syarat utama untuk mahir mengoperasikan CorelDraw adalah : 

  • Punya komputer PC atau laptop
  • Punya software atau aplikasi desain grafisnya (bisa beli kalau punya uang. Kalau gak punya duit buat beli, gak apa-apa deh gratisan, bisa download versi trialnya langsung di website, atau bisa download aplikasi gratis full version di internet. Untuk ilmu gak ada yang gak mungkin)
  • Bisa mengoperasikan komputer PC atau laptop
  • Mengerti apa itu garis, vektor dan grafis
  • Punya visi, intuisi dan passion dalam membuat desain
  • Tidak lelah untuk belajar dan berkarya
  • Mau bertanya dengan yang sudah ahli.  
  • Pastikan di tempatmu ada sumber listrik. Yang penting bukan sumber api, karena bukan ilmu yang didapat tapi sakit yang menjerat plus utang yang mengikat, hehe...

Urutan Jenis Versi Software Corel Draw


Dalam perkembangannya, Corel Corporation terus berinovasi seiring perkembangan teknologi. Sasaran utama produk mereka adalah para desainer, baik web desainer, fashion desainer, ilustrator, arsitek sampai seniman. Bila dikaji, aplikasi ini memadukan grafis dengan seni, atau sebaliknya. 

Selain itu, CorelDraw juga dirilis mengikuti perkembangan media desainnya yaitu komputer PC/laptop serta Operating System (OS)-nya. 

Perkembangan Corel Draw Terbaru Saat Ini


Sebagai software pengolah gambar dan grafis yang berbasis vektor (titik dan garis), Corel Draw telah dirancang dan dibuat oleh para ahli pembuat software sesuai perkembangan jaman dan perkembangan teknologi. 


Seiring dengan perkembangan desain grafis yang dulunya manual (menggunakan tangan dan mesin manual) dan perkembangan dunia komputer yang tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat komputasi dan perhitungan matematika, Corel Draw telah dibuat agar kompatibel dengan perangkat komputer. 

Perubahan, perbaikan dan peningkatan Corel Draw baik dari sisi kompatibilitas, tools, fitur dan cara penggunaannya dari masa ke masa telah mengubah wajah desain grafis menjadi bidang keilmuan dan bidang profesi yang memadukan teknologi, seni dan keindahan. 

Kompatibilitas antara Corel Draw software dengan perangkat komputer khususnya adalah pada operating system (OS), processor, kartu grafis (GPU), RAM, internal storage dan fitur-fitur pada OS yang harus mendukung pengoperasian Corel Draw. 

Sebagai contoh, bila Corel Draw akan dioperasikan pada perangkat komputer dengan OS Windows, maka yang perlu diperhatikan adalah Corel Draw versi apa yang bisa dioperasikan pada OS Windows itu. Bila ingin mengoperasikan Corel Draw X7 atau yang lebih tinggi, baik full version maupun Corel Draw X7 portabel maka minimal komputer harus menggunakan OS Windows 7 hingga OS Windows terbaru. 

Demikian pula processor minimal yang bisa mendukung pengoperasian Corel Draw X7 adalah processor yang sudah berteknologi core, misalnya Intel Core. Performa perangkat dalam mengoperasikan Corel Draw sangat dipengaruhi oleh kecepatan processor dan jumlah core yang dimiliki. Dukungan lain yang tidak kalah pentingnya adalah RAM. Minimal RAM yang tersedia untuk mengoperasikan Corel Draw X7 adalah 2 GB (paling tidak itu menurut TeknoPlug). Kurang dari situ bisa berakibat pada pengoperasian yang lambat. 

Sebagai catatan, Corel Draw terbaru saat ini minimum requirement (syarat minimal komponen) sudah mengharuskan dukungan komponen dan perangkat yang berspesifikasi tinggi. Ini karena Corel Draw terbaru kapasitasnya cukup besar (lebih dari 1GB). Artinya dengan kapasitas file terkompresi sebesar 1 GB saja, sudah memakan memori sekian GB. Pengoperasiannyapun harus didukung oleh processor berkecepatan tinggi, misalnya Intel Processor Core i3 2,7 GHz. 


Versi-Versi Rilis Corel Draw Dari Awal Hingga Terbaru


Semakin tinggi versi Corel Draw, maka semakin tinggi syarat minimum perangkat agar bisa mengoperasikan Corel Draw sesuai kebutuhan. 

Dalam perkembangannya, Corel Draw telah merilis banyak versi software mulai generasi awal hingga yang terbaru yaitu Corel Draw X8 (2016)


CorelDraw Versi 1.0 (Tahun 1988)

CorelDraw Versi 1.0 berjalan di bawah OS Windows 3.0 dan Windows 3.1. Instalasinya menggunakan 2 keping disket 3,5 inchi. Update berlangsung hingga Februari 1990. 

Corel Draw Versi 2.0 (Tahun 1990)

Pada Corel Draw Versi 2.0 terdapat fitur baru untuk memecah gambar atau teks (Envelope Tool), mensimulasi gambar dan volume objek (Extrusion), memecah objek sepanjang sudut X dan Y menjadi bidang perspektif (Perspective).

Corel Draw Versi 3.0 (Tahun 1992)

Corel Draw Versi 3.0 mengalami perbaikan efisiensi memori sehingga kinerja aplikasi cepat. Desain grafis dapat dilihat dengan real time. Pada versi ini aplikasi desain telah dirilis Photo Paint.

Corel Draw Versi 4.0 (Tahun 1993)

Corel Draw Versi 4.0 ini kemampuannya telah meningkat sebagai software desktop publisihing dan telah dilengkapi dengan multipage.

CorelDraw Versi 5.0 (1994)

Software CorelDraw Versi 5.0 ini cukup populer dan sempat lama menjadi aplikasi pendukung para desainer grafis karena sudah memiliki Colour Management, Screen Calibration (Kalibrasi layar), Effect PowerClip, Artistic Media, Bitmap Effect, Lens dan yang paling disukai adalah karena sudah bisa terhubung ke Printer dan Scanner. Kelemahannya terletak pada karakter huruf saat file disimpan hanya 8 karakter.

CorelDraw Versi 6.0 (1996)

Pada CorelDraw Versi 6.0 sudah menyesuaikan dengan hadirnya OS Windows 95 dan versi software ini pada 32byte. Tidak banyak fitur baru.

CorelDraw Versi 7.0 (1997)

CorelDraw Versi 7.0 mengalami peningkatan pada Spell Checker, Grammar Checker, Convert to Bitmaps, Transparency Tools, Interactive and Blend Tools, Natural Pen Tool, Draft and Enhanced Display, Find And Replace With Zoom). 

CorelDraw Versi 8.0 (1998)

Pada CorelDraw Versi 8.0 kebutuhan spek hardware menjadi meningkat, antara lain proccessor, memori penyimpanan dan memori grafis. Ada fitur baru antara lain Distortion Tools dan Drop Shadow. 

CorelDraw Versi 9.0 (1999)

Dalam CorelDraw Versi 9.0  Corel Corp merilis fitur Windows Navigator, Multilingual Document Support, Page Sorter, Web Graphic Tools, Perfect Shapes, vector animation (CorelR.A.V.E).

CorelDraw Versi 10.0 (2000)

Corel Corp. merilis  fitur Open, Save, Save As, Import dan Export dalam format SVG di CorelDraw Versi 10.0 ini.

Corel Draw Versi 11.0 (2002)

Corel Draw Versi 11.0 merilis fitur baru yaitu Pemotong Gambar, Pressure Sensitive, Vector Brushes, 3 Point Curve (fitur penggambar) dan kumpulan simbol-simbol


Corel Draw Versi 12.0 (2003)

tampilan semakin membaik. Ada tambahan fitur Dynamic Guideline dan Snap To Object membuat objek lebih sempurna. Kelemahannya yaitu pada proses cetak gambar (printing) yang lambat. 

Corel Draw Versi X3 (2005)

Corel Draw Versi X3 merupakan software pertama yang mampu memotong grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama. Fitur baru lainnya antara lain Smart Fill Tool, Chamfer, Fillet, Scallop, Emboss Tool, Image Adjusmet Lab (ruang pengaturan gambar), Power Trace (penjiplak terintegrasi).

Corel Draw Versi X4 (2008)

Corel Draw Versi X4 adalah versi yang kompatibel dengan Windows Vista. Fitur baru yang dirilis antara lain pengindetifikasi huruf, Concept Share, Table Tool, Independent Page Layers, Live Text Formatting, dan sudah mendukung kamera dengan format ekstensi .RAW

CorelDraw Versi X5 (2010)

CorelDraw Versi X5 sudah kompatibel dengan OS Windows 7 dan proccessor multicore. Fitur baru antara lain Pengelolaan Warna, Graphics dan Animation Tools, Pixel View, Mesh Tool. Versi ini sudah mengembangkan Tool Transform yang mampu membuat banyak salinan objek. 

CorelDraw Versi X6 (2012)

CorelDraw Versi X6 sudah tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit. Fiturnya hanya penyempurnaan dari versi sebelumnya.

CorelDraw Versi X7 (2014)

Di CorelDraw Versi X7 ini kapasitas file instalasi bertambah, sehingga spek minimal komputer PC atau laptop juga meningkat. Beberapa perubahan signifikan antara lain workspace lebih interaktif, fill and transparency tool dapat dikontrol sesuai keinginan, desain antar muka lebih dapat disesuaikan dengan konsep metro design. Versi ini semakin mempermudah pengguna memilih font dengan tampilan nyaman. Ada special effect pada editing foto. Sudah mendukung resolusi tinggi dan multi display.

CorelDraw Versi X8 (2016)

Sama seperti Versi X6 dan X7, kebutuhan akan spek minimum hardware (perangkat keras) pendukung berjalannya aplikasi cepat ini semakin meningkat. Spek minimum komputer antara lain Windows 7 ke atas versi 32-bit dan 64-bit, proccessor Intel i3 ke atas atau AMD Athlon 64, RAM 2 Gb ke atas, support Microsoft Internet Explorer 11 ke atas, Microsoft .Net Framework versi 4.6. Spek tinggi ini juga menyesuaikan harga software original full version yang sampai jutaan.

Nah, agar bisa mendapatkan skill mahir di bidang desain grafis yang bisa mengoperasikan sejumlah software, kamu perlu belajar desain grafis. Kamu bisa jadi jagoan desain di Kursus Desain Grafis Dumet School, salah satu tempat kursus desain grafis unggulan di Jakarta, Depok dan Tangerang

Syarat-syarat di atas saling terkait, terlepas dari tujuan akhirnya yaitu karya atau produk. Ada yang menjadikan coreldraw sebagai software yang menuangkan nilai seni. Ada juga yang menjadikan coreldraw sebagai senjata komersil dan profesi. Sangat luas memang, tapi hasil akhir CorelDraw pastilah menawarkan keindahan.

Labels: Desain Grafis, Komputer, Software

Thanks for reading Fungsi Serta Urutan Versi Corel Draw Yang Perlu Diketahui. Please share...!

2 Comment for "Fungsi Serta Urutan Versi Corel Draw Yang Perlu Diketahui"

Gw biasanya pake photoshop kalo edit, lbh simpel. Aplikasi desain grafis paling mudah gw operasikan. Filenya lbh ringan dr pada coreldraw.

gw juga pakai coreldraw. untuk urusan aplikasi desain grafis lebih unggul dari photoshop. secara kalau lagi blogging edit-edit gambar ya pakai coreldraw x7 ini. gw blum pernah coba yg terbaru sih

Back To Top